Jumlah Kalori 1 Potong Ayam Goreng yang Sangat Mengejutkan

 

jumlah-kalori-1-potong-ayam-goreng
Sumber: Pexels (Foto oleh Harry Dona)

Perlu kamu tahu bahwa ayam goreng merupakan salah satu makanan yang paling mudah ditemukan. Namun, apakah kamu tahu jumlah kalori 1 potong ayam goreng tanpa menggunakan tepung?

Mengingat ayam goreng bukan hanya nikmat untuk kamu konsumsi saja namun juga perlu diperhatikan kandungan didalamnya. Memang ayam goreng memiliki cita rasa yang enak dan menggoda lidah.

Biasanya ayam merupakan makanan unggas yang sehat karena kaya akan protein dan nutrisi bagi tubuh. Namun, kandungannya akan berbeda jika menjadi ayam goreng meski tanpa menggunakan tepung seperti penjelasan berikut.


Jumlah Kalori 1 Potong Ayam Goreng

Sebelum mengkonsumsi ayam goreng tanpa tepung, kamu sudah harus tahu jumlah kalori pada 1 potong ayam goreng tersebut. Seperti dalam penjelasan berikut ini tentang jumlah kalori yang ada di setiap 1 potong ayam goreng dari beberapa bagian.

Baca Juga : Tips Jualan Ayam Potong


1. Paha Atas

Bagi kamu yang menyukai bagian daging ayam yang juicy, maka ayam goreng bagian paha atas adalah pilihan yang tepat. Tetapi, terdapat lapisan lemak di bagian bawah yang cukup tebal.

Perlu kamu tahu bahwa dalam 1 potong ayam goreng tanpa bagian paha atas yaitu sekitar 209 kalori. Jumlah ini untuk 100 gram ayam goreng tanpa menggunakan tepung dan dengan kulit yang sedikit.


2. Dada Ayam

Kalori pada 1 potong ayam goreng tanpa tepung bagian dada yaitu sekitar 165 kalori. Jumlah kalori ini terdiri atas 80% protein serta 20% lemak.

Apabila aku asumsikan, dada ayam yang digoreng akan menyerap minyak kurang lebih sebanyak 1 sdm. Maka total keseluruhan kandungan kalorinya menjadi 297,6 per potongnya.


3. Paha Bawah

Jumlah kalori ayam goreng paha satu potong tanpa menggunakan tepung adalah sekitar 304,6 kalori. Hal ini karena terdiri dari 30% lemak dan 70% kandungan protein.


4. Sayap

Sayap merupakan salah satu bagian dari ayam yang memiliki kandungan kalori relatif sendiri. Secara keseluruhan, kalori ayam goreng tanpa tepung adalah sekitar 211 kalori.

Jumlah tersebut merupakan jumlah kalori ketika sayap ayam digoreng tanpa menggunakan tepung maupun kulit. Bagian sayap memang menjadi favorit banyak orang karena memiliki cita rasa yang lebih gurih dan tidak banyak daging.

Baca Juga : Ketahui Jumlah Kalori Olahan Cumi Krispi


Bahaya Konsumsi Ayam Goreng Terlalu Banyak

Memang pada dasarnya ayam memiliki kandungan protein dan sejumlah nutrisi yang baik menyehatkan tubuh. Tetapi bagaimana jika ayam tersebut sudah digoreng tanpa menggunakan tepung?

Tentunya kandungannya akan berbeda seperti jumlah kalori ayam goreng paha tanpa tepung yang cukup berbeda dari yang mentah. Perlu kamu tahu bahwa konsumsi ayam goreng yang berlebih dapat menimbulkan berbagai resiko seperti:


1. Meningkatkan Kolesterol

Konsumsi ayam goreng secara berlebih bisa menimbulkan lonjakan kadar kolesterol. Berdasarkan fakta, ayam goreng daging putih dapat meningkatkan kadar kolesterol yang hampir sama seperti daging merah.


2. Menambah Berat Badan

Efek samping lain dari konsumsi ayam goreng secara berlebih akan membuat berat badan menjadi bertambah. Apalagi ayam goreng memiliki kandungan kalori yang tinggi dan cukup berat.


3. Menimbulkan Kenaikan Suhu Tubuh

Ayam goreng termasuk salah satu makanan dengan panas tinggi. Sehingga, jika kamu konsumsi dalam jumlah berlebih bisa meningkatkan suhu tubuh secara keseluruhan dan menjadikan tubuh panas.

Baca Juga : Menu Masakan Rumahan Sederhana Ala Rey

Agar jumlah kalori 1 potong ayam goreng tanpa tepung menjadi rendah, maka kamu perlu memilih daging ayam berkualitas. Sekarang kamu bisa mendapatkan daging ayam segar berkualitas secara online dari KingKong Meats.

Apa itu KingKong Meats? Ini merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan bahan makanan segar seperti telur maupun daging. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi kamu dalam memenuhi kebutuhan masakan.

Kamu bisa dengan mudah menemukan daging ayam segar serta beberapa produk fresh lainnya secara lebih mudah. Dengan berbelanja di KingKong Meats kamu bisa mendapatkan bahan masakan berkualitas dengan harga terbaik.

4 komentar :

  1. alhamdulillah
    saya jadi tahu
    saya kan sering banget bergelut dengan apa yang namanya daging ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, di Jawa juga paling murah ayam, jadinya hampir setiap hari makan ayam :D

      Hapus
  2. bagian dada itu yang paling enak sumpah tapi katanya paling engga sehat
    mulai sekarang udah mulai ngurangi konsumsi ayam goreng
    soalnya kerasa banget enggak sehatnya
    sebagai gantinya milih ikan yang kaya protein

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, saya paling suka bagian dada, biasanya difilet sih, terus digoreng :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)