Lembah Binangun Pandaan, Cerita Outbound Anak-Anak TK

lembah-binangun

Lembah Binangun Pandaan adalah satu tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari Surabaya (kalau lewat tol sih ya, hehehe) yang baru saja saya ketahui.

Gara-garanya beberapa hari kemarin, si Adik Dayyan ada kegiatan outbound bersama orang tua murid dari sekolah TK-nya.

Kegiatan outbound memang termasuk dalam kegiatan 1 tahunan anak-anak TK / PG di sekolah si Adik, dan happy-nya sih nggak ditarik bayaran lagi, soalnya udah masuk di biaya pendaftaran ketika pertama kali si Adik masuk TK. 

Baca juga: Cerita si Adik Dayyan Masuk TK


Cerita Menemani Si Adik Outbound di Lembah Binangun

Meski aslinya saya males banget untuk ikutan acara outbound tersebut, karena beberapa alasan, salah satunya lagi bokek berat, biar kata nggak bayar perginya, tapi you know lah kalau kita bepergian sama anak kecil, bareng teman-temannya pulak.

Tapi akhirnya saya ikutan juga, karena kasian banget liat si Adik sudah excited banget menanti hari outbound bersama teman-temannya.

Sebelumnya, wali kelasnya udah mengumumkan bahwa anak-anak bakalan outbound di Pandaan.

Saya cari dong di google, biar tahu kan di mana letaknya, seperti apa tempatnya, sekaligus mau ngepasin dengan dress code mamak-mamak wali murid TK A yang pake acara dress code-an segala.

Dress code-nya hitam pula, saya punya sih hitam atau nuansa hitam, masalahnya kulit saya selalu bermasalah kalau pas pake hitam, kena keringat pulak, abis deh gatal-gatal semua.

Makanya wajib banget ngecek tempatnya, apakah di sana saya bakalan keringatan kejar-kejar si Adik atau gimana?

Dan ternyata nggak banyak yang membahas tentang keseluruhan tempat wisata  ini, hanya ada beberapa foto dan video yang kurang jelas juga sih menurut saya, akhirnya saya putuskan tidak pakai baju hitam banget, takut gatal-gatal.

Sesampainya di sana saya baru ngeh, makanya nggak terlalu jelas apa saja di sana, ye kan memang belum sepenuhnya jadi tuh tempat wisatanya.


Perjalanan menuju Lembah Binangun

Kami berangkat hari Rabu, 01 Februari 2023, naik bus pariwisata, kalau nggak salah namanya Ganesha. Memulai pagi dengan buru-buru, karena saya harus masak sarapan dan bekal dulu, bangunin adik, mandiin, sarapan, mandi dan dandan.

Pas udah ke sekolah, saya baru ngeh, kalau ternyata busnya menunggu di depan kompleks, astagaaa... jalan lagi deh kami terburu-buru di depan, beruntung kami nggak telat, dan masih dapat kursi di bus besarnya.

lembah-binangun
Si Adik excited naik bus

Bus mulai berangkat sesuai jadwal, sekitar pukul 07.30an. Alhamdulillah lancar jaya, hanya tersendat di jalan akses ke Surabaya, setelah masuk tol semua lancar sampai keluar di pintu tol Pandaan.

Awalnya saya pikir lokasi Lembah Binangun ini di Makoya, karena saya baca di beberapa judul postingan di google, namanya Makoya Lembah Binangun.

Baca juga : Menikmati Ayam Bakar di Makoya Pandaan 

Tapi, sampai bus berada di depan Makoya, eh ternyata busnya tetap melaju, naik lagi sampai agak ke atas Makoya, sekitar 1-2 KM terlihatlah sebuah plang tertulis Lembah Binangun, dan ada logo makoya di sebelah kanan atas plang tersebut.

Dalam hati saya membatin, oh mungkin memang tempat itu satu manajemen dengan Makoya.

Bus terus melaju agak naik, tak lama kemudian bus berhenti di tempat parkir. Kami semua turun dari bus, dan langsung disambut penjual kacamata renang 10ribuan.

Mulai deh si Adik memelas, dan maminya tentu saja lebih kuat melihat anak merengek, daripada memelas, dan criiinggg... 10ribu berpindah ke bapak penjual kacamata renang yang nggak bisa dipakai itu, hadeh.


Kegiatan Orang Tua dan Murid TK di Lembah Binangun

Setelah turun dari bus anak-anak lalu dibariskan oleh beberapa orang yang sepertinya sih para kakak-kakak dari EO Outbound tersebut. Setelah itu semua langsung masuk, sejenak berfoto dulu di depan bangunan yang ada tulisan Lembah Binangun.

lembah-binangun
Foto bareng guru dan murid

Para mamak-mamak wali murid juga nggak mau kalah, semua ikutan berfoto, dan saya tentu saja nyempil sebelum dipanggil-panggil, hahaha.

lembah-binangun
Foto bareng orang tua murid kelas TK A

Setelah berfoto, anak-anak masuk ke dalam bangunan yang mirip aula, ada atapnya tapi nggak ada dindingnya. Kala itu suasana sangat sepi, hanya ada rombongan dari sekolah si Adik saja.

Untuk para wali murid, sudah digelarkan sebuah karpet untuk menyimpan barang-barangnya agar bisa lesehan. Tapi saya memilih simpan tas di banyak meja kosong yang ada di situ.


Kegiatan persiapan dan outbound anak-anak di Lembah Binangun

Sambil menunggu anak-anak yang memulai acara outbound dengan senam, eh ternyata orang tua juga diajak senam bareng dong. Mana gerakannya kek joget-joget TikTok pulak.

Si Rey? ya ogah lah, nggak biasa saya goyang-goyang gitu di depan umum, wakakakak.

Dan sekejap saya bersyukur, nggak jadi pakai kaos hitam yang rada ketat, karena ternyata belum-belum udah berkeringat.

Setelah olahraga ringan, lalu ada games seru ibu dan anak, anak-anak lalu diajak kakak-kakak EO untuk memulai kegiatan outbound-nya.

Saya udah bersiap-siap mau ikutan anak-anak, mau liat sekaligus ambil foto dan video kan, eh ternyata nggak boleh ikutan dong, para wali murid disuruh kumpul karena ada games yang harus diikuti.

lembah-binangun
Foto bareng orang tua murid selepas fun games

Games-nya seru banget, sukses menetralkan perasaan kaku di antara para wali murid, apalagi ada acara peluk-pelukan, pijat-pijatan, keren sih.

Meskipun akhirnya nggak bisa lihat kegiatan anak-anak.

Setelah games, saya malah sibuk pantengin HP, sampai lupa niat saya mau ambil gambar sebanyak-banyaknya tentang apa saja yang ada di sana buat tulisan blog, ampun deh si Rey ini, hahaha.

Agak lama sibuk pantengin HP, tiba-tiba terdengar riuh rendah suara anak-anak di bagian bawah bangunan, para ibu-ibu juga sebagian menuju tempat suara anak-anak.

Saya juga ikutan dong, dan ketika pertama kali liat si Adik, saya shock!

Ooooo emmm jiiii!

lembah-binangun
Semua anak udah mandi lumpur, hahaha

Si Adik penuh lumpur, padahal bajunya warna putih, huwaaaaa.... mau nangis rasanya, hiks!

Tapi ya sudahlah, toh anak-anak happy, si Adik malah sumringah banget, dan begitu usil saling mengganggu temannya, sambil menunggu giliran ikutan arum jeram.

Sudah excited membayangkan anak-anak arum jeram, eh ternyata cuman naik ban dan berhanyut-hanyut di selokan sepanjang 7-10 meteran, wakakkaka.

lembah-binangun
Sumringah amat si Adik

Setelah selesai naik ban, si Adik saya ajak ke kamar mandi yang letaknya tidak jauh dari selokan tersebut, ternyata bangunan yang ada kamar mandinya itu adalah mushala, yang unik banget karena terbuat dari kayu.


Kegiatan anak-anak berenang

Segera si Adik saya gantiin pakaian renang, dan mencuci sedikit baju putihnya agar lumpurnya tidak terlalu nempel. Lalu setelahnya si Adik gembira banget berenang di kolam renang yang luas, dan memang diperuntukan buat anak-anak saja.      

Baca juga: Berenang di Kolam Renang Anak Murah

Maminya? ya menunggu di bagian tepi kolam renang sambil deg-degan lah.

You know lah si Adik itu kurus banget, tapi kebanyakan tingkah, naik-naik tangga seluncuran dong. Bareng teman-temannya, terus bercanda di atas, terus turun lagi di tangganya, nggak berani meluncur. Dan maminya, hampir jantungan takut dia jatuh di tangga, takut mereka saling dorong, begitu juga di tangga tepi kolam yang licin.

Ya ampuunnn, cuman bisa pasrah dan berdoa, Alhamdulillah sih si Adik pintar jaga diri. Dan memang ada 2 orang petugas yang berjaga sih, mereka menggandeng anak-anak yang keluar masuk kolam. Termasuk yang nyebrang dari kolam satu ke kolam lainnya.

lembah-binangun

Lumayan lama anak-anak berenang, bahkan si Adik sampai menggigil hebat saking dinginnya, udara memang mendung dan gerimis kecil mulai turun.

Tapi si Adik rasanya belum rela udahan main di kolam renangnya. Nantilah setelah banyak temannya yang udahan, baru dia ikutan udahan.

Setelah itu, barulah dia rewel, karena kedinginan harus mandi pakai air yang sedingin air di kulkas pulak.

Beberapa temannya malah menangis meraung-raung saking nggak kuat dingin, tapi tetep aja ibunya mandiin, karena rambut anak-anak memang penuh lumpur.


Kegiatan makan siang

Sehabis mandi dan pakai baju lengkap dengan sweater agar hangat, saya lalu menggendong si Adik ke meja di aula. Dan pede betul si mamak Rey, besoknya baru kerasa kalau pinggangnya nyeri lagi, wakakakaka.

Oleh pihak EO-nya, kami mendapatkan 2 kali konsumsi, 1 snack box ketika mau berangkat. Sesampai di lokasi kami juga mendapatkan 2 porsi makan siang. 1 buat anak yang isinya ayam goreng krispi, 1 buat orang tua yang isinya ayam kecap pedas. (ayam kecap atau ayam teriyaki ya? kagak tahu jelasnya saya, hahaha).

Setelah makan, para orang tua juga ditawarin foto-foto anak-anak ketika melakukan kegiatan outbound, makanya para ortu nggak boleh ikutan, biar tukang fotonya bisa dapat duit, hahaha.

lembah-binangun
Foto-foto kegiatan outbound si Adik 

1 lembar foto ukuran 4 R seharga 10ribu, dan melayanglah lagi uang 40ribu buat 4 lembar foto si Adik, hahaha.


Pulang dan mampir di masjid Cheng Ho 

Menjelang tengah hari, kami lalu memutuskan untuk pulang, tapi lagi-lagi disepakati mampir sejenak di Masjid Cheng Ho Pandaan, buat belanja.

Si Mamak Rey yang bokek cuman bisa menarik nafas panjang, atuh mahhh... semoga si Adik kagak rewel minta ini itu.

Rombongan diberi waktu 45 menit untuk belanja, dan benar saja, si Adik merengek minta dibeliin mainan. 

Beruntung dia merengek, karena maminya amat sangat kebal dengar rengekan, jadi maminya malah ngajak nunggu ke bus aja. Meski sampai bus si Adik jadi menitikan air mata, untung mami kebal, dan akhirnya mengalah dengan nyogok pakai HP, wakakakka.

Baca juga : Bonding dengan Anak Melalui Pendampingan Screen Time 

50 menit berhenti menunggu yang belanja, bus kembali jalan. Dan saya mulai mual karena kanan kiri pada makan camilan kayak sosis-sosisan gitu.

Si Adik si tenang-tenang aja nonton YouTube, dan maminya akhirnya memutuskan untuk tidur aja, dan terbangun tepat ketika keluar pintu tol Waru.

Dan begitulah, kami sampai dengan selamat di rumah pukul 14.30. Buru-buru ganti baju, cuci muka, tangan, kaki lalu kami berdua tepar sampai magrib, hahaha.

         

Fasilitas di Lembah Binangun Pandaan

Sayang banget sih, dan sedikit menyesal juga saya, kenapa kok pas di sana malah sibuk mantengin HP. Bukannya keliling ambil foto ini itu ya, padahal anak-anak lagi sama guru-gurunya, dasar emang si Rey.

lembah-binangun

Jadinya, saya hanya akan membagikan sedikit sepengetahuan saya, tentang gimana sih tempat wisata tersebut, dan apa saja fasilitasnya?

Kalau yang sekilas saya lihat, tempat wisata ini memang belum sepenuhnya jadi, terlihat jelas masih banyak yang harus dikerjakan, di bagian lembah ke bawah dari aula, tampak aat berat dan para pekerja sedang mengerjakan sesuatu, entah untuk apa.

Mungkin buat kolam renang dewasa kali ya, karena yang ada di sana saat ini ya cuman kolam renang yang lumayan luas, tapi airnya cetek alias buat anak-anak.

Kalau baca di plang paling depan dekat jalan, tempat ini memang baru buka hanya untuk kolam renang dan lesehan aja. Fasilitas lainnya kayak taman dan semacamnya sepertinya sih free digunakan. Kecuali untuk outbound

Secara umum, fasilitas yang ada di Lembah Binangun adalah:


Kolam renang anak

Kolam renang anaknya lumayan luas ya, ada seluncuran pendek, menengah maupun yang agak tinggian. Dan di atasnya ada air yang tumpah dari ember besar dengan model sponge bob kesukaan anak-anak.

Anak-anak puas banget main air di kolam renang, karena memang lumayan luas, dan ada seluncuran mini yang bisa mereka pakai tanpa takut ketinggian.


Meja dan lesehan untuk makan

Di dalam aula ada beberapa kursi dan meja, namun masih luas untuk dibuat lesehan. Sayang saya nggak tanya, apakah kalau lesehan disiapkan dari sana, atau harus pakai karpet atau tikar sendiri.

Ketika kami di sana, sudah disiapkan karpet sih, entah siapa yang siapkan, mungkin dari pihak EO atau pengelola tempat ini.


Ada kantin 

Ini juga yang saya nggak tahu pasti, karena nggak lihat dari dekat, apa-apa saja yang dijual di sini, dan berapa harganya.

Tapi kalau liat beberapa ibu membeli makanan di situ berupa pop mie, mungkin yang dijual ya sebatas makanan ringan yang biasa dikonsumsi orang berenang.

Saya juga nggak nanya, apakah boleh bawa makanan dari luar, karena emang kantinnya nggak menjual makanan lengkap.


Taman

Tamannya lumayan luas ya, dengan berbagai permainan seperti ayunan dan semacamnya. Sayang saya liatnya dari jauh aja, hahaha.


Fasilitas outbound

lembah-binangun

Fasilitas outbound-nya sebenarnya lumayan ya, buat anak kecil pastinya ya. Ada flying fox mini, edukasi tanam pagi di tempat yang bisa dikatakan kolam lumpur, hahaha. Juga ada kelinci dan kambing, sayang saya nggak liat jelas, cuman liat rekaman anak-anak dan fotonya.

lembah-binangun
anak-anak bersiap nanam padi, foto dari salah satu wali murid

Ada juga jembatan goyang mini, dan rafting (padahal cuman naik ban dan menghanyutkan diri di selokan sepanjang 7-10 meter doang, hahaha.


Mushala dan toilet

Tidak jauh dari aula, ada bangunan kecil dari kayu, setelah didekati ternyata itu mushala dan di sampingnya ada kamar mandi dan beberapa keran air yang bisa dipakai membasuh diri setelah anak-anak berenang.

 

Penjual oleh-oleh dan mainan

Di bagian depan dekat tempat parkir, ada beberapa penjual mainan dan oleh-oleh, namun karena saya lagi bokek, takut si Adik mupeng, saya nggak sempat perhatikan apa-apa saja yang dijual.

Yang jelas sih banyakan mainan, hahaha.


Kesimpulan dan Penutup

Wisata Lembah Binangun ini, saya pikir bakalan menjadi salah satu wisata edukasi terbaru di Pandaan sih ya, nggak sabar rasanya menanti semua wahananya jadi, bakalan jadi seperti apa?

Dan saya tempat ini bakalan jadi idola karena lokasinya yang lebih dekat dari Surabaya, ketimbang tempat-tempat wisata edukasi outbound sejenis di Trawas, Tretes bahkan di Batu Malang, yang masih lebih jauh lagi.

Oh ya, btw kalau nggak salah, sekolah si Adik kemaren memakai jasa Gemilang Tour & Travel.

Alamat Lembah Binangun / Makoya Lembah Binangun : 

Jalan Durensewu nomor 18-19, Dusun Durensewu Kecamatan Pandaan.

HP: 0821  1844 4599    


Harga tiket kolam renang dan lesehan : Rp. 15 ribu / orang


Sidoarjo, 04 Februari 2023

#SabtuTraveling

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva dan dokpri

Demikianlah artikel tentang pengalaman mengikuti si Adik yang mengikuti kegiatan outbond anak TK di Lembah Binangun Pandaan. Semoga bermanfaat.

2 komentar :

  1. Main lumpurnya seruuuuu hahahahah. Ini anakku juga pasti betah itu, kapan lagi kan diizinin main begituan 🤣🤣. Eh tapi kalo sekolah anakku, tiap ada acara outbond gini, ortu ga boleh ikut Rey 😅. Cuma guru Ama 1 wakorlas. Ortu lainnya duduk manis aja nunggu kabar hahahaha. Sbnrnya malah bagus, Krn tau sendiri aku ga suka acara beginian 🤣🤣.

    Mana asistenku udh resign lagi 😅

    Ih kita samaaa sih, paling mual kalo ada yg makan dengan aroma tajam menusuk atau aroma minyak di kendaraan gitu. Makanya kalo naik mobil sendiri, tiap laper, ya aku milih berenti aja di rest area. Tapi susah memang kalo naik Van atau bus yg rame2. Hadeuuuuh, makanya aku suka bawa peppermint oil. Biar LGS ilang bau2 begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, mungkin karena anak-anak masih kecil, dan mereka bakalan outbond sepuasnya, makanya ortu wajib ikut biar anak-anak diurus ortunya wakakakak.
      Kebayang sih kemaren kalau ortu ga ikut, anak-anak pada penuh lumpur, belum lagi mau renang.

      Gurunya pingsan urus semuanya wakkakaka

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)