Keliling 3 Mall Besar Di Surabaya Dengan Bus Gratis Dari Pakuwon

keliling 3 mall besar di surabaya

Keliling 3 mall besar di Surabaya tanpa mengeluarkan biaya? bisa banget!.

Jadi ceritanya kapan hari tuh liat konten di instagram tentang bus gratis yang disediakan pihak Pakuwon. Bus tersebut akan mengangkut penumpang berkeliling dari 3 mall terbesar di Surabaya.

Dari Pakuwon Mall di Surabaya barat, Tunjungan Plaza hingga ke Pakuwon City Mall di Surabaya timur.

Berasa keliling Surabaya, dari timur ke barat atau sebaliknya deh.

Pas kami lagi di jalan, tiba-tiba ngeliat busnya yang warna merah. Anak-anak langsung pengen cobain dong. Tapi karena waktu itu saya lagi malas keluyuran, jadinya dijanjikan kapan-kapan saja.

Cerita Mencoba Bus Gratis Pakuwon Dari Tunjungan Plaza ke Pakuwon Mall

Sampailah di hari Selasa lalu, kami ke sekolah TK si Adik, buat terima raport. Dan seperti kemarennya, kami terima raport si Kakak lalu main ke Delta Plaza.

Pas mau nerima raport si Adik di keesokan harinya pun, anak-anak bersiap untuk sekalian jalan-jalan lagi.

Saya bingung sih mau ke mana? Sejujurnya pengen ngajak anak-anak liat lampu-lampu keren di Christmas Wonderland yang ada di Pakuwon City Mall.

Tapi bukanya sore dong, sekitar pukul 4an.

Lah, kami pukul 09.45 aja udah keluar dari sekolah si Adik. Bingung kan, mau ngemall, mana ada yang bukan jam segitu.

Karena bingung, saya putuskan untuk pelan-pelan mengendarai motor uzur kami menuju arah Pakuwon City Mall. Rencana di hati sih pengen nunggu sekalian pukul 4 sore biar bisa liat lampu keren di sana.

Apalagi, beberapa waktu sebelumnya, kami pernah lewat daerah sana, dan jadi tahu kalau ternyata Pakuwon City Mall udah nyambung dengan yang mall yang dulu namanya East Coast Center atau ECC.

Jadinya kan kebayang tuh luasnya, kayaknya bisa lah kami bertahan beberapa jam di sana, sampai pukul 4an.

Syukurlah karena kami jalannya pelan, nyampe di PCM atau Pakuwon City Mall, udah pukul 10.00. Agak bingung sih nyari parkiran motor, yang ternyata bisa lewat agak menjorok masuk ke perumahan.

Kami lalu masuk parkiran dan dengan mudah menemukan tempat parkir yang adem, karena kendaraan yang ada masih sepi.

Setelah parkir, segera kami menuju ke dalam mall, dan pas masuk takjub dengan kondisi di dalam mall, terkesan mewah. Tapi pas di-explore, ya elah.... ternyata nggak luas-luas amat, hahaha.

Maklum kami anak mall kali ya, apalagi saya emang paling hafal yang namanya peta lokasi maupun bangunan. Yang ada baru keliling sebentar, semua sudut mall udah habis kami datangin.

Untungnya di bagian mall lama atau ECC sebelumnya, ada pameran mainan anak, dan juga ada track mobil-mobilan. Jadinya anak-anak main itu saja dan nggak jadi bosan.

Masalahnya maknya ini yang bosan, pengen ke mall lain aja rasanya. Sampai akhirnya saya melihat banner Magical Bus yang ada di dalam mall tersebut.

Saya komporin deh anak-anak, eh ternyata pada mau dong naik bus tersebut. Apalagi si Adik, dia pengen banget naik bus keliling Surabaya, katanya.

Saya coba cari informasi lengkapnya, dan ketemu bahwa ternyata ada jadwal khusus bus tersebut tiba di setiap mall tujuan.

Untuk jadwal tiba di PCM pertama kalinya pukul 12.50, dan liat jam, aman lah... kami masih punya beberapa jam untuk nemanin si Adik puas main mobil-mobilan.

Setelah pukul 12.40an, kami menuju titik penjemputan di depan Excelso PCM 2. Dan benar saja, busnya udah ada dong.

Setengah berlari kami menuju busnya, dan... tadaaaaa... udah penuh dong, huhuhu.

bus gratis di pakuwon city mall
Bus menanti jadwal keberangkatan di depan lobby PCM 2

Si Adik langsung manyun, dia pengen banget naik bus, dan ngajak naik Suroboyo Bus aja. Tapi, kami kan bawa motor, dan di PCM nggak dilalui Suroboyo Bus.

Akhirnya saya berpikir cepat, melihat orang yang naik bus dari PCM nggak ada syarat apapun, pokoknya langsung naik. Saya kasih ide ke anak-anak, gimana kalau kita ngejar ke TP aja, biar kita naik busnya dari TP dan turun di Pakuwon Mall.

Ternyata anak-anak setuju, dan berangkatlah kami dengan ngebut sebisa saya, biar busnya nggak duluan sampai di TP, lalu kehabisan bangku lagi.

Karena saat itu udah pukul 12, kami tertolong oleh kemacetan di beberapa lokasi jalan. Kami beruntung bisa nyelip sana sini di kemacetan sehingga busnya ketinggalan jauh di belakang.

Sampai TP, kami parkir di samping aja, biar nggak antri dan lama jalan dari parkiran. Setelahnya setengah berlari kami menuju titik penjemputan bus tersebut di TP 2.

depan lobby TP2
Menanti kedatangan bus di depan TP2

Ternyata busnya benar-benar ketinggalan jauh, hampir sejam dong kami nunggunya. Mana udah lapar pulak, huhuhu. Nggak lupa saya sounding bolak balik ke si Adik, agar nantinya nggak perlu kecewa kalau kami nggak berhasil naik bus tersebut.

Kami udah menyiapkan plan B, yaitu makan siang dulu di TP, lalu naik Suroboyo Bus ke Joyoboyo buat main di sana.

bus gratis di tunjungan plaza
Akhirnya busnya datang

Bus yang ditunggu akhirnya datang, kami dan banyak orang langsung bergegas berdesakan menuju pintu depan bus yang sudah parkir. Beruntung si Kakak lihai, dan akhirnya kami berhasil naik di bus tersebut.

Alhamdulillah.

magical bus special
Sesaat setelah berhasil dapat kursi di bus

Si Adik bahagia meski lapar dan ngantuk parah. Dan sejurus kemudian dia tertidur lelap.

Si mami gimana? ya ikut tidur lah!

Ampun dah, jalanan maceeeettt banget, sehingga butuh waktu sekitar sejam lebih untuk nyampe di Pakuwon Mall.

Nggak usah nanya gimana laparnya perut kami, bahkan yang jadi krenki ya mamaknya, hahaha. Akhirnya setelah lama menahan lapar, sampai juga kami di tempat tujuan, dengan waktu yang sesuai jadwalnya.

bus gratis di pakuwon mall

Dan begitulah, misi kami mengejar bus gratis tersebut, berhasil!.

Tips Agar Bisa Naik Bus Gratis dari Pakuwon

Yang namanya gratisan kan ye, mana busnya bagus pulak, jadinya naiknya juga nggak semudah dibayangkan, hehehe.

Bayangkan, kami tuh naiknya di hari Selasa, tapi yang nunggu busnya juga buanyaaakk. Nggak kebayang dah kalau weekend.

Karenanya, bagi Temans yang pengen naik bus tersebut jangan skip tips ini:

1. Telah ada di titik penjemputan minimal 30-45 menit sebelum jadwal yang ada

Jangan kayak kami yak, ke titik jemputan bus 10 menit sebelum jadwal keberangkatan. Yang ada, boro-boro dapat bangku atau kursi di bus. Baru mendekat aja udah dijutekin kenek busnya,

"Udah penuh, Mbak!"

2. Bersiap untuk rebutan naik bus

Karena yang nunggu emang banyak, jadinya naik busnya kudu rebutan. Tapi jangan khawatir, Alhamdulillah semua penumpang pada sopan-sopan sih, setidaknya pas pengalaman kami kemaren.

Jadi nggak ada tuh yang rebutan kek rebutan sembako murah gitu, dan pastikan kita juga bisa rebutan dengan sopan ya, kalau emang di belakang, jangan mendorong yang di depan.

Makanya, cepat-cepatan berada di depan antrian dong! hahaha.

3.Tidak boleh berdiri di dalam bus

Penumpang yang naik bus ini, dilarang berdiri dalam bus. Jadi, semua harus mendapatkan kursi atau tempat duduk. Kalau nggak dapat, ya nggak boleh naik.

4. Di malam hari ketika weekday, bus lebih sepi

Jika memang ngebet naik bus gratis ini, bisa dilakukan di malam hari ketika weekday. Ketika kami hendak pulang dari TP, si Kakak melihat bus ini parkir di TP menunggu penumpang naik, dalam keadaan yang agak kosong.

Sepertinya animo masyarakat naik bus ini cuman siang hari aja.

Tentang Magical Bus Special on Christmas Wonderland by Pakuwon City

Bus shuttle gratis disebut Magical bus special on Christmas wonderland by Pakuwon City. Telah disediakan sejak tanggal 8 November 2023 lalu, dan sampai tanggal 14 Januari 2024.

Transportasi gratis ini sepertinya sengaja disediakan oleh pihak PCM agar bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung ke mall, sekaligus ke event Christmas wonderland yang berada tepat di samping mall ini.

As we know kan ye, meski keadaan makin membaik, tapi animo masyarakat akan mall atau sejenisnya tuh masih sedikit. Karenanya dibantu dengan diadakan moda transportasi kayak gini, biar orang-orang dari lokasi yang jauh, bisa berkunjung dengan mudah ke PCM.

Bus ini beroperasi setiap harinya, mulai dari Pakuwon Mall pukul 10.00, lalu berangkat dengan tujuan Tunjungan Plaza. Sampai di TP, bus lalu menunggu penumpang dan mengantarnya ke Pakuwon City Mall.

jadwal bus gratis pakuwon

Dari PCM, bus kembali ke TP dan meneruskan ke PM. Begitu saja rutenya setiap hari selama jam buka mall.

Untuk bisa naik bus ini, tak ada syarat apapun selain wajib sopan. Kita hanya perlu menunggu di titik penjemputan masing-masing mall, yaitu:

• Pakuwon Mall ada di Lobby Sephora
  • Tunjungan Plaza ada di Lobby TP 2.
  • Pakuwon City Mall ada di Lobby PCM 2 (depan Excelso).

Demikianlah, jadi siapa nih yang mau ngerasain keliling 3 mall besar di Surabaya naik Magical bus special on Christmas wonderland by Pakuwon City?

Surabaya, 21 Desember 2023

Sumber: Pengalaman pribadi

Gambar: canva edit by Rey dan dokpri