Saturday, April 01, 2023

Usaha Restoran Jadi Ramai Pengunjung, Ini Tips dan Triknya

usaha-restoran

Usaha restoran banyak menjadi pilihan para pebisnis di zaman sekarang. Dan semuanya mendambakan agar usaha tersebut bisa berkembang, laris manis serta ramai oleh pengunjung.

Pilihan ini tidak salah, karena bisnis makanan dan minuman, atau yang biasa disebut F&B adalah jenis usaha yang selalu dibutuhkan pelanggan setiap waktu.

Tidak ada orang yang bisa skip makan atau minum setiap harinya. Dan dalam melakukan apapun, semua orang selalu butuh makanan atau minuman sebagai pendamping ataupun pelengkap dalam acara tersebut.  

Tak heran, jika usaha restoran selalu digemari, meskipun itu berarti persaingan juga semakin ketat. Untuk bisa membuat usahanya bertahan hingga berkembang, dibutuhkan beberapa tips dan trik tertentu. 

Dan hal ini, penting untuk bisa diketahui dan dimengerti oleh para pengusaha restoran. Di mana, bukan hanya menerapkan tips dan trik tertentu, namun juga wajib memilih jenis usaha restoran apa yang terbaik untuk dijalankan. 

Baca juga : Pilih Menu, Masak dan Langsung Makan di Meja


Tips dan Trik Agar Usaha Restoran Ramai Pengunjung

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan oleh pengusaha, agar restorannya bisa laris manis dan ramai pengunjung, di antaranya : 

usaha-restoran

1. Bikin usaha restoran dengan tema yang unik

Zaman sekarang, konsep yang unik dari sebuah restoran merupakan kunci paling utama yang menentukan larisnya usaha tersebut.

Banyak pelanggan generasi Z yang lebih mengutamakan konsep yang unik untuk sensasi pengalaman makan dan minum mereka.

Hal ini, tentu saja bukan semata di menu sajiannya, tapi juga bisa berbentuk konsep resto itu sendiri. Baik dari penataannya yang unik, kekinian dan instagramable, maupun sajian atau pelayanannya yang 'beda dari yang lain'.


2. Buat menu makanan dan minuman yang lezat

Yang namanya usaha restoran, tentunya menu sajian adalah kuncian utama. Karenanya, pastikan menyajikan atau menjual sajian yang tidak saja unik, tapi juga lezat.

Bisa dengan menciptakan menu baru yang unik tapi juga lezat, atau mengadaptasi makanan yang pernah ada sebelumnya, namun dengan rasa yang 'juara'.


3. Pastikan kebersihan restoran terjaga

Semua pelanggan usaha apapun, mendambakan tempat yang bersih. Terlebih jika itu usaha makanan berupa jenis usaha restoran.

Selera makan pelanggan akan terganggu, seenak apapun menunya, atau seunik apapun konsepnya, jika restorannya jorok.

Karenanya, pastikan kebersihan restoran di segala sudut lokasi menjadi perhatian penting, demi kenyamanan pelanggan.

Baca juga : Restoran untuk Pesan Online di Sekitar Taman, Sidoarjo  


4. Lengkapi fasilitas pengunjung

Fasilitas yang lengkap dalam sebuah restoran merupakan salah satu daya tarik bagi pelanggan untuk datang dan kembali lagi ke tempat tersebut.

Karenanya penting untuk menyediakan fasilitas yang bisa digunakan pengunjung atau pelanggan secara nyaman dan gratis.

Mulai dari tempat parkir yang luas dan mudah dijangkau, toilet yang bersih dan disesuaikan dengan kapasitas restoran. Serta fasilitas lainnya yang membuat pengunjung bisa bersantap dengan nyaman di restoran tersebut, seperti fasilitas playground buat anak-anak.

Atau bisa juga dibuatkan ide pelayan yang bisa menjaga anak pengunjung. Sehingga orang tuanya bisa bersantap dengan nyaman ketika berada di restoran tersebut. 


5. Berikan pelayanan yang ramah dan solutif

Yang tidak kalah penting juga adalah, pelayanan yang ramah dan solutif. Semua orang sangat menyukai hal-hal yang selalu disertai dengan senyum dan sapaan yang santun, serta selalu sigap memberikan solusi terbaik atas masalah yang mungkin dihadapi pelanggan.

Karenanya, penting bagi pemilik usaha restoran untuk mempekerjakan orang-orang yang bisa bekerja dengan hati dan ramah, bukan semata menyajikan tampang yang sering disebut good looking.


6. Gunakan strategi marketing yang kekinian

Menggunakan strategi marketing yang kekinian juga penting untuk dilakukan. Misal dengan melibatkan pelanggan, atau menjalin kedekatan bersama pelanggan melalui media sosial.

Buatlah akun media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan usaha restoran tersebut, serta gunakan hal tersebut sebagai media untuk memperluas branding usaha restoran tersebut. 

Gunakan promo-promo menarik untuk menciptakan interaksi lebih dekat dengan pelanggan. Misal adakan giveaway selfie di restoran berhadiah voucher makan gratis di restoran. Atau bisa juga dengan bekerja sama dengan beberapa influencer, blogger atau semacamnya, untuk bisa mereview restoran tersebut, dan membagikan ke khalayak yang lebih luas.  

Baca juga : Makan Burger di Resto Ala Retro Amerika di Surabaya


Jenis Usaha Restoran yang Selalu Ramai Pengunjung

Selain menerapkan beberapa tips dan trik di atas, hal lain yang mempengaruhi restoran selalu ramai pengunjung adalah pemilihan jenis usaha restoran itu sendiri.

jenis-usaha-restoran
Ada beberapa jenis usaha restoran yang selalu menjadi jujukan banyak orang untuk menikmati santapan mereka, di antaranya:


1. Restoran fast food atau siap saji

Restoran fast food atau yang biasa juga disebut restoran siap saji adalah jenis usaha restoran yang menyajikan makanan dalam waktu relatif singkat kepada pelanggan.

Umumnya, jenis restoran seperti ini menyajikan makanan yang mudah disajikan, seperti pizza, burger maupun ayam goreng. Dan karena penyajiannya yang cepat dan simple, banyak pelanggan yang menyukai restoran jenis seperti ini.


2. Kafe

Kafe juga merupakan salah satu jenis restoran yang memberikan konsep santai, nyaman dan kekinian yang disukai para pelanggan.

Di tempat ini, biasanya disajikan menu yang ringan, namun ada juga makanan berat jenis siap saji, seperti pizza, burger, hotdog bahkan nasi goreng.


3. Restoran makanan khas 

Restoran makanan khas biasanya hanya menjual sedikit menu makanan, namun menonjol karena rasanya yang enak. Seperti restoran soto, sate, atau semacamnya, yang tentunya menjadikan menu khas tersebut sebagai best seller dan hal yang menarik pelanggan.


4. Restoran all you can eat

Jenis usaha restoran ini sangat booming akhir-akhir ini, meskipun keberadaannya sudah ada sejak lama. Namun dengan modifikasi harga yang terjangkau, dengan konsep unik yang kekinian, menjadikan restoran tempat makan sepuasnya ini jadi favorit banyak pelanggan.

Restoran all you can eat adalah jenis usaha restoran yang punya sistem penjualan menu dengan harga satu kali pembayaran. Berlaku untuk semua menu yang tersedia, dengan konsep prasmanan atau buffet, namun dengan batasan waktu tertentu.


Demikian beberapa pilihan jenis usaha restoran yang selalu ramai pengunjung. Apapun pilihan jenis usaha restorannya, masih ada faktor penentu lainnya yang bikin restoran jadi ramai pengunjung, yaitu menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Seperti jenis usaha yang dijalankan oleh PT Sriboga Raturaya, yang telah puluhan tahun melayani konsumen se Indonesia. 

Baca juga : Bisnis Menjanjikan 2023 yang Datangkan Cuan


Tentang PT Sriboga Raturaya

PT Sriboga Raturaya berdiri sejak tanggal 10 Oktober 1996 di Jakarta. Pada awalnya perusahaan ini merupakan sebuah produsen terigu yang punya pabrik di Semarang.

Sesuai dengan namanya yang unik Raturaya yang berarti 'Ratu Makanan Sejagad Raya'. Perusahaan ini terus tumbuh dengan visi utama yaitu, "sejahtera melalui makanan yang berkualitas, aman, bersih dan halal, serta dicintai oleh komunitas di manapun berada".

Terbukti, hingga saat ini perusahaan telah melayani banyak konsumen se Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Adapun jenis makanan yang disajikan mulai dari menu Western, Jepang, Asia hingga makanan lokal Indonesia.  

Perusahaan ini punya 3 divisi yang dijalankannya, mulai dari divisi restoran, divisi logistik dan divisi produsen makanan atau food manufacturing.

usaha-restoran-pt-sriboga-raturaya
Salah satu usaha restoran PT Sriboga Raturaya

Untuk divisi makanannya sendiri terdiri dari beberapa brand, di antaranya Pizza HUT dan Marugame Udon. Sedangkan untuk divisi logistik, PT Sriboga Raturaya melayani kebutuhan logistik untuk beberapa brand makanan terkenal, seperti Sari Roti, J.co, Mr. Bread, Breadtalk, Garudafood dan masih banyak lagi.

Kita semua pastinya mengenal jenis-jenis brand restoran maupun makanan di atas bukan?. Di mana kesemuanya merupakan brand makanan yang populer dari masa ke masa.  

Terbayang bagaimana kualitas produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini, sehingga membuat usaha restoran seperti Pizza HUT dan Marugame Udon, terus maju dan berkembang seiring waktu.

Demikian juga dengan beberapa brand makanan lainnya, yang kebutuhan logistiknya dilayani sepenuhnya oleh PT Sriboga Raturaya.


Kesimpulan dan Penutup

Mempunyai usaha restoran yang ramai pengunjung adalah dambaan semua pengusaha. Untuk itu perlu dilakukan beberapa tips dan trik menarik pelanggan mau datang dan selalu kembali ke restoran tersebut.

Mulai dari temanya unik, menu sajian yang lezat, kebersihan selalu terjaga, dilengkapi fasilitas lengkap serta memberikan pelayanan yang ramah, solutif dan terbaik.

Tidak lupa juga untuk memilih jenis usaha restoran yang memang diminati banyak pengunjung, serta menggunakan bahan makanan berkualitas seperti yang diproduksi oleh PT Sriboga Raturaya.


Sidoarjo, 01 April 2023

Sumber: 

  • https://www.sriboga.com/ diakses 01 April 2023
  • https://www.liputan6.com/bisnis/read/3550080/restoran-sepi-pengunjung-simak-7-tips-berikut-agar-selalu-ramai diakses 01 April 2023

Gambar: Canva edit by Rey dan https://www.sriboga.com/

Demikian artikel tentang rahasia usaha restoran jadi laris dan ramai pengunjung, semoga bermanfaat.

28 comments :

  1. Emang serang strategi marketing yang kekinian dibutuhkan banget untuk memajukan usaha termasuk restoran ya mbak.

    ReplyDelete
  2. Ada restoran yang menunya terjangkau dan mantap rasanya tapi sepi...sebaliknya pernah juga makan di tempat yang makanannya B aja eh rameeee. Memang ya Mba Rey usaha resoran butuh tips dan trik biar maju dan berkembang.
    Btw, brand yang disebutkan di artikel PT Sriboga Raturaya familiar semua nih

    ReplyDelete
  3. Resto dengan teman yang unik ini emang punya daya tarik tersendiri ya mba. Soalnya di Malang udah mulai menjamur nih kafe berkonsep tema khusus gitu. Justru makin banyak yang kepo

    ReplyDelete
  4. Baru tau kalau Pizza Hut adalah salah satu brand dari Sriboga. Buat yang suka makan mie dan tepung2an kayak aku, terima kasih buat Sriboga sudah mendukung banyak perusahaan dengan kualitasnya yang premium.

    ReplyDelete
  5. Memang salah satu bikin menarik datang ke restoran karena tema dan fasilitas yang ditawarkan unik beda dengan yang lain. Bikin penasaran untuk di kunjungi, bisa juga buat foto2 ala instagramble

    ReplyDelete
  6. rasa makanan yang enak tetap akan selalu menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk terus datang ke sebuah restoran yaa. apalagi bila didukung dengan tempat yang menarik dan si restoran menggunakan strategi marketing kekinian, dijamin makin rame tuh restorannya

    ReplyDelete
  7. Fasilitas pengunjung kalau lengkap dan bersih bisa bakal bolak balik deh ke restonya, karena bikin nyaman. Semisal aja tersedia mushola yang apik, jadinya kan kalau pas waktunya ishoma gak perlu ke luar dari lokasi tetep stay aja. Solat di situ, dan santap siang pun juga disitu ya

    ReplyDelete
  8. Usaha restoran memang membutuhkan strategi yang jitu ya mbak, makanya tips dan trik menjadi salah satu cara agar usaha berjalan lancar.

    ReplyDelete
  9. Yup, tips dari mbak Rey ini pernah aku praktekin di bisnis kuliner aku dulu dan berhasil. Sekarang udah gulu tikar karena pindah tempat tinggal

    ReplyDelete
  10. Tipsnya sangat bermanfaat sekali nih. Restoran2 sekarang banyak yang sudah menerapkan hal ini. Paantas aja mereka pada maju dan berkembang ya.
    Sejak lama pengen punya usaha restoran. Pengen kongsian sama adek2. Semoga bisa terealisasikan. Amiin.

    ReplyDelete
  11. Iyaa setuju, bisnis rumah makan atau F&B pasti selalu laku sih. Cuma memang harus tau target yg tepat.

    Promosi yg bagus, dan gimana caranya mengundang para pelanggan supaya dateng ke tempat usaha.

    Sayangnya bisnis yg instagramable itu kadang on off. Kalau sudah nggak sesuai "tema" suka dilupakan.
    Kecuali memang masakan dan minumannya enaaak bgt ๐Ÿ‘Œ๐Ÿป

    ReplyDelete
  12. Wah aku baru tau ternyata marugame adek kakak sama pizzahut. Sri boga ini besar juga supplay ke j.co dan toko roti besar lainnya. Bisnis makanan memang tiada 2nyaya mbak

    ReplyDelete
  13. Wah baru tau kalau pizza hut bagian dari sriboga.

    Iya buka restoran memang harus pintar-pintar pilih strategi. Harus pintar juga pilih pemasok bahan utama.

    Pantas ya j.co, pizza hut, bread talk, dll kualitas makanannya sangat terjaga, pemasok bahan utamanya juga memang jempolan.

    ReplyDelete
  14. Ya Allah baru tahu ilmu ini. Tipsnya sangat bermanfaat sekali.bagi para pebisnis pemula

    ReplyDelete
  15. Restoran yang bersih juga penting ya supaya pengunjung nyaman. Tentunya jadi syarat juga dari Sriboga buat kerjasama. Kaan harus yakin terigunya disimpan di tempat yang baik, supaya pizza dan mie ramen hasilnya prima. Siiip...ntar buka puasa order Pizza aaah...hehe

    ReplyDelete
  16. Di masa sekarang menjalankan usaha restoran tidak cukup dengan keahlian atau kepintaran memasak saja ya, karena jika ingin sukses ada banyak faktor x, terutama ketersediaan bahan baku yang berkualitas, bagaimana pun kualitas cita rasa makanan yang dijual juga ditentukan bahan baku yang berkualitas.

    ReplyDelete
  17. Pizza Hut dan marugame ini memang brandingnya kuat banget ya. Melekat kuat, sehingga bisa menempatkan 2 resto ini jadi referensi tempat makan incaran banyak orang.

    ReplyDelete
  18. Marugame Udon ini lumayan banyak sih pengunjungnya di Kota saya MBA. Memang makanan khas Jepang banyak peminatnya. Apalagi kalau tempatnya nyaman, rasanya lezat, bisa makan all you can eat bareng keluarga or teman. Pasti seru.

    ReplyDelete
  19. Wah iya, bisnis makanan ini terbukti tetap kuat bertahan meski di saat pandemi lalu
    Apalagi sekarang, lagi Ramadan pasti tambah rame

    ReplyDelete
  20. Jadi inget kalau pelayanan menjadi point utama kenapa kita bisa mau balik ke resto tersebut. Sungguh gak abis thinkin saat Karen's Dinner menjadi hits dan aku seketika can't relate sama pelayanannya yang ngejek-ngejekin pelanggannya.

    ReplyDelete
  21. menurutku salah satu faktor utama sebuah restoran bisa ramai pengunjung itu adalah rasa dan harganya. hehe. memang sih digital marketing juga bisa membantu dalam hal promosi restoran tapi kalau rasanya enak orang-orang bakal balik lagi dan restoran tersebut bisa berumur panjang

    ReplyDelete
  22. Keren ya Sri Boga Raturaya ini, ternyata merekalah pemilik brand-brand yang udah banyak dikenal foodies

    ReplyDelete
  23. Bisnis resto makanan berkembang terus ya. Harus adaptif, harus instagramable. Yang pernah aku dengar malah, restoran itu ga harus enak tapi harus instagramable, wkwk.

    ReplyDelete
  24. Usaha restoran memang paling potensial karena semua orang makan setiap harinya namun pastinya agar bertahan lama tips tips di atas wajib banget dilakukan

    ReplyDelete
  25. Di Surabaya sekarang banyak banget cafe kekinian gitu. Setelah saya perhatikan memang dirancang untuk para pekerja remote agar mereka bisa nongkrong namun masih tetap bekerja ya

    ReplyDelete
  26. marugame udon sih ciamiikk benerr

    brand d bawa naungan sriboga jaminan mutu dah. kuline yg superrrr berkelas

    ReplyDelete
  27. baru tahu nih marugame dengan pizza hut satu naungan gitu, jco juga aih luv semua karena seenak itu rasanya. harganya juga masih masuk aja dengan kwalitas rasa dan porsinya yang mengenyangkan ya

    ReplyDelete
  28. Strategi marketing yang kekininian memang lebih banyak menjaring pelanggan ya mba tidak dipungkiri

    ReplyDelete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)

Back to Top