Apa itu Mbps dan MBps Pada Internet Serta Bedanya 4G atau 5G

apa-itu-mbps-4g-5g

Apa itu Mbps dalam internet merupakan pertanyaan di benak saya, ketika beberapa hari ini sibuk berkutat dengan dilema memilih provider internet yang akan digunakan.

Beragam kapasitas Mbps di beberapa provider muncul, ada pula MBps. Lalu teringat akan 4G serta 5G yang sedang dikembangkan oleh banyak penyedia provider.

Jadi ceritanya beberapa hari ini saya sedang puyeng dan dilema memilih provider internet yang ada. Lalu, kemarin seorang marketing Indihome datang survey ke lokasi kami, dan you know-lah sejak dulu saya tuh selalu kurang percaya sama marketing yang kebanyakan omong (maapkeun, hahaha). 

Lalu, kemaren saya nanya-nanya tentang hal teknis, jawabannya tuh bikin saya nggak puas, apalagi dia ngerocos masalah hal-hal yang bikin saya mengernyitkan dahi, salah satunya tentang Mbps dan masalah 4G serta 5G.

Saya cuman diam aja, membiarkan si marketing nyerocos, padahal penjelasannya gaje banget, hahaha. Lalu setelah malamnya, saya penasaran kan, maka saya googling-lah buat cari tahu tentang apa itu Mbps, eh malah jadi tahu bahwa ternyata ada pula yang namanya MBps.

Saya juga penasaran, apa sih bedanya Mbps dan 4G serta 5G?

Setelah baca di beberapa artikel, saya akhirnya lebih sedikit mengerti, iya sedikit doang, soalnya kepala saya sakit memahami hal-hal yang rumit macam begini, wakakakaka.

Tapi biar sedikit, rasanya mubazir kan, kalau nggak saya bagikan dengan bahasa saya, kali aja beberapa orang mungkin bisa lebih mengerti dari tulisan saya yang awam ini? ye nggak?. 

Baca juga : Tentang Marketing yang Suka Bohong


Apa itu Mbps Dalam Internet?

Gara-gara mantengin promo Indihome dan First Media, saya jadi bolak balik membaca tentang Mbps. Dalam paket promo kedua provider internet tersebut, terdapat bermacam-macam pilihan dilihat dari kapasitas Mbps-nya.

Misal, untuk paket internet yang ditawarkan oleh Indihome, ada 30 Mbps, 40, 50, 100, hingga 300 Mbps.

Kalau melihat dari perbedaan beragam jumlah Mbps tersebut, yang paling terlihat adalah jumlah perangkat yang bisa digunakan ketika memasang internet tersebut.

Semakin besar nilai Mbps-nya, semakin banyak perangkat yang bisa di-cover oleh internet tersebut.

Saya akhirnya penasaran, sebenarnya apa sih Mbps itu?

apa-itu-mbps-4g-5g

Mbps adalah singkatan dari Mega bit per second, atau dalam bahasa Indonesia diartikan Mega bit per detik. Yaitu sebuah satuan ukur yang digunakan untuk mengetahui kecepatan internet yang digunakan oleh ISP atau Internet Service Provider, contohnya Indihome, First Media dan lainnya. Dan juga menjadi sebuah tolok ukur menghitung banyaknya data yang bisa ditransfer dalam satuan waktu.

Mengutip dari website myrepublic.co.id, Mpbs adalah kecepatan sebuah bandwidth, di mana bandwidth tersebut diibaratkan sebuah pipa air. Semakin besar diameter pipa airnya, tentunya akan semakin cepat dan banyak air yang dialirkan dalam satu waktu.

Dalam internet, semakin besar kapasitas bandwidth, maka semakin cepat juga koneksi internet yang bisa digunakan.

Sebagai contoh, kita menggunakan provider internet dengan bandwidth sebesar 100 Mbps, maka bisa diartikan bahwa koneksi internet yang kita punya, dapat mentransfer data dengan maksimal sebanyak 100 juta bit data tiap detiknya.

Baca juga : Paket Internet Unlimited Pilihan


Perbedaan Mbps dan MBps

Selain Mbps, ternyata ada juga yang disebut MBps.

Serupa tapi tak sama, meski bedanya cuman di penulisan huruf 'B' dan 'b' yang berbeda jenisnya. Lalu apa sih bedanya?

Mbps : Mega bit per second

MBps : Mega Byte per second

Jadi beda ya, ada bit dan ada byte.

Byte merupakan satuan terkecil dari besaran sebuah data digital (perangkat) yang mempunyai ukuran tertentu. 

Contoh, data file .mp3 yang punya ukuran 4.000.000 Byte = 4.000 KB (Kilo Byte) = 4 MB (Mega Byte)

Sedangkan bit merupakan satuan terkecil data digital dalam bentuk besaran data

Sederhananya begini. 

Bit merupakan partikel pembentuk data, di mana data dikirim dalam bentuk partikel bit. Oleh karena itu bit dipakai untuk mentransfer data, dan karenanya, satuan bit lebih cocok digunakan sebagai satuan kecepatan transfer data. 

Untuk membentuk data 1 byte dibutuhkan proses transfer data sebanyak 8 bit.

Untuk lebih mengenal perbedaannya bisa dengan memahami, bahwa yang berhubungan dengan satuan waktu, maka data dihitung berdasarkan ukuran bit (b kecil). Sedangkan ketika dihitung berdasarkan ukuran file, maka di hitung berdasarkan satuan byte.

Baca juga : Fakta Satelit Satria Milik Indonesia


Apa itu 4G atau 5G?

Nah, kalau ngomongin tentang kecepatan internet, tentunya saya teringat akan yang namanya 4G, bahkan sekarang udah lebih banyak yang pakai 5G.

Lalu terbersit di pikiran saya, trus apa dong yang dimaksud dengan 4G dan 5G?

Ternyata, 4G atau singkatan dari fourth-generation technology merupakan generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya, 2G dan 3G. 

Adapun sistem 4G adalah dengan menyediakan jaringan pita lebar ultra, untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya ponsel cerdas hingga laptop yang menggunakan modem USB.

Sedangkan 5G merupakan generasi kelima dari teknologi seluler nirkabel. Teknologi ini memberikan kecepatan unggah dan unduh yang jauh lebih tinggi, koneksinya lebih konsisten, serta peningkatan kapasitas daripada jaringan sebelumnya. 

Tentunya 5G jauh lebih cepat dan lebih andal daripada jaringan 4G yang saat ini memang lagi populer.


Apa Perbedaan Mbps dan 4G atau 5G?

Lalu apa sih bedanya Mbps dengan 4G atau 5G? kalau dipikir-pikir kan sama ya, sama-sama berkutat di definisi kecepatan internet.

Kalau baca-baca dari berbagai artikel yang ada, 4G dan 5G serta Mbps itu saling berkaitan. Di mana 4G maupun 5G adalah nama generasi teknologinya, sedangkan Mbps adalah kecepatan jaringan internet dari teknologi itu sendiri.

Hal penting yang harus dipahami ketika kita akan memasang internet dan keterkaitan antara keduanya adalah, 4G hanya bisa mencapai kecepatan maksimum 100 Mbps, sementara 5G bisa mencapai kecepatan maksimum 10 Gbps.

Jadi bisa dipahami bahwa provider yang menyediakan kecepatan 100 Mbps bisa menggunakan teknologi 4G, sementara kecepatan di atas itu menggunakan teknologi 5G.


Kesimpulan dan Penutup

Kalau dipikir-pikir, tulisan saya kali ini memang berat banget ya dipahami, khususnya bagi orang awam kayak saya.

Maklumlah, pengetahuan saya tentang teknologi sejujurnya sangat terbatas, tapi udah menjadi sisi lain saya, di mana rasa kepo terhadap hal-hal baru itu membuncah ketika harus selalu berhadapan dengan hal tersebut.

Demikian juga, ketika saya harus terus menerus bertemu dengan istilah Mbps, 4G, 5G karena sedang memilah-milah provider internet yang terjangkau dan menguntungkan.

Jadilah saya penasaran,apa itu Mpbs, lalu mengenal MBps, serta hubungannya dengan 4G maupun 5G. Dan ternyata Mbps adalah kecepatan internet, sedangkan 4G dan 5G adalah nama teknologinya.


Surabaya, 29 Juli 2023

Sumber:

  • Pengalaman pribadi
  • https://www.firstmedia.com/article/perbedaan-mbps-dan-mbps-secara-jelas diakses 29 Juli 2023
  • https://kumparan.com/how-to-tekno/arti-mbps-dalam-kecepatan-internet-berikut-penjelasannya-1yDahQzPI9Q/full diakses 29 Juli 2023
  • https://tekno.kompas.com/read/2022/05/08/10150017/tak-hanya-kecepatan-ini-4-perbedaan-4g-dan-5g-yang-perlu-diketahui?page=all diakses 29 Juli 2023
  • https://myrepublic.co.id/biar-gak-bingung-yuk-pahami-kecepatan-internet-mbps-mbps/ diakses 29 Juli 2023
  • https://myrepublic.co.id/berapa-mbps-internet-yang-saya-butuhkan/ diakses 29 Juli 2023
  • https://id.wikipedia.org/wiki/4G  diakses 29 Juli 2023
Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang beberapa istilah dalam internet, baik Mbps, MBps hingga 4G dan 5G, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)