Blog Tiba-Tiba Menghilang, Ini Tips Melindunginya Ala Rey

lindungi blog agar tidak hilang

Blog tiba-tiba menghilang? Duh sedih banget tuh. Apalagi kalau terjadi di blog saya, reyneraea.com ini. Wadidaaawwww.... Ini tulisannya udah 1,535 ke 1536 postingan dong!. Dan bukan artikel chatGPT *eh, hahaha.

Tapi, saya pernah tahu salah satu teman blogger mengalami hal ini loh. Sayang, saya lupa namanya siapa. Dan lupa pulak, waktu itu, saya liat di WAG blogger yang mana, saking kebanyakan grup.

Oh ya, maksud blog menghilang ini, bukan kayak urlnya nggak bisa ditemukan di pencarian google ya. Meski masalah itu juga bikin sebel, tapi percayalah... keknya bakalan lebih kesel, sedih berlipat, kalau blog kita lenyap.

Nggak bisa diakses melalui url blognya, bahkan khusus untuk blogspot ya, dicari di akun blogspot, kagak ada blognya dong.

Duh!

Btw dulu....., judulnya agak membagongkan ya, abisnya si Rey ini sekarang suka patuh banget sama ketentuan SEO. Di mana ada batasan jumlah karakter judul yang baik.

Jadinya, jadi tantangan banget bisa nulis judul yang sesuai, tapi bisa menarik, namun juga sesuai kaedah SEO, ampyun kaaann.

Oke, fokus!

Jadi, saya terinspirasi menuliskan hal ini dari kegiatan rutin blogging setiap awal bulan ala saya. Di mana salah satunya adalah memastikan konten-konten di blog saya punya back up-an atau copy-an. 

Hal ini untuk berjaga-jaga terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, kayak masalah blog tiba-tiba menghilang itu.

Pas banget jadi ingat salah satu teman blogger yang kapan hari curhat di salah satu WAG kalau blognya menghilang. Sayang, saya juga udah nggak update beritanya, apakah sekarang blognya udah bisa diselamatkan? atau menghilang untuk selamanya.


Penyebab Blogspot Tiba-Tiba Menghilang

Kalau browsing di google, ternyata ada beberapa blogger loh yang mengalami, blognya hilang, alias nggak bisa diakses. Salah satunya pertanyaan yang muncul di google support tentang masalah tersebut. 

Penyebabnya pun beragam, di antaranya:


1. Blog tidak sengaja terhapus

Penyebab pertama adalah faktor ketidak sengajaan pengguna atau blogger, yang tidak sengaja menghapus blog melalui setting-an akun blogger.

Ye kan, bisa jadi pas kita sibuk utak atik setting-an blog, apalagi kalau termasuk blogger yang 'banyak tingkah' kek si Rey ini. Sukaaaa banget utak atik pengaturan blog, sampai edit kode html, padahal kagak punya basic coding sama sekali, hehehe.

Kalau pas lagi apes, bisa jadi tangannya nggak sengaja mengeklik 'hapus blog'. Maka sudahlah, blog akan menghilang dari peredaran.

Nangis nggak tuh?.

Namun, kalau untuk masalah begini sebenarnya mudah, cukup balikin aja lagi dengan klik, 'batalkan penghapusan'. Lalu tulisan kesayangan kita di blog, kembali lagi ke peredaran, yey!.


2. Blog diambil alih admin lainnya dan akun kita dihapus

Penyebab hilangnya blog kedua adalah, karena faktor kesengajaan dan kenakalan pihak yang tidak bertanggung jawab. Di mana, jika email kita bisa di-hack, maka segera deh blog kita diambil alih.

"Tapi, kenapa saya bisa akses akun blogger pakai email biasa, tapi blog saya nggak terlihat di dalam akun tersebut?"

Bisa jadi, yang nge-hack cuman masuk ke email kita, untuk masuk ke akun blogger, lalu mengundang emailnya jadi admin blog kita. Setelah itu, akun kita ditendang deh sama si tukang hack. Maka ucapkan babay dari akses semua tulisan kita di blog tersebut.

Nangiiiissssss dah!


3. Blog diblokir oleh google

Penyebab terakhir (setidaknya yang saya tahu ya) dari blog tiba-tiba menghilang yaitu, karena akun blogger diblokir oleh google. 

Hal ini biasanya dikarenakan adanya pelanggaran kebijakan google yang kita lakukan (atau yang google salah nilai, wkwkwkwkwk).

Yang paling memungkinkan adalah, menulis artikel copas secara beruntun.


Tips Melindungi Blogspot Dari Tiba-Tiba Menghilang Ala Rey

Btw, saya nggak tulis gimana cara mengatasinya ya, karena (amit-amit, semoga jangan pernah saya alami) nggak pernah mengalami hal tersebut.

Kan rasanya kurang sreg aja, saya membagikan sesuatu yang saya sendiri, belum pernah alami. Cuman contek pengalaman orang lain.

Jadi, bijaknya, saya bagikan tips saya melindungi blogspot dari kejadian tiba-tiba menghilang, seperti ini:

 

1. Selalu rutin back up konten blog

Ini dia kegiatan blogging rutin saya setiap awal bulan, yaitu back up konten blog. Hal ini penting banget dan sebaiknya sih dilakukan setiap bulannya. Agar jika terjadi sesuatu pada blog kita, masih ada cadangan konten yang bisa langsung dimasukin ke blog baru.

Begini caranya:

  • Masuk ke dashboard akun blogger, dan klik 'setting' atau 'pengaturan'.
  • Scroll ke bagian bawah, sampai ke menu 'Kelola Blog' atau 'Manage Blog'.
kelola blog
  • Klik 'Cadangkan konten' atau 'Back up content', lalu klik 'download'.
back up konten blog
  • Simpan file-nya di laptop, atau lebih amannya cadangkan juga di google drive beberapa email.


2. Punyai beberapa email dengan pasword berbeda dan undang serta jadikan admin di blog

Cara kedua ini bisa dilakukan untuk menyikapi kejadian blog kita diambil alih orang dengan menendang akun kita, sebagai admin di blog sendiri.

Begini caranya:

  • Bikin beberapa email gmail lainnya, dengan pasword yang berbeda-beda, lalu lanjutkan dengan bikin akun blogger baru memakai email tersebut.
  • Masuk ke dashboard akun blogger kita, klik 'setting' atau 'pengaturan'.
  • Scroll ke bawah sampai menemukan menu 'Izin' atau 'Permission.
  • Klik 'undang lebih banyak penulis' atau 'Invite more authors'.
undang penulis lain ke blogspot
  • Masukan beberapa email lain yang sebelumnya udah dibuat, untuk memasukan beberapa email, pisahkan dengan koma.
  • Masuk dari email yang diundang tersebut, dan ikuti petunjuknya untuk menerima undangan tersebut. 
  • Setelah masuk sebagai salah satu author, segera ganti statusnya menjadi admin, agar bisa punya keleluasaan dalam mengelola akun blog tersebut.
cara tambahkan admin di blog
  • Pastikan agar semua email terdaftar tersebut terjaga dari hack orang yang tidak bertanggung jawab. Bisa dengan cara masukan semua ke smartphone kita, lalu aktifkan notifikasi semua email. Jadi, ketika ada notifikasi email dibobol, kita bisa segera ambil tindakan untuk mengeluarkan akun email tersebut dari admin blog.


3. Patuhi aturan kebijakan google

Cara ketiga ini bisa digunakan untuk melindungi blog kita dari blokiran Google. Yaitu, dengan cara mematuhi semua aturan kebijakan google.

Yang paling simple tapi sering dilanggar sih, ketika kita mengupload postingan hasil copas dari blog lainnya. Apalagi, kalau si tukang copas itu, copas-nya plek ketiplek banget.

"Kenapa masih ada blog yang lolos aja tuh, meski copas artikel blog lain?"

Ya begitulah google, rumitnya ngalahin wanita, atau laki yang nggak mau open minded *loh, hahaha.

Nggak ding, emang ada caranya sih biar artikel copas bisa diposting tanpa kena semprit google. You know lah, google mah pada dasarnya buatan manusia, tentu saja masih bisa di'akalin' oleh manusia juga. Terutama yang tidak bertanggung jawab sih, hehehe.


Kesimpulan dan Penutup

Melindungi blog agar tidak blogger tak ngenes ketika blognya tiba-tiba menghilang itu penting banget loh. Karena, menulis di blog itu nggak mudah dong.

Sementara, beberapa blogger sudah ada yang mengalami hal tiba-tiba blognya menghilang begitu saja, bukan menghilang dari mesin pencarian google ya, tapi menghilang karena nggak muncul ketika diakses.

Karenanya, lindungi blog kita sebelum hal tersebut kejadian di kita. Di antaranya dengan:

  • Selalu rutin back up konten blog
  • Punyai beberapa email dengan pasword berbeda dan undang serta jadikan admin di blog
  • Patuhi aturan kebijakan google

Gimana, ada yang udah sering lakukan hal tersebut? atau mungkin punya cara lain untuk melindungi blog biar nggak ngenes kalau tiba-tiba menghilang?

Share di komen yuk.


Surabaya, 02 januari 2024

Sumber: 

  • opini dan pengalaman pribadi
  • https://support.google.com/blogger/answer/87065?hl=id#zippy=%2Csaya-tidak-dapat-menemukan-blog-saya-di-akun-blogger-saya diakses 02 Januari 2024
  • https://support.google.com/blogger/thread/146891598/cara-memulihkan-blog-tiba-tiba-hilang?hl=id  diakses 02 Januari 2024
Gambar: Canva edit by Rey

10 komentar :

  1. Aku udah gapake blogger, tapi ancaman ilang blog tetep serem sih. Apalagi yang bayar hosting sendiri. Pernah waktu itu ada insiden kebakaran di CyberTower jakarta, blogku ikutan ngedown juga plus ada kemungkinan data hilang.

    Eh untungnya ada backup harian otomatis dari pihak hostingnya. Kalo nggak mah, daku udah nangis daraaah.. hueh
    Emang sepenting itu sih backup2 data. Meskipun pada kenyataannya kita lebih sering mager hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah belom kulik tentang WP lagi nih, harusnya sih bisa di cadangkan kontennya secara berkala, sebelum terjadi apa-apa kan.
      Iyaa, makanya saya jadikan rutinitas bulanan, biar nggak lupa :D

      Hapus
  2. haduuh seram ya Kak, kalau sudah capek nulis terus blogpost kita tetiba menghilang.
    ehyaaa auto backup data, baru ingat udah lama juga ini ndak backup, tengkyuuuu Kakakkk

    BalasHapus
  3. aku ga pernah backup konten dan nggak kepikiran juga mau nge-backup.
    Sedihh banget pastinya kalau blog kita tiba-tiba ambyar entah kemana, dibangun dengan susah payah lalu tinggal kenangan aja
    Coba deh kapan-kapan aku backup buat jaga-jaga kayak gini

    BalasHapus
  4. Wah aku harus segera mencadangkan tulisan dong. Belum pernah backup sama sekali. Haduh!

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak Mbak tips-nya.
    Menu "Cadangkan Konten" baru saya tahu apa maksudnya.
    Sekali lagi trims ya Mbak.

    Salam,

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)