Ciri-ciri Asuransi Terbaik, Wajib Tahu Sebelum Memilih!

ciri-ciri-asuransi-terbaik

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap asuransi saat ini tampaknya lebih tinggi dibandingkan dekade sebelum-sebelumnya. Tidak heran, banyak sekali bermunculan perusahaan asuransi di Indonesia. Karena itu, menentukan asuransi terbaik untuk dipilih menjadi hal yang cukup sulit dilakukan. 

Asuransi menjadi kebutuhan yang sangat penting, terutama untuk proteksi kesehatan. Namun, jika Anda adalah seorang nasabah yang baru akan mendaftarkan diri untuk ikut asuransi, Anda harus tahu bagaimana ciri-ciri asuransi seperti apa yang harus dipilih.

Baca juga : Pentingnya Asuransi Kendaraan Mobil


Ciri-ciri Asuransi Terbaik di Indonesia 

Sebelum Anda mendaftarkan diri pada perusahaan asuransi tertentu, pastikan perusahaan yang Anda pilih memiliki ciri-ciri sebagai berikut! 


1. Terpercaya dan Resmi Terdaftar OJK

Saat memilih perusahaan asuransi, baiknya Anda cek terlebih dulu apakah perusahaan tersebut bisa dipercaya atau tidak. Caranya dengan mencari tahu bahwa perusahaan asuransi incaran Anda dikenal luas oleh masyarakat Indonesia dan memiliki review bagus.

Selanjutnya, pastikan juga perusahaan asuransi tersebut terdaftar resmi di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Jika sudah terdaftar OJK, maka perusahaan tersebut telah diperiksa, diawasi, dan akan dilakukan penyidikan jika terdapat pelanggaran. Dengan begitu, Anda bisa tahu bahwa perusahaan asuransi pilihan Anda adalah lembaga resmi dan terpercaya.


2. Terbuka Atas Informasi Perusahaan

Anda harus hati-hati terhadap perusahaan asuransi yang tidak transparan terkait biaya-biaya dan informasi lainnya. Bisa jadi, perusahaan tersebut tidak bisa dipercaya atau penipu. Karena, asuransi yang baik adalah asuransi yang berani terbuka terkait informasi perusahaan. 

Perusahaan mereka akan melakukan penjelasan terkait informasi, terutama biaya-biaya secara jelas tanpa ada yang ditutupi. Perusahaan terbaik juga akan memberi tahu secara penuh sistem kerja asuransi mereka dan menjawab pertanyaan Anda sesuai prosedur perusahaan. 


3. Memberikan Perlindungan Menyeluruh

Asuransi terbaik adalah asuransi yang menyediakan berbagai produk yang bisa dimanfaatkan oleh nasabah secara menyeluruh. Misalnya Asuransi Astra yang menyediakan berbagai jenis produk asuransi, seperti retail, kesehatan, komersial, dan syariah. Anda hanya perlu memilih produk sesuai kebutuhan Anda.

Saat menggunakan Asuransi Astra, mereka akan memberikan manfaat dalam bentuk ganti rugi jika terjadi kerusakan atau kerugian yang diderita pemegang polis atau pihak tertanggung. 

Baca juga : Lindungi Keluarga dengan Asuransi Salam Keluarga


4. Mampu Menjawab Pertanyaan dan Kebutuhan Calon Nasabah

Saat Anda mencoba mencari tahu tentang produk asuransi yang tepat untuk Anda, coba tanyakan sedetail mungkin pada agen asuransi. Perusahaan asuransi yang baik adalah perusahaan yang memiliki agen asuransi yang bisa menjelaskan terkait kebutuhan calon nasabah. 

Jika mereka memberikan solusi terbaik dan Anda rasa jawaban tersebut tepat, maka itulah ciri-ciri perusahaan asuransi yang berkualitas. Namun, hati-hati saat agen asuransi menjawab secara bertele-tele, bisa saja perusahaan tersebut bukanlah asuransi yang tepat. 


5. Tidak Berlebihan Saat Penawaran Produk

Jika Anda mendapati agen asuransi menawarkan produk secara berlebihan, bisa jadi itu merupakan penipuan berkedok asuransi. Anda bisa tahu jika penawaran yang mereka lakukan tidak masuk akal, maka asuransi tersebut tidak dapat dipercaya. 

Banyak orang tertipu dengan penawaran produk yang berlebihan, calon nasabah bisa jadi tergiur dengan keuntungan tinggi yang diberikan perusahaan, tetapi biaya premi rendah.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati pada setiap penawaran agen asuransi sejenis ini. Pilihlah asuransi yang menawarkan produk yang tidak dilebih-lebihkan, premi yang seimbang dengan keuntungan, dan terdengar 'manusiawi'. 


6. Perusahaan Memiliki Kontak Resmi dan Alamat yang Jelas

Selain bisa menjawab pertanyaan tentang kebutuhan calon nasabah, perusahaan asuransi terbaik tentunya memiliki kontak resmi seperti WhatsApp, akun media sosial, nomor telepon atau contact center yang mudah dihubungi dan memiliki sistem yang jelas.

Tidak hanya nomor telepon yang mudah dihubungi, Anda juga harus memastikan alamat perusahaan benar-benar ada dan bisa didatangi secara langsung.

Anda harus berhati-hati pada perusahaan asuransi yang menghubungi Anda, tetapi tidak bisa dihubungi kembali. Kemudian jika didatangi alamat kantornya, ternyata alamat tersebut adalah palsu. Tentu saja, asuransi ini adalah penipu. 

Baca juga : Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Pekerja Freelance


7. Memiliki Kredibilitas Bagus

Besarnya perusahaan asuransi belum tentu memiliki kredibilitas yang baik. Anda harus melihat dari berbagai aspek untuk menentukan apakah perusahaan tersebut layak Anda pilih. 

Sebagai calon nasabah asuransi, Anda harus lihat berbagai faktor atas kredibilitas perusahaan asuransi, misalnya perusahaan tersebut memiliki ulasan positif dari banyak nasabah. Dengan begitu, maka perusahaan tersebut dapat dipercaya. 


Demikian ciri-ciri perusahaan asuransi yang baik. Pastikan ciri-ciri yang disebutkan di atas terdapat pada perusahaan asuransi tujuan Anda sebagai calon nasabah. Salah satu perusahaan asuransi yang bisa Anda percaya adalah Asuransi Astra. 

Asuransi Astra merupakan perusahaan asuransi terbaik Indonesia versi majalah investor tahun 2022. Mereka memberikan perlindungan kepada masyarakat agar memiliki rasa aman dan nyaman.

Untuk mencapai tujuan tersebut, mereka menyediakan berbagai produk asuransi kesehatan dan harta benda, seperti produk retail, health, commercial, dan syariah. Anda bisa kunjungi website Asuransi Astra untuk mendapatkan informasi lebih akurat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)