Perpanjangan STNK 5 Tahunan Motor di Samsat Manyar Surabaya

perpanjangan stnk 5 tahunan

Perpanjangan STNK 5 tahunan motor di Samsat Manyar Surabaya, ternyata mudah, tapi butuh waktu banget, hahaha. Nggak bisa jadi dalam sejam, minimal 2-3 jam, apalagi kalau kita datangnya pas lagi ramai, di atas pukul 9an pagi gitu.

Alur pelayanannya sebenarnya jelas dan teratur, kalau bingung kita bisa nanya kepada para petugas yang ada. Meskipun kadang kalau lagi apes, dijawab dengan jutek sama petugasnya, hahaha.

Dan Alhamdulillah, saya kemaren urusnya bebas calo, cuman kasih tip buat bapak-bapak yang gesek mesin motor. Eh, sama ketipu yang jual plastik STNK, katanya nggak dapat dari Samsat, nyatanya dapat *hadeh.

Sebenarnya murah banget sih plastiknya, cuman 3ribuan perak. Tapi karena diboongin, rasanya beteeeeeee banget juga yak.


Pengalaman Pertama Urus STNK 5 Tahunan Motor di Samsat Manyar Surabaya

Sejujurnya ini pengalaman pertama urus STNK 5 tahunan motor. Kalau untuk bayar pajak tahunan motor sih, udah pernah, sekali dulu.

samsat manyar

Nah, masalahnya kan kalau pajak 5 tahunan itu, agak panjang alurnya, karena pakai ganti plat segala. Duh pusing dah mikirnya.

Biasanya sih tinggal minta tolong si papinya anak-anak buat urusin. Saya cukup duduk manis menanti kepulangannya, eh pas datang bahkan platnya udah ganti.

Sekarang, minta tolong siapa lagi cobak?.

Mau minta tolong suami orang, bayarannya serem soalnya, belum lagi risiko kena gaplok istrinya *serius, Rey! eh iyak, maap, hahaha.

Jadinya mau nggak mau, bete nggak bete, kudu diurus sendiri.

Meskipun jujur nih, saya jadi deg-degan banget ngurusnya, karena liat ulasan tentang kantor Samsat Manyar di google. 

Mostly ulasannya negatif yang mengatakan bahwa Samsat Surabaya adalah zona integritas bebas calo. Tapi nyatanya calo masih berkeliaran dan mempersulit yang mau urus surat-surat kendaraannya sendiri.

Baca hal tersebut, jelas saja saya deg-degan, karena jujur buat saya itu merugikan, dan pas banget saya lagi bokek, nggak punya duit lebih (padahal ya seringnya begini, bokek as always, hahaha).

Nah kaaan, dengan kondisi bokek kek gini, terus mau tambah bayar calo, kan syedih akohnya *halah.

Tapi, mau gimana lagi, namanya juga harus diurus, biar nyaman di jalanan enggak ketakutan ditahan petugas gegara platnya udah mati sejak tahun kemaren.

Etapi ya, sini akoh bisikin,

"Ssstttt.... Sekarang sih udah punya plat baru, tapi tetep aja belom dipasang🤣🤣🤣"

Alasannya simple, saya nggak tahu pasangnya di mana?. Saya nanya teman katanya bawa ke bengkel aja, tapi tetap aja si Rey ini beralasan lagi bokek, hahaha. 

Semoga bisa dipasang bulan ini deh, biar nyaman kalau ke mana-mana naik motor, nggak khawatir di-semprit polisi, hehehe.


Cerita Perpanjangan STNK 5 Tahunan Motor di Samsat Manyar Surabaya

Jadilah demikian, saya rencanain untuk urus perpanjangan STNK 5 tahunan di hari Senin, 15 Januari 2024 lalu. Sejak hari Minggu, saya udah siapin semua data yang dibutuhkan, mulai dari fotokopi STNK, BPKB, dan KTP.

Lalu sudah merencanakan keesokan harinya berangkat setelah anterin si Adik ke sekolahnya. Sayangnya pas malam saya baru ingat, ternyata si Adik harus masuk pagi di hari Senin itu, dan harus pulang pukul 9an, karena hanya ada kegiatan pemberian vaksin Polio.

Galaulah saya. 

Sebenarnya akan lebih baik jika saya ngedrop si Adik pagi, langsung ke Samsat, biar dapat urutan paling awal, jadi kan nggak terlalu antri.

Tapi masalahnya, Samsat buka di pukul 08.00 pagi, sementara si Adik harus dijemput pukul 09.00 pagi. Jadi sangsi, nggak yakin kalau pengurusannya bisa kelar 1 jam saja. 

Namun, kalau saya kudu nunggu si Adik pulang, udah lumayan siang dan antri kan.

Dan pada akhirnya, saya putuskan untuk sekalian nunggu si Adik pulang aja, biar nggak kepikiran pas antri, eh masih kudu jemput si Adik.

Jadi begitulah, kami sampai di Samsat Manyar pukul 09.10 pagi, setelah menjemput si Adik dari sekolahnya.

samsat manyar

Sampai depan Samsat terlihat lengang, saya bingung harus dari mana?. Jadinya saya masuk melalui pintu masuk drive thru, yang ada di depan kantor Samsat. Beruntung di situ nggak terlalu ramai, dan saya bisa nanya langsung ke petugas yang ada di loket drive thru.

Oleh si Bapak petugas, kami diarahkan ke bagian samping gedung. Jadi, harus keluar dulu dari halaman tersebut, dan masuk melalui pintu yang ada di jalan samping Samsat.

Tapi karena si Bapak jelasinnya nggak terlalu detail, akhirnya saya masuk melalui pintu keluar mobil, dan untunglah keadaan lagi nggak ramai kendaraan di sana.

Kami lalu disuruh parkir di tempat cek fisik oleh Bapak-Bapak yang ada di sana, lalu diarahkan untuk antri minta formulir sama petugas yang ada di meja nggak jauh dari situ.

lokasi cek fisik kendaraan

Karena agak sepi, proses antrian nggak terlalu lama, saya mendapatkan formulir yang harus diisi dengan data kendaraan. Agak ribet sih isinya, tapi semuanya ada di data STNK kok, jadi tinggal cari aja datanya di situ.

Setelah diisi, formulir tersebut dan semua data yang dibutuhkan, saya serahkan ke petugas gesek kendaraan yang ada di tempat parkir motor buat digesek.

Lalu petugasnya akan menggesek mesin motor di 2 bagian, di bagian ban depan dan mesin bagian bawah. Prosesnya cepat kok, dan setelah selesai, petugas akan meminta tip seikhlasnya.

Saya liat ada yang ngasih 5.000an, ada juga 10.000an, jadi saya ikutan dong kasih segitu, hehehe.

Setelahnya, sama si petugas, saya diarahkan untuk parkir motor di lapangan yang ada di .luar samsat. Kemudian urus lanjutannya di loket yang udah ditentukan.

Dari sinilah kegiatan antri yang lumayan lama dimulai, dari antri serahin berkas di loket layanan ERI. Di situ mulai nunggu lumayan lama sampai nomor saya dipanggil oleh petugas di loket layanan penyerahan berkas.

Di loket ini nama pemilik berkas biasanya ditanyakan, kayaknya sebagai identifikasi apakah benar berkas tersebut milik sendiri, atau diuruskan calo, hahaha.

Setelah itu, berkas yang diserahkan ke saya, diminta untuk dibawa ke petugas cek berkas lanjutan, yang ada di dekat pintu masuk depan kantor Samsat.

cek berkas kendaraan

Dari sini, saya lalu diarahkan ke kasir yang ada di dalam gedung. Setelah dipanggil ke kasir, maka dilakukan pembayaran, jangan khawatir, ternyata bisa pakai debit kok.

Lalu setelah bayar, tinggal menunggu diberikan STNK dan plat baru. Nah di sinilah waktu menunggu yang paling lama, ampun dah sampai ngantuk-ngantuk nunggunya.

Mana si Adik kebanyakan tingkah pulak, dia masukin kakinya dong di celah kursi, abis itu dia kejepit, dan sukses bikin heboh orang yang lagi antri, hahaha.

Ada kali 30 menitan lebih saya antri di sini, sampai akhirnya nama saya dipanggil, buat dikasihkan STNK dan plat baru yang berwarna putih. Lalu saya diminta tanda tangan buat daftar pengambilan STNK dan platnya, abis itu pulang deh.


Cara Perpanjangan STNK 5 Tahunan Motor di Samsat Manyar Surabaya

Agar lebih mudah dipahami, saya coba susunkan tata cara perpanjangan STNK 5 tahunan atau bayar pajak 5 tahunan di Samsat Manyar Surabaya, yaitu:

cara perpanjangan stnk 5 tahunan


1. Siapkan data-data yang dibutuhkan terlebih dahulu

Adapun data yang dibutuhkan adalah:

  • BPKB asli dan fotocopy 1 lembar saja. Yang dicopy cuman lembar keterangan bagian depannya doang ya, nggak usah copy semua isinya kek si Rey kemaren, hahaha. Dan sebaiknya fotocopy aja dulu di luar, karena seingat saya nggak ada fotocopy-an di sana.
  • STNK asli dan fotocopy 1 lembar saja. Yang dicopy depan belakang STNK ya.
  • KTP asli dan fotocopy 1 lembar saja.
  • Surat kuasa, jika harus mengurus surat-surat milik keluarga.


2. Datang ke Samsat Manyar Bagian Cek Fisik (Samping ATM BNI)

Untuk perpanjangan STNK 5 tahunan, tidak bisa dilakukan di samsat keliling atau semacamnya ya, wajib ke Samsat yang sesuai lokasi surat kendaraannya. Dan kendaraannya wajib dibawa karena akan ada penggesekan mesin oleh petugas.

lokasi cek fisik

Untuk lokasi cek fisik, masuknya lewat samping. 

Ancer-ancer-nya, setelah kantor Samsat, kan ada ATM BNI tuh, ada jalan ke kiri sebelum McD Manyar. Nah masuk ke jalan itu dan di halaman bangunan pertama itu letaknya. Ada tulisannya kok, 'CEK FISIK' di plang kantornya.


3. Langsung parkir motor di tempat yang cek fisik

Setelah masuk, langsung parkirkan motor di tempat yang udah disediakan di situ. Tinggalkan motor dan antri di petugas yang ada di meja dekat parkiran cek fisik itu.


4. Antri di petugas yang ada dekat parkiran buat ambil formulir cek fisik

formulir cek fisik

Setelah antri, oleh petugas dekat situ, kita bakal dikasih formulir berwarna kuning, untuk data buat pengecekan fisik motor atau kendaraan. 


5. Isi Formulir

Isi formulir tersebut sesuai data kendaraan yang ada di STNK atau BPKB, baik nomor registrasi kendaraan, identiras pemilik dan identitas kendaraan.

Untuk form kelengkapan kendaraan bermotor dikosongkan aja, karena itu akan diisi oleh petugas cek fisik.


6. Serahkan formulir dan data yang dibutuhkan ke petugas cek fisik, lalu tunggu di cek

cek fisik kendaraan samsat

Setelah formulir diisi, serahkan formulir tersebut pada petugas cek fisik, nantinya oleh petugas, akan diisi kelengkapan kendaraan. Tapi kalau motor keknya nggak dicek, cuman digesek aja mesinnya, hahaha.


7. Setelah cek fisik, kasih tip ke petugas, lalu bawa motor parkir di lapangan seberang kantor Samsat

Jangan lupa untuk memberikan tip kepada petugas cek fisik, ini seikhlasnya sih, tapi kalau kita nggak kasih keknya orangnya manyun juga. Tapi kalau dikasih jadi kebiasaan juga yak

Ah saya mah cuek, kasih aja, toh orang-orang ngasihnya, kalau bukan 5ribuan, ya 10ribuan.

Terlebih para petugas tersebut ramah banget sama saya kan, mengerti kalau saya rempong, karena bareng si Adik, barang kami juga banyak, ribet dah, hahaha.

Setelah itu, bawa motor untuk parkir di lapangan yang ada di seberang pintu masuk cek fisik tersebut. Di sana motor hanya perlu membayar 3ribu perak buat parkir.


8.  Serahkan dokumen di loket Layanan ERI dan dapatkan nomor antrian 

Setelah motor diparkir, segera bawa berkas yang sudah diisi semuanya lengkap dengan data yang ada baik copy-an maupun asli untuk diserahkan ke petugas 'layanan ERI'. 

layanan eri samsat

Oleh petugas, kita akan diberikan kertas antrian buat ngambil berkasnya lagi.


9. Tunggu nomor antrian di loket 'layanan penyerahan berkas'

antrian layanan eri

Setelah dapat nomor antrian, tunggu sampai nomor kita dipanggil ke loket 'layanan penyerahan berkas', di sana kita akan ditanyakan namanya sebelum berkas diserahkan.


10. Serahkan berkas agar dicek ke petugas berikutnya

Selanjutnya berkas yang diterima kembali, akan ada formulir lagi yang harus kita isi dengan nama, alamat dan nomor HP.

berkas urus stnk

Berkas tersebut lalu diserahkan ke petugas yang ada dekat pintu masuk, oleh petugas tersebut kita akan diarahkan ke loket mana, sesuai keperluan kita di sana.


11. Antri dan bayar pajak di kasir 'Layanan perpanjangan STNK 5 tahunan'

Bayar pajak STNK di kasir yang diarahkan oleh petugas sebelumnya, nantinya nama kita akan dipanggil untuk menuju kasir mana.

pembayaran pajak stnk

Saya menghabiskan biaya Rp. 387,500 untuk perpanjangan STNK motor 5 tahunan.

Bayarnya bisa pakai debit semua bank, jadi nggak perlu khawatir kalau nggak ada uang cash.

Oh ya, ketika antri di kasir ini, saya didekatin bapak-bapak yang jualan plastik STNK, katanya nggak dapat dari Samsat, saya beli deh, harganya 3 ribuan.

Sebenarnya itu bohong ya! 

plastik stnk

STNK yang diserahkan dari Samsat, udah ada plastiknya, lebih tebal pulak. Tapi kalau mau membantu jualan si Bapak sih silahkan dibeli.

Jujur saya bete sih, gegara diboongin, biar kata cuman 3 ribu perak.


12. Ambil STNK dan plat baru

Setelah bayar, antri lagi di meja selanjutnya untuk layanan penyerahan STNK dan platnya. Ketika dipanggil, pastikan untuk mengecek kembali data-data di STNK serta plat yang baru kita terima.


13. Isi buku bukti pengambilan STNK dan plat baru, lalu pulang

Jika data yang tertera di STNK serta plat baru telah benar, maka kita bisa mengisi buku tanda bukti pengambilan STNK dan plat, setelah itu selesai deh.


Layanan Pendukung yang Ada di Samsat Manyar

Sayang banget saya nggak sempat terlalu banyak explore di sana, jadinya cuman tahu setidaknya 2 layanan pendukung yang ada, yaitu:

  • Adanya akses layanan khusus para difabel, jadi mereka tidak kesulitan untuk mengurus surat-surat kendaraan sendiri, dan nggak perlu antri lama.
akses layanan difabel
  • Adanya layanan pojok baca, di sudut ruangan depan kasir tempat layanan penyerahan STNK dan plat, ada pojok baca dan pojok playground anak-anak. Jadinya, jika ada yang bawa anak, nggak bakalan terlalu cranky jika harus antri lama. 

pojok baca samsat


Kesimpulan dan Penutup

Perpanjangan STNK 5 tahunan kendaraan motor di Samsat Manyar Surabaya ternyata nggak sulit, lancar-lancar aja meskipun nggak pakai calo.

Selama data yang dibutuhkan sudah kita lengkapi, bawa ATM atau uang cash buat bayar pajaknya, semuanya bakalan berjalan dengan baik.

Meskipun memang ada waktu yang agak lama dalam antrian, khususnya di bagian penyerahan STNK. Jadi, prepare aja waktunya sebaik-baiknya karena pengurusan, khususnya kalau datang di jam sibuk, bisa memakan waktu sekitar 2-2,5 jam.

samsat manyar


Alamat Samsat Manyar : Jl. Manyar Kertoarjo No.1, Mojo, Kec. Gubeng, Surabaya

Jam buka Samsat Manyar: 

  • Senin - Kamis dan Sabtu : pukul 08.00 - 13.00
  • Jumat : pukul 08.00 - 11.00

    Jam buka Samsat Drive Thru Manyar Pagi: 

    • Senin - Kamis dan Sabtu : pukul 08.00 - 12.00
    • Jumat : pukul 08.00 - 11.00

    Jam buka Samsat Drive Thru Manyar Sore: 

    • Senin - Sabtu : pukul 14.00 - 18.00


    Surabaya, 23 Januari 2024

    Sumber: pengalaman pribadi

    Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

    2 komentar :

    1. Agak rumit ya mba rey, daku juga pernah nih ngikutin suami untuk perpanjangan pajak 5 tahunan. Berangkat pagi berharap gak banyak yang datang, tapi busett, masih banyak aja orang yang perpanjangan. Hahaha, orang-orang pada kaya-kayak deh rupanya.Ehh tapi area sidoarjo sih akunya. Kalo yang samsat Surabaya waktu pajak tahunan.
      Meskipun begitu, tetap sih dimana pun pengurusan perpanjangan STNK itu rumit, yang sepeda perlu digesek, dan bla-bla-bla banyak runutannya.
      Dan lagi setuju meskipun ada baliho "bebas calo" tapi nyatanya, di samsat manapun calo masih ada batang hidungnya. Hahaha

      BalasHapus
    2. Biarpun lama sampai tiga jam tapi menurutku ada perbaikan sih.

      Dulu aku pernah mau perpanjang STNK ya gitu muter muter. Berangkat jam 8 pulang 12. Tapi plat nya belum jadi, harus nunggu lagi seminggu.

      Sekarang di serang Banten kalo perpanjang plat STNK ya sekitar 3 jam juga. Bagian bayar kasirnya yang lama. Kalo ngambil plat nomor paling 15 menit.

      Btw, katanya kalo plat nomor cantik, misalnya nomor 3555 atau sejenisnya bisa pesan. Betul ga sih mbak?

      BalasHapus

    Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

    Link profil komen saya matikan ya Temans.
    Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)