3 Tanda Anak Kurang Nutrisi yang Wajib Ibu Perhatikan

3 tanda anak kurang nutrisi

3 tanda anak kurang nutrisi ini seharusnya diketahui oleh semua ibu, khususnya. Agar bisa mengantisipasi dampak buruk dari anak kurang gizi di masa pertumbuhannya.

Demikian juga saya, sebagai ibu yang punya anak picky eater kayak si Kakak Darrell.

Punya anak yang picky eater itu benar-benar sukses membuat saya yang memang seorang ibu yang mudah terkena panic attack menjadi lebih panik.

Secara, makanan pasti sangat erat hubungannya dengan nutrisi atau gizi yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak serta kesehatannya.

Dari sudut pandang kesehatan, kekurangan nutrisi merupakan hal yang sangat penting yang tidak boleh di abaikan oleh orang tua.

Karena hal ini bisa mengganggu pertumbuhan serta perkembangan anak secara keseluruhan yang juga termasuk jaringan otak anak.

Lalu seperti apa tanda anak kurang nutrisi? Secara umum bisa kita amati sebagai berikut :

Baca juga : Tanda Orang Dewasa Kurang Nutrisi

1. Tanda Anak Kurang Nutrisi yaitu Kurang Bersemangat.

Anak sering kurang bersemangat, terasa lemas dan terlihat tidak bertenaga?
Hati-hati! Bisa jadi itu adalah gejala awal dari anak yang kurang nutrisi.

Jika dibiarkan hal ini pastinya akan mengganggu proses belajar anak,  dan akan mengalami kesulitan menanggapi stimulasi dari lingkungan luar.

Darrell sering banget nih kayak gini, kadang dia terlihat kurang bersemangat dan bawaannya pengen malas-malasan saja menonton TV.

Sepertinya Darrell memang mengalami kurang nutrisi, dan hal ini bisa saja terjadi mengingat dia suliiit banget makan teratur :')

Baca juga : Tantangan dan Solusi Hidup Sehat Mom Blogger  


2. Tanda Anak Kurang Nutrisi yaitu Daya Tahan Tubuh Menurun

Anak yang kekurangan nutrisi biasanya akan mengalami penurunan daya tahan tubuh secara signifikan.
Sehingga anak mudah sekali terserang berbagai penyakit dan mengganggu perkembangan kemampuan motorik. Dan pastinya proses belajar dari lingkungan luar juga akan terganggu.

Yang ini Darrell banget, tiap bulan pasti langganan sakit, di mulai dengan batuk (karena mungkin juga dia alergi) lalu di susul oleh di serangnya virus bermacam-macam pada tubuhnya.

Baca : Ketika Darrell di Diagnosa Kena Virus KAWASAKI

3. Pertumbuhan Fungsi Tubuh Terganggu


Anak yang kekurangan nutrisi akan mengakibatkan gangguan pada pertumbuhan dan fungsi tubuh. Seperti anak susah 'tumbuh lagi' serta kurang darah.

Untuk hal ini, Darrell hanya mengalami sulitnya menambah berat badan, sehingga yang terjadi dia hanya tumbuh ke atas namun sulit banget tumbuh ke samping :D


Untuk tanda-tanda anak kekurangan nutrisi lainnya tidak bisa di lihat secara kasat mata adalah gangguan struktur dan bio kimia otak.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa volume total struktur otak akan mencapai titik tertingginya pada usia 14,5 tahun untuk anak laki-laki, dan usia 11,5 tahun untuk anak perempuan.

Sekitar 95% dari total volume otak, akan tercapai saat anak berusia 6 tahun.
Walaupun hubungan antara fungsi kognitif dengan volume otak belum bisa dipastikan, namun di perkirakan bahwa ukuran otak yang lebih besar menyediakan kapasitas yang lebih besar untuk perkembangan sel syaraf.

Oleh sebab itu kita sebagai orang tua sebaiknya menjaga asupan nutrisi anak agar hal-hal yang tidak di inginkan terutama gangguan kesehatan dan fungsi tubuh serta otaknya.

Sumber Nutrisi banyak di dapat dari makanan, dan merupakan tantangan terbesar bagi orang tua yang memiliki anak picky eater seperti si Kakak Darrell.

Baca : Ketika Darrell Harus Mengkonsumsi Obat Rimstar Selama 6 Bulan

 Dan untuk itu sudah 2 bulan ini saya memberikan minuman Nutrishake hangat rutin sebanyak 3 kali sehari saat sakit dan 2 kali sehari saat normal agar nutrisinya terjaga.

Apa saja fungsi Nutrishake dan pengaruhnya terhadap anak saya yang mengalami gejala kekurangan nutrisi?
Akan saya share di postingan selanjutnya yaa..

Sidoarjo, 08 Oktober 2016

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)