Protein Dada Ayam dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

protein-dada-ayam

Protein dada ayam merupakan hal yang populer, khususnya bagi para pecinta makanan sehat. Terutama bagi yang concern dalam menjaga pola makan agar tetap sehat dan berat badan terjaga.

Hal ini dikarenakan dada ayam memang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, serta harganya lebih terjangkau dibandingkan sumber protein lainnya.

 

Saya juga termasuk salah satu pecinta dada ayam, hampir setiap ke pasar, tidak pernah luput membeli dada ayam fillet, agar lebih mudah mengolahnya. 

Hal lain yang bikin saya dan keluarga suka mengkonsumsi dada ayam adalah, karena memang bagian tersebut lebih minim lemak, yang tentunya baik untuk kesehatan.

Baca juga : Jumlah Kalori Satu Potong Ayam Goreng


Kandungan Nutrisi Dada Ayam

Dada ayam merupakan salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh, dikarenakan mengandung kalori yang berasal dari protein dikandungnya. 

Bukan hanya itu, dada ayam juga mengandung berbagai macam nutrisi, di antaranya:


1. Protein

Untuk satu potong dada ayam fillet atau sekitar 100 gram, yang tanpa kulit dan sudah matang, mengandung 25 gram protein. Kandungan ini cukup tinggi dan dapat menjadi cara yang sederhana guna memenuhi kebutuhan protein tubuh kita, tentunya dengan tanpa harus mengkonsumsi lemak yang banyak ya.


2. Kalori

Yang perlu diketahui, satu potong dada ayam mengandung kalori yang lumayan tinggi, sekitar 150 kalori untuk setiap 100 gramnya. Namun tak perlu khawatir, kebanyakan kalorinya berasal dari protein, dan hanya mengandung sekitar 20% kalori dari lemak.


3. Lemak

Meskipun hanya sedikit, satu potong dada ayam tanpa kulit juga tetap mengandung lemak, yaitu sekitar kurang lebih dari 3,2 gram. Dan perlu diketahui, lemak yang terkandung merupakan lemak tak jenuh.


4. Vitamin dan Mineral

Selain kandungan di atas, dada ayam juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh. 

Di antaranya :

  • 450 mg natrium.
  • 0,5 mg zat besi.
  • 0,7 mg zinc.
  • 5-10 mg kalsium.
  • 23 mikrogram selenium.
  • 330 mg kalium.

Baca juga : Vitamin Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi


Manfaat Protein Dada Ayam untuk Kesehatan Tubuh

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung di dalam satu potong dada ayam, tentunya mendatang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

protein-dada-ayam

1. Sebagai Sumber Vitamin

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa satu potong dada ayam mengandung begitu banyak vitamin dan mineral, di mana hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Di antaranya bisa membantu tubuh untuk melawan infeksi, memperkuat metabolisme tubuh dan sistem saraf, serta menjadi pertahanan antioksidan.


2. Bantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam dada ayam juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mengkonsumsi dada ayam juga bisa menjadi salah satu cara untuk tetap fit dan sehat.


3. Membangun dan Mempertahankan Massa Otot

Protein yang terdapat di dalam dada ayam sangat bermanfaat untuk bisa membangun massa otot, serta mempertahankannya. Karenanya, dada ayam selalu menjadi makanan favorit dan wajib buat yang sedang menjalani program latihan kekuatan.

Makanan ini juga merupakan menu diet yang pas untuk orang-orang dalam latihan kekuatan, untuk mencegah hilangnya massa dan kekuatan otot, di mana hal ini bisa menjadi penyebab kematian bagi para lansia.


4. Membantu Memperkuat Tulang

Beberapa teori dari ilmuwan maupun dokter mengatakan bahwa, dengan menkonsumsi makanan rendah protein hewani dapat berisiko mengurangi kepadatan tulang. Dan hal ini tentunya bisa meningkatkan risiko patah tulang.

Karenanya, mengkonsumsi protein tinggi pada dada ayam itu penting, karena dipercaya mampu membantu stimulasi kalsium demi melindungi tulang agar tetap sehat dan kuat. 


5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dan manfaat yang paling disukai banyak orang adalah, di mana protein dada ayam dapat membantu menurunkan berat badan.

Dada ayam mengandung tinggi protein serta lemak yang rendah, sehingga kalori yang dihasilkan juga cenderung rendah. Karenanya makanan ini sangat cocok untuk menu diet yang sehat untuk mendapatkan berat badan yang ideal.


Nah, selain menkonsumsi makanan rendah kalori, namun tetap yang sehat dari protein dada ayam, bagi yang ingin menurunkan berat badan, sangat direkomendasikan untuk menggunakan program Sirka.

Baca juga : Cerita Intermittent Fasting Untuk Mengatur Pola dan Waktu Makan


Tentang Sirka

Ada yang sudah tahu apa itu Sirka?

Sirka merupakan layanan kesehatan berbasis digital, di mana menyediakan berbagai layanan kesehatan dan produk nutrisi dari kurasi tenaga medis.

Adapun layanan kesehatan yang disediakan berupa program, bimbingan maupun pendampingan dalam memperoleh kesehatan termasuk mempunyai berat badan yang ideal. Termasuk juga menyediakan beberapa produk nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Selain menjadi solusi tepat permasalahan berat badan, Sirka juga menjadi solusi bagi berbagai masalah kesehatan wanita, masalah pencernaan serta pencegahan penyakit kronis.

Selengkapnya Temans bisa mengunjungi website Sirka ya.  

Sumber:

  • https://www.sirka.io/blog/2023/01/03/kandungan-protein-dada-ayam-seberapa-banyak/ diakses 17 Mei 2023 
  • https://www.alodokter.com/kandungan-nutrisi-dada-ayam-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan diakses 17 Mei 2023

Gambar : Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang manfaat protein dada ayam untuk kesehatan tubuh yang juga dapat menurunkan berat badan, semoga bermanfaat.

2 komentar :

  1. aku kalau pesen pesen menu ayam misalnya, paling gampang ngomongnya, dada. Udah paling sering. Dan selain itu, bagian dada biasanya memang dagingnya lebih banyak, jadi aku pilih dada hahaha

    BalasHapus
  2. aku juga suka bagian dada soalnya banyak dagingnya
    jadi puas banget dan bisa enak gitu
    proteinnya juga banyak

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)