Pertimbangan Renovasi Rumah Demi Nyaman Work From Home

renovasi-rumah-nyaman-work-from-home

Work from home menjadi tenar sejak masa pandemi Covid-19 lalu. Sejak ditetapkan masa pandemi di Indonesia, sekitar bulan Maret 2020 silam. Satu persatu pekerja diwajibkan untuk stay at home atau di rumah saja.

Dimulai dari anak-anak sekolah yang akhirnya diwajibkan untuk study from home, lalu akhirnya para pekerja pun diwajibkan untuk work from home.

Dari yang sebelumnya, kewajiban bekerja dari rumah tersebut dilakukan dengan semua rasa protes dan keluhan. Sampai akhirnya perlahan tapi pasti, banyak orang yang kemudian merasa nyaman dengan hal tersebut.

Baca juga : Apa itu Covid-19 dan Siapa Penemunya?


Kelebihan dan Kekurangan Work From Home

Bekerja dari rumah memang menyenangkan, khususnya bagi banyak orang yang setiap bekerja harus menempuh waktu, jarak dan kondisi perjalanan yang tidak nyaman.

Waktu dan tenaga rasanya terkuras di sepanjang perjalanan, sehingga tidak jarang menjadikan mood jadi buruk. Tentunya hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas dalam bekerja.


Kelebihan work from home

Ada beberapa kelebihan yang dirasakan pekerja, ketika harus bekerja dari rumah, di antaranya:

  1. Bisa lebih menghemat waktu di perjalanan, no more bermacet-macetan ketika berangkat dan pulang kerja.
  2. Bisa menghemat biaya transportasi ke tempat kerja.
  3. Waktu bekerja jadi lebih fleksibel, tidak merasa dikejar-kejar waktu masuk kantor yang membuat waktu pagi jadi lebih hectic.
  4. Bisa lebih dekat dengan keluarga, sehingga waktu bersama keluarga jadi lebih banyak.
  5. Produktivitas bekerja jadi lebih meningkat, karena hemat waktu dan tenaga serta mood untuk perjalanan. Sehingga menjadikan waktu produktif dalam bekerja semakin banyak dan berkualitas.
  6. Lebih bisa menikmati pekerjaan, sehingga mendapatkan kepuasan dalam bekerja


Kekurangan work from home

Namun bukan berarti dengan bekerja dari rumah itu selalu menyenangkan, tentu saja ada pula beberapa kekurangan yang harus dihadapi pekerja, di antaranya: 

  1. Banyak distraksi yang harus dihadapi, terutama jika tidak punya ruangan khusus untuk bekerja.
  2. Kesulitan mengatur waktu secara disiplin.
  3. Produktivitas bekerja jadi menurun.
  4. Kesulitan koordinasi dengan efektif karena masalah komunikasi.
  5. Jadi boros listrik dan internet.
  6. Rentan mengalami burn out karena jenuh.

Baca juga : Tips Agar Menjadi Work From Home Mom Tidak Jenuh  


Tips Agar Nyaman Work From Home

Meskipun bekerja dari rumah juga punya banyak kekurangannya, namun semua hal itu bisa diatasi dengan menerapkan beberapa tips agar tetap nyaman, meskipun harus menjalani work from home.

Dan di antaranya adalah:


1. Disiplin terhadap waktu

Meski bekerja dari rumah dan tak terburu-buru mengejar jam masuk kantor, serta tak perlu menghindari macet di jalanan. Bukan berarti kita bisa selalu bermalas-malasan ketika pagi hari.

Karena hal ini akan mempengaruhi mood dan lama-lama bisa mengacaukan jadwal hidup kita, misal terlalu sering begadang hanya karen menganggap jam masuk kantor lebih fleksibel lantaran work from home. 

Karenanya, meski bekerja dari rumah, usahakan untuk tetap disiplin mengikuti waktu seperti biasa. bangun tetap lebih pagi, dengan demikian hidup akan lebih produktif.


2. Tetap disiplin mengikuti aturan bekerja

Misal, tetap mandi dahulu sebelum bekerja, lalu mengganti pakaian dengan pakaian normal untuk bekerja. Jangan lupa juga untuk tetap memoleskan make up seperti ketika bekerja di kantoran seperti biasanya.


3. Punyai ruangan kerja terpisah

Salah satu tantangan bekerja dari rumah adalah adanya distraksi dari berbagai hal. Mulai dari anggota keluarga lainnya, hingga hal-hal lain yang memungkinkan terjadinya distraksi ketika bekerja, karena berada di satu ruangan yang sama.

Misal, bekerja di ruang keluarga, yang bisa bertemu anggota keluarga lainnya, diganggu anak-anak atau pasangan. Hingga mungkin terdistraksi dari TV atau semacamnya.

Karenanya, akan lebih nyaman jika bekerja di sebuah ruangan kerja terpisah dan khusus, meskipun di rumah.

Baca juga : Renovasi Rumah Tidak Selalu Lebih Murah  


Pertimbangan Penting Renovasi Rumah Demi Nyaman Work From Home

Tidak dipungkiri, kalau mempunyai ruangan kerja khusus adalah kunci keberhasilan dan kenyamanan work from home. Sehingga bagi yang punya rumah dengan space yang kurang memadai akan lebih bijak jika bisa mempertimbangkan renovasi rumah dengan menambah ruangan khusus.

renovasi-rumah-nyaman-work-from-home

Hal ini juga bisa menjadi sebuah investasi yang bermanfaat untuk meningkatkan pendapatan, karena work from home dengan produktivitas yang tinggi butuh sebuah ruangan yang khusus dan terpisah.

Memang sih, dengan adanya pandemi Covid-19 lalu, ekonomi benar-benar menurun dan membuat banyak bank yang memperketat persyaratan kredit nasabahnya.

Seperti yang dikutip dari detik.com, di mana bank memperketat syarat-syarat pemberian kredit merupakan sebuah kebijakan moneter di mana pandemi.

Meskipun demikian, kita bisa kok menghitung kembali pemasukan kita, apakah memenuhi syarat untuk melakukan kredit untuk renovasi rumah, demi kenyamanan bekerja dari rumah.

Salah satunya dengan menggunakan kalkulator hipotek di website https://www.mortgagecalculator.uk/


Tentang Mortgagecalculator

Ada yang belum kenal Mortgagecalculator?

Mortgagecalculator adalah sebuah website yang berisi kalkulator hipotek untuk menghitung kemampuan kita bisa melakukan peminjaman di bank berdasarkan keuangan yang kita punyai.

Awalnya kalkulator ini memang hanya melayani pasar di Inggris. Namun perhitungan yang ada di websitenya, di mana pembayaran bulanan, bekerja sama hampir di semua negara, kecuali unit mata uang dan harga rumah.

Fitur-fitur yang ada di websitenya, sangat memungkinkan kita untuk bisa menautkan perhitungan kemampuan pinjaman, berdasarkan data yang kita isikan pada kalkulator di website tersebut.

Cara perhitungannya pun sangat mudah, cukup masukan data yang diminta, tentunya sebelumnya dikonversikan dahulu ke mata uang Inggris. Setelah menekan tombol perhitungan, maka hasil perhitungan akan muncul secara otomatis.

Selain itu, website ini punya grafik pembayaran pinjaman bersama dengan tabel amortisasi bulanan dan tahunan. Tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk kepentingan peminjaman kredit ke bank yang dibutuhkan untuk merenovasi rumah.

Misal di website https://www.mortgagecalculator.uk/remortgage/ , di mana kita bisa memasukan data-data keuangan yang dipunyai, termasuk pinjaman yang kita punyai. Sehingga kita bisa salah satunya jumlah pembayaran pinjaman kita.

Baca juga : Pinjaman Modal Usaha yang Aman untuk Kembangkan Bisnis  


Kesimpulan dan Penutup

Salah satu hal yang tersisa dari kebiasaan di masa pandemi Covid-19 adalah kondisi work from home, yang ternyata mempunyai kelebihan dan kekurangan tertentu.

Meski demikian, kita bisa kok melakukan work from home dengan nyaman, salah satunya dengan bekerja di ruangan khusus dan terpisah, sehingga waktu bekerja kita tetap produktif tanpa distraksi.  

Namun, jika memang tidak punya ruangan khusus, pertimbangan renovasi rumah jadi penting untuk dilakukan, demi produktivitas bekerja, yang tentunya berpengaruh pada penghasilan kita.

Untuk tahu kemampuan kita mengajukan pinjaman ke bank, kita bisa menghitung dengan kalkulator yang ada di website https://www.mortgagecalculator.uk/


Surabaya, 09 Juli 2023

Sumber:

  • https://finance.detik.com/moneter/d-6068921/kebijakan-moneter-pengertian-tujuan-jenis-instrumen-dan-contohnya diakses 09 Juli 2023
  • https://www.mortgagecalculator.uk/ diakses 09 Juli 2023
  • Pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang pertimbangan renovasi rumah demi kenyamanan work from home, semoga bermanfaat.

6 komentar :

  1. jadi keinget pas WFH 3 tahun lalu, niatnya kerja di depan laptop, malah buka online shop hahaha. Dan beli printilan buat menata kamar biar semangat kerja, tapi ujung-ujungnya semangatnya ya tetep tetep ae wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. BIar bikin semangat ya, kalau kamarnya unyu, bikin nambah semangat lagi

      Hapus
  2. Aku termasuk yg ga bisa utk wfh, Krn ada bebebrapa kerjaan kantor yg dulu, yg memang cuma bisa diakses di kantor Krn alasan keamanan. Tapi untungnya mutusin resign, jadi ga usah pusing Ama itu 🤣

    Raka yg sempet kesulitan wfh, walopun dia suka kerja begitu. Soalnya rumah kami memang ga banyak ruangan Rey, utk ruangan kerja ya ga ada. Makanya susah. Jadi dia selalu pinjem ruangan anak buat kerja.

    Mau renovasi, cuma ntr dulu deh, pusing cicilannya ntr 🤣🤣. Aku bisa2 ga dikasih traveling Ama dia 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaaa, adalah sebuah masalah besar, kalau kerja tapi ga ada ruangan khusus, wuihhhhh pucingggg :D
      Iya ya, lagian sekarang insya Allah udah normal

      Hapus
  3. Saya punya teman penulis, kerjanya ya di rumah, punya ruang di depan rumah samping teras. Bila berangkat kerja seperti orang berangkat kerja. Pake baju kerja, bersepatu, dan ada jam berangkat serta pulang kerja. Mantap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah keren itu, emang seharusnya demikian.
      Karena kalau dicampur, jadinya banyak distraksi

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)