Teknologi Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan

teknologi-artificial-intelligence

Teknologi Artificial Intelligence semakin booming akhir-akhir ini, setelah beberapa waktu lalu teknologi ini dipakai sepenuhnya oleh ChatGPT OpenAI, dan sukses membuat Google ketar ketir takut teknologinya dilibas oleh perusahaan yang mengembangkan kecerdasan buatan tersebut.

Dan hasil was-was Google tersebut, dibuktikan dengan dipecatnya 12000 karyawan, eh salah, hehehe. Maksudnya terobosan baru Google yang bernama AI Musik, di mana dengan teknologi ini, hanya dengan menulis sebuah teks, langsung jadi lagu.

Baca juga : Referensi Menulis Blog, Google atau ChatGPT OpenAI?   

Menarik ya, dan memudahkan banget, sekaligus bikin ketar ketir manusia, khususnya para pencipta lagu, kalau kayak gini kan, lama-lama kedudukan para pencipta lagu bakalan kegusur oleh kecerdasan buatan ini.

Tapi tenang saja, saya sih percaya, sehebat apapun teknologi diciptakan, tidak akan pernah menandingi ciptaan Tuhan, yaitu otak manusia.

Namun, tetep saja ya, hal itu hanya berlaku bagi manusia yang menggunakan semua hal di tubuhnya, pemberian tak ternilai dari Tuhannya, baik itu otak, hati maupun anggota tubuh lainnya.

Kalau semua difungsikan dengan baik, saya yakin banget, tak akan ada teknologi yang bisa menyainginya, dengan kata lain teknologi kecerdasan buatan seperti AI ini, hanyalah berfungsi memudahkan manusia, tidak untuk menggantikan peran manusia sepenuhnya.

Oh ya, ngomong-ngomong, apa itu Artificial Intelligence itu?

 

Apa itu Teknologi Artificial Intelligence

Teknologi Artificial Intelligence adalah sebuah teknologi yang dapat membuat mesin untuk bisa belajar dari pengalaman, lalu dapat menyesuaikan dengan input-input baru, guna melaksanakan berbagai tugas.

teknologi-artificial-intelligence

Belakangan ini, teknologi AI memang mengalami peningkatan yang signifikan, dan saya pikir hal ini akan terus berkembang pesat, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi secara menyeluruh.

Teknologi AI atau kecerdasan buatan ini, mengacu kepada simulasi kecerdasan manusia, yang ditempatkan ke dalam mesin, lalu diprogram untuk bisa berpikir layaknya manusia, bahkan meniru tindakan manusia. 

Istilah teknologi ini bisa diterapkan pula pada mesin jenis apa pun, yang bisa memperlihatkan ciri-ciri terkait dengan pikiran manusia, seperti pembelajaran ataupun pemecahan berbagai problema.

Adapun karakteristik ideal dari teknologi ini yaitu kemampuan dalam merasionalisasi serta mengambil tindakan yang mempunyai sebuah peluang terbaik demi tujuan tertentu. 

Ada bagian dari kecerdasan buatan yaitu, pembelajaran mesin (ML), di mana ML ini mengacu pada konsep tentang program komputer bisa otomatis belajar serta beradaptasi dengan data baru tanpa bantuan manusia atau otomatis. 

Teknik ini juga bisa memberlakukan pembelajaran otomatis dari penyerapan sejumlah besar data yang tidak terstruktur seperti teks, gambar atau video.  

Teknologi AI ini berdadarkan dari prinsip bahwa kecerdasan manusia, selalu bisa diartikan sedemikian rupa, bahkan mesin pun bisa dengan gampang menirunya, serta menjalankan tugas baik yang paling sederhana, maupun yang lebih kompleks.


Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Kehidupan Sehari-Hari

Lalu seperti apa sih contoh penerapan artificial intelligence ini dalam kehidupan sehari-hari? apakah hanya terdapat di ChatGPT OpenAI? atau sama dengan teknologi AR (Augmented Reality)?

Baca juga : Teknologi AR (Augmented Reality) Faber Castell  

Tentu saja beda ya.

teknologi-artificial-intelligence

Adapun beberapa contoh penerapan artificial intelligence ini yang sering kita temukan dalam keseharian adalah:


1. Dengan melakukan pencarian di website

Contoh penerapan artificial intelligence yang paling sering kita lakukan adalah, ketika melakukan pencarian di website, di mana di Indonesia khususnya, kebanyakan orang memakai Google untuk melakukan pencarian.

Dalam kegiatan searching tersebut, search engine akan mampu memberikan website yang dimaksud atau relevan dengan bantuan AI, di mana teknologi AI bekerja di mesin pencarian Google, dilengkapi dengan kemampuan predictive search.

Sehingga, ketika kita menuliskan sebuah keyword, sistem yang ada dengan otomatis akan merekomendasi informasi relevan, yang tentunya bisa mempermudah kita dalam melakukan pencarian.


2. Sebagai asisten virtual

Ada yang familier dengan teknologi seperti Google Now, Siri ataupun Cortana?

Yup, ketiganya merupakan asisten virtual yang bisa kita temukan pada perangkat Android, Ios maupun Windows Mobile.

Disebut asisten virtual karena ketiga dapat membantu manusia hanya dengan melalui perintah suara, seperti kita memberi perintah kepada asisten, melalui percakapan langsung.

Kemampuan para asisten virtual menjawab pertanyaan tersebut bisa terjadi berkat dukungan teknologi AI. Di mana teknologi AI akan mendeteksi suara manusia, lalu segera mengumpulkan informasi terkait serta memberitahukan lewat pesan suara juga, seperti asisten pribadi menjawab semua kebutuhan yang diperlukan.


3. Bantu mengirim pesan instan

Contoh penerapan artificial intelligence berikutnya ada di kegiatan chatting

Chatting adalah kegiatan yang paling sering kita gunakan, bahkan setiap hari rasanya tak pernah lepas dari aktifitas chatting. Aktivitas ini biasanya dilakukan melalui WhatsApp, maupun platform sejenis.

Baca juga : Manfaat Besar WhatsApp Web Business  

Pada platform chat seperti yang kita selalu gunakan setiap hari, teknologi AI hadir dan membantu memudahkan kita dalam chating, salah satunya pada fitur autocorrect, yang mana biasanya digunakan untuk memperbaiki tulisan grammarly kita. Pada fitur ini, teknologi AI juga membantu natural languange processing.

Teknologi AI juga hadir di platform email seperti gmail, di mana kita bisa mengaktifkan fitur penulisan otomatis di body email, berguna untuk membetulkan kata-kata yang kita tuliskan. 

Dan teknologi AI ini juga digunakan Google dalam menyortir pesan penting dan ‘sampah’. Jika Google mendeteksi pesan tersebut dapat mengganggu pengguna email, maka segera dimasukan ke folder khusus sebagai spam.


4. Hadir di platform media Sosial

Media sosial yang semakin populer dewasa ini juga menggunakan bantuan teknologi artificial intelligence atau AI loh,  di mana di media sosial teknologi AI berperan dalam personalisasi feed para pengguna media sosial tersebut.

Demikian juga teknologi ini yang berperan dalam mengajukan friend suggestion, hingga mengidentifikasi serta melakukan filter terhadap hoax, mencegah cuberbullying dan semacamnya.

Baca juga : Media Sosial untuk Menginspirasi, Menyindir dan Tempatnya Baper


5. Membantu di aplikasi M-banking

Pada aplikasi M-Banking, lagi-lagi teknologi artificial intelligence hadir pada sistem perbankan. Di mana fungsi teknologi AI salah satunya, memberikan notifikasi ketika saldo berkurang atau saat nasabah membeli barang dengan kartu kredit.

Teknologi AI juga memberikan notifikasi untuk melakukan verifikasi terhadap sebuat transaksi pembelian, untuk mencegah penggunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.


Selain itu, masih banyak contoh penerapan artificial intelligence yang membantu kita dalam keseharian seperti: pada layanan berlangganan musik dan film di mana teknologi AI mengatur algoritma yang tampak di feed akun kita, atau juga dalam platform chatbot, pelayanan konsumen virtual di mana menghadirkan chatbot untuk merespon pertanyaan konsumen, iklan-iklan produk secara online yang tampil di feed akun kita, hingga pada game online.

Baca juga : Teknologi Telemedicine


Kesimpulan dan Penutup

Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi juga ikut berkembang pesat mengikutinya, dengan munculnya hingga berkembangnya berbagai hal berbau teknologi yang semakin hari semakin canggih dalam membantu mempermudah urusan manusia.

Salah satunya, dengan hadirnya teknologi Artificial Intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan yang menyerupai pemikiran manusia.

Hadir dan berkembangnya teknologi ini, membuat kehidupan manusia jadi lebih mudah, karena dia hadir dalam contoh penerapan artificial intelligence dalam kehidupan manusia sehari-hari seperti di atas.

Sidoarjo, 02 Februari 2023

#RabuTekno

Sumber:

  • https://www.liputan6.com/hot/read/5148383/teknologi-ai-adalah-kecerdasan-buatan-kenali-manfaat-jenis-dan-contohnya diakses 01 Februari 2023
  • https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan  diakses 01 Februari 2023

Gambar: Canva edit by Rey

Demikianlah artikel tentang Teknologi Artificial Intelligence, sebuah teknologi kecerdasan buatan terbaru yang sedang booming akhir-akhir ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)