Cara Menghapus Broken Link Di Blogspot Secara Cepat Ala Rey

Cara menghapus broken link di blogspot secara cepat

Cara menghapus broken link di blogspot ini saya temukan secara asal, meskipun mungkin cara ini banyak dipakai oleh para blogger lainnya.

Terbukti, saya sering banget melihat hal-hal yang seperti ini, di beberapa blog yang sering saya kunjungi, di mana awalnya saya nggak ngerti maksudnya, nantilah saya coba cek broken link blog dan menemukan banyak masalah, yang bakal saya ceritakan di Sharing By Rey kali ini.


Apa Itu Broken Link Di Blogspot


Btw ada yang belum tahu apa itu broken link?
Sepertinya hampir semua blogger di masa kini tahu kan ye tentang broken link, apalagi kalau blogger yang orientasinya blogging for money.

Broken link adalah, link atau tautan yang telah rusak dan ada di dalam sebuah blog, yang ketika di klik tautan tersebut akan mengarahkan kita ke halaman yang error, dengan pesan halaman error 404.

Broken link bisa ada di dalam artikel, di dalam halaman, dan yang paling sering kita temukan adalah dari kolom komentar, yaitu link profil nama si pengomentar, yang entah sebelumnya menggunakan link blog atau website tertentu, lalu ternyata blog atau website tersebut telah mati.

Atau juga dengan menggunakan link profil blogger, di mana profilnya entah disembunyikan atau gimana, ternyata malah bikin broken link juga di kolom profil komentar.


Apa Penyebab Munculnya Broken Link Di Blogspot


Adapun penyebab munculnya broken link di blogspot adalah, karena beberapa hal, yaitu:


1. Mengganti url atau link artikel yang sudah terindex


Saya nggak tahu sih lainnya, tapi saya sering banget bermasalah dengan url atau link sebuah artikel, khususnya untuk artikel yang lama ngendon di draft, entah mengapa ketika saya selesaikan dan publish, url-nya berganti dengan sendirinya dong, meski udah saya setting secara manual.

Kadang ikut url lama, which is bulannya udah telat, kadang juga jadi url blog-post.
Biasanya url demikian, baru akan saya sadari kalau salah, setelah artikelnya tayang, dan segera saya ganti.

Tapi sayang, ternyata sebagian sudah terindex dong, jadilah broken link memenuhi blog ini, huhuhu.


2. Link atau tautan profil yang berkomentar di artikel, rusak


Nah ini yang paling banyak dan sering terjadi, broken link yang terjadi di blog ini khususnya, kebanyakan berasal dari link atau tautan profil yang berkomentar di artikel, di mana sebagian meninggalkan url blognya, lalu ternyata blognya nggak diperpanjang domainnya.

Gara-gara sering terjadi hal begini, jadinya saya siasati dengan hanya mengaktifkan kolom akun blogger di profil komentar.

Tapi ternyata hal itu tidak selalu menjadi solusi terbaik, kirain dengan hanya mengaktifkan akun blogger di profil komentar, masih bisa mendatangkan broken link juga, entah kalau akun tersebut di hide atau dihapus kali ya.
 
Dan begitulah penyebab banyak broken link yang saya temukan di blog ini.
  

Bagaimana Cara Mengecek Broken Link Di Blogspot


Sebenarnya ada banyak cara untu mengecek broken link di blogspot, tapi saya hanya suka memakai satu cara saja, yaitu dengan menggunakan website https://www.brokenlinkcheck.com/

Alasannya, cara mengecek broken link dengan website brokenlinkcheck itu, lebih simple dan lebih banyak broken link yang terdeteksi.

Adapun cara mengeceknya, cukup masukan url blog kita di kolom tampilan awalnya, kemudian klik 'find broken link', lalu masukan 'security code' dan klik 'find broken link now' dan tinggal menunggu list broken link akan muncul di bagian bawah halaman.
 
Cara mengecek broken link di blogspot

Cara mengecek broken link di blogspot

Dan enaknya lagi kalau mengecek broken link pakai website ini, kita bisa dengan mudah menemukan letak broken link yang dimaksud, dengan cara mengeklik 'Page where found'


Bagaimana Cara Menghapus Broken Link Di Blogspot Secara Cepat


Biasanya, kalau pas lagi rajin, saya melakukan pengecekan broken link dan menghapus atau memperbaiki semua broken link yang terdeteksi secara manual.

Caranya, jika bloken link ada di badan artikel, ya tinggal diedit kan ye.
Misal, ada backlink sponsored post yang error, ya saya hapus lah, atau minimal saya jadikan link mati (sapa suruh linknya mati nggak diperbaiki, hahaha).

Kalau broken link-nya ada di komentar, ya komentarnya saya hapus lah. 
Masalah muncul, ketika baru-baru ini, saya mendeteksi banyak banget broken link dari profil komentar yang sering komen di artikel saya, mana panjang-panjang pula komentarnya, juga banyaknya minta ampun.

Dengan berat hati saya hapusin satu-satu dong.
Tapi, saking banyaknya saya capek dong hapusnya, huhuhu.

Parahnya lagi, masalahnya broken link di profil komentar ini, setelah saya non aktifkan kolom komentar untuk profil lain, selain akun blogger.

Kirain dengan cuman mengaktifkan satu pilihan profil komentar, bakalan mengurangi bahkan meniadakan masalah broken link akibat link yang dititipkan orang di profil komentar.

Ternyata enggak dong, profil komentar dengan akun blogger pun bisa broken link, entah karena akunnya di 'sembunyikan' atau dihapus.

Jadinya, sama aja deh, kudu hapusin satu-satu juga.

Setelah beberapa kali menghapus secara manual, dan capek sendiri, saya jadi teringat akan tampilan beberapa teman blog, di mana link yang ada di profil kolom komentarnya mati alias nggak ada link hidup.  

Lalu terpikirkan deh mau bikin kayak gitu, biar semua backlink yang eror di profil kolom komentar itu, jadi mati, dan nggak butuh saya hapusin satu persatu, kasian juga kan orang udah capek-capek nulis panjang-panjang pula di kolom komentar.

Adapun cara menghapus broken link di kolom komentar blogspot dengan cepat pakai cara mematikan link hidup di profil kolom komentar adalah: dengan memakai Javascript.

Sebenarnya ada 2 cara sih ya, pakai Javascript dan jQuery.

Tapi karena saya tuh buta banget hal-hal beginian ya, perkodean beginian.
Maka saya pilih yang mudah buat saya aja, yaitu pakai Javascript, dengan cara pakai kode dari Igniel, yaitu:
  • Buka Dashboard Blogspot, lalu klik 'TEMA' (saya pakai bahasa Indonesia), lalu 'SESUAIKAN'.
Cara menghapus link hidup di profil kolom komentar
  • Klik 'EDIT HTML'
Cara menghapus broken link di blogspot secara cepat
  • Pada keyboard, pencet bersamaan tombol 'ctrl' dan 'F', maka akan muncul kolom pencarian, tuliskan kode </body> lalu enter.
Cara menghapus link hidup di profil kolom komentar
  • Setelah ketemu, pastekan kode di bawah ini, tepat di atas kode </body>
<script> //<![CDATA[
/* Remove Profile Link in Blogger Comments by igniel*/
(function ignielRemLinkNameCmt(){
if (document.querySelector('#comments .comments-content')){
var a = document.querySelectorAll('.comment-block .user a');
for (var x = 0; x < a.length; x++){
var b = a[x].text, c = a[x].parentNode, d = document.createElement('span'); d.innerHTML = b;
a[x].remove();
c.appendChild(d);
}
}
})();
//]]> </script>
Cara menghapus link hidup di profil kolom komentar 
  • Setelah itu, klik SIMPAN dan selesai deh.

Selanjutnya periksa kolom komentar, dijamin bakalan menemukan semua profil atau author yang komen di artikel kita, nggak lagi meninggalkan link hidup, alias nggak bisa lagi di klik dan membawa kita ke halaman blog mereka, kecuali melalui dashboard menu Komentar.
  
Jadi begitulah, kalau ada Temans yang heran mengapa kolom komentar di blog saya jadi nggak ada link hidupnya lagi, ya gara-gara pengen hapus broken link ya Temans, dan mencegah broken link yang berasal dari profil komentar terjadi lagi,


Penutup


Kalau ditanya, buat apa sih hapusin broken link? ya karena pengen aja, hahaha.
Saya nggak tahu pasti teorinya bakalan berpengaruh terhadap SEO atau enggak, yang jelas broken link, khususnya dari profil komentar itu memang nyebelin sih.

Makanya saya cari cara yang mudah buat dihapus, dan mencegah nggak terjadi lagi, capek soalnya ngecek dan hapusin satu persatu.

Meskipun, jadinya saya terkesan benar-benar menutup semua celah untuk Temans menitipkan url atau backlink blog atau artikelnya di kolom profil komentar, tapi memang semuanya karena saya juga merasa, buat apa ninggalin backlink, kalau ujung-ujungnya broken alias rusak kan ye.

Jadi, cara tercepat menghapus broken link di blogspot ala Rey ya dengan mematikan link yang ada di kolom profil komentar blog.


Sidoarjo, 09 November 2022

Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

7 komentar :

  1. Saya merasa dirugikan Rey... hahahaha Biasanya saya kalau sedang bermain ke blog sini sering mengklik link dari teman-teman, kebetulan yang belum pernah saya kenal.. Jadi itu cara saya main ke blog teman teman yang lain.

    Cuma karena sekarang dimatikan, ya saya tidak bisa melakukan itu. Beberapa blog lain juga melakukan hal yang sama sih. Itu terserah masing-masing.

    Beberapa blog yang melakukan ini, sudah lama saya tidak kunjungi karena kurang asyik bagi saya yang senang berkelana kesana kemari.. hahahaha.. Saya ga bisa lagi mengklik link mrk dan langsung ke blog. Harus memakai google buat mencarinya dan kadang tidak bisa menemukan.

    Jadi, saya merasa dirugikan.. kwkwkwkwkw #EGP ya Rey

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakakaka, iya sih Pak, jujur saya juga dulu kesal kalau nemu blog teman yang matikan link profil komentar.

      Salah satunya, jadi sulit berkunjung ke blog teman lainnya.
      Tapi, setelah saya sendiri mengalami, jadinya terpaksa matikan juga hahaha.

      Tapi, keluhan Bapak Anton jadi ide buat saya nulis lagi :D

      Hapus
  2. dih klo ngomongin broken link ini kayak metani tumo wkwkwk
    njelimet dan memakan waktu banyak
    tapi cara ini bisa digunakan
    soalnya gimanapun kita berusaha meminimalisasi link hidup aja aja yang nongol
    apalagi klo blog yang komen udah wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Mas, bahkan jujur saya belum nemu website yang bisa benar-benar mendeteksi semua broken link, website di atas itu cuman mendeteksi sebagian, makanya dengan mematikan link di profil komentar, seketika juga membantu broken link yang mungkin ga kedetek, bisa hilang :D

      Hapus
  3. Hi mbak, Aku Chakly dari Blog Geeglehayoo! Artikelnya bagus dan lucu tapi sangat menarik.

    Mbak saya mau tanya, Cara memperbaiki search console item tanpa nama gimana sih?

    BalasHapus
  4. Memang nyebelin kalo broken link dari komentar ini. Aku udh lama ga ngecek. tapi kalo di WP, ga hrs diapus sampe sekomen2nya Rey, bisa dibenerin link nya kalo memang salah, atau link url blognya aja yg didelete. Kdg ada tuh temen yg isi komen, tapi pas aku liat url blognya, salah ketik. Seharusnya (.)com eh malah Koma yg ditulis . Ya udh aku benerin aja sebelum lepas moderasi. Tapi skr ini aku juga prefer matiin sih.

    Ntr repot soal bw baliknya? Ga juga. Aku punya list temen2 blogger yg blognya memang aku suka. Termasuk yg pernah komen di aku. Jadi aku patokannya dari list itu 😄

    BalasHapus
  5. Lama gak ngeblog, broken link ampe 800 lebih :( Aku coba tutorial ini, tapi kok masih ngelink ya profil yang di kolom komentar?

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)