Taman Rekreasi Selecta, Wisata Taman Bunga Indah di Batu

taman rekreasi selecta

Taman rekreasi Selecta merupakan tempat wisata yang lumayan terkenal dan terbilang murah meriah di kota Batu. Tempat ini cocok untuk keluarga yang menginginkan wisata alam dengan berbagai fasilitas lengkap yang tersedia.

Akhir bulan Mei 2024 lalu, saya mengunjungi tempat ini dalam rangka menemani si Adik di salah satu acara perpisahan sekolahnya bersama guru dan teman-temannya.

Ini adalah kali kedua saya berkunjung di sini, di tahun 2018 lalu, ketika si Adik masih bayi, kami sempat ke sini, meskipun kali itu suasananya tidak seasri saat ini.


Cerita Perjalanan Dari Surabaya ke Taman Rekreasi Selecta Batu 

Kami berangkat dari Surabaya dengan menggunakan bus dan bertolak di sekitar pukul 07.00, meskipun saya dan si Adik sudah ada di tempat berkumpul sejak pukul 6 pagi.

Sayang banget sih si Kakak nggak bisa ikut karena pas hari sekolah, pun juga kalau ikut bayarnya nambah 225 ribuan.

Bus bertolak setelah semua berfoto bareng di samping bus. Lalu membawa para murid TK, orang tuanya serta sebagian guru-gurunya dengan riang di dalam bus.

tk islam maryam ke selecta
Ayo tebak, saya dan si Adik yang mana?

Anak-anak bershalawat, bernyanyi dengan berkaraoke dengan gembira, terlebih perjalanan begitu lancar, tidak ada titik kemacetan yang berarti.

Sampai akhirnya bus memasuki tol dari Waru, dan berhenti di rest area tol Surabaya - Malang.

Agak lama bus berhenti dan menunggu beberapa penumpang yang memanfaatkan toilet untuk mengosongkan kantung kemih masing-masing. 

Tak lupa beberapa ortu murid dan guru-guru berfoto di luar. Setelahnya semua naik kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan menuju tujuan.

Keadaan semakin meriah, karena lagu-lagu karaoke diambil alih oleh para ortu dan guru, mulailah masing-masing menyumbangkan suaranya berkaraoke lagu-lagu Jawa yang sedang happening.

Sampai akhirnya seorang guru sekaligus ortu murid mengusulkan untuk mengadakan penampilan khusus ketika acara pelepasan anak-anak atau acara wisuda.

Lalu disepakati, kalau nantinya bakal menampilkan joget bareng di panggung, astaga.

Tak lama kemudian, bus mulai memasuki wilayah Batu dan berhenti sejenak mengurus tiket masuk di taman rekreasi Selecta yang sudah dipesan secara rombongan.

harga tiket selecta malang
Gate Taman Rekreasi Selecta

Kami lalu diantar masuk oleh bus sampai di depan pintu masuk wisata Selecta, dan tepat pukul 9.50an kami sudah berada di depan wisata untuk berfoto bersama.

rombongan tk islam maryam di selecta
Keluarga besar


Cerita Kegiatan Di Taman Rekreasi Selecta Batu

Karena ini adalah kegiatan perpisahan, jadi nggak ada kegiatan khusus yang harus anak-anak lakukan secara bersama. Semua bebas mau ngapain setelah di dalam lokasi.

Yang penting, pukul 2 an, harus sudah di bus untuk bertolak pulang ke Surabaya dan mampir di toko oleh-oleh dulu.

wisata selecta malang

Setelah turun, kamipun masuk dan melewati kolam renang yang langsung bikin anak-anak gagal fokus. Si Adik langsung merengek pengen renang, kebetulan saya bawain dia baju renang sih, meskipun aslinya bete juga karena nantinya bakalan rempong pas mandi.

Untungnya si Adik mau menunggu sejenak, saya meminta si Adik untuk ke toilet dulu untuk pipis. Setelahnya kami menuju taman bunga yang sungguh cantik banget karena pas lagi mekar dan tumbuh subur.

Kami beruntung sih datang di bulan Mei kayak kemaren, karena pas juga sedang nggak hujan mulu, tapi memang sebelumnya hujan mulu, jadinya tanaman tumbuh subur.

Bunga-bunga jadi mekar dengan sempurna, rumputnya hijau, pokoknya cantik banget deh. Sayangnya pas kami mau ambil foto, eh tiba-tiba cuaca mendung.

taman bunga selecta

You know
lah, HP saya ini udah lumayan udzur buat diajak take foto atau video dalam kondisi mendung. Ditambah makin lama pengunjung makin banyak, kebanyakan juga anak-anak sekolah yang kayaknya mengadakan kegiatan perpisahan di situ.

Karena tas yang saya tenteng terasa berat, dan perut makin terasa lapar, sayapun ngajak si Adik untuk makanin bekal kami, termasuk bekal yang dapat dari guru-gurunya.

Setelah makan di kursi yang ada di sana, beban yang saya pegang terasa lumayan lebih enteng.

Oh ya, FYI, enaknya di taman rekreasi Selecta ini, semua pengunjung bebas bawa masuk makanan apa saja. Nggak ada pemeriksaan sama sekali di pintu masuk. 

Kalau nggak bawa makanan, di dalam juga ada yang jualan makanan kok, tapi ya mungkin sedikit agak mahal.

Karena saya bawa bekal dan dapat juga dari guru si Adik, jadinya nggak beli makanan atau minuman lainnya sama sekali.

Setelah makan, si Adik makin rewel pengen renang, lantaran teman-temannya udah banyak yang renang. Saya alihkan dengan ngajak dia naik beberapa wahana yang ada di sana, eh dia nggak mau, katanya takut.

Ya udah deh, akhirnya saya iyakan saja dia berenang, segera ganti baju renang, dan anter dia ke kolam renang yang ada di dekat pintu masuk.

Tentunya dengan perjanjian, bahwa dia cuman boleh di kolam selama 30 menit saja. Karena sebenarnya si Adik juga lagi nggak fit, air kolamnya juga dinginnyaaaa minta ampun, dan 2 hari lagi dia ada kegiatan bermain salju di Trans Snow World Surabaya.    

Untunglah si Adik patuh, meskipun setelah 30 menit dia keluar dari kolam dengan muka manyun dan hampir nangis. Lalu nggak berhenti mengeluh, katanya teman-temannya enak, bisa renang lama-lama.

Ampun dah si Adik ini.

Setelah mandi si Adik ganti baju, baru deh dia merasakan dinginnya minta ampun. You know lah udara di Batu itu memang dingin kan, air kolam renangnya juga sudah pasti dingin juga. Dan air di kamar mandi juga super dingin.

Akhirnya setelah ganti baju, saya paksa untuk makan siang ngabisin bekal yang saya bawa, biar enggak terlalu berat lagi.

harga tiket selecta malang

Dan meskipun saya aslinya masih kenyang, terpaksa kembali ikutan makan, biar bekalnya habis dan beban tentengan berkurang.

Setelah makan, saya istrahat sejenak sambil touch up make up, eh si Adik dong minta izin explore taman. Nggak ada capeknya dia bolak balik keliling di taman, sambil diawasi oleh mata maminya hehehe.

wahana di selecta malang

Dan setelah itu, akhirnya saya ikutan explore, yang ternyata sangat melelahkan banget. Kontur tanahnya yang berbukit-bukit, di tambah tamannya emang lumayan luas, plus saya jarang olahraga, klop dah ngos-ngosannya.  

taman bunga di selecta

Sambil explore, saya dan si Adik foto-foto, sampai si Adik capek jalan, dan akhirnya kami dipanggil untuk berkumpul di bus.

Bus lalu meninggalkan lokasi Selecta sekitar pukul 15.00an lebih, dan mampir di toko Royal Oleole di kota Batu. Saya dan si Adik ikut turun mencari oleh-oleh buat si Kakak, dan membeli beberapa jenis kripik serta gantungan kunci.

toko royal oleole batu

Toko Royal Oleole ini ternyata lumayan luas, dan ramai pengunjung, mungkin karena selain terkenal, pun juga lebih viral setelah banyak yang mengetahui kalau pemilik toko tersebut adalah ayahnya si Eca Aura yang sering wara wiri di TV dan medsos.

Saya sendiri tertarik membeli oleh-oleh, karena selain titipan si Kakak, saya berharap camilan yang dijual di sana nggak zonk. Sayangnya, pas di rumah saya menyadari, ternyata 2 dari 3 jenis kripik yang saya beli, rasanya apek banget, hiks.

Oh ya, pas turun ke toko ini sebenarnya saya merasa nggak nyaman, karena softlens terasa kayak ngeganjel. Di dalam toko, pandangan saya semakin buram. Akhirnya pas udah di bus, saya buru-buru copot softlens dan ganti pakai kacamata.

Syukurlah saya bawah kotak softlens dan juga bawa kacamata.

Sekitar pukul 17.00an, bus lalu meninggalkan lokasi Toko Royal Oleole ini, dan pas berjalan tersendat karena sedikit macet di perjalanan. 

Ada kejadian yang mendebarkan pulak, ketika si Adik kebelet pipis sementara busnya udah mau masuk tol. Sempat diminta pipis di botol saja, tapi saya ogah dan si Adik juga malu kalau gitu.

Rasain dah si Adik, setidaknya dia belajar untuk prepare sebelum bepergian

 

Fasilitas dan Tiket Masuk Taman Rekreasi Selecta Batu

Btw, nggak lengkap rasanya kalau kita nggak membahas tentang fasilitas apa saja yang ada di taman rekreasi Selecta Batu ini, di antaranya:

  • Kolam Renang dan Waterpark, di mana airnya jernih, bersih, sayangnya duingiiiiinnn, hahahaha. Ada 3 kolam renang yang tersedia, 2 buat anak-anak lengkap dengan seluncurannya dan permainan airnya, dan 1 untuk kolam dewasa yang lumayan dalam. Untuk berenang di sini nggak ada lagi tambahan tiket masuk.
  • Sepeda Udara, merupakan wahana yang memanjakan pengunjung dengan menaiki sepeda di udara, sambil menikmati pemandangan yang apik di sekitarnya. Ada taman bunga di bawah dan sampingnya, serta pemandangan alam yang menarik.
  • Sepeda Air, pengunjung bisa menikmari keseruan dan petualangan bersepeda mengayuh bersama di kolam air yang jernih dan menyenangkan.
tiket wahana sepeda air selecta
Source: selectawisata.id
  • Bahtera Ayun, yaitu wisata yang menawarkan adrenalin mengalir deras atau menguji nyali pengunjung.
wahana bahtera ayun selecta
Source: selectawisata.id
  • Cinema 4D, yaitu bioskop 4 Dimensi dengan teknologi terkini, tidak hanya menampilkan visual yang menarik tapi juga motion dihadirkan dalam bioskop ini.
cinema 4d selecta
Source: selectawisata.id
  • Family Coaster,  yaitu wahana petualangan yang melalui rute yang rindang serta pemandangan alam yang segar.
  • Flying Fox, wahana untuk yang bernyali tinggi, dengan nuansa berbeda karena suasana alam yang masih natural, dengan panjang rute yang menantang.
  • Kiddie Ride, merupakan wahana yang seru dan menantang untuk anak-anak.
wahana kiddie ride selecta
Source: selectawisata.id
  • Bianglala, wahana ketinggian untuk menikmati pemandangan Wisata Selecta yang masih bersih dan sejuk.
wahana bianglala selecta
Source: selectawisata.id

Adapun harga tiket masuk wisata taman rekreasi Selecta ini adalah Rp. 50.000,- per orang. Namun, tiket ini belum include beberapa wahana yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Tiket Masuk : 50.000 per orang
  • Tiket Parkir Bus : 50.000
  • Tiket Parkir Elf/Hiace : 20.000 
  • Tiket Parkir Mobil : 10.000
  • Tiket Parkir Sepeda Motor : 5.000
  • Bianglala : 10.000 per orang
  • Tagada : 10.000
  • Mobil Ayun : 10.000
  • Skybike : 20.000
  • Cinema 4D : 10.000
  • Family Coaster : 30.000
  • Flying Fox : 25.000
  • Paddle Boat : 20.000
  • Kiddie Ride : 5.000
  • Mini Bumper Car : 10.000
  • Garden Tram : 10.000
  • Kuda Keliling : 15.000
  • Dino Ride : 10.000
  • Bilas Air Panas : 10.000
  • Loker / Penitipan Barang : 10.000


Kesimpulan dan Penutup

Taman rekreasi Selecta berada di Batu Jawa Timur, merupakan tempat wisata alami yang cocok untuk keluarga, dengan taman bunga indah yang luas sebagai salah satu pemandangan menarik untuk dinikmati.

Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau, yaitu 50ribu rupiah per orang, dan setiap pengunjung bisa membawa makanan dan minuman dari luar. Tentunya tempat ini bisa menjadi salah satu lokasi wisata ternyaman bersama keluarga. 

Apalagi dengan fasilitas dan wahana beragam yang lengkap dan nyaman, kami bisa menikmati keindahan tersebut dalam acara perpisahan TK si Adik di akhir bulan lalu. 


Surabaya, 16 Juni 2024

Blogger Surabaya - Reyne Raea

Sumber: 

  • Pengalaman pribadi
  • https://selectawisata.id/taman-rekreasi/ diakses 16 Juni 2024

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri 

5 komentar :

  1. aku masuk ke selecta baru sekali dan itupun waktu SD hahaha
    waktu tinggal di Malang, malah kayak ga pengen masuk ke selecta, waktu itu udah lumayan banyak theme park jadi udah banyak pilihan
    sekarang selecta sepertinya ragam wahananya makin banyak, aku tuh penasaran sama taman bunganya yang kalau di foto cakep cakep

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ampooonnn, udah lama banget dong say.
      Iyaaa, taman bunganya keren, pas banget ke sini di musim kayak sekarang

      Hapus
    2. hahaha iya mbak udah lama banget nggak masuk ke Selecta, aku pengen main main ke taman bunganya

      Hapus
  2. Waktu aku kesana yaa si fylly masih setahun. Adiknya malah blm lahir 🤣🤣. Trus Desember pula, gerimis dikit, tapi kemudian berhenti. Jadi Selecta sepiiii. Cuma sayangnya banyak wahana permainan di tutup.

    JD di sana beneran cuma bisa jalan2 melihat bunga 🤣.

    Kolam renang ga ada yg pake lah wong memang airnya kayak es hahahahah. Mana mau si fylly berenang di air sedingin itu 😅

    Tapi aku sukaaa Krn banyak bunga dan tanaman. Walo ga blooming semua tp yg ngembang lumayan juga.

    Itu yg fotoin kamu pake tripod atau si adek yg foto Rey? Baguuus hasilnya. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, olwes pake tripod Mba :D
      Si Adik mah kalau udah gini, sibuk explore duluan dianya, kalaupun mau fotoin, kudu pakai kameranya sendiri, yang fotonya mencong sana sini hahaha.
      Saking udah tuanya nih tempat wisata ya.
      Salut masih bertahan sampai sekarang, bahkan mulai makin ramai pulak.
      Iya ya, kalau Desember seringnya hujan :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)