Evaluasi Blogging 2023 dan Resolusi Blogging 2024

evaluasi dan resolusi blogging

Evaluasi blogging 2023 ditulis sebagai kesatuan untuk membuat Resolusi Blogging 2024. Ya, meskipun masih sama dengan postingan saya di akhir tahun 2022 lalu. Di mana saya menulis tentang blogging 2022 dan blogging 2024.

Btw, saya baru ngeh dong, kalau ini Selasa terakhir di tahun 2023, which is the last #TuesdayBlogging di tahun ini.

Dan di tengah kebingungan mau nulis apa, tiba-tiba teringat kok saya belum nulis resolusi ya?. Biarpun ya gitu deh, sudah dipastikan masih meneruskan resolusi tahun kemaren. Yang dibuat di tahun kemarennya lagi, yang menjadi penerus di tahun kemaren kemarennya lagi, hahaha.

Tapi biarlah, paling nggak kan akan menjadi menarik, ketika saya bisa membacanya lagi, di akhir tahun 2024 mendatang. Insya Allah, semoga masih diberi umur panjang, aamiin.

Selain menarik untuk dibaca ulang (oleh saya ya khususnya, nggak tahu kalau untuk lainnya, qiqiqiqi). Tulisan ini juga bisa jadi penyemangat diri sendiri. Di tengah meredupnya semangat banyak blogger untuk konsisten menulis di blog atau ngeblog.

Walaupun, saya nggak yakin sih kalau saya juga bisa ikutan nggak semangat nulis, orang saya menulis kan karena kebutuhan.

Udahlah, mari kita bahas evaluasi blogging selama tahun ini.


Evaluasi Blogging 2023

Artikel yang ter-publish di tahun 2023 dan ceritanya

Agak menyedihkan sih, selama tahun 2023 ini, artikel yang ter-publish di blog reyneraea ini, agak kurang dibanding tahun sebelumnya.

Bahkan, sekuat tenaga mengejar ketertinggalan, kayaknya sih hanya bisa bersaing dengan banyaknya artikel ter-publish di tahun 2021 lalu.

Hingga tulisan ini diposting, hanya ada 160 artikel, masih kalah 18 artikel dari tahun 2022 silam.

Kalau diingat-ingat, sepertinya penyebabnya karena tahun ini memang super hectic banget buat saya. Kalau tahun-tahun sebelumnya, meski disibukan dengan berbagai tantangan dan ujian hidup, tapi setidaknya semua dilakukan dari rumah saja.

blogging 2023

Nah, sepanjang tahun 2023 ini, saya berasa anak ayam keluar kandang banget dah. Mondar mandir aja mulu, memotoran di jalanan Surabaya, sambil boncengin anak-anak.

Mulai dari awal tahun almarhum ibu mertua jatuh sakit dan nggak bisa bangun sama sekali. Jadinya saya harus ikut ambil bagian setiap minggu merawat ibu yang ternyata super melelahkan itu.

Bayangkan, saya dapat bagian merawat ibu tuh biasanya mulai Sabtu sore sampai Minggu sore. Kalau pas jadwalnya bersamaan dengan para ipar sih masih mending. Tapi pernah beberapa kali jadwalnya cuman sama papinya anak-anak.

Dan udah ketebak, saya sendiri yang urus ibu. Papinya urus anak-anak.

Mau nangis rasanya pas gantiin popok, masya Allah, ibu beraaaattttt banget. Susah banget dibalikin badannya. Belum juga ibu kesakitan dan saya nggak tega maksain.

Nggak usah saya ceritakan lengkap deh. Yang jelas, ketika saya pulang Minggu sore, auto tepar dong sampai 2-3 hari baru mendingan, hiks.

Sungguh merawat lansia sakit itu luaaaarrr biasa banget. Semoga Allah selalu kasih kesehatan kepada saya sampai akhir usia, biar anak-anak saya nggak perlu terlalu repot urus saya, aamiin.

Dengan keadaan kayak gitu, udah bisa ketebak, nggak bisa maksimal dong saya ngeblognya.

Di pertengahan tahun, almarhum ibu mertua meninggal. Mulai lagi saya rempong mondar mandir bantuin acara tahlilan.

Kondisi demikian, berkesinambungan dengan kelulusan si Kakak, dan super rempong urus PPDB SMP di Surabaya.

Baru nyari informasinya aja, bikin saya keliling Surabaya. Sebelum isi data pun, kembali lagi kami keliling Surabaya, survey sekolah biar si Kakak ada bayangan sekolahnya kek gimana.

Ujung-ujungnya, nggak lulus juga karena jarak alamat tempat tinggal yang kejauhan, hadeh.

Mulailah dengan rempong cari SMP swasta, diteruskan dengan kepindahan kami ke rumah eyangnya anak-anak. Luar biasa rempong juga tuh.

Saya harus mondar mandir bawa barang banyak, sambil boncengin kedua bocah. Setelah setengah barang kami nyaris keangkut semua, ehh... muncul masalah yang mengharuskan saya pindah lagi dari rumah tersebut.

Mulai lagi keliling cari kontrakan di Surabaya, abis itu angkutin lagi barang kami satu-satu dan bertahap.

Ya ampoooonnn, nulisnya aja saya udah capek dong, hahaha.

Ketika di rumah eyangnya anak-anak pun, saya sulit mendapatkan waktu luang untuk bisa menulis. Seringnya diajak ngobrol ipar-ipar yang kebetulan datang ke sana.

Atau ngeladenin pembokat di rumah itu yang penuh drama. Atau sibuk ikut acara di sekolah si Adik, hadeh!

Udahlah, pokoknya gitu dah, sepanjang tahun ini benar-benar sebuah hal yang luar biasa rempong, dan sebenarnya bisa nulis sampai 100 artikel aja tuh, udah luar biasa. 


Kegiatan Blogging 2023

Di tahun 2023 ini, sejujurnya nggak ada kegiatan blogging yang baru atau intens saya lakukan. Palingan ketambahan beberapa kali saya bisa ikut event blogger lagi.

Kegiatan lainnya, malah mengalami kemunduran, misal blog walking. Ampun deh, meski udah ditulis sebagai pengingat yang jelas, kalau seharusnyalah saya rajin BW kan ye. Kenyataannya, waktu saya habis buat hal-hal yang lain, selain kerempongan selama tahun ini.

Dalam hal menulis di blog, sebenarnya bisa sedikit mengejar target. Karena selama pindah dari rumah eyangnya anak-anak, saya bisa punya waktu fokus menulis setidaknya 3 jam setiap Senin-Kamis.

Saya sengaja memilih tempat di luar untuk fokus ngeblog, biar nggak tergoda dengan kegiatan ngemil dan bobok karena ngantuk.

Awalnya saya ke McD dekat sekolah si Adik, sambil menunggu dia pulang sekolah kan ya. Sampai akhirnya menemukan tempat yang lebih tenang, yaitu di perpustakaan daerah di Menur Surabaya.

Di saat demikianlah saya bisa mengejar ketertinggalan dalam ngeblog. Kebanyakan sih saya gunakan waktu itu untuk menulis di blog. Jadinya bisa tetap nulis di blog reyneraea, parentingbyrey, beautybyrey dan blognyarey, meski nggak intens.

Selain itu, saya juga sempat mengutak-atik blog, mulai dari migrasi blog beauty dari blogspot ke wordpress. Lalu setelahnya saya migrasi lagi, dari domain my dot id ke domain dot com.

Menjelang akhir tahun ini juga saya gunakan untuk memperbaiki beberapa error yang ada di blog reyneraea. Alhamdulillah berhasil dalam beberapa error, meski PR nya masih banyak.



Evaluasi dari resolusi blogging 2023

Kalau baca resolusi target blogging saya tahun 2022 silam, ternyata simple loh! yaitu : target mendapatkan uang dari blog dan medsos, apapun bentuknya.

Dan kayaknya, selama tahun 2023 ini, saya lebih banyak mendapatkan uang dari blog aja. Untuk media sosial, nyaris nggak ada dong, hahaha.

Kalaupun ada konten di instagram yang ter-publish kayak sponsored post, itu hanyalah paket bundling job blog include IG. Atau postingan sponsored tapi barter doang.

Itupun kayaknya jarang, bahkan hampir nggak pernah lagi deh.

Nggak heran, stock skincare saya udah mau habis. Tapi saya tetap malas terima job barter produk, karena brief-nya, masya Allaaaaahhhh, sama aja kayak job berbayar.

Dan itu ngabisin waktu banget nget.

Jadi selama tahun 2023 ini, saya sok banget, berkali-kali menolak kerja sama barter. Bahkan, menolak kerja sama barter dengan klinik kecantikan, biar kata barternya senilai jutaan.

Ya pegimana dong, aku mager banget sama hal-hal yang ngabisin waktu, hehehe.

Jadi ya gitu, selama tahun ini, pemasukan saya ya dari blog aja. Mulai dari kerjasama blog secara langsung dengan klien, hingga melalui beberapa perantara website. Juga pemasukan dari google adsense, meski cuman sekali doang, wakakakakak.


Oh ya, sedangkan untuk evaluasi dari kegiatan blogging 2023 saya: 

๐Ÿ’šPosting artikel minimal perbulannya adalah: 10 artikel di blog reyneraea, 10 artikel di parentingbyrey, 5 artikel di blog beautybyrey, 4 artikel di blog womandaily serta 10 artikel di blog baru.

๐Ÿ’ŸRealisasi
  • Blog reyneraea terpenuhi, meski ada 2 bulan hanya 9 artikel, tapi tertutupi dengan bulan lainnya belasan artikel.
  • Blog parentingbyrey kurang banget!
  • Blog beautybyrey kurang banget! nggak tahu ya, di tahun 2023 ini kok saya males banget tulis artikel kecantikan.
  • Blog womandaily juga kurang, dikarenakan saya niatnya pengen tutup aja tuh blog, karena awal tahun ini, domain my dot id dianggap spam oleh google. Tapi ujungnya, tetap diisi juga, biar nggak intens, hahaha.
  • Blog baru akhirnya dibuat pakai WP dengan domain blognyarey.com, tapi isinya kadang-kadang aja, hahaha
๐Ÿ’šBikin blog dotcom baru dan posting artikel minimal 10 perbulan, untuk ini masih rencana ya, masih galau antara mau bikin di wordpress atau tetap di blogspot.
๐Ÿ’ŸRealisasiTerealisasi dong, jadinya pakai wordpress, di blognyarey.com, tapi nggak bisa konsisten isinya. Bahkan temanya aja nggak bisa konsisten, hahaha.

๐Ÿ’šTotal artikel per bulan 39 + 10 artikel di blog rencana, berarti 49 artikel, means minimal 2 artikel setiap hari (minus hari minggu).
๐Ÿ’ŸRealisasiUdahlaaaah, mana bisa! hahaha. Sempat bisa sih nulis 2 artikel sehari, tapi cuman bertahan 3 mingguan kali, setelahnya gagal. 

๐Ÿ’šBikin rencana artikel, biar terpenuhi rencana posting artikelnya.
๐Ÿ’ŸRealisasiTerealisasi dong, tapi bikin doang, nggak bisa diikutin secara konsisten. Ampuuunnn dah, hahaha.

๐Ÿ’šBikin plan kegiatan blogging, seperti step ngeblog yang lebih terperinci.
๐Ÿ’ŸRealisasiKurang terealiasi, cuman bikin plan secara umum aja, trus nggak bisa diikutin pulak, capedeh!.

๐Ÿ’šUsahakan seminggu sekali blog walking bebas.
๐Ÿ’ŸRealisasiKayaknya cuman bisa 2-3 minggu sekali deh, hiks!.

๐Ÿ’šUsahakan seminggu sekali membalas komentar di blogpost, dahulukan yang urgent..
๐Ÿ’ŸRealisasiKayaknya ini juga hanya bisa dilakukan 1-2 minggu sekali.


Astagaaahhhh, kesimpulannya, gagal semua! hahahaha.

Itu belom ngomongin resolusi target manajemen waktu buat blogging. Ah sudahlah!.


Resolusi Blogging 2024

Saya masih bingung nih, apakah dengan semua kegagalan dari resolusi tahun lalu itu, masih pantaskah saya bikin resolusi baru di tahun ini? hahahahaha.

blogging 2024

Kayaknya enggak mau muluk-muluk dah tahun depan, apalagi kayaknya sih masih ada kerempongan lagi di tahun 2024 ini. Karena si Adik bakalan masuk SD.

Meskipun udah ada SD incaran yang akan kami tuju, tapi masih trauma juga dengan kondisi tahun 2023 ini, di mana semua rencana kami tentang sekolah anak-anak, berubah total.

Alhasil kacau balau dah, keuangan juga sungguh yaaa... begitulah!.

Jadi, keknya saya hanya akan meneruskan resolusi tahun 2022 kemaren aja deh, qiqiqiqi.

Namun, akan lebih disederhanakan, seperti:

  • Target utama : menghasilkan uang dari blog dan media sosial.
  • Bikin ulang rate card IG baik berbayar maupun barter, dan tegas atas permintaan kerja sama barter.
  • Tetap aktif di semua blog dan UGC, dengan posting artikel bulanan : (reyneraea : 10 | parentingbyrey : 8 | beautybyrey : 6 | blognyarey : 6 | womandaily : 4 | bloggersby : 4 | Kompasiana : 2 | kumparan : 2 | )  (ampooonnnn, banyak juga! hahaha).
  • Perbaharui rencana artikel, agar terpenuhi rencana posting artikelnya, dan buat evaluasi bulanan. 
  • Perbaharui plan kegiatan blogging, buat step ngeblog yang lebih terperinci, dan print!.
  • Wajib blog walking bebas seminggu sekali. 
  • Wajib membalas komentar di blogpost seminggu sekali, terutama yang urgent.
  • Perbaharui daftar kegiatan untuk manajemen waktu, dan print!


Btw, tetap aja ya, buanyaaakk banget target artikelnya, sampai 42 artikel setiap bulannya. Means kudu nulis 2 artikel setiap hari nih, karena biasanya weekend nggak bisa nulis.

Kalau ditanya, kok banyak banget blognya, mengapa nggak fokus ke satu atau dua blog aja?. Jujur saya awalnya pengen gitu, bahkan di pertengahan tahun ini, saya sempat berpikir mau nutup beberapa blog dan fokus ke maksimal 3 blog aja lah.

Tapi masalahnya, udah terlanjur bikin, sayang aja gitu kalau mau ditutup.

Terlebih, sekarang tuh job blogger semakin menyedihkan fee-nya. Mau nggak mau, saya bermanuver dengan memakai blog lebih banyak, bahkan mengaktifkan beberapa UGC juga.

Jadinya ketika ada kesempatan job UGC, bisa ikutan diajak juga.

Namanya juga usaha kan ye! Biar kata, banyak yang bilang, rezeki nggak bakal ke mana. Tapi kenyataannya kan, rezeki nggak akan ke mana-mana, kalau kita juga diam menanti si rezeki, ya nggak?


Kesimpulan dan Penutup

Apapun itu, menurut saya menulis evaluasi blogging selama setahunan ini, dan tetap bikin resolusi blogging 2024, meski tahun lalu gagal total, hahaha. Adalah sebuah hal yang penting, untuk mempertahankan semangat ngeblog eh tepatnya sih menghasilkan uang dari blog.

Setidaknya, untuk saat ini, hal-hal seperti inilah yang bisa saya lakukan dalam dunia blogging. 

Demikianlah, semoga menginspirasi ya, Temans! Dan, share juga dong, apa resolusi blogging di tahun 2024 nanti?


Surabaya, 26 Desember 2023

8 komentar :

  1. Wah targetnya banyak sekali ya hehe. Tapi keren banget punya dedikasi dalam dunia blogging. Semoga blognya bisa makin maju dan dikenal banyak orang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih ya, semangat untuk kita para blogger :)

      Hapus
  2. Mbak Rey keren ya, dengan blog yang segitu banyaknya dan tulisan yang segitu banyaknya. Saya sih, nulis di blog masih amburadul isinya dan tanpa target.

    Saya juga masih sering sempat-sempatin berkunjung ke sini, meski tidak meninggalkan komentar. Hehe.

    Menulis resolusi tu penting banget, buat liat pencapaian kita. Saya sih senang ya. Meski isi resolusi saya tidak ada bau dunia bloggingnya karena belum fokus saya. Hihi.
    Tapi kalau sudah berkunjung ke blog mbak Rey, pasti saya jadi merasa terpacu semangatnya buat nulis lebih banyak lagi.

    Thank you dan sehat selalu mbaak๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, makasih ya. Semangat buat kita, apapun itu, selama untuk hal-hal positif, akan selalu bermanfaat untuk hidup kita ya :)

      Hapus
  3. Akhirnya dikau merasakan rasanya menjadi peternak blog yah. Welcome to the club Rey... Enjoy your journey.. Saya cuma mau menyemangati saja.

    Resolusi utama tahun 2024 saya hanya, kembali ke dunia blog. Itu saja.. dan kayaknya nggak susah memenuhinya.. Meski sebenarnya ada embel-embel target , resolusi tambahan lain yang sudah saya ceritakan... dan rasanya berat sekali mencapainya, tetapi hal itu lebih baik daripada tidak punya target sama sekali.. :-D

    Cemungutzz

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya Bapak! udah terlanjur dibuat blognya, mau nggak mau ya harus dilanjutkan :D
      Btw aslinya gitu Pak, bosa bikin target tapi jarang bisa dicapai, namun saya pikir, nggak apa-apa deh, setidaknya tahun ini nggak target yang aneh-aneh :D

      Hapus
  4. Ngeriiii baca targetnya. Aku seminggu 3 posting aja udah alhamdulillah, ahahaha

    Kayaknya aku juga belum nih bikin tulisan resolusi 2024. Kayaknya aku mau otw bikin juga ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, doain semoga bisa dicapai yak :D
      ayookk nulis, sebagai penyemangat ngeblog tahun 2024 nanti :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)