Standar 2 Motor Matic yang Akhirnya Berhasil Saya Taklukan

standar-2-motor-matic

Standar 2 motor matic tuh udah jadi momok menakutkan buat saya sejak dulu. Dan saya pikir bukan cuman si Rey ini aja deh yang mengalami.

Rata-rata, perempuan tuh selalu bermasalah dengan standar tengah motor, baik motor biasa, maupun matic

Padahal ya, udah sejak zaman jebot, saya diajarin sama si Kakak pacar lah, teman-teman lah. Pokoknya selalu nggak bisa. Nggak bisa naikan standar tengah motor, juga nggak bisa menurunkannya juga.

Ampun ya.

Baca juga : Tragedi Motor Mogok dan Keajaiban yang Terjadi

Gara-gara hal ini, saya selalu berteman baik dengan tukang parkir, biar deh tukang parkirnya kayak setan. Pas datang dia nggak ada, pas saya pulang, eh dia ada. Nggak masalah, toh saya datang bisa pakai standar samping motor aja.

Kalau pulang, biasanya motor saya udah jadi standar tengah, dan saya nggak bisa nuruninnya, apalagi kalau motornya diatur rapat-rapat, hadeh.


Si Rey dan Motor serta Standar 2 Motor Matic

Saya dan motor sebenarnya merupakan kisah yang unik. Pertama kali bisa naik motor, ketika kuliah, dan waktu itu saya diajarin si Kakak pacar.

Masih ingat banget, dulu belajarnya 2 harian doang. Dan uniknya si Kakak pacar ngajak saya belajar naik motor laki dong.

Beruntung, kalau itu Surabaya masih banyak jalanan sepi, belum seramai sekarang. Dengan beberapa kali mutar-mutar di depan Kampus C Unair, di mana jalanannya belum semulus sekarang. Pun juga belum seramai sekarang.

Setelah itu, si Kakak pacar langsung mengajak saya naik motor ke jalanan yang ramai. Gara-gara itu, 2 hari belajar, saya udah bisa dong.

Baca juga : Pengalaman Membayar Pajak Motor di Samsat Manyar Surabaya

Tapiiii, dasar si Rey ya. Bisa naik motor itu, sambil ngeri sendiri. 

Di jalan jejeritan sendiri, apalagi kalau bonceng anak-anak, haduh deh, serem sendiri, tapi emang butuh sih ya. Hidup di Surabaya nggak bisa naik motor, ibarat nggak punya kaki rasanya.

Mau mengandalkan becak, karena zaman dulu belum ada ojek online kayak sekarang ya, yang ada tekor.

Sekarang malah lebih parah, udah ada anak-anak, pejuang LDM pulak. Mau nggak mau harus bisa memotoran.

Setelah kerja, saya akhirnya beli motor baru, motor biasa sih, bukan motor matic. Dan motor itulah yang saya pakai sampai sekarang.

Jadi, saya familier-nya ya motor biasa, meski bisanya cuman standar samping doang ya. Kalau harus naik motor matic, kagoknyaaaa minta ampun.

Apalagi naik motor matic jenis-jenis yang terbaru ya. Saya pernah dong waktu di Buton, jalan-jalan berdua sama si Kakak. Pas perginya naik motor kakak yang matic, yang nyalain ya si Kakak saya.

Pas pulang, ngehek-lah saya. Tuh motor nggak bisa nyala dong!. Beruntung ada anak-anak kecil yang lewat, terus dengan baik hati sambil nahan cekikikan, mereka memberi tahukan cara menyalakan motor matic, hahaha. 

Itu cuman masalah nyalain ya, apalagi masalah standar 2 motor matic? duh!

Udahlah, pokoknya kalau bawa motor terus parkirannya nggak rata, auto balik saya. Ya karena nggak bisa standar tengah motor, bisanya samping doang, hahaha.

Baca juga : Jangan Tanyakan Ini Pada Pasangan LDM


Cara Mudah Standar 2 Motor Matic yang Akhirnya Berhasil Saya Taklukan

Jadi, papinya anak-anak kan bawa motor matic, terus tuh motor ditinggal dan seringnya dipakai si Kakak buat belajar.

standar-2-motor-matic
standar 2 motor matic | sumber: motorplus-online

Nah masalahnya, karena motor itu juga udzur, harus sering dipanasin. Kalau enggak ya, pas dipakai malah nggak bisa nyala.

Sewaktu ketika, si Kakak lupa manasinnya, terus pas dinyalain, nggak bisa nyala dong. Terpaksa deh nyoba di stater pakai kaki.

Tapi masalahnya kan, motor matic itu beda sama motor biasa ya. Kalau asal di-stater samping, yang ada motor melompat dong, hahaha.

Alhasil harus di standar tengah. Dan masalahnya adalah, saya udah coba berkali-kali nggak bisa! Bahkan sampai berdua sama si Kakak, sulit banget!

Tuh motor emang berat banget sih ya, pegimana bisa saya angkat cobak!

Sampai akhirnya saya iseng googling cara standar tengah motor matic. Dan keluar kata kuncinya,

"Jangan diangkat! berat tauk! injak dan tarik dikit aja ke belakang!"

Langsung saya praktik dong ya, sendirian. Dan tadaaaaa, astagaaaa emang gampang buangeeettt! nggak ada berat-beratnya sama sekali! Astagaaahhh, hahahaha.

Baca juga : Naik Motor Dari Surabaya Ke Jogja, Hampir Pingsan Rasanya!

Jadi begini step by step cara standar motor matic khususnya buat perempuan atau mak-mak:

  1. Posisikan motor matic secara sejajar.
  2. Posisikan tubuh di sebelah kiri motor biar lebih mudah.
  3. Tangan kiri memegang setir kiri biar motor tetap sejajar lurus, tangan bisa pegang ujung motor bagian belakang, atau tempat duduk bagian depan.
  4. Posisikan kaki menginjak standar tengah motor.
  5. Tahan injakan standar tengah motor matic, sementara kedua tangan menarik motor ke bagian belakang, dan tadaaaa... jadi deh!
Kuncinya satu, TANGAN JANGAN MENGANGKAT MOTOR, TAPI MENARIK MOTOR KE BELAKANG!

Serius loh, nggak kerasa berat sama sekali, nggak sulit sama sekali, bahkan motor berasa kek disentuh pelan aja.

Ya gara-gara itu, tidak dingkat, melainkan ditarik ke belakang!

You know-lah motor matic tuh, biar kata kecil, tapi berat banget tauk nggak, kenapa juga saya angkat ya? hahaha.

Legaaaa rasanya, akhirnya saya nambah satu skill baru dong hahaha.

Baca Juga : Mengatasi Tabung Gas Elpiji yang Tidak Menyala Setelah Ganti Tabung Baru 

Ini tuh rasanya, kayak saya pertama kalinya bisa pasang gas dulu, antara ngakak karena ternyata segampang itu dong!. Bayangin aja, selama bertahun-tahun saya kesulitan melakukan hal tersebut, lalu akhirnya bisa ngelakuin, dan ternyata semudah itu!


Kesimpulan dan Penutup

Pada intinya, kita wanita ini sebenarnya bisa melakukan pekerjaan apapun, bahkan yang berat-berat sekalipun. Namun, saran saya sih pekerjaan berat sebaiknya dihindari oleh wanita, karena tulang kita tuh beda sama tulang lelaki yang nggak pernah berbagi kalsium sama janin dan bayi, hahaha.

Namun untuk pekerjaan yang seringnya terlihat susah di mata wanita, misal pasang gas, standar 2 motor matic dan semacamnya. Sebenarnya mudah dan bisa loh dilakukan.

Kuncinya, siapkan mindset bahwa kita bisa, dan pahami caranya dengan baik. 

Demikianlah

Sidoarjo, 11 Maret 2023

Demikian artikel tentang pengalaman saya menaklukan satu skill baru, yaitu standar 2 motor matic. Semoga menginspirasi.

14 komentar :

  1. qkqkqkqkqk mba Reyyyy dirimu emang ajiiibb

    perkara jagang motor aja bs jadi postingan blog yg panjaaangg dan melibatkan orang² d masa silam, 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkw, lagi malas cari ide riset keyword, penat rasanya tiap hari riset keyword :D

      Hapus
  2. Wah, mbak Rey ini emang blogger sejati
    Cerita tentang jagang motor saja bisa jadi postingan blog
    Selamat bisa jagang tengah

    BalasHapus
  3. Hihi...aku banget, ini mah, nggak bisa standar tengah...musti dan harus dipraktekkan, nih, tipsnya...jangan diangkat, Yaa, beraaaat...

    BalasHapus
  4. Hahahaha, dari sekian banyak BW kali ini, artikel kak Rey yang paling bikin ngakak :-D. Inti dari artikel ini cuma 1 kalimat padahal "jangan diangat, tapi tarik ke belakang" tapi bisa jadi artikel yang ceritanya seruuu

    BalasHapus
  5. Wah, akhirnya ya Kak. Selamat udah bisa jagang tengah, Kak. jangan diangkat, berat tauk, Kak :D. Makasih tipsnyaaa

    BalasHapus
  6. Hihihi baca artikel ini, saya jadi penasaran mau coba Mbak. Berhubung saya pun belum pernah praktek standar tengah. Biasanya selalu urusan pak suami kalau mau diatur standar tengah..

    BalasHapus
  7. Sampai sekarang aku juga belum bisa standar tengah motor, kak Rey..
    Padahal segala tips uda dicobain. Atau mungkin karena motorku bukan matic ya.. motor lawas, jadi lebih berat.
    Hehehe..padahal kak Rey uda bilang kalo bukan karena berat motornya ya., Tapi teknikku yang masih belum bener.

    BalasHapus
  8. aku sampai hari ini masih belum bisa eh standar 2 ini padahal sudah tahu teorinya. kayaknya perlu praktik lagi deh biar bisa standar 2 motorku. hihi

    BalasHapus
  9. Samaan nih mba wkwkwkwk Bisanya nurunin doang, gabisa standar tengah motor. Trus masa2 masih belum nikah sempat bisa, sekarang balik gabisa lagi karena udah jarang bawa motor

    BalasHapus
  10. Aku bisa doong hahaha dan emang daridulu pengen belajar, suka risih kalo ada yg parkir di rumah distandarin samping hehe abis2in tempat alhasil aku memaksa untuk harus bisa wkwkwk

    BalasHapus
  11. Jujur aku udah lebih dari 10 taun bisa nyetir motor, belum bisa standar dua hahahahahaha. Jangankan standar dua, buat nyalain mesin pake kaki yg digojlek aja ga bisa 🤣

    BalasHapus
  12. Apalah dayaku yg jg nggak terllu ngeh standar dua motor, apalagi sekarang dah jarang banget pegang motor hahah

    BalasHapus
  13. hahaha aku juga pernah ngalamin nih, perjalanan menemukan feel untuk standar tengah motor matic. kalau aku ceritanya dikasi tahu mas-mas bengkel langganan. sama aja metodenya, jangan diangkat tapi diinjak dan tarik dikit ke belakang. jadi kitanya memanfaatkan berat tubuh nanti motornya otomatis keangkat, tinggal di arahin aja ke belakang jadideh...

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)