Saturday, May 28, 2022

Terminal Kepiting Jogja, Makan Seafood di Dalam Bus

Terminal Kepiting Jogja, Makan Seafood di Dalam Bus

Sharing By Rey - Terminal Kepiting Jogja merupakan sebuah restoran seafood dengan konsep kayak terminal bus, jadi kita bisa memilih makan di meja dan kursi bagian dalam resto, bisa juga merasakan sensasi makan seafood di dalam bus.

Waktu itu, kami nggak sengaja nyasar di resto ini, gara-gara mengikuti petunjuk Mbak Google, untuk membawa kami makan sate yang konon enak banget, sate Ratu. Taunya dari blog dcatqueen yang ini.

Jadilah, selepas sholat magrib di masjid Jogokariyan, bertolaklah kami menuju ke alamat yang tertera di google maps, which is ternyata jauh banget dari masjid Jogokariyan, hahaha.

Saking jauhnya, hampir pukul 8 malam dong kami baru nyampe di lokasinya yang terletak di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Setelah parkir di resto lain, karena kami bingung di mana tempatnya, kami lalu diarahkan tukang parkir di lokasi sate Ratu, dan bisa ternyata.... rameeeeeeeee banget nget, hahaha.
Si Rey sih, udah baca di blog Mba Fanny kalau memang selalu rame, tapi nekat juga ke sana.

Tapi, udah pukul 8 malam, kami udah lumayan lapar, dan kami udah jauh banget ke situ kan ye.
Alhasil, masuk juga deh kami.
Ternyata tempatnya hampir close pelanggan, kami yang terakhir, tapi masih kudu antri, enggak tau seberapa lama, karena tempatnya penuh.

Sate Ratu Jogja

Mau nunggu?
KAGAK! hahahaha.
Percayalah, si Rey ini memang agak-agak maniak makan, tapi ogah bin maleeeesssss kalau disuruh nunggu lama-lama, hahaha.

Ya udah deh, akhirnya kami nggak jadi nunggu, langsung keluar dan bingung mau makan apa.
Kami putusin jalan-jalan dulu di sekitaran itu.
Ternyata ada banyak restoran di sana dong, beragam pilihan pula, dari seafood, hingga sate lainnya juga ada. 

Terminal Kepiting Jogja

Kami bingung memutuskan mau makan apa, sampai akhirnya mutusin makan kepiting atau seafood aja, setelah intip harganya di google (iya kan, kalau kemahalan rasanya gimana gitu loh, hahaha), akhirnya kami putuskan mampir di sebuah resto yang namanya Terminal Kepiting, ditulisnya TRMNL KPTNG.


Lokasi dan Tempat Terminal Kepiting Jogja


Terminal kepiting Jogja terletak di Jalan, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pokoknya nggak jauh dari lokasi Sate Ratu, bukan yang di depannya ya, karena ada resto kepiting juga di depan sate Ratu.

Terminal Kepiting Jogja

Tempatnya tuh unik banget, meski malam hari, tapi terlihat jelas kalau restonya berkonsep antik bin jadul, hehehe.
Kayak rumah nenek kalau kata si Kakak.

Yang lebih menarik lagi, ada bus di sampingnya, yang setelah masuk baru ngeh saya, makanya dinamakan terminal kepiting, ternyata selain konsepnya jadul, juga memberikan sensasi makan di bus yang terparkir di samping restonya.

Menu makanan di Terminal Kepiting Jogja

Si Kakak pengen banget makan di bus, tapi ternyata penuh, harus antri dan harus bayar lagi buat tempatnya.

Si mamak langsung Alhamdulillah, ye kan....
Untung penuh, jadi nggak perlu nambah buang duit cuman buat makan di bus mandek, hahahaha.

Meski nggak makan di dalam bus, tempat yang lainnya juga nyaman-nyaman aja kok, dan karena konsepnya terbuka di bagian belakang, jadi saya nggak parno dengan namanya virus cinta eh koronces.
Btw waktu itu masih PPKM dong ya, tapi kami keluyuran aja, hehehe.

makan seafood di dalam bus di Terminal Kepiting Jogja

Ada pilihan meja di outdoor belakang resto, adapula di dalam.
Cuman karena di bagian outdoor itu kayaknya banyak nyamuk, saya males dan milih di dalam aja.

makan seafood di dalam bus di Terminal Kepiting Jogja

Pas liat di google baru ngeh, ternyata kalau siang di bagian belakang itu keren dong, karena ada kebun dan sawah, dan ternyata di bagian situ memang banyak sawah dan kebun, cuman pas malam nggak keliatan.


Rasa dan Harga Makanan di Terminal Kepiting Jogja


Duh lagi-lagi mau minta maap deh, ini kan perjalanan bulan November kemaren, dan semua notanya sudah saya buang, dan tentu saja saya lupa berapa total kami bayar waktu itu, wakakakak.

Noted banget ya Rey!
kalau jalan-jalan, abis bayar jangan lupa di foto tuh struk pembayarannya ! ckckckck.

Jangankan harganya ya, saya malah udah lupa, kami pesan paket apa malam itu, wait, saya liat foto atau google deh, hahaha.

Menu makanan di Terminal Kepiting Jogja

Menu makanan di Terminal Kepiting Jogja
Dikasih ulegan buat gebukin si kepiting, hehehe

Kalau liat di menunya sih, kalau nggak salah malam itu saya pesan paket Bus Eksekutif deh, dengan minum 2 es teh, 1 es teh tarik dan 1 teh panas.
Nggak lupa nasinya 4 porsi.

Waktu itu pengunjung nggak banyak, padahal malam Minggu loh.
Tapi, kami lumayan lama menunggu menu pesanan kami dianter.

Untungnya sih, dengan pengunjung yang nggak banyak, letak meja yang sangat berjauhan, ada musik yang keren, bikin saya nyaman-nyaman aja menunggu.
Anak-anak mah aman, kasih aja HP, mereka anteng nungguin.
Kalau mamak, foto-foto dan update IG aja, hahaha.

Setelah menunggu sekitar 15-20 menitan, akhirnya pesanan kami datang.
Dianternya pakai wajan sodara, hahaha.

Menu makanan di Terminal Kepiting Jogja

Menu makanan di Terminal Kepiting Jogja

Jadi sebelumnya, atas meja kami tuh udah dikasih alas kertas putih yang lebar, tapi kami nggak dikasih celemek sih, eh meskipun dikasih saya mungkin juga nggak mau pake, lagi pandemi dong, kan parno, hahaha.

Isi paket yang kami pesan tersebut lumayan banyak sih, at least lumayan kenyang kami makan bertiga (iya, soalnya si Adik cuman makan sesuap dua suap, karena nggak tahan pedas, padahal ya cuman pedas merica dikit, ckckckck).

Isinya ada kepiting kayaknya sih 3 atau 4 ekor yang sedang, udang, kerang, cumi dan jagung.
Semuanya dimasak dengan saos lada hitam pesanan kami.

Lalu rasanya gimana?
Masih ingat dong, Alhamdulillah enak sih, segar.
Itu yang penting.

Saya kan familier banget ama seafood sejak kecil, meski waktu kecil nggak pernah makan seafood kayak gini dicampur bumbu, biasanya direbus dan dicocol sambal doang, hahaha.

Tapi makan seafood campur saos lada hitamnya kayak gini, not so bad sih, meski tetep enakan seafood rebus, hahaha.
Saosnya juga rasanya pas, dan meresap ke semua lauk.

Harga 


Kalau nggak salah, untuk semua pesanan kami tersebut, saya membayar di bawah 300ribuan.
Masih wajar sih ya.

Harga makanan di Terminal Kepiting Jogja

Harga makanan di Terminal Kepiting Jogja


Kelebihan dan Kekurangan Terminal Kepiting Jogja


Kelebihan

  • Tempatnya asyik, meski nggak ber AC tapi lumayan sejuk dengan adanya kipas angin. Ada banyak ornamen-ornamen barang jadul pula, kayak TV jadul, telepon jadul, setrika jadul yang ada ayam-ayamnya, persis dengan setrika di rumah nenek kata si Kakak.
  • Ada pilihan sensasi makan di dalam bus yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih nyaman.
  • Makanannya lumayan enak, seafood-nya segar, saosnya enak.
  • Menunya beragam, yang kesemuanya seafood, dan ada 1 ikan kedampar, si Gurami, wakakakak.
  • Harganya masih masuk kategori terjangkau, karena biasanya kan seafood itu mihil ya.
  • Pelayannya ramah-ramah dan baik, selalu melayani dengan sopan dan penuh senyum.
  • Tempat parkirnya lumayan luas, meski kami nggak parkir di situ sih.

Terminal Kepiting Jogja


Kekurangan

  • Apa ya? kurang banyak kayaknya hahaha. Etapi sebenarnya porsi segitu pas aja sih buat saya dan kami, karena biar kata saya penyuka seafood, tapi kalau dibumbuin gitu rasanya lebih cepat kenyang karena eneg kalau kebanyakan nggak sih?


Kesimpulan


Menurut saya, Terminal Kepiting Jogja ini, merupakan salah satu resto yang recomended banget buat penyuka seafood, terutama yang pengen merasakan sensasi makan di dalam bus.

Menu makanan di Terminal Kepiting Jogja
Karena selfie it's a must, hahaha

Anak-anak pasti suka tuh, karena menarik kan, makannya di dalam bus dong, biarpun memang kudu tambah bayar buat sewa tempat di dalam bus.


Alamat Terminal Kepiting Jogja: 

Jalan, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telp: 0274-4360584

Rating a la Rey : 4,75 dari 5


Demikianlah pengalaman kami makan seafood tema keroyokan di Terminal Kepiting Jogja. Ada yang tertarik atau udah pernah cobain? 
Share dong.


Sidoarjo, 28 Mei 2022

Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: dokumen pribadi

No comments :

Post a Comment

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top