5 Menu Makanan Sehat Sehari-Hari untuk Memulai Pola Hidup Sehat

menu makanan sehat

Menjalankan pola hidup sehat tidak lepas dari pilihan makanan yang baik dan sehat pula. 
Dalam hal ini, kita dapat memulainya dengan menu makanan sehat sehari-hari bergizi seimbang.

Makanan yang sehat harus disertai sayuran hijau, buah, kacang, biji, daging, telur, ikan, dan susu. Untuk itu, cek rekomendasi menu yang satu ini.   


1. Sayuran dan Kacang-Kacangan 

Makanan tradisional dengan bumbu kacang ini dilengkapi tauge, kacang panjang, daun singkong, mentimun, sampai kangkung. 

Menariknya, kita dapat berkreasi dengan makanan ini. 
Tambahkan saja bahan seperti tempe, tahu, atau nasi. 

Dengan pecel, setidaknya kita sudah berusaha memenuhi kebutuhan 2 – 3 gelas asupan sayur per hari. 
Kehadiran sayuran di dalam pecel dapat menjadi sumber asupan serat dan mikronutrien pada tubuh. 

Disampaikan juga di sebuah penelitian tahun 2012, bahwa sayuran dapat mengandung fungsi antioksidan, anti peradangan, dan phytoestrogens yang baik untuk daya tahan tubuh. 

2. Salad Buah dan Sayur 

Menu makanan sehat sehari-hari yang juga bisa dimodifikasi adalah salad buah dan sayur. 

Hidangan ini bisa Kita buat untuk penuhi kebutuhan konsumsi buah harian yang mencapai 400 gram per hari. 

Dengan konsumsi buah yang cukup, Kita pun bisa hindari risiko penyakit diabetes, batu ginjal, hingga hipertensi.

Agar menu lebih sehat, konsumsi buah dengan kandungan nutrisi seimbang, mencegah orang kekurangan nutrisi. Contohnya adalah pisang, apel, dan jeruk. 

Bisa juga ditambah dengan yogurt. Ide tersebut didukung oleh penelitian 2017 yang menunjukkan bahwa kombinasinya dapat menjadi sumber nutrisi, probiotik, dan prebiotik.

3. Campuran Daging, Telur, dan Sayur 

Makanan sehat lainnya bisa hadir dalam bentuk sandwich. Namun, makanan ini harus dilengkapi dengan daging, telur, sayur, atau buah. 

Umumnya, Kita dapat menambahkan sayur tomat, selada, keju, bahkan alpukat. 
Sedangkan untuk proteinnya, Kita dapat menyertakan daging sapi, ayam, dan telur. 

4. Pepes Ikan atau Masakan Ikan Lainnya 

Berdasarkan FDA, setidaknya dibutuhkan asupan 8 -12 ons asupan ikan untuk dewasa per minggunya. Sedangkan untuk anak, adalah 1 – 4 ons. 

Bagaimana cara menyajikan ikan, ada di tangan Kita. Bisa saja mencoba menghidangkan pepes ikan, ikan rebus, atau ditanak. 

Selain enak, pepes ikan kaya akan kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.

5. Oatmeal dan Susu 

Dilansir dari blog tokopedia, oatmeal sendiri dianggap sebagai superfood karena mengandung serat tinggi. 

Biji gandum sendiri punya kandungan tepung sampai 60%, protein 15%, lipid 9%, dan serat 8,5% yang baik untuk kesehatan jantung. 

Kita bisa tambahkan susu di menu makanan sehat untuk sarapan, sehari-hari ini untuk asupan kalsium dan cegah penyakit saraf. 

Kita juga dapat lakukan dengan planning setiap menu dan bahannya, yang mana memberi nilai positif sendiri. 

Menurut mayoclinic.org, merencanakan pola makan dapat menjadi solusi berhemat dan menjaga pola makan. Kita bisa mendapatkan berbagai bahan makanan yang sehat dan segar melalui Curated Healthy Ecommerce Awal Mula.

12 komentar :

  1. besok bikin pecel ah ....hehehe
    Saya sedang berusaaha makan makanan sehat dan menjauhi makanan ultra proses
    Alhamdulilah makanan sehat bikin badan enteng dan otak lebih fresh

    BalasHapus
  2. pecel ini makanan favorit saya mbak, nggak pernah bosan. isian sayurnya bisa diganti-ganti, sambal kacangnya yang pedas bikin nikmat makan.

    BalasHapus
  3. kalo saya, sejak kecil memang terbiasa makan harus dengan ikan. Yang masih jadi peer adalah menjadikan minum susu sebagai kebiasaan soalnya dari kecil sampe saat ini jarang banget minum susu

    BalasHapus
  4. biasanya pecel itu lebih komplit ya ada kacang pancang, tauge, kubis, bayam, kangkung, tahu, tempe, telur, semua itu sayuran kesukaanku. masak 1 macam namun penuh gizi

    BalasHapus
  5. Halo mba Rey, apa kabar??

    Kalo aku udah lama terapkan menu sehat..berusaha menghindari goreng2, bakar2, daging merah, dan makanan laut (udang, kepiting, cumi, n yg sjenis ini) kecuali ikan😇)

    Saat baca postingan ini, aku jadi pengin ikan pepes. Pakai bumbu2, kunyit, dll n dibanyakin daun kemanginyaaa... duh uenak banget deh😊

    BalasHapus
  6. Rekomendasinya memang bagus kak Rey, apalagi masih pandemi dan sekarang kita lagi berpuasa, asupan bernutrisi tersebut sangat diperlukan biar daya tahan tubuh tetap optimal

    BalasHapus
  7. Semuanya makanan kesenangan saya kecuali susu (karena alergi).

    Pagi-pagi gini jadi terilahmi untuk buka puasa dengan pecel atau gado-gado. Sayur edisi komplit yang kandungan nutrisinya lengkap buat tubuh. Aaahh sama pepes ikan keliatannya pas ya Mbak Rey. Duh nikmatnya.

    BalasHapus
  8. Yeaayy, sukaaa seumanyaa
    beberapa hari sebelum ramadan, aku dan anakku rutin mengonsumsi oatmeal, mbaa

    nah, sekarang karena puasa, balik maem nasi putih lagi dah :D
    Mungkin pasca lebaran, mau ber-oatmeal ria lagi dah

    BalasHapus
  9. Ramadhan memberi hikmah bagi yang menjalankannya, 5 rekomendasi makanan semua pernah mampir. Menyenangkan hidangan sehat dan menyehatkan.

    BalasHapus
  10. Salad buah/ sayur saya ganti lalapan ya Mba Rey. Lalapan kan saladnya Indonesia. Pecel dan rujak juga saladnya Indonesia. Wkwkwk. Seru banget kalo puasa makan makanan sehat. Selain puasanya kuat, kelima menu di atas mendukung tubuh kita yang sedang mendetoksifikasi racun selama sebulan penuh.

    BalasHapus
  11. Asupan sayuran yg kurang nih, jadi reminder ke diri sendiri baca blog ini. Pengen kembali makan oatmeal lagi jadinya.

    BalasHapus
  12. Di antara ke5 list yg mba rey kasi, aku paling suka sandwich yg isinya lengkap mulai dr protein n sayur2annya. Yummy.. Protein di sanwich jg bs dibikin macem2, mulai dr tuna sampai daging sapi.. 😁

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)