Wednesday, March 05, 2014

Pancake with Nutella ala MamiDarrell

Jadi, si kecil maupun si besarku (baca : suami :D) paling susah disuruh sarapan yang berat seperti nasi dan lauknya. Padahal kan sarapan itu penting!
Apalagi buat si besarku yang kudu bekerja hingga kadang lembur buat menghidupi anaknya yang cakep dan istrinya yang cantik, baik dan rajin ini hahahaha! (Jangan protes!, biarkanlah aku bahagia :D).

Syukurnya, aku termasuk pecinta makanan enak, jadi paling gak masih punya ide buat nyiapin sarapan yang enak namun sehat untuk para lelakiku tersebut.

Jadinya, mulailah aku mencari cara untuk menyiapkan hal tersebut, dan pastinya keluh kesahnya kepada mbah gugel aja. Dari mbah gugel aku bertemu dengan banyak macam resep dari berbagai artikel para blogger, namun ada satu yang paling menarik yang resepnya keliatannya udah dibuktiin sendiri sebelum di share ke yang lainnya. Pengen tau? nih klik di sini .

Dan jatuh cintalah aku pada resep pancake lembut ala Pancious. Lalu pagi tadi mumpung bahan-bahannya tersedia, mulai deh aku nyobain resepnya untuk kedua kalinya, yang pertama kagak sempat di foto, langsung ludes ke perut soalnya :D
Bikinnya lumayan mudah dan cepat, enak pula! Penasaran pengen nyobain? yuk bikin sendiri :p , ini resepnya yang sudah aku ganti dikit2 :D

Bahan :
110 gram   Terigu protein sedang (aku pakai Segitiga Biru).
1,5 sdm      Gula pasir (aku pakai Gulaku).
3/4 sdm      Baking powder, usahakan yang masih fresh biar bahannya bekerja dengan baik.
1/4 sdt        Garam.
50  gram     Mentega / Margarin (aku pakai Blueband), lelehkan di atas api kecil lalu dinginkan.
1    butir      Telur ukuran besar, kocok lepas (aku malah menggunakan garpu untuk mengocoknya)
135 ml        Susu cair, (aku pakai 130 ml air ditambah 4 sdm susu bubuk full cream).
1    sdm       air perasan lemon / jeruk nipis.
Selai Nutella untuk olesan toping (bisa diganti apa saja, selai strawberry, kacang, susu dan lain-lain sesuai selera)

Caranya mudah :
  1. Campur hingga rata semua bahan kering (Terigu, Gula pasir, Baking Powder dan garam) di satu wadah yang bersih, sisihkan.
  2. Campur susu cair dengan air perasan lemon, diamkan minimal 5 menit.
  3. Kocok telur hingga mengembang, lalu tuangkan mentega leleh yang sudah dingin (pastikan benar-benar dingin agar telurnya gak matang), serta susu cair yang telah dicampur air perasan lemon. Aduk rata sejenak.
  4. Tuangkan campuran bahan kering, lalu aduk rata (usahakan ngaduknya jangan kelamaan, ntar jadinya keras).
  5. Panaskan teflon, olesi mentega sedikit tunggu hingga benar-benar panasnya merata, lalu tuangkan adonan pancake di atasnya. (lebih cantik jika menggunakan cetakan pancake, aku sih belum punya :D).
  6. Tunggu hingga matang yaitu permukaan bawahnya berwarna sedikit coklat, lalu balik.
  7. Setelah kedua sisinya berwarna kecoklatan, angkat dan sajikan di piring beserta topingnya (lebih enak kalo disantap hangat-hangat).

 Dannn taraaaaaa..... ini dia penampakannya, harap maklum ya... diri aku belum pandai dalam hal menghias sajian, maklumlaaahhh...masih amatiran :D

Rasanya? ya pastinya enak lah,,, orang aku udah capek bikinnya (maksa :D :D), tapi serius... enak kok! apalagi ditambahin nutella di atasnya yummm...

Selamat mencoba teman :D...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...