Hari Blogger Nasional dan Harapan untuk Blogger serta KEB

harapan-sebagai-blogger-dan-komunitas

2 hari lagi, akan menjadi hari yang bersejarah dan penting bagi para blogger, karena di setiap tanggal 27 Oktober, diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Dan sebagai blogger, tentunya saya bangga akan hari tersebut. Nggak terbayangkan deh sebelumnya, bahkan sedikitpun dalam hidup saya, bisa menjadi bagian dari sebuah profesi, yang baru saya sadari di tahun 2018 silam.


Lucunya, jauh sebelumnya, saya udah menulis di blog. Hanya saja belum tahu dan mengerti tentang istilah blogger.

Emang si Rey ini agak lola ya, bisa-bisanya sering baca blognya orang lain, bahkan sebelum saya menekuni dunia blogger dengan serius. Tapi tetap aja belum mengerti kalau saya juga bisa jadi blogger loh.

Baca juga : Selamat Hari Blogger Nasional 2022, Terima Kasih Pembaca


Hari Blogger Nasional Ke-16 dan Ke-6 Bagi ReyneRaea

Ada yang belum tahu sejarah terbentuknya hari blogger nasional? Tentunya para blogger udah tahu dong ya. Tapi nggak apa-apa kan kalau saya rewrite lagi di sini, hehehe.

harapan-sebagai-blogger-dan-komunitas

Hari blogger nasional, pertama kali dicanangkan di tahun 2007 silam, oleh bapak Muhammad Nuh, yang saat itu menjabat Menteri Komunikasi dan Informatika RI.

Setelah terbentuknya peringatan khusus untuk para blogger se Indonesia, awalnya hari bersejarah ini selalu diperingati oleh para blogger sebagai ajang kumpul-kumpul dan bersilaturahmi.

Namun, seiring waktu, tepatnya 4 tahun sejak dicanangkan hari penting bagi para blogger itu, mulailah para blogger untuk ditekankan agar lebih serius mengelola blognya. Sehingga mulai bisa menghasilkan uang dari blog.

Baca juga : Sejarah Hari Blogger Nasional dan Memantaskan Jadi Profesional Blogger  

Jika dihitung-hitung, tahun ini sudah memasuki ke-16 tahunnya, para blogger punya hari perayaan profesinya sendiri. Namun, untuk saya sendiri, barulah memasuki tahun ke-6 sejak pertama kali aktif ngeblog.

Dan setiap tahunnya, selalu bahagia ketika hari blogger nasional ini datang menyapa, karena akan banyak blogger yang merayakannya. Dan rata-rata blogger jadi kembali aktif menulis, biarpun tulisan-tulisan receh di blognya masing-masing.

Believe me, masih banyak orang suka tulisan receh kok. Saya pribadi, lebih suka membaca tulisan curhat receh, maksudnya dibaca dengan seksama ya, semuanya dibaca, nggak cuman baca judul atau sub judulnya aja.

Karena tulisan receh emang anti mainstream, dan menurut saya emang kita para blog. Lebih baik menulis tulisan receh tapi pengalaman sendiri. Ketimbang menulis tulisan ilmiah, tapi hasil saduran dari berbagai artikel lainnya.

Bukannya apa-apa, saya rasa udah banyak juga kok orang lain, yang juga sama kayak saya. Di mana, kalau mau cari informasi ilmiah tentang kesehatan misalnya, ya saya pastinya bakal baca artikel di website yang lebih kompeten tentang kesehatan.

Alodokter, halodoc atau semacamnya misalnya.

Kecuali, saya memang pengen membaca pengalaman orang langsung tentang penyakit yang saya ingin tahu, baru deh saya lebih suka baca informasi tersebut di blog, ketimbang di website yang resmi.

Jadi, meski mungkin nggak bikin artikel kita auto mendatangkan jutaan page view oleh pembaca, tapi tetep dibaca kok, bahkan dibaca bener-bener. Di mana, kalau ada pembaca yang membaca tulisan kita dengan seksama, tentunya akan berdampak sebagai personal branding juga buat kita. 

That's why, saya happy kalau liat banyak teman blogger yang kembali aktif menulis demi menyambut hari blogger nasional. Apalagi, menjelang hari penting bagi para blogger ini, selalu ada beberapa komunitas yang mendongkrak semangat menulis, melalui beberapa challenge yang menarik.

Dan selama 6 tahun aktif ngeblog dengan serius, saya melihat setiap tahunnya, betapa besar dampak hari ini buat para blogger Indonesia untuk mengembalikan semangat ngeblognya.

Baca juga : Tips Agar Konsisten Ngeblog Ala Rey  


Harapan untuk Diri Sendiri Di Hari Blogger Nasional

Untuk merayakan hari penting ini, saya ingin mengisinya dengan menuliskan beberapa harapan, yang bisa jadi pengingat diri, ketika semangat ngeblog mulai luntur.

harapan-sebagai-blogger-dan-komunitas

Salah satunya adalah, beberapa harapan untuk diri sendiri, yaitu:


1. Tetap Konsisten Ngeblog

Hal utama dari ngeblog buat saya adalah konsisten ngeblog, apapun yang terjadi. Entah ketika page view blog sedang anjlok kek.

Entah mungkin blog sedang dijahatin pihak yang enggak bertanggung jawab, seperti dicopas dengan seenaknya. Di-jiggling oleh orang-orang yang jahat, atau banyak hal lain seperti fee blogger yang makin anjlok *eh. 

Yang memang sih amat sangat mempengaruhi semangat dan mood untuk tetap ngeblog. 

Tapi, kenyataannya saya memang selalu bisa menepis rasa kesal, lalu kembali semangat ngeblog. Bahkan sering banget menulis tentang pentingnya konsistensi ngeblog. Juga tentang betapa cintanya saya akan menulis di blog.

Kan udah sesumbar gitu ya, kalau malas ngeblog lagi, malu dong si Rey ini, wakakakak.

Terlebih dalam memperingati hari profesi kita yang keren ini kan ye. Tentu saja saya akan menyalakan alarm diri, untuk selalu tetap konsisten ngeblog.


2. Ngeblog dengan Mindfulness 

Ini adalah harapan yang kayaknya baru saya tetapkan di hari blogger ke-16 ini, meskipun sudah lama terpikirkan sih.

Akhir-akhir ini, saya memang sering berkutat dengan pikiran sendiri, terutama ketika membaca tulisan Mba Fanny F si ratu meong, di mana dia ngeblog juga peduli dengan interaksi pembaca.

harapan-sebagai-blogger-dan-komunitas
Salah satu komentar si blogger ratu meong sekaligus ratu blog walking, hahaha
Komentar Mba Fanny tersebut, bikin pikiran saya melayang ke masa lalu. Masa-masa pertama kali serius ngeblog. 

Masa-masa blog ini jadi super ramai oleh interaksi berjejak pembaca, yang bikin performa blog ini meningkat. Padahal ketika itu saya sama sekali nggak pakai SEO-SEOan.

Asal nulis aja, nggak pakai boost DA/PA/DR maupun Alexa yang ketika itu masih booming, tapi angka performa blog tersebut, naik dengan sendirinya.

Kala itu, rasanya puas banget ngeblognya. Bukan hanya puas menulis, tapi puas karena benar-benar menikmati semua hal yang ada secara natural.

Karenanya, saya berharap melalui hari blogger ini, bisa jadi pengingat buat saya, untuk kembali ngeblog dengan mindful.

Baca juga  Cara Memperpanjang Durasi Kebahagiaan Untuk Ketenangan Hati 


3. Lebih aktif berinteraksi dengan pembaca

Salah satu bentuk ngeblog dengan mindfull menurut saya adalah berinteraksi dengan pembaca. Seperti membalas semua komentar yang masuk, termasuk membalas pesan-pesan yang masuk dari platform lain seperti chat atau email.

You know, saya udah jarang banget loh membalas beberapa email masuk yang isinya mereka terinspirasi dan terbantukan dari beberapa tulisan curhat saya.

Plak si Rey!

Sudah waktunya saya kembali peduli dengan pembaca, karena pembaca adalah sosok-sosok yang juga berjasa dalam mendongkrak performa blog saya.

Dan bukankah tujuan mulia seorang blogger itu adalah, menyebarkan hal-hal yang bermanfaat buat pembaca?. Jadi, kalau ada pembaca yang merasakan manfaatnya, jangan dicuekin dong, Rey!.


4. Mendalami google analytics untuk evaluasi blog

Beberapa hari terakhir ini, pikiran saya juga riuh dengan hal-hal make money. Tak dipungkiri, penghasilan sebagai blogger sekarang emang sangat terbatas. Rekening saya, jadi banyak merahnya, ketimbang hitamnya, hiks.

Padahal saya butuh banget duit dong, urgent malah.

Tapi emang dunia blogging make money emang sudah sesepi itu. Selain makin banyaknya persaingan blogger saat ini kan ye.

Saya jadi memikirkan hal lain apa yang bisa saya lakukan untuk bisa mendapatkan uang dengan lancar dan memenuhi kebutuhan saya serta anak-anak. Tapi masih memungkinkan untuk saya lakukan, dan juga sesuai dengan passion dan kemampuan saya. Biar nggak gila juga si Mamak Rey, kalau terlalu memaksa sesuatu kerjaan yang emang nggak disukainya kan.

Sejujurnya, pekerjaan-pekerjaan tentang dunia teknik Sipil masih sangat menggoda saya, tapi kan nggak atau belum memungkinkan.

Jadinya saya berpikir, mengapa tidak mendalami satu hal dalam bidang blogging yang bisa otak saya capai?

Kalau untuk SEO apalagi yang melibatkan coding, ampuuuunnn! jangan dulu deh.   

Tapi kalau masalah analisa data, sejujurnya itu kerjaan saya dulunya ketika masih bekerja kantoran. bedanya dulu saya analisa data-data proyek. Sekarang harusnya bisa dong analisa data blog sendiri.

Salah satunya ya memahami dengan jelas tentang google analytics.


5. Lebih aktif di berbagai komunitas blogger

Last but not least adalah saya berharap untuk bisa kembali aktif di komunitas blogger manapun. Ini adalah suatu hal yang dulunya aktif saya lakukan dong, lalu seiring waktu jadi jarang aktif di komunitas manapun secara konsisten.

Padahal, banyak banget hal positif dan bermanfaat yang bikin saya semakin bertambah pengetahuan ngeblognya, ketika aktif di komunitas blogger manapun.

Salah satunya di komunitas Kumpulan Emak Blogger atau yang biasa disingkat KEB.

harapan-sebagai-blogger-dan-komunitas


Jujur, dulunya melalui komunitas ini, saya belajar banyak hal tentang blogging dari para blogger senior. 

Baca juga : Tips Agar Introvert Mudah Berbaur Dalam Sebuah Komunitas Blogger


Harapan untuk Komunitas Kumpulan Emak Blogger Di Hari Blogger Nasional

Selain harapan ke diri sendiri, melalui peringatan hari blogger ini, saya juga punya harapan ke komunitas blogger, salah satunya KEB, yaitu: 

harapan-sebagai-blogger-dan-komunitas

1. Lebih sering mengadakan challenge untuk menyemangati blogger

Selalu happy dan makin semangat dong saya, setiap kali ada challenge dari komunitas blogger kayak KEB. Karena seringnya tuh challenge yang diadakan, semacam membangunkan banyak blogger-blogger untuk kembali menulis di blognya.

Menariknya, melalui challenge menulis, biasanya akan terbit banyak tulisan-tulisan curhat yang lebih menyenangkan untuk dibaca, ketimbang tulisan ilmiah, hehehe.

So, harapan saya, agar KEB lebih sering mengadakan challenge serupa, agar para blogger bisa lebih sering menulis dan berinteraksi.


2. Lebih sering mengadakan kelas blogger online maupun offline

Sebenarnya KEB sering ya mengadakan kelas blogger baik offline maupun online. Cuman si Rey belum pernah bisa ikutan karena satu dan lain hal.

Harapan saya sih, agar lebih sering diadakan kelas blogger serupa, biar si Rey juga bisa berkesempatan ikutan, hehehe.

Akan lebih baik lagi, jika kelas bloggernya offline, kan bisa sekalian silaturahmi dengan blogger di luar daerah tertentu, ye nggak?.


3. Lebih sering kasih job kerja sama blogger

Ini keknya harapan semua blogger ya, setidaknya para blogger money hunter kek si Rey, hahaha. Job kerja sama yang ada fee-nya itu dambaan banget.

Terlebih di masa para blogger kering job kayak sekarang, hahaha.

Baca juga Masalah Penawaran Kerjasama Blogger dengan Batas Usia Maksimal

 

Kesimpulan dan Penutup

Hari blogger nasional ke-16 akan diperingati 2 hari lagi, tepatnya di tanggal 27 Oktober nanti. Menyambut hari perayaan buat para narablog se Indonesia ini, ada beberapa harapan yang ingin saya berikan, baik untuk diri sendiri sebagai blogger, maupun kepada komunitas blogger seperti KEB atau Kumpulan Emak Blogger.

Harapan ke diri sendiri, lebih ingin agar bisa lebih mindful dalam ngeblog, tidak semata menulis dan mengejar PV, tapi juga mengutamakan interaksi dengan pembaca.

Sementara, harapan kepada KEB adalah, agar challenge buat blogger, job kerja sama serta kelas blogger, lebih sering diadakan.

Kalau bloggers, apa nih harapannya di hari blogger nasional ini?


Surabaya, 25 Oktober 2023

Sumber: Pengalaman dan opini pribadi

Gambar: Canva edit by ReyBlogger


Tulisan ini diikutsertakan dalam challenge Ngeblog Asyik Bareng KEB Day 7

Ngeblog Asyik Bareng KEB

4 komentar :

  1. engak terasa sudah mau hari Blogger lagi, Padahal banyak resolusi blogger saya tahun 2023 ini yg belum tercapai, tiba-tiba udah hari blogger lagi dan pasti kalau hari blogger udah oktober aja, udah akhir tahun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya ya, waktu begitu cepat berlalu :D
      Semangat selalu buat kita para blogger

      Hapus
  2. Sampe ga inget ih kapan join KEB, saking lamanya, atau saking sukanya di komunitas ini 😁. Walopun memang aku blm pernah ikut event2 yg diadain, tapi selalu baca dan setidaknya rutin posting di sana.

    KEB, termasuk komunitas blogging yg masih aktif sih. Makanya aku suka. Krn ada Bbrp komunitas, yg kayak mati suri 🤣🤣. Males kalo join yg begitu. Apalagi para emak adminny seru2, walopun baru ketemu Ama Ranny doang.

    Walo cinta ngeblog, tapi aku malah baru ngeh kalo 27 hari bloggers Krn keb bikin kompetisi. 😁.

    Semoga sih dengan banyak diadain challenge menulis kayak gini, para bloggers yg sedang hibernasi, atau mati suri, bisa aktif lagi menulis ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, jadi semangat liat banyak blogger yang langsung 'bangun' gegara challenge dari KEB, seru banget rasanya.
      Berasa jalanan yang biasa sepi, jadi ramai kembali :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)