Monday, April 12, 2021

9 Ide Usaha di Bulan Puasa untuk Ibu Rumah Tangga

9 usaha IRT di bulan puasa

Sharing By Rey - Marhaban ya Ramadan!
Besok puasa dong ya.
Subhanallah, walhamdulillah❤️
Semoga usia masih sampai esok hari, dan sampai di akhir Ramadan, serta mengumpulkan banyak pahala di bulan penuh berkah ini, aamiin.

Selain gembira menyambut bulan penuh ampunan, pun juga ada secuil kegembiraan, mengingat Ramadan itu identik dengan perputaran ekonomi yang lebih cepat.

Karenanya, terpikir untuk mencoba beberapa ide usaha yang menguntungkan di bulan Ramadan, khususnya untuk ibu rumah tangga, adalah sebuah hal yang insha Allah mendatangkan rezeki.

Ada banyak ide usaha yang bisa dikembangkan oleh ibu rumah tangga di bulan Ramadan, terlebih di masa pandemi ini, amat sangat membantu ekonomi keluarga, minimal bisa mengumpulkan rezeki untuk menikmati lebaran nanti dengan penuh kemenangan, khususnya buat anak-anak.

Adapun beberapa ide usaha menguntungkan, yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di bulan puasa adalah:


1. Jualan minuman segar berbuka puasa


Bulan puasa, identik dengan yang segar-segar kayak sirup Marjan, *eh.
Maksudnya minuman segar untuk buka puasa.

Jual minuman segar untuk buka puasa

Ketika menjelang buka puasa, ada banyak banget orang-orang yang berjualan minuman-minuman yang bahkan bikin ngiler setengah mati, hehehe.

Akan tetapi, sudah menjadi rahasia umum, kadang beberapa orang agak parno untuk membeli minuman segar tersebut.
Karena banyaknya oknum-oknum yang berlaku nakal dengan mencampurkan bahan-bahan yang tidak layak konsumsi.

Sehingga jangankan untuk jangka panjang, untuk jangka pendek saja beberapa minuman tersebut sukses membuat kita jadi sakit tenggorokan.

Masalah tersebut bisa jadi ide buat ibu-ibu rumah tangga, untuk ikutan berjualan minuman segar untuk buka puasa, dengan bahan-bahan yang lebih sehat.

Target market nya nggak perlu yang luas-luas dulu, cukup dimulai dari tetangga-tetangga yang kenal, yang saya rasa akan lebih percaya dan memilih kita jualan ketimbang membeli minuman di pinggir jalan secara acak.

Minuman-minuman seperti es buah, es kacang hijau, es dawet, dan sebagainya  (ya ampun saya ngiler, hahaha).

Jika jualan minuman segar kita memang terbukti lebih sehat dan enak, maka semakin hari konsumen akan semakin luas dengan testimoni dari tetangga-tetangga tersebut.

Bisa juga dengan memanfaatkan grup-grup WhatsApp dari tetangga tetangga sekitar, sebagai woro-woro tentang bisnis atau jualan minuman segar kita.


2. Jualan makanan ringan berbuka puasa


Saya nggak tahu ya di tempat lain, tapi di Surabaya maupun Sidoarjo, atau di Jawa Timur pada umumnya, yang namanya berbuka puasa tuh identik dengan makanan ringan sebagai takjil atau makanan pembuka puasa.

Makanan makanan ringan seperti gorengan, kue-kue pasar, amat sangat laris diburu oleh orang-orang di sore hari menjelang buka puasa.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga, untuk ikutan bikin makanan ringan, yang bisa dipasarkan kepada tetangga-tetangga.

Konsepnya tentu saja mirip dengan minuman segar pembuka puasa di atas, di mana kebanyakan orang masih berpikir panjang untuk asal membeli makanan ringan yang dijual di pinggir jalan.


3. Jualan makanan berbuka puasa


Kalau ini memang lebih cocok untuk ibu rumah tangga yang tinggal di daerah yang banyak kosan.

Terutama dekat kampus atau semacamnya, dimana akan banyak anak-anak yang ngekos, yang jarang bisa masak sendiri di kos.

Sehingga mereka tentu saja akan berburu makanan berbuka puasa, terlebih jika makanan itu adalah jenis makanan rumahan yang selalu dikangenin oleh anak-anak kos.


4. Jualan makanan untuk sahur


Meskipun jarang yang ada yang sahur dengan membeli makanan di luar, tapi jika memang tempat tinggalnya dekat dengan kos-kosan atau sejenisnya, hal tersebut bisa menjadi peluang untuk menyediakan makanan sahur tentu saja dijual sebelum menjelang imsak.

Agar meminimalisirkan sisa jualan, maka batasi porsi jualan, terutama jika belum mempunyai pelanggan tetap.

Atau bisa juga dengan menerima catering untuk sahur.


5. Jualan pakaian muslim


Selain makanan buka puasa, pakaian untuk lebaran selalu diburu hampir semua orang.

Hal tersebut bisa jadi peluang bagi ibu rumah tangga, untuk ikut memasarkan pakaian muslim untuk lebaran, dengan target market tetangga, keluarga ataupun teman-teman.

Bisnis baju muslim untuk lebaran ini bisa dilakukan secara online baik secara reseller atau dropshipper.
Juga bisa dilakukan secara offline.


6. Bisnis kue lebaran


Hobi bikin kue?
Sekalian deh bisnis kue lebaran.
Daripada bikin kue untuk diri sendiri, bisa sekalian dibikin lebih untuk dijual.

Jual kue lebaran enak

Selain bisnis kue lebaran bikinan sendiri, Bisa juga dengan cara cara jualan kue lebaran bikinan orang atau sebagai reseller.


7. Bisnis parsel lebaran


Ini lebih cocok dibuat untuk ibu-ibu rumah tangga yang senang dunia craft.
Sehingga bukan hanya sekadar menyusun produk-produk yang bisa dipakai sebagai parcel lebaran.

Tapi juga bisa dipercantik tampilannya, sehingga nilai jualnya jadi lebih tinggi.


8. Terima kerja sama blog pemasaran produk lebaran


Buat yang suka menulis di blog seperti saya, menekuni dunia blog juga masih bisa jadi peluang bisnis atau pemasukan di bulan puasa loh.

Bisa dengan cara menerima kerjasama review produk-produk yang digunakan selama bulan puasa maupun lebaran di blog.

Bisa dengan review baju-baju lebaran, kue lebaran maupun makanan-makanan di bulan puasa.

Beberapa produk lain yang digunakan saat lebaran juga jadi peluang untuk bisa kerjasama yang menghasilkan uang.


9. Terima kerja sama medsos pemasaran produk lebaran


Sering menerima kerjasama di media sosial seperti Instagram?
Di bulan puasa pun masih banyak job yang bisa kita lakukan kan dan menghasilkan uang.

Karenanya, dengan serius mengelola media sosial dengan baik tentu saja akan menjadi peluang bisnis yang menghasilkan di Bulan puasa ini.


Demikianlah 9 ide bisnis atau usaha haha yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di bulan puasa ini.

Dan saran saya, jauhi pelanggan yang suka berhutang.
Berbisnislah dengan tegas, terutama bisnis yang hanya dilakukan sementara di bulan puasa.

Di mana, di bulan puasa ini yang namanya perputaran uang itu sangat penting dalam berbisnis.

Semoga bermanfaat dan bisa jadi ide untuk mendapatkan tambahan penghasilan di bulan puasa.


Sidoarjo, 12 April 2021

#Mondaybusiness

Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

4 comments :

  1. Wow banyak juga ya mbak bisnis di bulan puasa ini.

    Disini kalo mau buka puasa memang banyak yang jualan minuman, makanan ringan maupun makanan untuk berbuka puasa. Mungkin karena konsumen nya banyak nyari makanan dan minuman.

    Nomor delapan dan sembilan mah cocok buat mbak Rey.😃

    ReplyDelete
  2. Kak Rey, selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga puasanya dilancarkan ya 🤗

    ReplyDelete
  3. selamat menyambut bulan Ramadhan mba Rey, selamat menjalankan ibadah puasa
    kalau udah masuk bulan puasa, bisnis kuker alias kue kering udah mulai rajin dibuka, banyakkkk tawaran masuk juga soalnya hehehe, ampe bingung beli yang mana
    dan bisnis takjil kalau di daerah kampus jember sini mba, astagahh rame banget tinggal pilih pilih mana yang dimau, seru liatnya, cuman ada pas bulan ramadhan aja soalnya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top