Sunday, April 20, 2014

Tips Mengatur Uang Belanja Bulanan #AlaRey

Assalamu'alaikum :)

Sejak berstatus sebagai istri, lalu menjadi ibu dan di upgrade jadi ibu rumah tangga, mau tidak mau saya harus bisa sebaik mungkin menjalankan peran saya sebagai manajer keuangan keluarga kami yang sumber penghasilannya hanya dari satu tempat yaitu gaji suami.

Butuh waktu hingga akhirnya saya bisa sedikit mengimbangi selisih antara pengeluaran dan pemasukan bulanan keluarga kami, meskipun sebenarnya tidak benar - benar membuat selisih tersebut menjadi positif atau paling tidak menjadi nol.

Yang namanya pengeluaran itu pastinya gak pernah ada liburnya, hampir tiap saat ada. Padahal pemasukan gak serajin datangnya pengeluaran, oleh karena itu, kita wajib mengimbanginya.

Daftar Oriflame? klik di sini

Berikut tips saya dalam berbelanja bulanan :

  1. Selalu mencatat item belanja bulanan. Setiap akhir bulan saya selalu mencatat semua hal - hal yang kami butuhkan di bulan berikutnya, termasuk belanja bulanan yang wajib. Saya malah mencatat semua item dan harganya di file excell. Dengan begitu saya bisa tahu berapa selisih pengeluaran kami di bulan tersebut. Lalu mendiskusikan bersama suami apa - apa saja langkah yang akan kami ambil untuk selisih keuangan tersebut.

  2. Selalu menyimpan struk belanja bulanan. Saya tidak akan pernah membuang struk belanja saya sebelum dicatat di file excell saya. Hal itu agar saya bisa memantau harga2 barang yang sesuai dengan dompet saya. dan bisa tau berapa selisih real dari pengeluaran kami setiap bulannya.

  3. Selalu berbelanja di tempat yang sama. Setiap bulan saya hanya butuh satu kali mengunjungi supermarket untuk belanja bulanan. Tempatnya pun sama tidak pernah berganti - ganti. Dengan berbelanja di tempat yang sama kita akan hafal dengan jelas di mana letak barang2 yang kita butuhkan berada. Hal tersebut akan membantu kita mengurangi godaan berbelanja barang di luar catatan belanja kita.

  4. Gunakan kartu member. Banyak keuntungan dengan kita menggunakan kartu member di sebuah supemarket, dari diskon yang lumayan, serta bonus - bonus yang akan kita dapatkan.

  5. Berbelanja sekali dalam sebulan. Dengan mengunjungi supermarket sebulan sekali kita tidak akan tergoda lagi untuk membeli barang di luar biaya perencanaan kita. Oleh karena itu usahakan berbelanja semuanya sekaligus, agar menyiasati semua barang yang kami butuhkan ada. Kami biasakan berbelanja di supermarket yang besar dan lengkap.
Alhamdulillah, dengan mengikuti beberapa tips tersebut, sampai saat ini saya masih bisa mengendalikan keuangan keluarga kami, meskipun memang masih banyak pengeluaran yang tidak terpenuhi, namun kami masih bisa menyiasatinya dengan baik.

Dan lebih Alhamdulillah lagi, saya sekarang sudah bisa mendapatkan tambahan income selain gaji kantoran untuk membantu pendapatan keuangan keluarga kami, hingga kami optimis bisa membuat selisih keuangan kami menjadi lebih banyak plus nya :)

Demikian tips sederhana saya, semoga bermanfaat :)

Reyne Raea
WA 0878 5519 0482

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...