Monday, April 21, 2014

Tips Mengobati Batuk Pada Anak

Musim penghujan seperti sekarang ini memang sangat menyenangkan, tapi juga kadang membuat sedih, khususnya saya yang seorang ibu. karena selalu bikin si kecilku tersayang menjadi mudah terserang penyakit, khususnya BATUK PILEK.

Dulu, ketika si kecil saya berumur di bawah satu tahun, dan ketika saya masih menjadi seorang karyawan kantoran, jika si kecil saya terkena batuk pilek, saya pasti langsung panik dan dengan bergegas mengunjungi dokter anak. Tidak peduli batuknya baru terjadi sehari ataupun hanya sedikit pilek.
Syukurlah setelah saya memutuskan untuk meninggalkan dunia kerja di luar dan berdiam di rumah mengasuh si kecil sendiri, semua menjadi lebih baik.

Ketika si kecil batuk dan pilek, saya jarang mengajaknya ke dokter anak. Hal itu disebabkan juga oleh rasa trauma saya pada dokter – dokter anak yang ada di kota ini, yang selalu dengan mudahnya memberikan antibiotik pada si kecil.



Nah pastinya teman - teman bingung apa yang saya lakukan jika si kecil saya batuk pilek.
Banyak cara kok menyembuhkan batuk pileknya tanpa harus ke dokter yang ujung – ujungnya juga menghabiskan banyak biaya dan juga harus memasukkan antibiotik ke tubuh si kecil yang mungkin hal itu tidak perlu.

http://bit.ly/ActionBersamaRey
Si kecilku Tersayang, Alhamdulillah saya bisa selalu menemaninya :)


Biasanya jika si kecil saya terserang batuk pilek saya hanya melakukan beberapa tindakan seperti :
  1. Memperbanyak asupan air minum hangat. Berikan air putih hangat sesering mungkin agar batuknya berkurang, air putih hangat dapat membantu melonggarkan dahak sehingga dahaknya bisa tertelan atau dikeluarkan jika anak sudah bisa meludah hingga tidak mengganggu pernapasannya.
  2. Perbanyak istrahat. Ajaklah si kecil untuk beristrahat lebih banyak dari biasanya, jika si kecil menolak untuk beristrahat, bisa dilakukan dengan menemaninya istrahat di dalam kamar, hingga si kecil dapat ikut beristrahat pula.
  3. Perbanyak asupan makanan bergizi. Biasanya saya akan memberikan makanan yang sehat, dan mengurangi makanan mengandung minyak dan santan.
  4. Jika si kecil rewel di malam hari karena hidungnya tersumbat, segera angkat kepalanya dan beri bantal yang lebih tinggi, namun jika hal tersebut tidak membantu saya memberikan larutan NaCL yang bisa di beli di apotik – apotik terdekat.
  5. Dan yang paling jadi obat mujarab saya adalah berikan madu yang khusus untuk mengobati batuk, saya selalu memberikan madu batuk El Iman. Alhamdulillah selalu manjur buat menyembuhkan batuk si kecilku.
Syukur Alhamdulillah, si kecil saya tidak pernah mengalami batuk pilek sampai begitu parah, biasanya dia hanya akan batuk – batuk selama paling lama tiga hari, dan seterusnya sisa pilek saja dan jika beristrahat dengan teratur akan hilang paling lama 2 minggu.

Yah, zaman sekarang memang rentan dengan penyakit, dan si kecil saya selalu rajin mengunjungi pusat permainan anak – anak, jadinya sering pilek deh. Oleh karena itu jangan lupa menjaga kebersihan tangan si kecil kita setelah bermain di tempat umum.

Semoga si kecil selalu sehat ya, bahagia rasanya melihat tingkah pola dan tawa riangnya selalu saat sehat

2 comments:

  1. batuk itu paling suaah sembuhnya kadang sudah minum obat lama gak sembh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, udah gitu lama2 bisa dicurigai TB

      Delete

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...