Tanda Orang Dewasa Kekurangan Nutrisi

Kurang nutrisi

Sharing By Rey - Kekurangan gizi/nutrisi (malnutrisi) ternyata bisa menyerang orang dewasa juga, loh.  Hal ini merupakan gangguan kesehatan serius yang terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Padahal, nutrisi ini sangat penting agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.  Malnutrisi tidak terjadi dalam satu atau dua hari, tapi terakumulasi selama periode yang lama.


Tanda Orang Dewasa Kekurangan Nutrisi


Ada beberapa tanda tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang mungkin jarang kita sadari :
  • Tanda paling umum yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan nutrisi karena asupan yang dia konsumsi bukanlah makanan yang sehat.
  • Mudah lelah dan kosentrasi menurun.
  • Depresi dan tidak mampu menjalankan tugas yang biasa dikerjakan.
  • Mudah terkena infeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh.
  • Proses penyembuhan luka lambat.
  • Mudah kedinginan.
  • Perubahan mood atau suasana hati.
  • Kehilangan selera makan.
  • Mudah terjatuh karena otot melemah.


Penyebab Tubuh Kekurangan Nutrisi?

Kekurangan nutrisi terjadi ketika kita tidak menjalani pola makan sehat, atau bisa juga karena kondisi kesehatan yang membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan, atau membuat kita kehilangan nafsu atau sulit untuk makan.

Alasannya :
  • Diet terlalu ketat seperti membatasi asupan makanan tertentu (gula, garam, atau lemak) memang bisa membantu mengatasi jika kamu mengidap kondisi medis tertentu. Namun, hal tersebut bisa membuat kamu kekurangan zat  yang juga dibutuhkan oleh tubuh.
  • Mengalami gangguan makan seperti anoreksia nervosa. Pengidap anoreksia sering memuntahkan kembali makanan yang sudah dimakan. Hal ini membuat tubuh tidak mendapat nutrisi.
  • Mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak dapat mengganggu proses pencernaan dan penyerapan nutrisi pada tubuh. Kebiasaan ini juga mungkin bisa membuat pecandu minuman beralkohol lupa untuk makan, karena merasa sudah cukup hanya dengan mengonsumsi minuman ini.
  • Mengidap kondisi yang membuat nafsu makan terganggu seperti mual, penyakit hati, atau kanker.
  • Mengidap kondisi yang membuat tubuh sulit mencerna atau menyerap nutrisi seperti penyakit Crohn.
  • Menderita disfagia, kondisi yang membuat seseorang merasa sakit saat menelan .
Faktor lain yang turut membuat tubuh kekurangan nutrisi yaitu masalah ekonomi, kurang pengetahuan mengenai nutrisi, kondisi gigi yang buruk sehingga kesulitan atau kesakitan untuk mengunyah makanan, atau selera makan berkurang akibat adanya gangguan pada indera perasa dan penciuman.

Gangguan ingatan demensia dan gangguan jiwa skizofrenia juga bisa membuat penderitanya mengidap malnutrisi karena makan tidak teratur atau lupa makan sama sekali.


Mengatasi Kekurangan Nutrisi Dengan Nutrishake Oriflame


Mengatasi kekurangan nutrisi harus disesuaikan dengan penyebabnya.
Jika penyebabnya karena kondisi tertentu, maka dokter akan menangani kondisi tersebut sekaligus memperbaiki nutrisi tubuh kita.

Perbaikan nutrisi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang sudah ditentukan oleh dokter.
Suplemen mungkin diberikan untuk memberikan nutrisi tambahan.

Sebelum tubuh mengalami kekurangan nutrisi, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang tiap harinya.

Makanan tersebut terdiri dari sayur dan buah, produk olahan susu, makanan berkarbohidrat (nasi, kentang, roti, sereal atau pasta), dan makanan berprotein (daging, telur, ikan, atau kacang-kacangan).

Kita yang bertubuh gemuk, kurus, atau sedang bisa saja lho mengidap malnutrisi.
Segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara pasti apakah kita masih dalam batas normal atau berlebih atau kurang nutrisi.

Mau lebih aman? jalani pola makan yang sehat dan lengkapi dengan NUTRISHAKE
Minuman kaya nutrisi yang akan melengkapi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh kita

minuman nutrishake oriflame

Semoga bermanfaat.


Sidoarjo, 10 Oktober 2016

@reyneraea

Sumber : alodokter.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)