Cerita Liburan: Lagi Mager Cuaca Cerah, Pas Keluar Malah Hujan!

cerita liburan

Liburan semester sekolah anak-anak yang bertepatan dengan liburan natal dan tahun baru 2024 ini, sebentar lagi bakal berakhir.

Dan selama liburan yang udah lewat semingguan ini, kami cuman di rumah doang dong!. Menjalani rutinitas yang bangun, masak, beberes, mau ngeblog malah mager, jadinya buka Vidio buat nonton Film.

Abis itu urus anak-anak, makan, mandi, nyuci, bobok, ngemil dan repeat, hahaha.

Apakah anak-anak bosan? keknya enggak sih! Karena mereka udah punya kegiatannya sendiri yang menyenangkan.

Mereka bisa main mobil-mobilan ketika mami nggak bolehin nonton TV atau main HP, baca buku yang dipinjam dari perpusda Menur sebelum liburan. Atau nonton TV kalau mami bolehkan, dan main HP di weekend sesuai jadwal.

Yang paling bikin betah sih, nonton TV ya. Karena selama liburan, hampir setiap hari saya bolehin nonton TV. Sampai mereka puas, ubek-ubek semua film kartun di Netflix.

Ujungnya kemaren saya kecolongan, karena sibuk nonton sendiri. Eh mereka nonton Man Vs Bee dong. Saya liat sekilas, kok kayaknya kurang nyaman aja ditonton anak-anak, meskipun masuk Netflix Kids karena rate usianya mulai 10 tahun.

Hal ini adalah sesuatu yang menyenangkan buat anak-anak. Maklum, mereka hanya bisa nonton TV di hari Sabtu dan Minggu ketika bukan liburan. Dan itupun waktunya terbatas banget, dan mereka harus memilih, mau main HP atau nonton TV.

Maafkeun yak nakanak, mamakmu ini super galak membatasi ini itu. Semoga nanti kalian tahu alasan utama mami kayak gitu yak! (berasa nakanak baca ajah!, hahaha).

Karena kegiatan mereka itu, jadinya sedikitpun nggak ada ucapan 'bosan', baik dari si Kakak maupun si Adik. Padahal maminya cerewet banget, nggak bolehin mereka kebanyakan tingkah. Ye kan, tempat tinggal kami kecil, entar hancur berantakan barang-barang, kalau mereka banyak tingkah.

Sebenarnya, sejak hari Jumat, ketika mengantar mereka ke masjid, maklum di sini masjidnya agak jauh. Dan si Adik pengen ikut shalat Jumat, mamaknya nggak berani membiarkan mereka naik sepeda, karena lewat jalan besar dan ramai.

Jadinya saya anter aja deh mereka ke masjid, setelahnya saya pulang cepat-cepat mandi dan niatnya mau ajak mereka sekalian keluar.

Tapi, belum juga selesai mandi, eh ternyata shalatnya udah selesai, karuan aja saya gelagapan mandi dengan cepat. Dan jadinya udah nggak mood buat dandan dan keluyuran.

Akhirnya saya cuman jemput anak-anak, terus ngajak beli otak-otak ikan Cak Andik, di perempatan Semolowaru Utara kalau nggak salah tempatnya.

Setelahnya, kami pulang, dan mulai lagi mager, nonton TV. Mami buka laptop, terus dibiarin aja, mager mau nulis. Giliran udah datang semangat nulis, eh udah sore, waktunya nyiapin makan malam, hadehhh! hahaha.

Padahal ya, selama semingguan lebih liburan, cuaca di Surabaya itu lagi cerah-cerahnya. Pokoknya pas banget buat jalan-jalan. Tapi, magernyaaaaaa minta ampun, ditambah anak-anak juga nggak ngajak apalagi maksa jalan-jalan.

Nantilah, Senin kemaren, pas hari natal. Saya kepikiran harus ajak anak-anak keluar hari itu. Tujuan utamanya sih mau cari baju renang si Kakak yang udah sobek dan kekecilan. Dasar si Rey, padahal beli online jauh lebih murah, ngapain juga cari offline!.

Tapi emang saya lebih suka liat langsung barangnya sih, kalau online kan nggak ngerti apakah pas di badan si Kakak?.

Dan dengan melawan kemageran, mulailah saya bertekat harus keluar hari itu. Sekalian lepas Dhuhur aja, biar nggak bingung shalat di luar.

Tapi, kok ya pas habis mandi di waktu Dhuhur, saya agak shock melihat langit jadi gelap.

liburan nataru di surabaya
Ilustrasi langit mendung | source: canva

Pas intip BMKG, emang sih katanya akan hujan di pukul 3 sore.

Saya ragu-ragu mau keluar, kami kan naik motor, malas banget kalau hujan-hujanan, apalagi rencananya mau langsung belanja beberapa keperluan.

Tapi, baru juga 15 menit saya diam liat HP, pas liat ke luar, kok langitnya nggak segelap sebelumnya?. Setelah menimbang-nimbang sebelumnya, akhirnya saya putuskan jadi keluar aja deh. Yakin aja kalau hujannya nggak jadi turun, melihat langit mulai agak terang, karena awan hitamnya udah bergeser.

Langsung buru-buru dandan, siap-siap dan berangkat deh kami, naik motor bertiga. Tujuannya di Palapa Swalayan di jalan mayjend Sungkono. Agak jauh sih, tapi saya tahunya yang jual baju renang murah dan terjangkau ya di situ.

Etapi, baru aja kami keluar dari parkiran, langsung disambut tetesan kecil air dari langit. Mulai hujan dong, tapi gerimis kecil dan jarang sih. Akhirnya saya putuskan tetap berangkat.

Ternyata di tengah perjalanan, gerimisnya berhenti, bahkan matahari sempat mengintip sedikit, meski nggak terlalu panas.

Kami sampai dengan cepat di Palapa, karena jalanan Surabaya lengangnyaaaaa masya Allah. Sampai agak bingung liatnya, hehehe.

Yang agak ramai cuman di beberapa titik dekat gereja, itupun karena banyak polisi yang bersiaga di jalanan sekitar gereja.

Sampai di Palapa, kamipun mulai mencari barang yang dibutuhkan, baju renang si Kakak juga dapat, meskipun ternyata lumayan mihil, 159 ribuan, padahal ya tipis juga.

Dan meski mendongkol, dan kesal karena kalau beli online bisa dapat yang lebih bagusan dengan harga segitu. Tetap aja saya ikhlasin aja, anggap aja rezeki si Kakak beli baju renang harga segitu.

Daripada yang harga lebih mahal lagi kan, duit mamak menipis oiiii! hehehehe.

Setelah beli barang yang dibutuhkan di lantai 2, kami turun ke lantai 1. Rencananya saya pengen beli bahan kue sekaligus mau beli wajan buat bikin kue-kue jenis pancake atau bikang gitu (gaya betoooollll!).

Ini bukannya tanpa alasan sih sebenarnya, tiada lain karena selama liburan ini, mamak bangkrut dong, gegara tiaaappp hari kami beli pukis dan bikang di Superindo dekat tempat kami. Si kakak juga beli leker mulu, mamak ketambahan beli kacang rebus mulu. Selain bangkrut, mamak juga udah makin membundar kek sapi, hiks.

Makanya, saya punya ide, beli bahan aja, jadi kan bisa bikin sendiri, dan lebih hemat, tapi tetap bikin bundar, hadeh!.

Masih asyik berkutat di per terigu an dan per tepung an, si Kakak lalu memberi informasi, kalau di luar hujan deras. Dan iyes! sampai waktunya bayar, dan selesai bayar, hujannya tetap deras dengan petir yang menyambar-nyambar.

Hadehhhhh....

Mana belanjaan kami lumayan banyak. Untungnya saya minta si Kakak bawa ransel besar, jadi sebagian barang belanjaan, saya masukin ransel dan bisa dipikul oleh si Kakak.

Sebenarnya ada jas hujan sih di jok motor. Tapi jujur akoh malas banget hujan-hujanan. Melihat sepatu saya yang mudah basah, ditambah sebagian barang belanjaan tergantung di bagian depan motor, sudah pasti bakalan basah.

Akhirnya kami putuskan nunggu hujan reda di parkiran. Dan sampai 30 menit berlalu, hujan masih turun, meski intensitas telah berkurang.

Kami putuskan untuk pakai jas hujan dan menerjang huja gerimis. Tapi ternyata di tengah jalan, hujan masih deras dong.

Abis dah sepatu dan celana saya basah kuyup, karena saya cuman pakai atasan jas hujan. Sejujurnya saya nggak suka pakai jas hujan, gerah.

Rempong dah si Rey.

Jadi begitulah, kami pulang sambil berdzikir sepanjang jalan, takut kesambar petir. Meski sesekali ngedumel...

"Kenapaaaa jugaaaaaa sejak kemaren hari cerah, kita mager. Pas sekarang keluar malah hujan, deras dan kondisi bawa barang pulak, hiks!"

Kami sampai di rumah dengan kondisi setengah basah kuyup, untungnya anak-anak nggak terlalu basah, dan barang belanjaan juga ternyata bisa dilindungi oleh ujung jas hujan saya.

Meskipun masih disambut beberapa drama, dan menyisakan banyak cucian lagi. Serta jemur jas hujan di tempat yang nggak seharusnya. You know lah tempat kami tuh kecil, rempong banget pakai acara jemur jas hujan di dalam.

Dan, ngedumel kami belum juga berhenti. Karena keesokan harinya kami udah bertekat di rumah aja. Rencananya sih pengen balikin buku perpus, tapi kan semua orang masih cuti natal bersama.

Tapi tahu nggak apa yang membagongkan?

BISA-BISANYA HARI SELASA kemaren langitnya ceraaaahhhh banget!

liburan nataru
Cuaca cerah setelah kemarin hujan

Dan saya intip BMKG, katanya sore bakalan hujan. Apaan? sampai malampun nggak ada hujan sama sekali.

Kan mao nangeeeeessssss!!!

Jahat banget nih universe! Pas lagi mager cuacanya cerah. Eh pas mau keluar, malah hujan, pakai deras pulak!.

Mungkin juga universe melindungi kami, biar nggak menghabiskan duit terooosss, hahahaha.

Begitulah, cerita liburan part 01 kami.