Kalori Cumi Goreng Tepung dan Olahan Cumi Crispy Kemangi

 Kalori cumi goreng tepung

Kalori cumi goreng tepung dan olahan cumi crispy kemangi, ternyata lumayan besar ya. Padahal menu seafood ini jadi favorit banyak orang loh.

Cumi-cumi menjadi salah satu bahan seafood yang mudah untuk diolah dalam bentuk masakan apapun. Baik itu ditumis, disup, dibakar, atau bahkan digoreng.

Terutama bagi orang yang berada di Sulawesi misalnya, selain makanan seperti Sop Konro Perak dan Sop Saudara. Seafood adalah surga makanan banget.

Cumi crispy kemangi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang suka dengan seafood khususnya cumi-cumi.

Dalam olahan cumi crispy kemangi, Anda perlu mengetahui apa saja kandungan gizi yang dimiliki dalam cumi-cumi yang diolah. Berikut merupakan pemaparannya untuk Anda.


Gizi dalam Cumi-Cumi

Terdapat banyak kandungan gizi yang bisa Anda temukan di dalam cumi-cumi. Berikut ini merupakan beberapa kandungan gizinya yang perlu Anda ketahui.


1. Kalori

Cumi-cumi yang masih mentah memiliki kandungan gizi berupa kalori. Kalori ini terdiri dari 15% karbohidrat, 15% lemak, dan 70% protein. Sementara itu, kalori yang terkandung sebesar 78%.


2. Protein

Cumi-cumi adalah hewan laut yang tinggi akan protein. Untuk cumi-cumi yang masih mentah, mempunyai kandungan protein sebanyak 13,2 gram, untuk yang sudah diolah bisa mencapai 15,3 gram.


3. Lemak

Lemak juga masih terkandung dalam cumi-cumi. Lemak yang terkandung di dalam cumi-cumi rata-rata sebesar 1,2 gram. Selain itu, cumi-cumi juga masih memiliki kandungan kolesterol sebanyak 198 mg per porsi.


4. Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam cumi-cumi juga terbilang cukup tinggi, salah satunya vitamin B12. Vitamin B12 bahkan tidak hilang walaupun cumi-cumi sudah diolah. Tentunya vitamin ini sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan memproduksi sel darah merah.


5. Mineral

Cumi-cumi juga kaya akan mineral. Beberapa contoh mineral yang terkandung dalam cumi-cumi seperti zat besi, fosfor, dan selenium. Kandungannya sebesar 10% zat besi, 25% fosfor, dan 50% selenium.


Kandungan gizi dalam cumi memang lengkap ya, sayang jarang bisa ditemukan dalam keadaan segar, selain makanan Surabaya yang enak dan khas.


Resep dan Cara Membuat Cumi Crispy Kemangi

Di atas merupakan beberapa kandungan gizi dan kalori yang terkandung dalam cumi-cumi. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan resep dan cara membuat cumi crispy kemangi, lebih baik langsung saja simak ulasannya berikut ini.


Bahan:

  • 350 gram cumi segar (1 cumi potong 6)
  • 1 bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium (200 gram)
  • 175 mL air
  • 1 buah jeruk nipis
  • 4 siung bawang putih dan merah (iris tipis)
  • 1 ikat daun kemangi (potong kasar)
  • Minyak goreng secukupnya


Cara membuat:

  • Pertama-tama, silakan Anda potong cumi-cumi terlebih dahulu hingga bersih. Lalu, beri perasan jeruk nipis agar tidak bau amis.
  • Selanjutnya, ambil mangkuk kering dan tuang setengah bungkus Kobe Tepung Serbaguna Premium dan campurkan dengan air. Aduk hingga merata menjadi adonan.
  • Panaskan minyak goreng di dalam wajan. Lalu, ambil cumi-cumi dan gulingkan ke dalam tepung basah, lalu gulingkan ke tepung kering sisanya. Goreng hingga cumi berwarna kuning kecoklatan.
  • Jika sudah matang, angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  • Berikutnya, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan cumi-cumi yang sudah digoreng tadi, lalu masukkan juga daun kemangi yang sudah dipotong kasar.
  • Masak sebentar hingga menimbulkan aroma harum.
  • Jika sudah matang, matikan kompor dan sajikan cumi crispy kemangi selagi hangat.


Setelah cumi crispy kemangi disajikan, Anda bisa langsung mengonsumsinya selagi hangat dengan menggunakan nasi putih hangat. Selain itu, Anda juga bisa mengganti karbohidrat nasi putih dengan nasi uduk, nasi daun jeruk, atau nasi merah hangat.

Menu cumi crispy kemangi juga sangat cocok dijadikan menu sarapan atau bekal untuk pergi ke sekolah anak-anak, dan ke kantor. Tentunya, rasanya akan tetap nikmat dan pastikan Anda menyimpannya dalam keadaan tertutup rapat. 

Karena seafood seperti cumi, udang hingga kepiting seperti yang ada di Terminal Kepiting Jogja, itu menggugah selera.


Kobe Tepung Serbaguna Premium untuk Makanan Lebih Nikmat

Pemaparan resep cumi crispy kemangi di atas menggunakan Kobe Tepung Serbaguna Premium yang merupakan pilihan tepung serbaguna terbaik untuk berbagai macam masakan gorengan.

Keunggulan Kobe Tepung Serbaguna Premium terletak pada penggunaannya yang tanpa monosodium glutamat (MSG) atau micin. Seperti yang diketahui, penggunaan MSG secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan dalam jangka panjang.

Kobe Tepung Serbaguna Premium juga praktis dan mudah digunakan dengan kandungan vitamin dan mineral yang telah disediakan, merupakan yang pertama di Indonesia. Anda tidak perlu menambahkan bumbu lain karena tepung serbaguna ini sudah mengandung bumbu-bumbu dasar yang melengkapi citarasa masakan. Rasanya tentu lezat, bergizi, dan praktis dibuat.

Tepung Kobe Serbaguna Premium ini lebih nikmat dan memiliki tekstur yang renyah sehingga cocok untuk membuat berbagai macam masakan gorengan yang nikmat, renyah, dan tentunya bergizi.

Kobe Tepung Serbaguna Premium dapat dengan mudah ditemukan di berbagai supermarket dan minimarket terdekat. Selain itu, Anda juga dapat membelinya secara online melalui official website Kobe atau melalui e-commerce di Shopee atau Tokopedia. Harganya cukup terjangkau dan mudah didapat.

7 komentar :

  1. Salam dari blogger Kendari kak

    BalasHapus
  2. Salam dari blogger Kendari kak

    BalasHapus
  3. Aku paling suka sebenernya cumi goreng tepung gini. Tapi jaraaaaang banget bikin sendiri. Dulu pernah dibikinin Ama asisten, tapi kok ya rasanya agak alot dan dagingnya menyusut 😂. Makanya lrbih suka beli jadinya Rey.

    Cumi memang enaaaak banget sih. Apalagi kalo dagingnya kenyal empuk. Walopun aku udh ga terlalu berani makan banyak, inget umur soalnya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaaa, kadang juga kalau beli di sembarang tempat, cuminya menyusut, adanya tepung doang hahahahaha

      Hapus
  4. aku ngebayangin bau daun kemanginya dicampur sama cumi, wangii banget ini pasti, dan bawaannya lahap terus pasti
    baca post ini, mengingatkanku akan keinginan aku buat beli cumi bumbu merah yang dijual di warung kaki lima, maklum udah lama ga makan yang dibumbu merah.
    kalau ibuku sendiri yg bikin, biasanya tinta cuminya ikut dimasak juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Buton juga tinta cumi selalu dimasak kok :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)