Monday, March 14, 2022

Nonton Lebih Asyik dengan Membuat Bioskop di Rumah, Berikut Tipsnya

Nonton Lebih Asyik dengan Membuat Bioskop di Rumah, Berikut Tipsnya
Sumber: Unsplash.com/ mixetto

Hayo ngaku, siapa yang rindu dengan suasana nonton di bioskop? Menonton film secara langsung di bioskop memang dapat memberikan sensasi tersendiri. Kita sering kali pergi ke bioskop untuk hangout bersama keluarga, teman-teman atau bahkan nge-date bareng pasangan. Menyaksikan film sambil makan camilan dan minuman membuat kita makin betah berada di sana.

Namun di masa pandemi seperti ini, rasanya agak berisiko untuk bepergian ke luar rumah. Jika kamu ingin merasakan pengalaman menonton bioskop dari rumah, kami telah merangkum beberapa cara yang bisa dilakukan. Simak penjelasannya berikut ini, ya!


Tentukan Ruangan untuk Menonton


Saat memikirkan ruangan apa yang akan dipakai untuk menonton film, sebenarnya ruang keluarga sudah bisa digunakan untuk menonton ala bioskop. Ruang keluarga biasanya memiliki area yang cukup luas karena sering digunakan untuk bersantai dengan anggota keluarga.

Namun jika kamu terpikirkan tempat lain yang mungkin lebih luas dan nyaman, ruangan lain bisa kamu jadikan pilihan. Terlebih jika kamu punya taman kecil di belakang rumah atau di teras depan, kamu bisa gelar tikar dan pasang layar proyektor di sana. Jangan lupa perkirakan seberapa luas tempat yang dibutuhkan berdasarkan seberapa banyak orang yang akan ikut menonton bersama.


Gunakan Proyektor atau TV Layar Lebar


Nonton Lebih Asyik dengan Membuat Bioskop di Rumah, Berikut Tipsnya
Sumber: Unsplash.com/ mixetto

Ini dia poin utama dari kegiatan menonton. Kamu bisa gunakan Smart TV berlayar lebar dan tambahkan speaker untuk sensasi suara yang lebih menggelegar layaknya di bioskop. Cara kedua yang bisa kamu lakukan ialah menggunakan proyektor untuk hasil gambar lebih jelas.

Dengan cara ini kamu bisa merasakan cara menonton ala bioskop yang sesungguhnya. Layar yang jauh lebih lebar dan bisa di atur di sisi mana pun buat momen nonton filmmu jadi lebih asyik. Jangan lupa tambahkan speaker untuk sensasi mendengarkan lebih baik. Eits, tetap perhatikan keadaan sekitar, ya, pastikan suara yang ditimbulkan tidak mengganggu tetangga.


Hias dengan Dekorasi yang Mendukung


Bioskop identik dengan pencahayaan yang gelap tetapi tetap nyaman. Pastikan kamu membuat kesan gelap di ruangan tapi dengan tambahan hiasan lampu ala tumblr di dinding dan sekitarnya. Jika kamu menonton di luar ruangan seperti taman, kamu bisa meletakkan lampu-lampu di sekitar tanaman ataupun di layar proyektornya sekalipun. Dengan begitu ruang bioskopmu akan tampak lebih hidup dan cantik.

Hal yang paling penting juga datang dari tempat duduk saat menonton. Pilihlah kursi dengan bantalan yang empuk agar kamu tak merasa lelah berlama-lama duduk menonton film. Kamu juga bisa tambahkan karpet dan beberapa bantal agar bisa menonton sambil tiduran di karpet dan menikmati film dengan nyaman.


Pemilihan Genre Film yang Sesuai


Nonton Lebih Asyik dengan Membuat Bioskop di Rumah, Berikut Tipsnya
Sumber: Unsplash.com/ Cheoreograph

Setelah menyiapkan berbagai peralatan dan kelengkapan menonton, selanjutnya kamu bisa tentukan genre film apa yang akan ditonton. Jika bersama keluarga, rembukkan dan tentukan film apa yang akan dipilih dari berbagai rekomendasi film terbaru yang sedang tayang. Perhatikan juga jika ada anak-anak yang akan ikut serta dalam kegiatan menonton ini. Jika kamu berniat menonton dengan anak-anak, maka pilihlah genre yang sesuai dengan usianya seperti menonton film animasi ataupun film keluarga.

Jika bersama teman-temanmu, kamu bisa mencoba mencari rekomendasi film thriller, film horor, atau pun drama romantis. Pastikan, kamu memilih genre film sesuai dengan usiamu dan perhatikan juga siapa yang akan kamu ajak.


Sediakan Camilan Agar Lebih Seru


Item satu ini tak boleh terlewatkan sama sekali. Menonton film di bioskop khas dengan makan popcorn dan minum minuman soda. Kamu juga bisa siapkan camilan tersebut di rumah sesuai dengan porsi yang dibutuhkan. Dengan menonton film di rumah, kamu menjadi lebih bebas siapkan camilan apa pun dan sebanyak apa pun.

Nonton film sambil makan camilan khususnya makan popcorn, selain dapat membuat momen jadi lebih asyik, kamu juga tak perlu khawatir akan kelaparan selama berjam-jam duduk menonton film. Makan camilan popcorn juga dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan karena mengandung banyak serat di dalamnya.


Menonton Bersama Orang Tersayang


Setelah menyiapkan rencana di atas, tentunya acara menonton film ala bioskop ini membutuhkan bantuan banyak orang. Mulai dari penempatan proyektor, tata ruang, dan lainnya. Terlebih menonton dengan lebih banyak orang justru membuat momen menonton film jadi lebih seru, bukan? Berbagi makanan dan berbagi pendapat tentang film yang ditonton juga jadi lebih menyenangkan karena tidak perlu khawatir mengganggu penonton lainnya.

Ini berbeda jika menonton film sendirian yang cenderung membuat momen sedikit membosankan. Ajaklah semua anggota keluarga agar menonton film jadi lebih seru dan berwarna. Cara ini tak hanya membuat suasana makin seru, tapi juga menciptakan yang namanya quality time. Pentingnya quality time dalam keluarga dapat memberikan banyak dampak positif seperti halnya bisa saling terbuka satu sama lain, mendapat banyak pengalaman hidup, saling memahami satu sama lain, menambah kedekatan, dan menanamkan sifat family oriented.

Tampak asyik kan menonton film di rumah ala bioskop? Kamu hanya butuh perubahan sedikit pada salah satu ruangan di rumahmu untuk menciptakan bioskop rumahan. Jangan lupa beritahu rencana ini pada kerabat dan teman-temanmu dan mulai buat bioskop rumahan bersama. Selamat mencoba!

2 comments :

  1. Aku bingung mau bikin ruangan seperti bioskop soalnya kamar kost kecil, paling hanya 4x3 meter. Pengin beli proyektor atau smart tv juga belum kebeli.

    Yang sudah paling beli speaker nya doang. Paling biasanya di konekkan pakai bluetooth lalu nonton film di hape.🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, saya malah lebih suka nonton di HP Mas, soalnya anak-anak ikutan nimbrung kalau nonton di TV, kan jadi risih kalau nonton film ada adegan dewasa :D

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Back to Top