Blogger IRT Tidak Hitech dan Sempurna? Manusiawi!

jadi-blogger-irt-itu-tidak-mudah

Jadi blogger IRT itu tidak mudah, dan ini bukan sebuah kiasan yang menjatuhkan mental blogger IRT atau ibu rumah tangga pemula. Tapi memang begitulah kenyataannya.

Jadi, sejatinya adalah manusiawi jika para blogger khususnya seorang IRT tampil tidak sempurna. Di mana blognya kudet, tidak selalu hebat dalam SEO dan selalu up to date untuk semua ilmu blogging. 

Sekali lagi, ini khusus buat para IRT yang memang hanya punya (eh sebenarnya seringnya kesulitan punya ding) waktu buat ngeblog atau menekuni profesinya as a blogger. 

Salah satunya dengan kondisi mamak-mamak rempong beranak, tanpa bantuan siapapun dalam mengasuh dan mengurus anak-anak dan rumah. 

Hanya fokus mengurus anak-anak aja itu sangat melelahkan dong, eh ketambahan harus ngeblog dengan seribu satu tuntutan. Ayo tunjukin ke saya, siapa sih wanita di dunia yang bisa melakukannya dengan sempurna, tanpa mengorbankan salah satunya?

Anak atau blognya?

Baca juga : IRT Bisa Aktif Mengelola Blognya itu, Ada Hal yang Dikorbankan


Tentang Blogger yang Harus Paham Segalanya Tentang Blogging

Menjadi seorang blogger yang bisa menghasilkan uang itu, tidak bisa terlepas dengan yang namanya jadi blogger profesional.

jadi-blogger-irt-itu-tidak-mudah

Jadi, nggak semata bikin blog, nyewa domain (dan hosting), nulis se post, dua post. Langsung berharap menghasilkan uang dengan lancar setiap saat.

Tidak begitu beibeh!. 

Ada begitu banyak hal yang harus kita lakukan. Baik hal-hal sederhana yang bisa dilakukan tanpa perlu terlalu menekankan sesuatu yang nambah tekanan buat seorang ibu rumah tangga. Seperti yang selama ini saya lakukan dalam ngeblog dan Alhamdulillah masih bisa menghasilkan uang juga.

Sampai menjadi seorang blogger yang harus paham segala hal tentang blogging.

Misal, harus paham SEO, yang bisa menghasilkan tulisan dengan kaidah SEO sempurna. Juga bisa membentuk blog sesuai dengan karakter SEO yang mumpuni.

Tujuannya, agar tulisan yang kita hasilkan di blog, bisa bersaing di page one google, dan bisa menghasilkan trafik pembaca yang banyak untuk tulisan tersebut. 

Baca juga : Tentang Artikel yang Masuk Page One Google

Jadi, ada begitu banyak yang harus dilakukan untuk menjadi seorang blogger profesional dan bisa menghasilkan uang. Nggak ujug-ujug selalu seperti kata para pebisnis MLM atau reseller dalam mencari 'mangsa'.

"Asyiknya kerja dari rumah, bisa dapat duit sambil main sama anak, atau sambil masak"

Hahaha..

Pretlah!

Bahkan bekerja dengan jualan online dengan modal pegang HP aja, nggak bisa menghasilkan uang secara konsisten kalau disambi main dengan anak, atau sambil masak.

Apalagi being a blogger yang lebih baik jika menggunakan laptop, karena lebih mudah memanajemen blog sesuai kaidah SEO yang tepat. 

Kalau bekerja dengan modal HP bisa beresiko HPnya nyemplung di panci kek. Nah, bayangkan kalau kerja dengan laptop, tapi harus disambi dengan masak dan lainnya. Yang ada laptopnya bentar lagi masuk UGD deh, karena kecipratan air or something.

Iya, kenyataannya banyak hal yang harus dilakukan untuk bisa menghasilkan uang dari blog. Dari yang harus bisa sering update tulisan baru di blog, harus bisa menulis dengan kaidah SEO yang tepat. Harus bisa maintenance blog agar loading lebih cepat.

Daaaannn masih banyak lagi.

Baca juga : Antara Blog SEO Friendly dan Personal Branding


Realita Blogger IRT atau Ibu Rumah Tangga

Banyak banget ya yang harus dilakukan? Terus, apa iya memungkinkan untuk seorang ibu rumah tangga yang waktunya amat sangat terbatas, bisa menghasilkan uang dari blog?.

jadi-blogger-irt-itu-tidak-mudah

Realitanya, pekerjaan seorang ibu rumah tangga itu, terlihat sepele, namun luar biasa berat (setidaknya buat saya ya).

Beratnya itu, karena kerjaannya monoton, itu-itu aja setiap harinya.

Yang paling bikin berat lagi adalah, udahlah kerjaannya nonstop, nggak ada cuti atau istrahat, bahkan sedang sakitpun. Tapi nggak ada duitnya dong, huhuhu.

Ini jadi hal yang sangat terasa, khususnya bagi mantan ibu pekerja kayak saya. Yang dulunya masih bisa menikmati rekening terisi dengan rutin setiap bulannya.

Meski terlihat sepele, tapi sebenarnya banyak hal loh yang bisa, eh harus dilakukan oleh ibu rumah tangga itu. Mulai dari mengurus anak-anak yang belum sepenuhnya mandiri, mengontrol waktu anak-anak, agar tidak hanya terisi dengan bermain atau main gadget aja dan melupakan hal-hal utama yang harus anak lakukan.

Masak, beberes yang hanya beberapa menit kemudian berantakan lagi. Ini juga nih masalah besar, karena saya adalah tipikal mamak yang anti berantakan.

Nggak usah bilang, ya udah biarin aja, namanya juga punya anak. Kagak semudah itu beibeh! Ketika kita tumbuh dalam karakter yang terbiasa bersih dan rapi, sungguh butuh usaha lebih untuk bisa berdamai dengan keberantakan karena anak-anak.

Membersamai anak-anak, bukan hanya dalam belajar dan pendidikannya. Tapi juga dalam bermain bersama agar bonding selalu terjaga. 

Eh ketambahan antar jemput anak sekolah dan lainnya.

Itu semua amat sangat butuh waktu yang fokus banget sih, sejujurnya!.

Baca juga : Menciptakan Bonding Melalui Pendampingan Screen Time Anak


Jadi Blogger IRT itu Tidak Mudah, Manusiawi Jika Tidak Sempurna dan Hitech 

Waduh! Dengan semua kerempongan seorang ibu rumah tangga, terlebih yang tanpa bantuan dalam mengurus semuanya. Kayak si MamiRey yang single fighter mom pejuang LDM.

jadi-blogger-irt-itu-tidak-mudah

Apa bisa kita menghasilkan uang dari blog? Tanpa menjadi gila?

Bisa dong!

Jawabannya adalah, lakukan dengan konsisten hal-hal dalam ngeblog yang bisa kita lakukan dengan fun

Misal, saya yang memang suka menulis. Yang bisa saya lakukan ya, rutin menulis di blog. 

Blog saya masih jauh dari kata SEO friendly, dan it's OK! Emang belum ada waktu khusus untuk benar-benar menekuni SEO kan ye.

Dan itu manusiawi kok!

Nggak akan membuat kita nggak bisa bersaing dari para (who called) mastah SEO dalam menghasilkan uang dari blog. 

Setiap orang yang berusaha tentunya akan memetik hasilnya. Tidak melulu harus sempurna segalanya, terutama jika memang waktu dan kondisinya belum memungkinkan.

Jadi, nggak perlu berkecil hati, jika saat ini ada seorang ibu rumah tangga yang berpikir ingin menghasilkan uang dari ngeblog. Tapi mungkin belum punya waktu dan kondisi untuk mempelajari dan menerapkan SEO dalam ngeblog.

Karena tahu banget deh, SEO itu butuh konsentrasi dan waktu fokus yang lebih banyak.

Dan, SEO bukan satu-satunya hal yang berlaku buat blogger kok, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan, salah satu yang penting adalah, konsisten menulis aja dulu.

Lakukan hal-hal yang bisa kita lakukan dalam kegiatan ngeblog secara konsisten. 

Konsisten nulis, konsisten blog walking, konsisten branding mengenalkan blog kita. Hal-hal seperti ini saya pikir jauh lebih mudah dilakukan bagi seorang ibu rumah tangga, karena waktunya lebih fleksibel.

Baca juga : Cara Mudah Mendalami Ilmu Blog Bagi IRT Ala Rey 


Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak tuntutan yang ditujukan kepada para blogger, khususnya yang ingin bisa menghasilkan uang dari blognya. Hal ini wajar sih, karena tidak ada cara yang mudah banget tanpa tantangan dalam menghasilkan uang, termasuk dalam ngeblog.

Namun, bagi seorang IRT yang memang tak punya banyak waktu dan kondisi pas dalam menyempurnakan tuntutan tersebut, it's OK. Masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam menghasilkan uang dari blog tanpa harus sempurna dalam segala hal.

Karena, menjadi blogger IRT itu tidak mudah, maka adalah manusiawi jika kita tidak sempurna dan hitech dalam semua hal. 


Surabaya, 03 Oktober 2023

#TuesdayBlogging

Sumber: Opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang kenyataan blogger ibu rumah tangga yang tidak mudah, sehingga manusiawi jika tak sempurna, semoga menginspirasi.

10 komentar :

  1. Apalagi anaknya masih toddler, alamak boro2 mau fokus nulis. mata meleng dikit aja anak udah nyungsep di kolong meja, hahaha

    Aku salut banget sih sama ibu-ibu blogger yang masih konsisten. Pertama, karena bagi waktunya itu susah banget. Kedua, karena nulis itu hal yang sulit dan minim banget peminatnya, apalagi di era gempuran video pendek jaman sekarang. Kebanyakan sukanya joget2 wae.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, bangeeett. Anak 6 tahun aja masih harus diawasi dengan baik loh, anak saya, kalau ditinggal kerja dikit, terus dia anteng, dipastikan ada kain yang jadi rumbai, karena dia guntingin, hahahaa

      Hapus
  2. Kebayang kerja dengan hape sambil korah-korah, hehehe....

    BalasHapus
  3. enak emang yang bilang kan cuma di rumah bla bla bla
    padahal ya kudu multitasking juga
    belum kalau deadline satu per satu datang trus anak rewel atau sakit
    OMG tidak bisa membayangkan...

    BalasHapus
  4. Sukaaaaa deh baca tulisan INIIII ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„. Karena aku tuh kadang suka down kalo baca ttg seo ini Rey. Apalagi kalo udah dibahas Ama bloggers. Langsung berasa, 'ya ampuuuuun aku kudet banget', 'aduuuh ga mudeng nih mereka ngomong apaan' saking pusingnya Ama Seo๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

    Pada akhirnya aku memilih hanya mau menulis, sekonsisten mungkin, dan sebisa mungkin menuliskan info yg berguna. Sudahlaaah, drpd ga nulis2 gara2 mikirin seo ๐Ÿคฃ

    Tapi tulisan kamu mah banyak yg JD pejwan Gugel ๐Ÿ‘. Tiap cari Bbrp informasi , sering banget artikel Rey yg muncul. Malah, tulisan temen2 yg katanya menulis dengan seo, saat aku cari informasi sesuatu, yg kluar malah website atau link blog lain ๐Ÿ˜…. Makin ga mudeng jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin down itu biasanya kata-kata para penjual kursus SEO Mba Fan, wkwkwkw.
      BIlang kalau tulisan curhat nggak mutu, padahal ya ada juga yang baca loh, hahaha

      Hapus
  5. yang penting mulai dulu, dari konsisten nulis nulis nulis dan BW. Hasil akan mengikuti, begitulah menurut pepatah.
    Aku sendiri ga jago seo, tapi diusahakn cari tau apa itu seo dan printilannya
    Memang bener kalau mau menekuni seo butuh waktu yang khusus juga, sedangkan aku waktunya ga full 100% di dunia per-seo-an

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)