Wednesday, March 09, 2022

Pinjaman Modal Usaha yang Aman untuk Kembangkan Bisnis

Pinjaman Modal Usaha yang Aman untuk Kembangkan Bisnis

Sharing By Rey - Pinjaman modal usaha merupakan sebuah jawaban yang paling nyata, bagi para pebisnis atau wirausahawan untuk bisa bersaing dan mengembangkan bisnisnya.

Karena kita semua tahu pasti, modal usaha merupakan hal penting dan seringnya menjadi sebuah kendala atau permasalahan utama bagi pebisnis.


Modal memang seringnya menjadi kendala utama bagi banyak pebisnis. Di mana, tekat dan semangat udah menggebu, eh modalnya nggak cukup.
Gara-gara modal, banyak yang terpaksa menunda semangatnya, karena masalah modal yang belum mencukupi.

Padahal ya, di zaman sekarang itu, persaingan bisnis semakin ketat, kalau cuman begitu-begitu saja, bisa-bisa hilang digilas persaingan yang begitu cepat bergulir. Dan kesempatan pun biasanya tak datang setiap saat.

Gara-gara modal yang menjadi hambatan, banyak orang yang terpaksa menunda atau mengurungkan niatnya dalam bisnis, yang tak jarang pula mengakibatkan hilangnya kesempatan yang ada, dan peluang pun tak bisa diraih.

Menyedihkan nggak sih hal tersebut, padahal nggak semua orang bisa punya semangat dalam merealisasikan bisnis atau usahanya.
Begitu pentingnya modal bagi pebisnis, untuk mewujudkan impian bisnisnya.

Dan begitu pentingnya bagi pebisnis untuk mencari jalan keluar bagi masalah tersebut, salah satunya dengan mencari pinjaman modal usaha, yang tentunya terjamin aman, agar impian bisnisnya bisa terealisasi dengan baik.


Memilih Pinjaman Modal Usaha yang Aman untuk Kembangkan Bisnis


Sejujurnya sih, kalau saya pribadi lebih suka memilih pinjaman modal usaha kepada seseorang yang terpercaya, misal kerabat atau lainnya.
Dengan catatan, wajib dibuatnya perjanjian sebagai tanggung jawab pengembalian dana pinjaman.

Namun, iya kalau punya kerabat yang mau minjamin kan ye, kalau enggak?
Ya udah deh, pakai jasa pinjaman modal melalui lembaga keuangan atau platform pendanaan digital terpercaya yang menyediakan layanan pinjaman modal usaha. 

Yang perlu diperhatikan adalah, menggunakan lembaga pinjaman keuangan tuh, harus dari yang benar-benar terpercaya dan aman, agar tidak memberikan masalah tambahan di kemudian hari.

Pinjaman Modal Usaha di Modalku

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih dan mengajukan pinjaman modal usaha yang aman dan terpercaya, di antaranya adalah:
  • Legalitas lembaga pinjaman keuangan tersebut terjamin dan terpercaya, di mana tentunya harus sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia. Dengan adanya legalitas tersebut, maka lembaga tersebut insha Allah aman dan tidak bertentangan dengan hukum.
  • Mengajukan pinjaman hanya untuk keperluan bisnis dan sesuai kemampuan, nah ini yang paling penting juga ya, jangan mentang-mentang mau pinjam uang buat modal usaha, tapi nggak mengukur kemampuan kita dalam mengembalikan dana tersebut. Jadi, pastikan kita telah membuat perencanaan bisnis yang matang, agar tak menemukan kendala dalam pengembalian modal pinjaman usaha tersebut.
  • Pastikan telah membaca kontrak dengan teliti terlebih dahulu, jangan lewatkan kesempatan bertanya sebanyak-banyaknya jika ada yang belum dipahami, terutama hal-hal penting seperti tingkat bunga, cara penagihan, maupun denda keterlambatan, untuk meminimalisir terjadinya kerugian di kemudian hari.
  • Memastikan aplikasi pinjaman modal tersebut punya sistem keamanan yang mumpuni, hal ini penting agar tidak terjadi kebocoran data yang berakibat merugikan di kemudian hari, salah satu ciri aplikasi seperti ini adalah, menerapkan sistem keamaan berlapis, di mana saat kita mengakses aplikasinya, biasanya sistem akan mengirimkan kode OTP (one-time password) terlebih dahulu pada perangkat Anda melalui SMS. Selain itu, ada juga yang harus memakai verifikasi email, dan mengharuskan punya PIN (personal identification number) saat mengakses aplikasinya.

Salah satu platform pendanaan digital terpercaya yang menyediakan layanan pinjaman modal usaha, yaitu Modalku.


Modalku, Pinjaman Modal Usaha yang Aman untuk Kembangkan Bisnis


Ada yang belum tahu Modalku?
Modalku merupakan platform pendanaan digital bagi UMKM yang berbasis teknologi finansial dan terpercaya di Indonesia.

Modalku

Dengan Modalku, UMKM yang berpotensi akan terhubung dengan pendana, yang tentunya akan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta dapat membentuk dunia keuangan yang lebih inklusif.

Dan yang paling penting, Modalku telah berpengalaman bertahun-tahun serta terdaftar dan diawasi oleh OJK, juga terdaftar di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), sehingga legal dan terpercaya di Indonesia.

Dengan menerapkan beberapa modal penting, seperti:
  • Test | Measure | Act, yaitu selalu memiliki rasa ingin tahu dan memperbarui diri sendiri melalui inovasi dan eksperimen.
  • Serve with Obsession, yaitu melayani pelanggan dengan obsesi positif, agar dapat membangun hubungan jangka panjang yang sama-sama menguntungkan.
  • Enable Teamwork, Disable Politics, yaitu punya pemikiran bahwa sukses hanya akan bisa diraih jika telah berhasil membangun kebersamaan.
  • Grow Relentlessly, yaitu selalu mencapai potensi terbaik yang ada dalam diri pelanggan.
  • Focus on Impact, yaitu menciptakan dampak dengan aksi yang nyata dan hasil yang jelas

Modalku, merupakan salah satu solusi bagi para pebisnis untuk bisa mengajukan pinjaman modal usaha agar bisnisnya bisa berkembang, dan tentunya aman.

Karenanya, tunggu apa lagi, bagi pebisnis yang butuh pinjaman modal usaha yang aman dan terpercaya untuk mengembangkan bisnis, bisa banget memanfaatkan Modalku, agar usahanya bisa segera berkembang dan bisa bersaing di era yang sarat persaingan bisnis ini. 

Sumber: https://blog.modalku.co.id/
Gambar: Canva dan https://blog.modalku.co.id/

8 comments :

  1. Aku tadi cek di Modalku persyaratannya cukup mudah ya, tinggal foto KTP, foto selfie, rekening bank sama laporan keuangan tempat usaha, tidak pakai jaminan. Uang bisa cair ke rekening bank.πŸ˜„

    Beda dengan zaman bapakku dulu. Mau pinjam modal buat tani di bank saja lama, harus ada jaminan misalnya akte tanah, belum nunggu petugas survei. Kalo sudah disurvei baru cair.

    Tapi aku masih bimbang pinjam modal online, takut ngga bisa nyicil setorannya .πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat usaha, sebaiknya dibikin dulu plan usahanya Mas, jadi pas pinjaman cair, udah tau mau dikemanakan duitnya biar cepat berputar dan nggak jadi beban, cicilannya.

      Semangat Mas, coba deh dipikirkan mau buat usaha apa?
      Kalau mau perluas usaha, coba di break down, apa aja yang dibutuhkan, terus gimana rencananya biar bisa segera menghasilnya.
      Nanti ketemu kok caranya, dan ketika pinjaman cair, dengan cepat bisa segera dilaksanakan usahanya, sehingga mudah bayar cicilannya :D

      Delete
    2. Aku penginnya usaha yang untungnya cukup besar tapi masih belum banyak saingan, mungkin jualan kue kali ya, soalnya disini baru ada satu toko.

      Tapi masalahnya toko itu juga tidak terlalu ramai, mungkin karena desa. Kalo yang ramai agak jauhan di daerah perumahan, tapi aku tanya-tanya orang situ biaya sewa kiosnya saja sudah lumayan 25 juta per tahun, berarti sebulan minimal harus ada untung 2,5 juta kan buat kios, belum lagi buat cicilan, minimal sebulan harus ada untung 4 juta.

      Kalo datang 2 - 3 bulan langsung rame sih Alhamdulillah, tapi kalo sepi soalnya biarpun tempatnya ramai banget tapi belum tentu ramai pembeli.πŸ˜‚

      Walah, kapan majunya kalo bimbang terus ya mbak.🀣

      Kalo mbak Rey mah, 4 juta bisa ditutupi dari adsense ya mbak.πŸ˜„

      πŸšΆπŸƒπŸ’¨πŸ’¨πŸ’¨

      Delete
    3. Aamiin ya Allah :D

      Iya Mas, kalau buka usaha, bukan hanya liat pesaing, tapi juga lokasinya, kecuali bisa dibuat online juga.

      Kalau kue bisa juga sih, asal sesuaikan dengan ekonomi target pasarnya Mas, kalau menengah ke bawah, bisa jualan kue yang harganya terjangkau dan enak.

      Menarik sebenarnya bikin usaha itu, saya juga tertarik, sayang saya nggak mampu jalankan seorang diri hehehe

      Delete
  2. Aku slama ini investasi di bbrp aplikasi yg menyalurkan pinjaman utk modal kerja. Tapi blm pernah di MODALKU ini reym so far yg aku pernah invest di akseleran, investree dan modal rakyat. Kalo skr sih aktifnya di Modal rakyat. Lumayan udah berkembang banyak. Pernah sih sekali ngalamin kredit Macet. Sampe skr blm balik, tapi untungnya kecil lah. Udah ketutup Ama keuntungan yg lainnya 😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weeehhh, keren emang ya kalau basic perbankan ini, jadi tahu gimana mengelola keuangan dengan baik :)

      Delete
  3. terlindungi OJK dan yang pinjem model bener bener kudu baca kontrak dengan sangat teliti, kadang orang Indo males baca, jadi pas udah kredit jalan di tengah jalan, ehh ada miss dan ga memahami aturannya
    aku baru tau nih Modalku mbak, lumayan membantu pelaku usaha yang baru memulai ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaaa, hal penting buat yang mau pinjam dana buat usaha, wajib banget siapin plan bisnisnya, terus ukur kemampuan, biar kredit nggak macet :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top