Review Film Migration, Kisah Kocak Petualangan Keluarga Bebek

review migration 2023

Film Migration adalah sebuah film animasi 3D yang kocak dan cocok untuk ditonton anak-anak dan segala usia. 

Mulai tayang di bioskop Indonesia, sejak tanggal 27 Desember 2023, dan menjadi salah satu rekomendasi tontonan menarik buat anak-anak selama liburan ini.

Benjamin Renner merupakan penulis sekaligus sutradaranya, yang pernah sukses dengan filmnya Ernest & Celestine di tahun 2012 lalu.

Bukan hanya itu, secara keseluruhan, film ini keren dan menarik, karena diproduksi oleh rumah film Despicable Me, Illuminations

Siapa yang pernah nonton film animasi Minion, Despicable Me, Lorax, The Secret Life of Pets, dan masih banyak lagi. Itu tuh ya, filmnya keren-keren, gambarnya bagus, ceritanya juga seru dan rata-rata kocaknya asyik.

Kebayang dong, gimana anak-anak nggak tertarik, pas sebelumnya saya kasih liat trailler film ini di berbagai media sosial.

Eh nyatanya, pas tanggal 27 Desember kemaren, kami ke jalan-jalan ke TP dan nonton bioskop deh, gara-gara film ini.


Sinopsis Film Migration

Warning, biasanya nih, si Rey pasti nulis sinopsis pakai spoiler abis!

Yang nggak suka spoiler, mending skip ke sub judul bawah, review film Migration.

Cerita film animasi Migration bermula dari keluarga bebek Mallard yang tinggal di sebuah kolam yang tenang dan aman. 

Sang ayah, Mack, merupakan sosok ayah yang posesif terhadap keluarganya, sehingga dia tidak membolehkan anak-anaknya keluar dari kolam. Untuk itu dia sering menceritakan dongeng tentang bebek yang tidak selamat dari para pemangsa ketika keluar dari kolamnya.

Sementara Pam, sang ibu bebek, sebenarnya tidak setuju dengan cara Mack. Dia menginginkan anak-anaknya bisa lebih berani dan punya petualangan yang hebat.

Suatu hari, sekelompok bebek lainnya singgah di kolam mereka, Dax si putra sulung bebek, dan Gwen si putri bungsu bebek langsung menemui mereka.

film migration
Dax berkenalan dengan bebek baru

Dari obrolan dengan anak bebek yang singgah tersebut, diketahui kalau kelompok bebek yang baru singgah itu, sedang dalam perjalanannya menuju Jamaika. 

Anak bebek baru itu mengajak Dax dan Gwen untuk ikut mereka, sayangnya Mack menolak keras. Sampai akhirnya Pam kecewa dengan keputusan tersebut.

Namun, ketika malam hari, Mack berbincang dengan paman bebek yang udah tua dan kesepian, Dan. Dari percakapan tersebut Mack akhirnya sadar bahwa kebahagiaan anak istrinya adalah hal penting. 

Dan keesokan harinya, dia mengajak seluruh keluarganya untuk ikut bermigrasi menuju Jamaika. Termasuk pula paman bebek, Dan.

Maka petualangan mereka yang penuh keseruan, maupun hal-hal kocakpun dimulai. Mulai dari bertemu dengan pasangan bangau yang sudah uzur yang awalnya dikira bakal memangsa mereka. Ternyata pasangan bangau itu malah melindungi mereka dari pemangsa ikan di malam hari.

migration review

Kemudian mereka terkejut saat tiba di kota New York yang ramai, yang sesaat kemudian mereka bingung arah mana menuju Jamaika.

film migration

Untunglah mereka bertemu kawanan merpati yang dipimpin oleh seorang merpati tua, Chump. Yang kenal dengan seekor burung asal Jamaika, Delroy. Dia dikurung oleh seorang chef jahat di sebuah restoran yang suka memasak bebek saus jeruk.

film migration

Misi migrasi para bebek pun berubah jadi sebuah petualangan. Di mana bukan hanya semata bermigrasi, tapi mereka menemukan banyak teman, menyelamatkan banyak teman-teman, hingga bertemu hal-hal yang baru mereka ketahui.

Apakah para bebek berhasil sampai ke Jamaika? Kalau yang udah liat trailernya pasti tahu dong.

Biar nggak penasaran, tonton aja deh di bioskop, hehehe.

Oh ya, kalau baca-baca sih, film ini bakalan ada di Netflix juga sih, tapi nanti-nanti dulu setelah jadwal tayang bioskop selesai pastinya.

 


Review Film Migration 2023

Profil

Sutradara: Benjamin Renner

Penulis: Benjamin Renner, Mike White

Sinematografi: Mike White 

Tayang perdana: 27 Desember 2023 (Indonesia) 

Run time 83 minute

Genre:  Family, comedy

Produksi: Illumination

Distribusi: Universal Pictures

Bahasa:  Inggris

Negara:  Amerika Serikat


Pengisi Suara film Migration 2023

Kumail Nanjiani sebagai Mack Mallard / ayah bebek

Elizabeth Banks sebagai Pam Mallard / ibu bebek

Caspar Jennings sebagai Dax Mallard / anak lelaki bebek

Tresi Gazal sebagai Gwen Mallard / anak perempuan bebek

Danny DeVito sebagai Dan / paman Mack

Keegan-Michael Key sebagai Delroy / burung Macau Scarlett

Awkwafina sebagai Chump / burung merpati

etc..


Rating by #SharingByRey : 4,75 of 5


Review film

Jujur ya, sebagai pecinta film kartun atau animasi, saya udah terbiasa menonton film-film, khususnya produksi Illumination. 

Kayak Minion, The Secret Life of Pets dan lainnya.

Saya jadi udah bisa menduga alur film ini bakalan kek gimana.

Karena kebanyakan ceritanya memang tentang petualangan, dengan kisah-kisah yang mengocok perut banget.

Dan selama nonton karya-karya Illumination, saya rasa lumayan ramah anak sih ya, meski ada satu dua kata yang agak kasar, tapi masih aman.

Begitu juga dengan film Migration ini, sejujurnya saya udah bisa menduga jalan ceritanya, apalagi hampir semua terangkum di Trailernya, hehehe.

Tapi, menonton langsung, apalagi di layar lebar, emang ambience-nya beda banget sih ya, lebih asyik dan menarik.

film migration

Jadinya, bukan hanya anak-anak, mamaknya juga happy nontonnya.

Selain ceritanya, visualnya juga emang keren ya. Saingannya Pixar banget dah *uhuk, sebut saingan, hahaha.

Tone visualnya tuh enak diliat, warna-warnanya memanjakan mata banget, sama lah dengan hampir semua film-film keluaran illumination.

Untuk film Migration ini, lebih cocok juga ditonton keluarga, karena memang menceritakan tentang sebuah keluarga. Ada karakter Dax dan Gwen yang juga merupakan salah satu karakter penting meski karakter utama adalah ayah bebek, Mack.

Over all, puas deh nonton film animasi Migration di bioskop, dan kayaknya bakalan ditonton ulang, pas tayang di Netflix, hehehe.


5 Pesan Penting dari Film Migration 2023


1. Kebahagiaan semua anggota keluarga itu penting

Cerita film Migration ini emang khas keluarga zaman now eh bahkan sejak dulu ya, meskipun bukan terjadi di bebek, tapi di manusia, hehehe.

film migration

Di mana, seringnya seorang ayah merasa bertanggung jawab dengan keselamatan keluarganya, sampai lupa kalau kebahagiaan semua keluarga itu, jauh lebih penting.

Seperti Mack yang awalnya ngotot melarang keluarganya ikut migrasi, karena tidak mau keluarganya mengalami hal buruk di perjalanan. Namun, kebahagiaan anak-anak dan istrinya yang ingin tinggal di tempat baru, juga tidak bisa dia lupakan.

Mack beruntung, sebelum hal itu menjadi masalah besar, akhirnya mengalah dan menuruti kemauan anak istrinya, yang ternyata tidak dia sesali. 


2. Kerjasama tim di dalam keluarga itu penting

Film ini juga bercerita tentang pentingnya kerjasama tim dalam keluarga. Ketika Mack yang dengan jiwa pemberani mencoba mengambil kunci sangkar Delroy di restoran. 

Dia beruntung karena ternyata Pam mengikutinya, sehingga mereka bisa bekerja sama untuk mengambil kunci yang tergantung di dinding.

Demikian juga ketika Mack dan Pam tertangkap manusia, dan dikurung lalu akhirnya jatuh dari pesawat. Beruntung ada Dax dan Gwen yang bekerja sama melepaskan kurungan tersebut, sehingga Mack dan Pam selamat.


3. Petualangan bersama keluarga merekatkan hubungan 

Ini mah bukan cuman di film Migration ya. Dalam keseharian, cara termudah merekatkan hubungan tuh ya dengan berpetualangan. 

film migration

Demikian juga dengan bebek Mallard sekeluarga, karena petualangan, hubungan antara ayah, ibu dan anak bebek jadi lebih baik dan kompak.


4. Jangan menilai dari tampilan seseorang

Part film ketika keluarga bebek berteduh karena hujan, lalu kemudian mereka ditemukan seekor bangau yang sudah tua. Rupa bangau itu memang menakutkan, dengan cakarnya yang tajam. 

Keluarga bebek sangat ketakutan, apalagi ketika malam tiba, mereka disuruh tidur di atas wajan. Dan ketika akhirnya tengah malam mereka hendak melarikan diri, si nenek bangau segera bangun dan seolah hendak memangsa para bebek.

Pada akhirnya ternyata malah bangau tersebut ingin menyelamatkan mereka dari pemangsa lain yang ada di air. 


5. Percaya kepada anak adalah cara terbaik mendewasakan anak

Sikap posesif Mack sering membuat anaknya, Dax menjadi kesal. Puncaknya ketika Dax yang nyaris celaka karena hampir ditangkap manusia.

Karena itu, sayap Dax rusak dan tidak bisa terbang. Mack sungguh marah besar, dan sejak saat itu dia melarang Dax untuk melakukan hal-hal berbahaya.

Pada akhirnya, Dax lah yang mengajak Gwen, bersama menyelamatkan Mack dan Pawn ketika keduanya jatuh dari pesawat dalam keadaan terkurung. 

Sejak saat itulah, Mack akhirnya sadar, kalau dia harus memberikan kepercayaan kepada anak bebek lelakinya eh anak bebek jantan yak, hahaha. Karena dengan kepercayaan, anak bisa tumbuh dewasa lebih baik.

Karenanya, jangan sampai anak jadi tidak percaya diri, karena dilarang ini itu kek Dax dilarang ayahnya, Mack, ya.


Kesimpulan dan penutup

Over all, menurut saya, film animasi Migration ini sangat direkomendasikan menjadi tontonan ramah anak dan sarat makna kekeluargaan.

Dan kebetulan banget nih, pas tayang di masa liburan, bisa jadi tontonan menarik bersama anak-anak di bioskop.

Jadi, siapa nih yang belum nonton film Migration? cuuusss ke bioskop. 


Surabaya, 29 Desember 2023

Sumber: 

  • Pengalaman pribadi nonton film Migration
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Migration_(2023_film) diakses 29 Desember 2023
Gambar: Canva, imdb.com, pathe.nl dan tix.id

4 komentar :

  1. membaca ulasannya serasa pengen nonton bareng keluarga.. sekalian isi waktu liburan, hehe.. terimakasih banyak ulasannya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayooo nontonnn, ini kocak dan menghibur banget :)

      Hapus
  2. Aku suka film2 seperti ini, menghibur, punya pesan moral yang tidak menggurui

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi iyaaa, jadi menghibur banget ditontonnya :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)