Blog ReyneRaea Tiba-Tiba Sepi Postingan Baru, Ini Alasannya!

blog-reyneraea-tiba-tiba-sepi-postingan

Rasanya sudah terlalu sering saya menulis tentang betapa cintanya saya terhadap menulis, khususnya menulis di blog pribadi. Di mana, saya bukan lagi cuman suka menulis, tapi butuh menulis.

Tapi kenyataannya, coba deh liat widget arsip blog saya di samping (tampilan web), atau di bagian bawah jika tampilan mobile. Kenyataannya selama tahun 2023 ini misalnya, rata-rata update tulisan di blog ini setiap bulannya cuman belasan. Masih bisa dikatakan sepi sih ya, terutama jika dibandingkan di tahun 2020, which is saya bisa menghasilkan hingga hampir 400 tulisan dalam setahun.

 

Bahkan, ada waktu di mana blog ini sepi postingan terbaru, hingga lewat semingguan, bahkan 2 mingguan loh, Iya, pernah!

Kan bertolak belakang dengan branding-nya si Rey, yang katanya suka nulis itu, *uhuk. 

Baca juga : 5 Alasan Jadi Blogger yang lebih Suka Menulis

blog-reyneraea-tiba-tiba-sepi-postingan


Penyebab Blog ReyneRaea.Com Tiba-Tiba Sepi Postingan Terbaru 

Iya, sama kayak kebanyakan blogger Indonesia, setidaknya yang berstatus sebagai mom blogger ya. Saya juga punya kendala dalam menulis di blog atau memelihara konsisten ngeblog.

Alasan utamanya ya, sibuk urus anak dan rumah, di mana mereka adalah prioritas yang lebih penting kan ye?.

Tapi, yang namanya saya ya, biar kata anak-anak prioritas penting, tapi karena seperti yang dituliskan di atas, bahwa menulis bagi saya adalah sebuah kebutuhan. Jadinya untuk update tulisan di blog itu, bisa jadi hal yang penting juga.

Saya belain deh untuk begadang, biar kata kadang cuman tidur sampai 3 jam doang di malam hari, saking ngejar target selalu nulis di blog.

Namun, ada juga kok masa, di mana saya benar-benar nggak bisa menulis, jadinya blog ini sepiiii banget sampai semingguan, bahkan lebih.

Lihat saja di bulan September 2023 lalu, selama 10 harian saya nggak update satupun tulisan baru di sini loh. Kenapa Rey?

Ini alasannya:


1. Empunya blog atau anak-anaknya sedang sakit

Iya, rasa-rasanya, hanya sakit yang menghentikan semangat menulis di blog saya. Karena sejujurnya si Rey yang keras kepala dan suka begadang ini, sangat krenki kalau lagi sakit.

Biar kata sakitnya cuman terbilang receh, kayak kemaren, hampir 3 mingguan saya kena demam batuk dan pilek. Masya Allaaaahhhh manja dan krenkinya saya.

Habis deh anak-anak kena omelan kalau berisik sedikit, bahkan batuk sendiri juga abis saya omelin, hahahaha.

Dalam keadaan seperti ini, mana bisa saya buka laptop, sungguh tersiksa buka laptop sambil ngelapin hidung mulu. Bertemankan sakit kepala pulak.

Off course saya akan tiduran saja sepanjang waktu. Cuman bangun buat sesekali urus anak-anak, makan, mandi dan semacamnya.

Abis itu ya tiduran aja, sambil pegang HP pastinya, di mana di layarnya ada serial bersambung, tapi bukan drakor sih ya, dramrik tepatnya, alias serial drama Amerika, salah satunya 'Desperate Housewives', hahaha.

Kalau sudah begitu, jadilah si blog ini sepi postingan terbaru. Kalaupun ada postingan baru, dijamin itu content placement titipan klien, hahaha.

Selain alasan momen empunya blog ini aka si Rey sakit, ketika anak-anak sakit pun sering banget bikin saya sulit untuk bisa update ngeblog. Karena like son like maknya *halah, anak-anak juga kalau sakit, biar kata cuman batpil, manjanyaaaaa minta ampun, hiks.

blog-reyneraea-tiba-tiba-sepi-postingan
Karena prioritas utama adalah anak-anak, meski blog juga penting

Baca juga : Ternyata Rezeki Sehat itu, Luar Biasa Hebatnya


2. Empunya blog lagi banyak kerjaan lain

Penyebab lainnya ketika blog reyneraea.com ini sepi postingan terbaru adalah, karena empunya lagi banyak kerjaan lainnya. 

Ini bukan berarti saya mengatakan si Rey sibuk mulu, orang sibuk yang banyak duitnya ya. Tapi, bisa dibilang dalam bahasa kasarnya, si Rey ini kadang serakah sih ya.

Selain punya blog, dia juga punya beberapa akun medsos yang kadang mendapatkan tawaran kerjaan dari platform itu.

Seperti di tahun 2020 hingga 2022 silam, saya sering banget menerima kerjasama review produk di instagram. Maka bersiaplah saya kehilangan waktu buat nulis, karena waktunya abis buat bikin foto dan video, yang sebenarnya sih nggak sesuai passion saya banget, hahaha.

blog-reyneraea-tiba-tiba-sepi-postingan
Kalau udah bikin konten video dan foto, abis dah waktunya


3. Empunya blog rada serakah bikin blog banyak

Baiknya, sepertinya si Rey yang merupakan empunya blog ini, memang beneran serakah sih ya. Dan aslinya menyesalinya sih, hahaha.

Jadi, selain punya beberapa akun IG dengan follower lumayan, biar kata follower-nya juga dicari dengan optimasi manual *uhuk. Si Rey juga ikut-ikutan teman lainnya, untuk punya blog banyak, setidaknya lebih dari satu.

Udah gitu ya, awalnya sih udah punya 3 blog, dan itupun lumayan ngos-ngosan update-nya. Lah bisa-bisanya terpengaruh lagi buat nambah, satu blog lagi dong!

Ampuuunnn.

Karena blognya sekarang ada 4 yang dipedulikan banget, dan bulan ini pakai acara kesemsem untuk janji nulis di Kompasiana minimal seminggu sekali dah. Habis sudah waktunya si Rey buat fokus konsisten nulis di blog reyneraea ini, huhuhu.

Baca juga : IRT Bisa Aktif Mengelola 4 Blog, Ini Hal yang Terpaksa dia Korbankan


Tips Agar Rajin Update Postingan Blog Ala Rey

Saya tuh ya, sering banget menasihati anak-anak,

"Mami tuh paling nggak suka kalau kalian cuman sibuk cari alasan, sibuklah cari solusi!"

Nah, kan malu tuh, nyuruh anak sibuk cari solusi, tapi maknya malah sibuk nulis alasan doang, hahaha. Biar lebih asoy, saya bagikan juga solusi dari alasan sepi postingan terbaru di blog.

Caranya ya, rajinlah nulis di blog, rajinlah update postingan di blog. Kalau tips ala saya sih, begini:


1. Jadikan menulis sebagai hal yang disukai bahkan dibutuhkan

Iya sih, jadi blogger itu bukan hanya bermodalkan harus nulis aja. Tapi menurut saya sejujurnya blogger ya harus bisa menulis.

Kalau semua isi blognya ditulis orang lain, itu namanya bukan blogger, tapi pengusaha blog, ye nggak? hehehe.

Nah, salah satu alasan mengapa bahkan ketika udah punya blog banyak, saya juga sama kek lainnya, sebagai mom blogger. Ketambahan saya pejuang LDM pulak, which is saya mengurus semua-muanya urusan anak-anak dan rumah.

Baik masalah fisik dan mental anak-anak, jadi tanggung jawab saya sendiri, sekolahnya, makannya, sehatnya, sakitnya. Pokoknya si Rey ini berasa jendes di luar negeri dong.

Bukan jendes blonde ya, tapi karena nggak punya keluarga sama sekali yang bisa bantuin urus anak-anak, berasa keluarganya semua jauh di negara belahan bumi sonoan, hahaha.

Pendek kata, sama kayak mamak-mamak lainnya, saya juga sibuk urus anak dan rumah, tapi Alhamdulillah masih bisa nulis di blog, bahkan setiap bulan masih bisa menghasilkan rata-rata 10 hingga belasan tulisan lah.

Kuncinya ya itu tadi, karena saya cinta menulis, suka menulis, bahkan butuh banget menulis setiap harinya. 

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Saya Konsisten Menulis Di Blog


2. Sadar kalau butuh make money dari blog, dan itu tandanya wajib bersaing

Tips lainnya adalah, karena saya menyadari, kalau kebutuhan diri dan anak-anak itu buanyak, nggak semua bisa ke-cover dengan duit dari bapakeh anak-anak.

Karenanya, saya butuh banget make money, dan salah satu cara yang bisa saya lakukan adalah, menggunakan hobi nulis saya, melalui blog untuk menghasilkan uang.

Nah, berikutnya menyadari, kalau udah ngomongin uang, maka saya harus berani untuk menghadapi persaingan. Dan untuk memenangkan atau setidaknya mengimbangi persaingan, ya saya harus melakukan sesuatu yang saya bisa lakukan, meskipun mungkin waktunya agak sulit disediakan.


3. Menyadari kemampuan diri dalam ngeblog masih di seputar menulis

Jadi blogger itu, bukan semata menulis aja, banyak hal yang harus dilakukan. Memahami SEO misalnya, bersaing untuk bisa mendapatkan trafik banyak ke blog.

Duh, bagi saya hal-hal yang berbau IT, apalagi udah menyinggung coding, sukses bikin migren di kepala kambuh dan menetap agak lama.

Adalah sulit banget, setidaknya buat saya, untuk bisa memahami hal-hal yang teknis dari blog, kalau masih harus disambi nyuapin anak, mandiin anak, nyebokin anak.

Ya ampuuunnn...

Hanya menulislah yang bisa saya lakukan, karena saya suka nulis, jadi ketika sedang nulis tiba-tiba anak teriak dari kamar mandi,

"Udah, Mi"

Saya masih bisa bersabar dan ninggalin laptop buat nyebokin anak. Ketimbang pas lagi mumet liat coding, eh anak-anak teriak minta ini itu.

Dan begitulah, menyadari kemampuan saya dalam ngeblog saat ini hanya menulis, ya udah... terpaksa harus rajin menulis, biar bisa bersaing, hehehe.

Baca juga : Tips Melawan Rasa Malas Menulis Di Blog Ala Rey


Kesimpulan dan Penutup

Meski sering sesumbar *eh, maksudnya optimis sih, kalau konsisten menulis di blog itu bisa dikatakan lebih mudah bagi si Rey. Kenyataannya, ada juga momen di mana blog ini sepi postingan atau tulisan baru selama semingguan bahkan lebih.

Ada alasannya kok, meskipun alasannya krusial banget sih, hahaha.

Dan biar lebih lengkap, saya sharing juga tips rajin update blog ala Rey. Ye kan, blog sepi postingan cukup semingguan atau 2 mingguan deh, jangan sampai sebulan hingga lebih, nggak ada postingan baru sama sekali.

Apalagi kalau mau jadi blogger yang juga berorientasi sama duit kan ye.

Iya nggak?


Surabaya, 19 Oktober 2023

Sumber: pengalaman dan opini pribadi

Gambar: dokumen pribadi dan Canva edit by ReyBlogger


Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Ngeblog Asyik Bareng KEB

blog-reyneraea-tiba-tiba-sepi-postingan

2 komentar :

  1. Kalo blogmu blm ada yg baru, aku biasanya juga mikir, 'oh si Rey lagi sibuk yg lain nih', apalagi kalo di IG dan FB kamunya ttp aktif. Fix pasti ada kerjaan yg LBH penting 😄.

    Selama2nya kamu ga update blog, tulisannya ttp lebih banyak dr aku Rey 🤣🤣

    Tapi memang sih, aku sendiri ga bisa ninggalin blog, saking cinta matinya. Memang ga bisa nulis sesering mungkin, itu Krn mood yg kdg suka drop, daaaan aku tuh pengen ada waktu interaksi Ama pembaca Rey.

    Makanya pas udh posting, ya udah nunggu dulu seminggu sebelum posting yg baru. BW doang yg aku lakuin tiap hari. Dan selesaikan draft blog, jadi setidaknya tiap Minggu aku tinggal publish2 doang. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya Mba, jujur saya nyesal bikin blog banyak, pengen balik kayak dulu, bisa update setiap hari, tapi juga bisa selalu berinteraksi sama yang komen.
      Tapi, blog lainnya udah terlanjur ada, rasanya juga sulit buat dilepas, hahaha

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)