Goodbye July 2023 And The Memories About Rey is Saved

goodbye-july-2023

Goodbye July 2023 and the memories about Rey is more more saved! seperti biasa ya, si Rey sok keminggris di setiap akhir bulan, hehehe.

Kalau udah akhir bulan gini, rasanya selama sebulan itu nggak kerasa ya. Padahal mah sepanjang bulan nggak sabaran mulu menanti hari esok, hari di mana transferan masuk, *eh, hahaha.

Dan wajib banget deh saya merekam apa yang masih tersisa di ingatan, apa aja sih yang saya lalui di bulan Juli 2023 ini?

Di antaranya:

Baca juga : Goodbye June 2023 And The Memories About Rey is Saved


1. Menghabiskan Masa Liburan Sekolah di Rumah Eyang

Sejak bulan Juni lalu, kami menghabiskan masa liburan anak-anak sekolah di rumah eyang kakung. Sebenarnya cuman nemanin sehari dua hari sih, tapi kok si akung malah nggak mau ditinggalin. Di tambah lagi, Mbak-Mbak ipar lainnya pada sibuk satu persatu dengan urusan anak-anaknya sekolah / kuliah.

goodbye-july-2023

Ada yang anaknya berjuang masuk macam-macam PTN, ada yang puas hanya dengan berjuang di satu PTN saja. Ada juga yang anaknya naik kelas dan banyak acara sekolah.   

Jadilah nggak ada yang bisa menemani si eyang, dan terpaksa deh kami nggak bisa ke mana-mana deh, nggak enak juga mau ninggalin eyang sendirian. 

Dan begitulah, sampai anak-anak masuk sekolahpun, kami sama sekali nggak pernah berlibur ke suatu tempat, selain rumah eyang.


2. Ikut Rapat di Sekolah TK Adik Dayyan

Sebelum sekolah si Adik masuk sekolah, para ortu TK B dipanggil ke sekolah untuk mengikuti rapat, di mana guna membicarakan kegiatan tahunan anak-anak TK B.

goodbye-july-2023

Maka berangkatlah saya ke sekolah si Adik, berdua dengan si Adik. Ternyata rapatnya sambil duduk di lantai dong, karena kelas anak-anak TK akan dipindah ke gedung baru, jadi kursi yang ada udah diangkut ke tempat baru. 

Ada yang unik dan terbilang lucu sih ketika rapat akan dimulai, para ortu murid diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Well, untuk ini mah saya rasa sudah menjadi hal yang biasa, termasuk buat saya. Namun ada satu lagu lainnya yang jujur baru saya dengar.

Awalnya saya nggak ngeh, itu lagu apa sih? saya dengarnya cuman 'Jalalaton'. Sementara si Adik mendengarnya sebagai lagu 'Jelalatan', hahaha.

Lagunya tuh lumayan panjang, dan yang bikin aneh, kita disuruh menyanyi sambil mengepal-ngepalkan tangan di samping tubuh.

Belakangan saya baru tahu kalau ternyata itu adalah Mars NU yang liriknya, 'Yalal Wathon'. Dan ketika ada acara NU baru-baru ini di GOR Sidoarjo,  Mars ini dikumandangkan dengan iringan musik dari Addie MS.

Jujur ya, selama 6 tahun si Kakak bersekolah di sekolah Islam, baru kali ini saya merasa hal lain dari esensi keIslaman.

Dan lagi-lagi saya baru menyadari, kalau ternyata sekolah si Kakak dulu lebih condong ke ajaran Muhammadiyah, sementara sekarang? NU banget nget, hahaha. 

Baca juga : Sekolah Dasar Islam Raudlatul Jannah Sidoarjo


3. Ngedate Bareng Adik, Makan Es Krim di McD

Sepulang dari pertemuan ortu murid di sekolah Adik, kami mampir sejenak di McD Manyar. Enaknya sekolah Adik sekarang ternyata dekat banget dengan McD, jadi mau nongkrong hemat dan nyaman tuh nggak perlu susah cari tempat lain.

goodbye-july-2023

Meski cuman pesan es krim, bahkan si Adik pesannya es krim cone aja, tapi kami happy. Sayang si Kakak nelpon mengingatkan kalau dia akan berangkat shalat Jumat, dan kami akhirnya cepat-cepat menghabiskan es krimnya, lalu pulang.


4. Cari Perlengkapan Sekolah Kakak Darrell

Saking setiap hari mengisi liburan hanya di rumah eyang, sampai nggak terasa ternyata anak-anak udah hampir masuk sekolah. Dan baru ngeh kalau belum mencari perlengkapan sekolahnya.

Maka, ketika seminggu sebelum masuk sekolah, kebetulan banget kakak ipar datang dan menemani si eyang, jadinya saya dan anak-anak bisa keluar untuk mencari perlengkapan sekolah anak-anak. Terutama untuk si Kakak.

Kami lalu menuju ke Maspion Square karena emang berniat mencari kursi dan lemari sekalian, tapi ternyata nggak nemu. Lalu nyebrang ke Royal Plaza, eh pas nyampe malah sibuk beli Chatime, lalu makan di Ichiban Sushi.

goodbye-july-2023
Menanti makanan di Ichiban Sushi Royal Plaza

Abis makan, kita ke Matahari nyari sepatu buat si Kakak dan shock liat harga-harga sepatu hitam buat anak sekitar 400ribuan. Kaki si Kakak juga udah gede, nggak muat lagi yang 38, jadinya pakai yang 39 - 40, which is sepatu dewasa yang harganya paling murah 500reboan.

Duh, mihil amat dah.

Untungnya kami teringat akan Payless, dan jadinya dapat sepatu yang disukai si Kakak di sana dengan harga masih di bawah 500ribuan, ya biarpun dikit lagi jadi 500ribuan, hiks.

goodbye-july-2023

Setelah beli sepatu, kami bingung mau cari seragam putih biru. FYI si Kakak memang dapat seragam dari sekolahnya, tapi masih tetap harus nambah seragam putih biru dan pramuka.

Akhirnya teringat pesan si eyang, yang katanya dulu sering beli seragam anak-anaknya di toko yang ada di Keputran. Pas googling, ketemulah nama tokonya dan kami ke sana mengikuti petunjuk Google Maps.

Sesampainya di Toko Seragam Purnama dan Maya yang ada di Keputran, lagi-lagi saya shock. Selama ini kan emang belum pernah beli seragam buat anak-anak, karena biasanya dapat dari sekolah.

Dan saya baru menyadari, ternyata seragam sekolah anak-anak itu mihil! Saya beli 3 pasang hampir sejuta dong. Pas datang buat tukar seragam yang salah saya baru ngeh, ternyata mahal karena saya dikasihnya seragam Maya yang memang tebal. Kalau Purnama masih lumayan terjangkau kok.

Setelah beli seragam, kami meneruskan perjalanan ke Dharmahusada, sebelumnya saya liat postingan salah satu akun influencer Surabaya tentang toko perlengkapan alat tulis bernama Makadata.

Dan ternyata lumayan lengkap dan harganya pun terjangkau.

Baca juga : Hal yang Belum Pernah Saya Rasakan Seumur Hidup


5. Beli Charger Laptop Asus

Sejak di rumah eyang, saya merasa kalau ada yang salah dengan laptop. Yaitu entah mengapa kalau dihubungkan dengan kabelnya, susah banget terhubung dengan listrik.

Awalnya sih saya pikir karena socket yang ada bermasalah, lubang socket-nya kegedean. Tapi, setelah saya bawa socket dari Bardi yang memang masih bagus pun, masalahnya tetap sama.

Ujung-ujungnya ketika saya coba utak atik, eh muncul api di dekat kepala charger-nya, dan ternyata kabel dalamnya putus sodara.

goodbye-july-2023

Paniklah saya, karena bertepatan dengan deadline sebuah job tulisan di blog. Nggak pakai pikir panjang berangkatlah saya ke Maspion, dan akhirnya mengeluarkan duit sekitar 270an untuk beli charger laptop Asus baru, huhuhu.


6. Cobain Es Puter Pak Min

Di dekat rumah eyang ada yang jual es puter yang namanya es toeng toeng. Dan setiap kali budhe-budhe dan tante kumpul di rumah eyang, seringnya pada beli es toeng toeng itu.

goodbye-july-2023

Akhirnya kami jadi keranjingan es puter dong, dan kebetulan banget lewat konten tentang es puter yang viral di kalangan pecinta kuliner di Surabaya, adalah es puter Pak Min.

Dan letaknya pun lumayan dekat, nggak jauh dari McD Manyar. 

Ketika ada waktu, kami cobain dong ke sana, sayangnya kami datang pukul 7 malam, di mana es nya udah hampir habis, hanya tersisa varian coklat aja.

Kami beli 3 porsi yang kecil harganya 11ribuan per porsi, dan ternyata isinya banyak amat dong. Rasanya gimana? menurut saya sih biasa aja ya. Nggak tahu mungkin yang rasa lain lebih enak kali ya.

Baca juga : Es Krim Mixue yang Murmer tapi Enak


7. Siapkan Perlengkapan Sekolah Anak-Anak

Di pertengahan bulan Juli, anak-anak kembali masuk sekolah untuk tahun ajaran baru. Dan keremponganpun terjadi, salah satunya menyiapkan perlengkapan sekolah mereka.

Mulai dari menyampul buku, menyiapkan perlengkapan untuk MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah baik untuk si Kakak Darrell maupun Adik Dayyan.

goodbye-july-2023

Beruntung si Adik ternyata ditunda waktu masuk sekolahnya, karena ruangan baru yang akan mereka tempati, belum benar-benar siap untuk ditempati anak-anak. 

Jadinya untuk minggu pertama, saya hanya fokus ke si Kakak dulu.

Baca juga : Diary Menyiapkan Perlengkapan Sekolah Anak-Anak


8. Antar Jemput Anak-Anak Sekolah

Setelah masuk SMP, si Kakak tidak lagi memakai jasa antar jemput sekolah, ya demi biar lebih hemat sih, hahaha.

Terlebih, sekolahnya lumayan dekat sih, dan melewati jalan raya yang buat saya masih tergolong aman karena satu arah jalur saja.

Dan begitulah, sejak anak-anak masuk sekolah, hidup saya rasanya di jalan mulu, hahaha.

Mulai dari mengantar si Kakak pukul 06.00 pagi, lalu biasanya mampir di pasar karena sekolahnya agak dekat dengan pasar. 

Lalu pukul 08.30 giliran saya mengantar si Adik sekolah, setelahnya saya pulang. Pukul 12.00 kembali saya jemput si Adik, dan di pukul 14.00 saya menjemput si Kakak.

Udah deh, berasa jadi setrikaan saya, mondar mandir mulu, dan keknya jalanan rumah ke sekolah anak-anak udah licin karena saya setrika mondar mandir, hahaha.

Namun, meski hidup saya jadi di jalan mulu, jujur saya menikmati banget sih ya, karena jalanannya masih tergolong menyenangkan. Saya bisa lewat jalan besar yang nggak perlu jantungan karena berpapasan di jalanan yang sempit. Dan yang paling penting, jarak sekolah dengan tempat tinggal kami masih tergolong dekat banget, kayaknya 7 menitan nyampe.

Kalau ngebut tanpa kendala lampu merah bahkan bisa 5 menitan udah nyampe. Sekolah si Adik juga sama, karena dekat dengan sekolah Kakaknya.

Ada kejadian yang bikin terbelalak, ketika pertama kali menjemput si Kakak, betapa terkejutnya saya melihat kendaraan motor yang disuruh masuk semua ke halaman parkiran yang sebenarnya juga kurang besar. 

goodbye-july-2023
Super crowded, hehehe

Luar biasa crowded-nya, karena SMP dan SD bertepatan pulangnya. Tapi anehnya, meski kacau balau dan bikin shock, kenyataannya motor-motor penjemputan tetap bisa masuk dan keluar tanpa mengalami benar-benar stuck di dalam.

Dan believe or not, di minggu ketiga, saya udah terbiasa, dan ya udah dinikmati aja, hahaha. 



9. Stres Ngikutin Si Kakak Ke Sekolah Naik Sepeda

Karena jarak sekolah yang lumayan dekat, tercetuslah keinginan bahwa si Kakak mau ke sekolah naik sepeda kayuh. Dan kebetulan banget saya menemukan jalan tembusan yang memungkinkan si Kakak bisa naik sepeda tanpa harus lewat jalan raya besar.

goodbye-july-2023

Namun tantangannya adalah, si Kakak wajib menyebrangi jalanan besar 2 arah yang kendaraannya kencang-kencang berasa orang dikejar cicilan *eh, hahaha.

Di hari pertama dia ke sekolah naik sepeda, saya tentunya wajib ikutin dia pakai motor dong ya, dan astagaaaaa... sungguh bikin saya hampir jantungan.

Kendaraan yang super kencang-kencang, si Kakak yang keliatannya nggak selihai anak lainnya ketika menyebrangi jalanan ramai.

Sukses bikin saya ngomel dan akhirnya melarang si Kakak untuk naik sepeda lagi.

Sayangnya si Kakak mengenal betul kelemahan maminya, dengan segala cara akhirnya dia berhasil mendapatkan izin maminya untuk naik sepeda seminggu sekali. Tapi tetap aja dianter jemput dengan cara maminya mengikuti dari belakangnya naik motor, hahaha.

Baca juga : Anak Perempuan untuk Mengurus Ibunya Ketika Tua dan Sakit


10. Nyobain Pisang Ijo Mahal yang Mengecewakan

Di dekat Makadata Dharmahusada Surabaya, ada kedai makanan Sulawesi. Ada Coto Makassar, ada pula Es Pisang Ijo.

Karena kami sering ke Makadata, jadinya makin penasaran dan ngiler deh liatnya. Sampai suatu hari, setelah dari Makadata, kami memutuskan mampir.

goodbye-july-2023

Rencananya mau makan es pisang ijo aja, 2 porsi aja cukup.

Kamipun masuk, dan agak ragu sebenarnya, takut nggak halal, meskipun sebenarnya saya tahu sih makanan Makassar kayak coto dll itu selalunya pakai daging sapi. Tapi si Kakak menunjukan tulisan halal di banner kedai tersebut.

Maka masuklah kami, lega juga melihat ada ibu-ibu berjilbab sedang makan coto di situ. Setelah duduk, ibu-ibu dengan paras China menghampiri kami, menanyakan hendak makan apa.

Mata saya tertuju pada lembaran menu yang ada di mejanya, lengkap dengan harganya, dan seketika diri shock melihat harganya.

Es pisang ijo, seporsi 25 rebo dong, hahahaha.

Ya udah deh, kepalang masuk kan? Akhirnya pesan es pisang ijo aja, seporsi, nanti si Kakak dan Adik aja yang makan.

Sambil nunggu, saya membayangkan porsi es pisang ijo yang fantastis, sekaligus rasanya juga yang mengobati rasa kangen atas Sulawesi.

Meskipun dari sudut mata saya melihat si pelayannya membuka sebuah frezer, seolah mengambil sesuatu. Saya mulai curiga jangan-jangan itu ambil pisang ijo yang dimasukan frezer.

Dan ternyata kecurigaan saya benar-benar terjadi, ketika akhirnya seporsi pisang ijo yang dipesan muncul di hadapan kami.

Nggak ada pisangnya dong, ketutup es serut berwarna sirup, hahaha.

Pas esnya disibak, keliatanlah es pisang ijo yang pisangnya udah berwarna hitam alias udah kelamaan ditaruh di frezer keknya.

Rasanya udah bisa ditebak, kacau dah. 

Jujur jauh lebih enak es pisang ijo yang dijual di jalanan TPJ yang harganya 10ribu per porsi, baik pisangnya yang masih segar, maupun kuahnya.

Akhirnya terjawab sudah mengapa tempat makan ini sepi banget, ternyata selain harganya fantastika, rasa makanannya juga bikin nangis, hiks.    


11. Ke Bazar Malam Ditraktir Adik Ipar

Beberapa waktu lalu, adik ipar datang bersama anak-anaknya. Kedatangan mereka memang selalu dinantikan anak-anak, karena usia anaknya dengan nakanak hampir sama.

Jadinya mereka selalu nyambung ketika bermain. 

Pas datang, kok ya pas juga ada bazar malam di gang dekat tempat kami, dan si ipar yang memang doyan ke bazar, langsung deh memgajak untuk main ke bazar.

Sejujurnya saya malas banget ke bazar malam seperti itu, karena pasti banyak mainan, dan anak-anak pasti minta main.

Masalahnya adalah, saya nggak kuat nungguin anak-anak main, energi saya rasanya terkuras habis menungguin anak-anak di tempat yang ramai kayak gitu.

Tapi karena nggak enak udah diajak, ya udah ikut aja, meskipun sampai di sana hampir pingsan saya menunggu anak-anak yang main. 

goodbye-july-2023
Capek menanti anak-anak main di bazar

Berbeda dengan si Adik ipar yang memang doyan main ke bazar, eh dia malah sibuk videoin anak-anak bermain, lalu dikirimkan ke grup keluarga.

Untungnya nggak lama kemudian kami bisa pulang, setelah terlebih dahulu membeli makanan favorit saya, cumi dan sosis bakar, hehehe.  

Baca juga : Daftar Makanan yang Cocok untuk Reuni


12. Ikut Adik Dayyan Pawai 10 Muharam

Masuk sekolah mendekati bulan Agustus buat anak-anak, means banyak banget kegiatan yang harus dilakukan.

Dan ternyata, belum juga masuk bulan Agustus, TK si Adik udah ada kegiatan pawai memperingati 10 Muharram. 

Oleh gurunya, si Adik dan teman-temannya diminta membawa 3 lidi yang dihias. Pusinglah maminya, you know lah si Mami Rey ini sangat tidak nyeni sama sekali, hahaha. Ditambah, minimnya informasi dari sekolah tentang hiasan ini.

Jadilah saya dan anak-anak kembali ke Makadata untuk mencari hiasan yang memungkinkan, lalu kami membeli rumbai-rumbai berwarna hijau dan kuning. Setelah dihias pada batang lidi, barulah saya menyadari, kalau hiasan kami lebih cocok buat pohon natal, wakakakaka.

goodbye-july-2023

Tapi ya sudahlah, daripada nggak ada kan ye, udah kepalang dibeli juga bahannya. Pas hari H, ternyata oleh gurunya semua batang lidi itu dikumpulkan, dan anak-anak dibagikan secara random untuk dibawa pawai di jalan.

Dan begitulah, lidi si Adik nggak laku, dan si Adik mendapatkan lidi milik orang lain yang bisa dibawa pawai. Sementara lidi si Adik akhirnya dibagikan ke anak-anak lainnya untuk dibawa pulang, hahaha.

Anak-anak pawai mengelilingi lingkungan sekolah, dan maminya mengikuti dari samping sambil jepret-jepret dan takjub melihat kegiatan anak-anak, sukses bikin macet jalanan, hahaha.


13. Ikut Pertemuan Wali Murid Sekolah Kakak

Di minggu ketiga si Kakak masuk sekolah, akhirnya ortu murid diundang ke sekolah untuk rapat mengenai uang kegiatan murid untuk tahun pelajaran ini.

Dan saya kembali ternganga-nganga melihat tawar menawar antara ortu dengan pihak sekolah tentang uang kegiatan tersebut.

Seumur-umur, baru kali ini melihat ada tawar menawar kek beli barang di pasar. Dan penawarannya juga uwow banget, ditawar sampai benar-benar setengah harga, hahaha.

Saya pribadi sejujurnya, antara senang dan was-was. Senang karena bayarnya lebih murah, tapi was-was juga takut kegiatan anak-anak, termasuk fasilitas yang seharusnya anak-anak dapatkan, jadi berkurang atau sampai dihilangkan. 

Tapi bagaimanapun, ujung-ujungnya ikut suara terbanyak saja. Dan Alhamdulillah bisa melunasi semua uang kegiatan tahunan si Kakak di hari pertama, dengan diskon menarik.


Demikian sebagian besar cerita saya di bulan Juli 2023, kalau Temans punya cerita apa saja di bulan Juli ini?


Surabaya, 31 Juli 2023

6 komentar :

  1. Si adek dan si Kaka, yg mirip banget ke kamu ternyata si adek ya Rey 😄. Tadi liat foto di atas 😁👍.

    Kalo masalah aliran NU dan Muhammadiyah aku masih ngerasa nyaman sih. Toh keluargaku juga 50-50 yg milih aliran ini. Jadi kami masih saling toleransi, dan toh aku anggab masih normal ajarannya 😅.

    Cuma beda lagi kalo alirannya udh mulai aneh2 kayak you know lah apaan yg banyak ketahuan di Indonesia ini 🤣🤣. Naah kalo udah itu baru deh aku waspada 😄

    Es pisang ijo itu memang susah nemuin yg enak. Serius. Di jakarta juga ga banyak yg enak. Kalo menurutku tergantung pisang dan santannya. Kalo pisangnya aja udh ga fresh, ga manis, ancur dah itu rasa 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau diriku keknya nggak milih keduanya deh, pokoknya umum aja :D
      Ajaran yang sesuai Alquran dan hadist aja deh, tapi keknya kalau gitu menjurusnya ke Muhammadiyah, cuman kalau shalat ied ikut pemerintah *labil wakakakakkaak

      Hapus
  2. Juli yang sangat berwarna ya :D Alasan kalau jemput motor harus masuk mungkin untuk safety juga kali ya, jadi pihak sekolah bisa make sure anak-anak benar-benar dijemput sama walinya. Dan salfok aku sama ukuran sepatu Kakak, kalah aku yang seumur-umur mentok di 36-37 :'D Semoga Agustus menjadi berkah untuk kita semua ya! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaah, iyaaa.
      Kalau di luar selain nggak aman juga, bikin macet :D

      Mungkin karena anak laki kali yak, udah sama deh kayak kaki mamaknya :D

      Hapus
  3. wowww aktivitas mba Rey padat merayap bulan lalu
    dan nggak nyangka si kaka udah SMP, kayaknya baru kemarin kemarin aku baca si kaka masih SD
    dan sekarang si Adik udah pinter bergaya, lucuknyaaaa

    es pisang ijo 25 rebu kalau sebanding sama rasa, hati nggak akan nyesel pastinya. Kalau dapetnya zonk, ya pengen nangiss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya loh, kadang takjub sendiri, mamak Rey udah mau punya anak bujang :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)