Saturday, May 07, 2016

Tentang Kantung Plastik Berbayar

Beberapa waktu lalu, saya berbelanja bulanan di supermarket Giant, karena lupa membawa tas belanja (saya akhirnya beli tas belanja sendiri, sayangnya kurang praktis gegara banyakan lupanya ketimbang ingat bawanya saat belanja :D )

Saat hendak membayar belanjaan saya akhirnya pasrah membayar beberapa kantung plastik demi menaruh semua belanjaan saya.
Namun ternyata di luar dugaan saya, sang kasir sama sekali tidak menanyakan pemakaian kantong plastik, dan saat saya teliti di nota pembayaran, gak ada satupun tagihan kantong plastik.

Beberapa hari yang lalu juga saya mengalami hal serupa di minimarket Alfamart dan Indomart, gak ada sama sekali tagihan kantung plastik, padahal saya memakai kantong plastik dari tokonya.

Apakah kantong plastik berbayar sudah tak berbayar lagi?
Entahlah...

Namun sebenarnya ada hal yang menggelitik dari kantong plastik berbayar, menurut saya mengenakan biaya terhadap kantong plastik tidaklah mengurangi banyaknya sampah plastik. Justru malah membuat pihak penjual jadi makin untung dan pihak pembeli jadi sedikit rugi.
Kenapa? karena meski tanpa dikenakan biaya pun, kantung plastik belanja tersebut sebenarnya tidak gratis.
Harganya sudah include di harga penjualan barang.

Kalau menurut saya, akan lebih baik dan sampai pada tujuan untuk mengurangi sampah kantong plastik jika kantong plastiknya di tiadakan dari supermarket ataupun minimarket.
Ganti dengan kantong lainnya yang pastinya bukan dari plastik.

Harganya pun menyesuaikan, dari yang kecil hingga yang besar. Dengan begitu, sampah kantong plastik akan lebih berkurang.

Itu menurut saya sih, kalau teman-teman punya ide lainkah?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...