Isi Galon Mudah Dipalsukan, Kenali Dampaknya Bagi Kesehatan

Isi Galon Mudah Dipalsukan

Isi galon mudah dipalsukan membuat saya selalu lebih teliti ketika membeli air mineral kemasan galon isi ulang. Terlebih air mineral tersebut dikonsumsi oleh anak-anak yang notabene sedang dalam masa pertumbuhan dan punya riwayat masalah pencernaan pula.

Kedua anak saya, punya masalah sensitif dalam pencernaannya, yang membuat saya harus berhati-hati dalam memilih apa saja yang akan dikonsumsi mereka, termasuk air mineral buat minum, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatannya.

Untungnya, meski keduanya punya masalah sensitif di pencernaan, tapi masih bisa menerima konsumsi air mineral dalam galon asli tentunya.

Tidak perlu harus dimasak lagi, terlebih saya memang memilih konsumsi air mineral yang kesegaran alaminya terjamin, karena berasal dari pegunungan.


Kelebihan Mengkonsumsi Air Mineral dari Pegunungan untuk Kesehatan Keluarga


Konsumsi air minum memang sangat penting bagi kesehatan tubuh, ada begitu banyak manfaat buat kesehatan tubuh, jika asupan air minum terpenuhi dengan baik, di antaranya:
  • Mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh.
  • Dapat menjaga kesehatan sendi dan otot, agar tidak cepat lelah dan kaku saat bergerak.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan, karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga mudah membakar lemak ,maupun membuang kotoran melalui keringat, urine maupun tinja. Juga dapat membuat kita selalu merasa lebih kenyang, sehingga porsi makanan lebih terkendali.
  • Membantu memelihara kesehatan kulit, karena kulit yang terhidrasi terhindar dari masalah kulit kering.
  • Membantu menjaga konsentrasi, karena cairan tubuh yang cukup membuat otak tetap berfungsi dengan baik, sehingga kita bisa selalu aktif dan produktif setiap saat.
  • Dapat menjaga kesehatan pencernaan, yaitu dengan asupan cairan yang cukup membuat masalah pencernaan seperti sembelit akan teratasi dengan baik.
  • Bantu mencegah batu ginjal, di mana dalam sebuah penelitian diungkapkan, minum air putih yang cukup ternyata dapat mencegah terbentuknya batu ginjal maupun kambuhnya penyakit tersebut.
  • Dapat menjaga tekanan darah, di mana darah akan menjadi lebih kental jika tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan elektrolit, seperti natrium dan kalium dalam darah.
  • Dapat mencegah Penyakit Kardiovaskular karena dengan tercukupi asupan cairan tubuh dapat mencegah dehidrasi yang berdampak pada terganggunya fungsi organ tubuh termasuk jantung dan lainnya.
  • Dapat meningkatkan stamina karena tubuh menjadi lebih fit, dan tidak mudah lemas.
Begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih, namun tentu saja air yang kita konsumsi harus diperhatikan kebersihannya, agar manfaatnya bisa diserap dan dirasakan tubuh, tanpa membawa masalah baru bagi kesehatan.

air mineral kesegaran alami
Source: fontesarandi

Sudah sejak lama, saya memilih mengkonsumsi air mineral dari pegunungan. Dan bukan hanya untuk orang dewasa di keluarga kami saja, anak-anakpun ikut minum air mineral yang memang lebih terasa kesegarannya.

Dan selama ini, Alhamdulillah anak-anak selalu cocok dengan air mineral tersebut, bahkan saking cocok dan familier-nya, anak bungsu saya menolak minum air masak, meskipun air yang dimasak dengan perapian kayu bakar, yang menurut beberapa orang enak rasanya.

Dari segi kesehatan, mengkonsumsi air mineral dari pegunungan juga lebih baik karena sarat manfaat bagi kesehatan tubuh dibanding air masak, di antaranya:


1. Rasanya lebih segar


Air mineral dari pegunungan memang lebih segar dan tanpa rasa, karena berasal dari air hujan yang turun di pegunungan, lalu meresap hingga ke dalam tanah, dan muncul di sumber mata air yang biasa terdapat di kaki bukit atau pegunungan.

Karena masih alami dan tanpa kontaminasi zat apapun yang dapat merusak rasa air, sehingga rasanya jauh lebih segar dan tanpa rasa maupun warna apapun.


2. Lebih alami dan aman dari kontaminasi bakteri maupun bahan kimia 


Air mineral dari pegunungan masih sangat alami, berasal dari air yang telah meresap ke dalam tanah, sehingga belum terkontaminasi bakteri apapun, termasuk polusi maupun bahan kimia.

Hal ini dikarenakan, air yang ada di pegunungan, berasal dari air yang meresap dari atas gunung dan mengalir ke bagian bawah, sehingga bakteri tidak mampu berkembang pada air yang mengalir.

Dan karena letaknya di ketinggian, sehingga bebas polusi maupun bahan kimia.
Karena itulah, air mineral terjamin higienisnya, dan tentu saja aman buat kesehatan.  


3. Mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh


Air yang berasal dari pegunungan mengandung banyak mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, hal ini dikarenakan air yang mengalir dalam tanah, telah melalui penyaringan alami, dan melewati beberapa mineral alami yang ada di bebatuan dalam tanah.

Adapun jenis mineral yang terdapat di air pegunungan yaitu: Silika, Magnesium dan Kalsium, Natrium dan Kalium, Zink dan Selenium, yang kesemuanya sangat bermanfaat bagi tubuh.


4.  Mengandung lebih banyak oksigen


Air yang berasal dari ketinggian pegunungan mengandung lebih banyak oksigen dibandingkan air dari dataran rendah. Sehingga air tersebut tentunya jauh lebih sehat buat tubuh.


Dampak Mengkonsumsi Air Mineral Dalam Kemasan Galon Palsu Bagi Kesehatan


Begitu banyak kelebihan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air mineral asli dari pegunungan, namun tentunya semua manfaat tersebut tidak bisa kita dapatkan, jika kita tidak teliti, sehingga malah mengkonsumsi air mineral dalam galon palsu.

Bukannya manfaat lebih yang didapatkan tubuh, malahan dampak negatif untuk kesehatan, jika kita mengkonsumsi air mineral dari isi galon palsu.

galon palsu
Source: 360connect

Dan beberapa dampak negatif buat tubuh dari air mineral palsu dalam kemasan galon palsu adalah:


1. Dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan


Salah satu dampak yang paling sering terjadi ketika kita mengkonsumsi air mineral dalam galon palsu adalah dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan, yang biasanya ditandai dengan sakit perut, diare dan semacamnya.

Hal ini terjadi karena air tersebut sangat rawan terkontaminasi kuman dan bakteri, yang mana selain berasal dari sumber airnya yang mungkin saja tidak higienis, pun juga bisa disebabkan oleh kebersihan galon yang tidak diperhatikan dengan baik.


2. Dapat menyebabkan keracunan


Air minum yang berasal dari galon palsu, sangat berpotensi membuat orang keracunan, karena selain kebersihannya sangat diragukan, pun juga bisa jadi terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Bisa jadi dari faktor partikel bahan kimia plastik galon ataupun tutup galon palsu yang berbahaya, atau juga dari kontaminasi melalui sumber air yang tidak higienis.


3. Berpotensi menyebabkan penyakit kronis


Konsumsi air minum dalam kemasan galon palsu, yang kemungkinan terkontaminasi zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, dalam jangka panjang akan berpotensi menyebabkan penyakit kronis.

Misal, zat-zat berbahaya pada galon maupun tutupnya, yang dalam bisa memicu kanker dan sejenisnya pada tubuh manusia. 


4. Menghambat tumbuh kembang anak


Ada banyak anak yang mengkonsumsi air mineral dalam kemasan galon isi ulang, termasuk anak-anak saya, dan ini sangat berbahaya, jika kita tidak jeli sehingga tanpa sadar kita membeli dan mengkonsumsi air mineral palsu.

Jika ini terjadi, maka besar kemungkinan akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak, yang mana bisa menyerang dari saluran cerna anak, mempengaruhi penyerapan nutrisi pada anak.

Karenanya, selalu teliti ketika memberikan air minum mineral dalam kemasan galon isi ulang ya.  

  

Isi Galon Mudah Dipalsukan, Begini Cara Menyikapinya


Jadi parno banget kan, kalau kita tahu dengan jelas apa saja dampak buruk buat kesehatan tubuh, jika kita tidak sengaja mengkonsumsi air mineral palsu.

isi galon palsu
Source: worldatlas

Bukan hanya pada sedih dan kasian juga ya kalau diminum anak-anak, tapi juga berdampak untuk orang dewasa.

Karena itulah, saya selalu benar-benar teliti setiap kali membeli air mineral kemasan galon isi ulang, dengan cara memperhatikan beberapa hal berikut, yaitu:
  • Teliti mengenai kondisi fisik air, air mineral asli berwarna bening, tidak keruh apalagi berbusa, meskipun dikocok, fisik air selalu cenderung seperti semula yaitu jernih dan tidak berbusa, jika airnya keruh, apalagi berbusa, sebaiknya jangan konsumsi air tersebut.
  • Teliti mengenai kondisi bau air, air mineral asli tidak berbau sama sekali, sementara kebanyakan air yang telah terkontaminasi selalu mengeluarkan bau, baik samar maupun tajam.
  • Teliti kondisi rasa air, air mineral asli biasanya tidak berasa sama sekali, jika air terasa ada rasa, terutama rasa kesat seperti mengandung debu atau semacamnya, maka jangan konsumsi air tersebut, karena bisa dipastikan itu palsu.
  • Teliti tanggal kedaluwarsa serta kondisi tutup galon, ini yang paling jarang diteliti konsumen ya, padahal tanggal kedaluwarsa itu penting, agar isi air mineral di dalam galon tetap aman dan sehat untuk dikonsumsi, demikian juga dengan tutup galon, teliti melihat kondisinya, apakah bocor, atau sudah ada tanda pernah dibuka?


Penutup


Air minum begitu penting bagi kehidupan, khususnya untuk kesehatan tubuh, karenanya sangat penting memilih air minum yang sehat, salah satunya air mineral dari pegunungan.

Sayangnya, beberapa oknum kadang dzalim kepada konsumen air mineral kemasan galon isi ulang, dengan membuat dan mengedarkan air mineral palsu salah satunya dengan isi galon palsu ke masyarakat.

Hal ini banyak terjadi di lapangan, dan seringnya sulit dibedakan secara kasat mata, karena para oknum memakai alat khusus untuk membuka dan menutup tutup galon asli tanpa cacat, jadi galonnya asli, tutupnya asli tapi isinya bisa jadi asli atau oplosan karena tidak ada tanda kerusakan di tutup galon.

Dan untuk masalah seperti ini, kadang membedakan galon asli dan palsu dengan cara menyamakan kode produksi di galon dan tutupnya pun, akan terasa sulit. Karena kalau isinya saja yang diganti, berarti kan kemasannya, baik galon maupun tutupnya ya masih sama.

Jadi menurut saya, butuh ketelitian yang lebih serta double cek produknya agar kita tidak sampai membeli dan mengkonsumsi air mineral kemasan galon isi ulang yang palsu.

Selalu cari produk galon yang tutupnya benar-benar tersegel dengan benar, biasanya ditandai dengan susah dibuka begitu saja.

Dan usahakan cari galon yang isi airnya bisa kita amati dengan baik dari luar (bening), jadi lebih mudah memperhatikan kalau kondisi air di dalam galon benar-benar aman seperti isi galon asli biasanya.

Dengan demikian, kita bisa benar-benar yakin, kalau kita membeli dan mengkonsumsi air mineral yang asli, dari galon asli serta tutup dan isinya pun asli.

Yang wajib aku ingatkan: ini bukan tentang tutup galon palsu tetapi isinya yang mungkin oplosan/palsu. Kok bisa? bisa saja karena galon dan tutup asli itu ternyata mudah sekali dibuka dan ditutup kembali dengan sempurna  menggunakan alat oleh oknum tertentu. Kalau tutupnya mudah dibuka dan ditutup seperti itu yah sudah tentu isinya jadi dipertanyakan:  apakah masih asli atau bisa jadi sudah dioplos.

Karena mengkonsumsi air mineral palsu dalam galon akan, sangat merugikan kesehatan kita sendiri.


Sidoarjo, 17 Oktober 2022

Sumber: 
  • Opini dan pengalaman pribadi
  • https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
  • https://www.idntimes.com/food/diet/melisa-camalia-1/cara-membedakan-air-mineral-kemasan-asli-dan-palsu-c1c2
Gambar: Canva dan berbagai sumber

16 komentar :

  1. Anakku yang pertama memiliki masalah sensitif di pencernaan terlebih urusan air minum. Kalau salah sedikit air minum yang kurang sehat pasti langsung berdampak. Harus makin teliti dalam membeli produk untuk kita konsumsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener nih, kasian kalau anak-anak minum air galon palsu

      Hapus
  2. Merinding loh baca akibat dari keracunan air mineral ini. Efeknya juga bisa jangka panjang ya. Dan ini pernah terjadi loh Mbak Rey di kompleks ku. Tadinya ada outlet isi ulang air galon. Tujuannya sih apik. Penghematan. Tapi ternyata air yang diisi kualitasnya tidak bagus. Jadi ada beberapa warga di kompleks yang jadi korban karena ada banyak partikel-partikel yang tidak terlihat tapi ternyata berbahaya.

    BalasHapus
  3. kalo saya dapat masalah di dispensernya
    rasa air mineral jadi gak enak, udah gonta ganti dispenser akhirnya sekarang pake pump
    Inipun harus hati-hati, harus dicuci bersih karena sering berlendir

    BalasHapus
  4. Kepalsuan yang terjadi tidak hanya mengenai foto yang menggunakan filter aja ya kak, tetapi galon berikut isinya pun juga bisa.
    Jadinya memang kitanya saat membeli harus lebih hati-hati dan teliti juga. Sebisa mungkin belinya di tempat yang terpercaya

    BalasHapus
  5. saat ini memang banyak isi air galon dipalsukan, jadi sebaiknya dimasak terlebih dahulu, biar lebih aman

    BalasHapus
  6. Aku bahkan baru tau ternyata isi galon juga bisa dipalsukan. Ngeri. Kita jadi harus lebih waspada saat membeli galon, ya. Jangan sampai dapat barang palsu

    BalasHapus
  7. Aku yang kalau minum air rasanya beda agak gimana gitu pasti udah curiga kok kayak gini rasanya, udah pasti ga lanjut konsumsi
    Ini ada galon yang dipalsukan sungguh keterlaluan sih, apalagi kalau tidak ada pengetahuan gimana cara mengetahui galon tsb palsu sebab klo dah dikonsumsi dampaknya tidak baik utk kesehatan tubuh
    Dari hal2 di atas udah jadi catatan poin2 apa yg perlu diperhatikan saat membeli galon supaya terhindar dari galon palsu

    BalasHapus
  8. Harus jeli nih kalau beli air galon, takutnya dapat yang dipalsukan bukannya bikin sehat malah timbul penyakit lain bagi kesehatan.

    BalasHapus
  9. Pokoknya kudu banget jeli dan teliti dengan apapun yang dikonsumsi keluarga yaa..
    Dari mulai makanan hingga air mineral seperti ini.
    Bahaya banget kalau isi galonnya air mentah, misalnya.. huhu.. Sedih banget kalau anak-anak sudah sakit.

    BalasHapus
  10. Ngeri memang mba mba mangkany aku selalu beli didistributor aslinya kebetulan dirumah ada...

    Jangan sampai ya menerima galon palsu tetapi isinya yang mungkin oplosan

    BalasHapus
  11. Bahaya banget kalau sampai terminum air galon oplosan :((
    Kuncinya harus teliti agar gak jadi korban penipuan air galon.
    Aku yang selalu ada di rumah, tiap saat mastiin semua makanan dan minuman yang masuk rumah harus jelas, sehat, dan aman.
    Mari waspada.

    BalasHapus
  12. Dulu suka diketawain temen, air galon kok dimasak lagi. Bodo ahh, masalahnya kita kan gak pernah tau kualitas air selama di perjalanan itu gimana, kondisi galonnya juga. Apalagi sekarang ada isi galon palsu, wadidaw ngeri amaat

    BalasHapus
  13. Duh bahaya banget ini. Apalagi secara kasat mata agak susah ya bedainnya Kita sebgi konsumen harus bener-bener teliti, dan baiknya sih kita pilih galon yang kemasannya bening ya

    BalasHapus
  14. Ikutan ngeri ya kak kalo ada oknum2 yang mencari keuntungan dengan memalsukan isi galon, kita sebagai konsumen juga harus pinter2 mengenali mana yang asli dan yang palsu ya

    BalasHapus
  15. Saat ini memang harus ekstra teliti beli air dalam kemasan.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)