Monday, November 17, 2014

Memilih Usaha / Bisnis MLM dan Mengenal Perbedaan Keuntungan dan Kerugiannya

MLM atau Multi Level Marketing...
Seperti kebanyakan orang, saya juga eneg ama MLM, eneg karena satu kenyataan yaitu : "ENAKAN ORANG YANG DAFTAR DULUAN DONG...!!!"

Gak bisa di pungkiri, yang namanya MLM itu pastinya gak lepas dari yang namanya upline dan downline... Kalo jadi upline sih enak, kalo downline yang eneg, hahahaha...

Tapi karena situasi dan kondisi yang mengharuskan saya harus membantu suami memenuhi kebutuhan hidup karena beliau masih berproses menuju kesuksesan, dan juga kondisi yang mengharuskan saya mempunyai karir demi membalas budi kepada kedua orang tua yang sudah bersusah payah mengorbankan segala yang mereka punya demi menyekolahkan saya setinggi2nya sesuai keinginan saya, sedang akhirnya saya gak bisa menjadi wanita karir karena gak tega ninggalin anak bersama orang lain.



Jadilah saya harus memutar otak, bagaimana caranya saya mendapatkan uang tambahan plus membangun karir di sela2 masak, nyuci, nyetrika, beres2, nyuapin/mandiin/temanin/dll anak...

Setelah mencoba beberapa usaha secara online, saya akhirnya jatuh dalam perangkap MLM.
Awalnya sih cuman pengen tau saja, karena penasaran melihat keheboan teman - teman facebook yang menjalankan bisnis MLM.
Ada beberapa bisnis MLM yang nyaris saya ikuti, namun akhirnya saya memilih bisnis Oriflame, dengan alasan daftarnya murah.
Saya daftar , cuman 19,900 plus ada cash back 19,900 saat saya belanja 200ribu.

Kenapa memilih yang daftarnya murah? karena saya mikirnya eneg 'menyumbang' pada orang yang berada di atas saya (upline), jadi saya memilih 'nyumbang' dikit aja agar resiko sakit hatinya gak terlalu besar, hahaha...

Ternyata, dugaan saya tentang 'nyumbang' itu SALAH, saya membayar uang pendaftaran 19,900 langsung ke Oriflame dan upline saya tidak menikmati uang tersebut.

Inilah salah satu perbedaan MLM Oriflame dengan MLM lainnya. Setau saya (dari baca2 di banyak tulisan orang2) ada juga MLM dengan tipe seperti ini (tipe MLM yang tidak dibayar dari merekrut atau get member baru) yaitu tupperware dan Sophie.. CMIIW.. :D

Untuk lebih jelasnya perbedaan bisnis MLM Oriflame dengan lainnya akan saya rangkum seperti berikut :

1. Oriflame menjual produk kecantikan dan perawatan tubuh dengan banyaaakkk banget variannya, yang pastinya kita gunakan sehari2nya, jadi jika ingin berbisnis tapi males jualan, produknya bisa dipakai sendiri tanpa mubazir.
Harganya pun masih bisa masuk akal, bahkan untuk harga yang diberikan untuk konsultan (diskon 23%) ditambah harga promo, kadang jauh lebih murah dari produk merek lainnya yang dijual bebas di pasaran.



MLM lainnya kebanyakan menjual produk yang bukan kebutuhan sehari-hari, jadi jika kita gak bisa menjualnya dan tidak cocok memakai produk tersebut bisa dipastikan produknya akan mubazir. Harganyapun sangat fantastis yang pastinya bikin dompet nangis :D

2. Biaya daftar di Oriflame relatif sangat murah, daftar normal hanya 49,900 dan jika promo bermacam2 mulai dari 9,900.
Biaya daftarnya murah karena hanya untuk menggantikan staterkit yang berisi katalog dan manual book yang dikirimkan oleh Oriflame langsung ke alamat rumah masing2.
Upline tidak mendapatkan point atau uang apapun dari hasil merekrut member baru.

MLM lainnya, untuk biaya daftarnya sangat mahal, hal itu karena uang pendaftaran tersebut akan di berikan juga kepada upline yang merekrut member tersebut.

3. Menjadi member Oriflame gak melulu dikejar target, karena member Oriflame boleh memilih mengggunakan keanggotaannya sebagai pemakai atau penjual saja yang tanpa ada target, atau pebisnis, yang targetnya hanya diharuskan untuk mencairkan bonus bulanannya dan untuk itu targetnya adalah 100BP atau kurleb 600ribu..

MLM lainnya, mau gak mau harus memilih jadi pebisnis karena biaya yang telah kita keluarkan begitu besar saat mendaftar, jadinya agar gak mubazir kita harus ikutan mencari 'korban' lainnya :D

4. Biaya daftar Oriflame hanya 1 macam, gak ada perbedaan daftar untuk member pemakai, penjual maupun pebisnis, semuanya tetap 49,900 untuk normal atau mulai 9,900 untuk promo.

MLM lainnya, terdiri dari bermacam2 biaya daftar, yang tiap macamnya di bedakan oleh banyaknya jaringan atau kaki yang disediakan.

5. Pebisnis Oriflame diberikan kebebasan penuh dalam mengatur jaringan atau kaki yang harus dibentuk, bebas merekrut lalu memplot semua langsung di bawah kita, atau bentuk 3,4,5 dst kaki.
lalu merekrut lagi dan menyumbangnya ke kaki first line kita.

MLM lainnya, pengaturan jaringan / kaki ditentukan oleh MLM tersebut alias kita tidak bisa seenaknya mem plot rekrutan kita.
Hal ini disesuaikan dengan tipe member yang daftar, semakin mahal biaya daftarnya, semakin banyak jaringan yang disediakan untuk di isi..
Pastinya perhitungan bonus dari rekrutan atau downline juga semakin banyak jika jaringan di bawah member lebih dari 1.

6. Karena Oriflame tidak mengatur plot2 jaringan member di bawah kita, maka kita bebas mengatur dengan strategi sendiri bagaimana caranya agar bisa cepat berada di level yang lebih tinggi...
Selain itu, perhitungan bonusnya tidak secara sistem piramida. Itulah sebabnya jika pebisnis Oriflame tidak aktif dan bekerja, maka peluang bonusnya di ambil downlinenya bisa terjadi dan itulah yang menjawab bergabung lebih dulu di Oriflame tidak menjamin lebih beruntung ketimbang yang gabung belakangan.

MLM lainnya, sistem bonusnya secara piramida, karena pengaturan jaringan sudah diatur oleh MLMnya, jadi pastinya selalu menguntungkan yang di atas atau siapa yang bergabung lebih dulu.

7. Karena Oriflame tidak membayar konsultannya dari biaya pendaftaran member baru, maka upline di bisnis ini harus bekerja keras membimbing downline yang mau berbisnis untuk sukses, karena kesuksesan upline tiada lain di mulai dari kesuksesan downline.

MLM lainnya, dibayar juga dari pendaftaran member baru, maka jika kita apes dapat upline yang malas, upline jadi gak punya tanggung jawab membimbing kita karena kita gak sukses pun, upline sudah untung dengan mendapatkan uang dari biaya pendaftaran kita..

Okee....

Untuk sementara, itu saja yang bisa saya share tentang perbedaan MLM Oriflame dengan MLM lainnya yang nyata2 sistemnya piramida..

Sistem yang selama ini bikin eneg banyak orang, termasuk saya, hihihi :D

Dan syukurlah di Oriflame sistem itu gak terus berlaku, karena bisnis jaringan di Oriflame itu adalah bisnis membangun sebuah perusahaan..

Jadi seperti ini...
Kita membangun perusahaan yang mana bergerak dari penjualan produk orang lain (orang lain tersebut adalah oriflame)
Seperti dalam perusahaan pastinya ada yang namanya Staf, Manajer, Direktur, Executive, President dll...
Dan seperti dalam perusahaan juga, kita bisa menjadi Manajer jika kita punya beberapa Staf, bisa menjadi Direktur karena punya beberapa Manajer, Executive punya beberapa Direktur, dst...

Jadi bukannya sistem Piramida yang mana kita puncaknya, lalu dibawa kita ada 2 orang, lalu dibawah 2 orang tsb ada 4 orang, dstnya,....

Di bisnis Oriflame kedudukan/level kita di tentukan oleh bawahan kita, jadi semakin tinggi jabatan kita, semakin banyak bawahan yang berada tepat di bawa kita..
Misal, untuk menjadi Executive , kita harus punya 12 Direktur dari 12 jaringan yang berada di bawah kita.

Itulah kenapa Oriflame sejak 1986 masuk Indonesia bisa bertahan bahkan semakin maju, karena Oriflame mengajarkan konsultannya untuk berbisnis yang amanah, yang mana konsultannya dibayar karena bekerja membantu orang lain untuk sukses di bisnis ini..

Masih penasaran seperti apa tepatnya bisnis Oriflame?
Bisa contact saya langsung di FB saya Reyne Raea, Twitter dan IG @reyneraea..
Atau chat langsung di BBM 54C4EE89 dan WA 0878 5519 0482

Sampai bertemu di level atas

Reyne Raea

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...