Bakso Solo Samrat Manyar Kertoarjo Depan Bonnet, Enak!

bakso-solo-samrat-manyar

Bakso Solo Samrat Manyar yang ada di Manyar Kertoarjo, depan Bonnet, yang persis di samping Es Puter Pak Min Manyar ini ternyata enak loh.

Oh ya, bakso ini agak sulit ditemukan kalau carinya melalui google map ya, soalnya dia terdaftar dengan nama Bakso Solo Samsat Manyar Kertoarjo.

Tauk deh, siapa yang bikin Google Bussines-nya pakai nama begitu. Iya sih, lokasinya dekat Samsat Manyar. Tapi kan kalau pakai nama Samrat, itu lumayan terkenal loh ternyata.

Sejujurnya, kami cobain makan bakso ini lantaran sering datang ke depannya. Itu tuh, kami makan es puternya Pak Min, yang memang selalu berjualan, tepat di depan samping kiri bakso ini.

Baca juga : Es Puter Aneka Rasa Pak Min, Selalu Antri Pembeli, Seenak Apa Sih?


Sejarah Bakso Solo Samrat 

Saya dong baru tahu, kalau ternyata Bakso Solo Samrat ini lumayan terkenal. Bahkan cabang ke-5 nya sudah ada sejak tahun 2014 di Jakarta Selatan.

Bakso Solo Samrat pertama kali ada di Manado, tepatnya di jalan Sam Ratulangi, Manado. Makanya ya, saya tuh kalau baca Samrat, otak udah semacam konek dengan nama Sam Ratulangi dan juga kota Manado.

Ternyata benar dong.

Oh ya bakso ini insya Allah halal ya, ada tulisannya sih, biar kata manual, belom terdaftar MUI. 

Bakso Solo Samrat ini, pertama kali didirikan oleh Edwin Tongahan. Sengaja pakai nama Bakso Solo, karena istrinya berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah.

Karena rasanya yang memang enak, akhirnya usaha baksonya berkembang, bahkan bisa membuka cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

bakso-solo-samrat-manyar

Di Surabaya saja, ada beberapa cabang yang menjual bakso ini. Ada di jalan Raya Kupang Indah, di jalan Tidar, dan satunya di Manyar Kertoarjo ini.

Baca juga : Bakso Rusuk Joss Surabaya, Enak Viral Fenomenal Seperti Apa Sih?


Cerita Nyobain Bakso Solo Samrat Manyar Kertoarjo Surabaya

Jadi ceritanya semingguan lalu, saya ajak anak-anak jalan-jalan sore, yang dekat-dekat aja karena si Adik masih sakit. Eh kebetulan juga sih, saya keluar buat ngeprint SPK salah satu brand. Akoh tak punya printer sodarah, huhuhu.

Dan tauk dah si Adik itu sakit mulu, batuk pilek mulu lalu demam, huhuhu.

Karena udah sore, saya tawarin dia mau makan apa? karena selera makannya sedang down banget. Biasanya tuh dia sakit makannya bubur dan telur rebus, tapi kali ini dia bosan.

Saya tawarin lah makan bakso, eh katanya dia mau. Lalu berpikir mau makan bakso apa ya? pengennya cobain bakso yang baru, biar beda gitu.

Teringatlah saya akan bakso solo dekat es puter Pak Min, bertepatan juga itu udah menjelang Magrib, which is es puternya Pak Min bakalan buka tuh di pukul 5 sore.

Terus saya mulai merayu si Adik, agar membolehkan saya dan si Kakak makan es puter, si Adik makan bakso aja sendirian.

Eh dia mau dong, auto segera ke Manyar deh kami.

Sampai di sana menjelang pukul 5 sore, tampak penjual es Puter Pak Min sedang bersiap menyusun kotak-kotak es puternya. Kami segera melewatinya, masuk ke dalam ruko Bakso Solo Samrat.

Tempat Bakso Solo Samrat Manyar ini lumayan luas, ada 2 lantai pulak. Yang lantai bawah aja terdapat lumayan banyak meja dan kursi. Masih ada juga tempat di lantai 2 yang ada ACnya.

bakso-solo-samrat-manyar

Kami sengaja milih lantai 1, karena kan pengen makan es puter juga. Meskipun sempat bingung gimana makannya ya, karena ada tulisan, 'dilarang membawa makanan dan minuman apapun dari luar'.

Namun, saat itu, suasana sepi banget, hanya ada 1 bangku berisi 2 orang yang sedang menikmati bakso. Saya langsung menuju kasir, lalu ditanya oleh yang jaga, mau bungkus atau makan di tempat?.

bakso-solo-samrat-manyar

Karena kami makan di tempat, disuruhlah kami duduk aja, nanti menunya dianter ke meja. Jadi gitu ya ternyata, pas datang langsung aja cari tempat duduk, nanti Masnya yang bakal datang bawa menunya ke meja kita.

Pas menunya datang, saya nyengir liat harganya, hahaha.

Ternyata, harganya premium, sodarah. Tapi wajar sih ya, tempatnya juga memperlihatkan bagaimana harganya kok.

Udahlah luas, bersih pulak, baik meja, tempat-tempat saus, sambal dan lainnya tertata rapi dan bersih, lantainya juga demikian.

Wajarlah kalau harganya premium, hehehe.

Kami cuman memesan 1 porsi bakso biasa, dan 1 gelas teh manis hangat. Buat  si Adik saja kan. Terus Masnya nanya, mau pakai mie kuning atau putih? Ya udah pilih mie kuning. 

Btw, mie putih itu maksudnya bihun ya? hahaha.

Lalu, dengan takut-takut dan perlahan, sambil memasang wajah memelas, saya nanya ke Masnya. Boleh nggak saya pesan es puter dan di makan di situ?.

Eh ternyata boleh dong, happy dan langsung si Kakak saya minta segera antri di pak Min. Karena, kami tuh belum lama duduk di situ, pas noleh, lah antrian di Es Puter Pak Min udah panjang, hahaha.

Baca juga : Bakso Sumsum dan Mie Pangsit Kodji Surabaya, Kayak Gini Ternyata 


Bakso Solo Samrat Manyar Kertoarjo Surabaya, Ternyata Rasanya Gini

Entah karena pelayanannya gitu, atau memang karena sedang sepi, lah pesanan kami cepat banget datangnya dong.

bakso-solo-samrat-manyar

Dan kesan pertama melihat penampilannya, bakso ini memang khas Bakso Solo ya, cuman beda di kuahnya yang terlihat agak berbumbu.

Saya sempat mencoba cicipin kuahnya, enak sih, gurih. Tapi sebagai pecinta Bakso Solo yang asli, kuah ini enak tapi sedikit eneg, hahaha.

bakso-solo-samrat-manyar

Ye kan, Bakso Solo asli itu kan identik sama kesederhanaan kuahnya, yang mana cuman terasa ladanya ya yang kuat. Kalau ini kayak bakso dikasih koyahnya Soto, agak kental.

Enak sih, cuman terlalu enak, jadinya eneg, hahaha.

Si Adik yang memang sedang kurang enak badan, ketemu kuah gurih gitu, akhirnya cuman bisa makan 2 pentol dong dia. Ujung-ujungnya saya dan si Kakak yang ngabisin.

Untuk tekstur baksonya juga enak, khas bakso solo yang teksturnya halus, tapi yang ini dagingnya kerasa banget. Gorengannya juga enak, sayangnya si Adik lagi sakit, jadi nggak bisa menikmati semuanya.

Saya dan si Kakak juga, kebagian baksonya ketika udah dingin, jadinya udah kurang mantap aja rasanya.

Tapi over all, ini enak loh.


Harga Bakso Solo Samrat Manyar Kertoarjo Surabaya

Untuk 1 porsi bakso biasa, harganya Rp.38 ribu ya.

1 teh manis hangat, harganya Rp. 8 ribu.

Tapi belum include PPN ya, soalnya saya bayar total Rp. 50.600

Harga Bakso Solo Samrat lainnya, liat gambar di bawah ini aja ya.

bakso-solo-samrat-manyar

bakso-solo-samrat-manyar

Baca juga : Bakso Jagalan Surabaya, Seporsi 60 ribuan dong! 


Kesimpulan dan Penutup

Bakso Solo Samrat, over all-nya memang pantas sih sesuai harganya. Baksonya enak, terutama yang bakso biasa ya, kalau lainnya belum cobain, hehehe.

Dan wajar sih harganya segitu.

Baksonya enak, tempatnya bersih, mas yang layanin sih, agak kurang senyum ya, hahaha. Tapi selama dianya nggak jutek dan pelayanannya cepat, biar aja dia mau senyum atau enggak.

Kalau ditanya, mau ke sana lagi nggak? Mau sih, asal dibayarin, hahahaha.

Kalau bayar sendiri, sejujurnya saya lebih pilih makan bakso solo biasa aja, yang lebih murmer, tapi rasanya lebih sederhana.

Alamat Bakso Solo Samrat Manyar
Jl. Jl. Manyar Kertoarjo V No.33, Surabaya
Rating Ala Rey : 4,5 : 5


Surabaya, 29 Oktober 2023

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://bakso-solo-samrat-bakso-restaurant.business.site/ diakses 29 Oct 2023

Gambar: Canva edit by Rey dan dokumen pribadi

4 komentar :

  1. Ya Allah Rey, dan selama ini aku pikir nih bakso asalnya dr solo 🤣🤣🤣. Ternyata malah menado 😅. Dah bertahun2 makan bakso di sana soalnya, baru tau skr 🤣

    Setujuuu kalo kuahnya lama2 malah bikin eneg. Aku suka makan bakso di sana, tapi bukan fav ku. Masih ada lagi bakso di JKT yg jauuh lbh enak rasanya. Dan aku juga LBH suka yg kuah baksonya bening, bukan keruh kayak gitu. Tapi memang yaa bakso Samrat khas banget kuahnya. Begitu liat LGS tau itu Samrat.

    Tapi anakku yg cowo, doyaaan buangettt. Sampe2 tiap makan bakso, pasti mintanya Samrat + es jeruk 🤣. Wajib itu. Makanya papi anak2 ga mau sering ngajak makan bakso ini. Makan ber4 aja udh abis banyak 😅.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, saya malah pikirnya bakso ini tetap awalnya dari Manado, tapi yang jual orang Solo yang tinggal di Manado.
      Soalnya, kata Samrat itu identik sama Manado Mba, udah terpatri, Samrat itu Sam Ratulangi.
      Apalagi liat jenis baksonya, emang khas Bakso Solo sih, selain kuahnya.
      Enak sih, tapi udah selalu teringat di otak, kalau bakso solo itu kuahnya bening, rasanya cuman lebih kerasa lada.
      Lah yang ini berbumbu banget hahaha.
      Harganya premium ya Mba :D
      Kemaren sedih rasanya, udahlah segitu, si Adik ga mau ngabisin :D

      Hapus
  2. kenapa kalau tempat makan dengan nama "pak Min" cenderung laris, kebetulan saya juga pernah ada langganan soto pak min, bakso pak min dan es Teler pak min, padahal beda tempat beda orang tapi sama-sama laris,

    BalasHapus
  3. Aku malah belum makan bakso samrat ini, kalau di jalan tidar ada, kayaknya baru ya. Aku yang sering balik ke surabaya, malah nggak keliatan ada bakso samrat ini

    jadi penasaran sama kuahnya mbak, penasaran yang bikin enegnya itu :D
    aku kalau baksonya udah dingin, terutama kuahnya, jadi agak malas sebenernya mau ngelanjutin makan, kayak kurang nikmat

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)