Tetap Konsisten Ngeblog Meski Tanpa Support System Keluarga

ngeblog-tanpa-support-sistem

"Rey, enak ya kamu, bisa konsisten ngeblog sampai sekarang, pastinya disupport penuh sama suami!"

Heh? support? oleh suami? apaan tuh? hahaha. 

Saya pernah loh, beberapa kali mendapatkan pertanyaan, yang kurang lebih kayak di atas, tentang support system keluarga, terutama dalam menekuni dunia blogging hingga sekarang.

Support system dari Amrik? hahaha.

Khususnya buat suami misalnya, mungkin jika poin ini masuk ke dalam support system, maka saya patut berbahagia karena bisa samaan kayak lainnya.

Apaan tuh Rey? yaitu, suami tidak melarang saya menulis di blog. Eh salah ding, suami nggak ngelarang saya ngeblog. Kalau larang menulis, kayaknya sering sih, apalagi kalau saya nulisnya sampai pagi, terus yang ditulis curhatan.

Dia selalu protes halus kok, tapi akoh cuek, wakakaka. 

Nggak usah judge si Rey sebagai istri durhaka deh, there is soooo many reason untuk itu kok, dan sering saya bahas di blog ini dengan tema marriage, maupun di blog parentingbyrey.

Balik ke topik support system ah...

Pegimana mau dapat support system ya, sejak awal ngeblog for money, tepatnya di awal tahun 2018 silam. Kala itu papinya anak-anak masih kerja di Surabaya. Tapi tetap aja nggak bisa terlalu banyak diharapkan, karena hampir eh bahkan setiap hari ding, dia lembur.

Padahal ketika itu, si Adik masih bayi, jadilah saya ngetik sambil terbungkuk-bungkuk menyusui si Adik. Atau sambil ngomel ketika si kakak belum mengerjakan kewajiban sekolahnya, sementara mamak Rey harus ngeblog.

Apalagi sekarang ya? i am a single fighter mom! Pejuang LDM yang tidak bisa mengharapkan bantuan apapun ke papinya anak-anak, selama berbulan-bulan lamanya.

Jadinya, ya harus menerima, bahwa harus bisa mengerjakan semuanya seorang diri, benar-benar seorang diri, karena nggak punya keluarga juga, dan saya tipe orang sungkan kelas dewa kalau ngerepotin orang lain.

Mungkin temans berpikir, kan support system dari keluarga, khususnya pasangan, bukan semata bantuan langsung. Di-support hal lain, misal dibeliin perlengkapan ngeblog, itu kan juga support

Jawabannya adalah... kagak ada! hahaha.

Sejak dulu, semuanya saya cari sendiri. Beli laptop ya pakai uang sendiri, hasil kerja sendiri. Kuota internet setiap bulan, saya bahkan beli ratusan giga buat dipake se keluarga, itu dibayar sama si Rey sendiri loh, hehehe.

Laptop rusak? ya benerin sendiri lah, bayarnya juga sendiri. Pokoknya semua sendiri.

Untuk poin ini bukan karena papinya anak-anak pelit sih ya, cuman memang belum waktunya buat dia bisa saya support dengan duit kali ya.

Yang paling penting adalah, saya sudah sampai di tahap, 'I am OK with that', ya meskipun masih ada juga momen mental drop gitu sih, namanya juga manusia kan ye.

Jadi, intinya ya gitu, dari awal ngeblog sampai saat ini, saya hampir mengerjakannya semua sendiri, dan belum ada support system keluarga, dan it's OK kok.

Baca juga : Drama Aturan Tegas dari Komunitas Saling Support 


Cerita Rutinitas Ngeblog Ala Rey

Saya ingat nih, beberapa waktu lalu, ada teman blogger, Syarifani, nanya ke saya.

"Mbak Rey kan urus anak sendirian, kapan waktu nulis di blognya? kapan masak dan lainnya?"

ngeblog-tanpa-support-sistem

Sebenarnya, kalau lagi nggak bad mood, saya tuh punya jadwal ketat yang masih sering diikutin. Untuk saat ini, karena anak-anak sekolah di Surabaya, kami juga akhirnya pindah ke Surabaya. Lalu sekolah anak-anak agak jauhan dikit, serta saya yang harus mengantar jemput si Adik.

Jadi, jam 'kerja' saya tuh wajib mengikuti anak-anak.

Setiap harinya, saya berusaha disiplin untuk 'kerja', selama 3 jam menunggu si Adik pulang sekolah, di McD misalnya. 

Setelah jam pulang si Adik tiba, saya segera menjemput dan mengajak pulang si Adik. Sampai rumah, harus prioritaskan si Adik makan siang, lalu tidur siang.

Nah, di waktu si Adik tidur siang itu, saya usahakan bisa buka laptop, karena saya emang terbiasa ngeblog di laptop. Meskipun ya kadang-kadang terdistraksi oleh rasa kantuk luar biasa, hahaha.

Waktu ngeblog saya di siang hari memang terbatas hanya saat si Adik tidur siang aja. Karena kalau dia udah bangun, berarti saya harus menemaninya main.

Saya baru bisa buka laptop lagi, di malam hari setelah anak-anak makan malam, sekitar pukul 7 malam kalau nggak molor.

Itupun sekarang udah sangat saya batasi, sampai maksimal pukul 12 malam. Itu waktu tidur ya, di mana waktu berhenti ngeblog ya harus sejam atau 2 jam sebelumnya. Karena mamak Rey kudu nyiapin ini itu, buat anak-anak sekolah besoknya.

Kalau dihitung-hitung, setiap harinya saya punya waktu sekitar 4-5 jam setiap Senin-Jumat untuk 'kerja'. Tapi nggak semuanya bisa digunakan untuk ngeblog ya.

Ada kalanya harus foto produk, bikin video, edit video, ikut webinar apa aja yang mendukung profesi yang saya jalanin. 

Nantilah udah nggak ada tanggungan lainnya, baru deh digunakan buat ngeblog. Entah itu nulis, entah balas komen, entah blog walking, atau kadang ya audit blog dan perbaiki error tipis-tipis (tipis aja, soalnya perbaiki error itu bikin migren, hahaha).

Di waktu weekend, waktu 'kerja' saya cenderung nggak beraturan, karena menyesuaikan kegiatan yang ada. Kalau nggak ke mana-mana, dan anak-anak anteng menikmati jatah nonton TV atau main HP, ya saya buka laptop buat nulis.

Tapi, kalau ada kegiatan lain, misal harus keluar sama anak-anak, jadilah nggak bisa 'kerja', kecuali hal-hal yang bisa dikerjakan pakai HP aja.

Baca juga : 8 Step by Step Manajemen Waktu Ngeblog Ala Rey 


Tips Tetap Konsisten Ngeblog Meski Tanpa Support System Keluarga

Apa-apa sendiri, semua-muanya dikerjain sendiri, emang nggak bikin burn out, Rey? Atau jadi bosan dan muak ngeblog?.

ngeblog-tanpa-support-sistem

Sering! hahahaha.

Burn out mah sering banget beibeh! Kadang jadi punya pikiran bosan ngeblog, lalu mulailah saya berselancar di dunia maya mencari kursus Manajemen Proyek.

As you know, saya nggak bisa move on dengan riwayat kerja saya dulu yang kebanyakan sih di bidang manajemen proyek.

Sampai akhirnya saya menyadari,

"Woe Rey, kursus dan mempelajari sesuatu itu juga butuh duit!"

Lalu disusul pemikiran, sebenarnya saya suka dengan manajemen proyek, tapi juga lebih suka menulis. Dan kayaknya sih yang paling memungkinkan ya ngeblog aja dulu, hahaha.

Jadi begitulah, ujung-ujungnya balik ke ngeblog, dan kembali konsisten ngeblog.

Dari pengalaman saya, ada beberapa tips yang saya lakukan sehingga bisa konsisten ngeblog hingga saat ini, di antaranya:


1. Niatkan ngeblog karena butuh

Seperti tulisan saya di atas, kalau disimpulkan mengapa saya balik lagi konsisten ngeblog, ya tiada lain tiada bukan karena butuh, hahaha.

Ya butuh duit, butuh menulis, butuh ada pemasukan, butuh menyenangkan anak-anak.

Coba gitu, kalau saya niatkan blog cuman buat having fun, nggak bakal bisa saya konsisten menulis di blog sampai sekarang. Karena aslinya ya menulis kadang melibatkan mood dan momen yang pas. Dan mamak-mamak, tanpa ngeblog aja, udah nggak punya momen untuk melakukan hal lain selain urus anak dan rumah, hahaha.


2. Sebisa mungkin manajemen waktu

Ini adalah kunci paling penting dalam keberhasilan konsisten ngeblog, wajib banget disiplin mengikuti jadwal yang disusun, dalam bahasa kerennya sih harus disiplin manajemen waktu.

Bukan cuman susun jadwal buat diri sendiri ya, buat anak-anak juga penting dibuat untuk dihubungkan ke waktu mamaknya. Biar nggak ada adegan anak-anak masih ngereog, ketika tiba waktu 'kerja' mami yang cuman seiprit itu, hahaha. 

Baca juga : Rahasia Blogger IRT Tanpa ART Bisa Update Blog Setiap Harinya 


3. Kasih pengertian dan rewards ke anak-anak

Agar lebih mudah mengkondisikan anak-anak, biar nggak ngereog dan bikin maknya naik darah. Ye kan, bagi seorang yang mudah panik kek saya, jujur saya nggak bisa kalau lagi kerja, tapi diganggu anak.

Karenanya, penting banget untuk kasih pengertian ke anak-anak, kalau ada waktu khusus buat maminya kerja. Toh mami kerja juga buat mereka, dan mereka benar-benar sering merasakan manfaatnya.

Dengan seringnya mami belikan jajan apapun yang mereka mau. Makan makanan kesukaan mereka, bermain di tempat idaman mereka.

Semua itu rewards nyata yang bisa anak-anak rasakan, karena maminya kerja depan laptop, dan Alhamdulillah anak-anak patuh. Bukan hanya patuh nggak gangguin maminya ya. Tapi juga lebih belajar untuk mandiri terutama ketika maminya sibuk.


4. Lakukan kegiatan blog yang menyenangkan

Salah satu hal yang bikin blogger jadi writer block, menurut saya adalah, karena para blogger terlalu banyak maunya, tapi kemampuan nggak memenuhi, hahaha.

Kayak saya ya, emang sih saya juga mupeng bisa jadi blogger SEO, blogger yang setiap nulis ngalahin Tesis para mahasiswa, karena di riset secara mendalam dulu *uhuk, hahahaha.

Tapi kan masalahnya, waktu dan kemampuan saya masih belum mumpuni. Daripada saya memaksakan hal-hal yang bikin kepala mau meledak saking mumetnya. Ya mending nggak perlu setiap saat menulis dengan kaidah SEO, apalagi kalau emang lagi stuck banget idenya kan ye.

Saya lebih milih menulis apa saja yang fun. Curhatin diri sendiri kek, atau merekam pengalaman diri kek. Semuanya menyenangkan dan saya suka lakukan.

Jadinya ya tulisan bisa mengalir dengan mudah, karena nggak selalu berasa ngerjain tesis *eh :D


5. Kasih rewards ke diri sendiri

Last but not least, adalah saya sering ngasih rewards ke diri sendiri sih. Hal ini, bukan selalu dengan membelikan diri tas Gucci *plak! lebay kok si Rey ini, wakakakak.

Enggak, maksudnya rewards diri sendiri yang saya lakukan itu, bermakna membahagiakan diri sendiri. Di mana bentuknya bukan selalu beli sesuatu untuk diri sendiri.

Ngajak anak-anak nongkrong makan es krim aja, udah jadi sebuah rewards yang bikin bahagia hati buat saya. Termasuk pas nerima produk skincare endorsan, apalagi yang harganya lumayan kan.

Semua itu berasa rewards buat saya, yang bikin selalu semangat untuk konsisten ngeblog. 

Baca juga : Cara Bertahan Konsisten Ngeblog Meski Fee Blogger Nyungsep 


Kesimpulan dan Penutup

Support system dari keluarga, untuk seorang mom blogger itu penting banget loh. Tapi sejatinya tidak juga menjadi sebuah sesuatu, di mana kalau nggak ada hal itu, kitanya nggak bisa ngeblog secara konsisten.

Nggak kok! Setidaknya saya membuktikan, selama ini ngeblog tanpa support system berarti dan nyata dari keluarga. Tapi masih bisa konsisten ngeblog tuh.

Tips dari saya sebenarnya sederhana, seperti kita wajib merasa butuh ngeblog, wajib banget disiplin manajemen waktu. Ngasih pengertian dan rewards ke anak-anak juga penting, termasuk kasih rewards ke diri sendiri.

Biar semangat konsisten ngeblognya tetap terjaga, biarpun tanpa support system berarti dari keluarga.


Surabaya, 22 Oktober 2023

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by ReyBlogger


Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Ngeblog Asyik Bareng KEB

Ngeblog Asyik Bareng KEB

4 komentar :

  1. Lagian ya Rey, tulisan yg SEO banget, apalagi yg kalo dibaca udh terlalu serius, kayak baca buku makalah, aku juga ga tertarik . LBH suka baca blog temen2 yg memang enak dibaca, GPP curhatan tapi cara penulisan ga bikin bosen.

    Blog mu ini aja rutin aku buka dan baca, kalo ternyata blm ada tulisan baru, ya udah, ntr Bbrp hari balik lagi. Krn aku tahu kamu rutin menulis, dan memang menarik isinya. Ga peduli itu tulisan SEO atau ga 🤣

    Time management sih yg paling penting yaaa. Tanpa itu memang bakal keteteran. Aku sejak udh ga kerja, akhirnya bikin jadwal supaya blog keurus. Tiap hari ada tuh things to do yg wajib aku kerjain. Kapan hrs masak, BW, selesaikan draft tulisan, dan kapan update blog. Biar berasa teratur juga hidup. Malah LBH enak kan, jadi terarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaaa... ga usah jauh-jauh, bikin judul SEO friendly aja itu susah banget, karena judul dengan SEO dibatasi jumlah karakternya, sementara judul itu memegang peran penting dalam membuat orang memutuskan mau baca tulisan kita atau enggak :D

      Hapus
  2. Saya juga support system dari suami hanya sebatas membolehkan menulis kak. Semua juga saya atur sendiri.
    Tapi, selama ini yang belum bisa adalah konsisten nya. Semangat untuk menulis sering kali masih naik turun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat untuk konsisten. Meski sejujurnya sulit banget bisa konsisten tanpa adanya support sistem.
      Kayak saya, bisa terus ngeblog karena mengorbankan waktu tidur, abisnya gimana lagi, saya urus anak sendiri, tanpa bantuan siapapun termasuk bapakeh :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)