Quick Update : Jarang Posting Karena Sedang Audit Blog

audit blog

Quick update kali ini dari Si Rey, adalah untuk menjelaskan mengapa saya jarang posting blog selama beberapa hari ini.

Tiada lain dan tiada bukan karena sedang 'tergoda' untuk memperbaiki beberapa error blog. Berdasarkan laporan audit blog yang dilakukan oleh mas Tommy A.S, ketika gathering blogger di Wisata Bukit Mas, Surabaya, beberapa minggu lalu. 

Dari hasil audit mas Tommy untuk blog reyneraea.com ini misalnya, ada banyak error atau kekurangan yang harus diperbaiki.

Mulai dari masalah robots tag, masalah sitemap yang kurang rapi, masalah homepage blog ini yang katanya menggunakan multiple heading (h1), missing alt mg dan masih banyak lagi.

Saking banyaknya, saya sampai bingung dong, ini mau mulai dari mana? terus, pegimaa cara benerinnya? Karena mas Tommy nggak kasih tahu caranya. Eh kasih tahu juga sih, tapi secara umum aja.

Kan benerinnya lebih banyak berkutat dengan coding. Iya, coding, hiks!.

Sebenarnya, bukan hanya blog saya yang banyak error-nya, blog teman-teman lainnya juga sama. Tapi kek-nya, saking  udah pening duluan, jadinya banyak yang cuek.

Apalagi nih ya, sejujurnya semua error ini, kadang nggak terlalu ngaruh juga sih dengan SEO. Ini menurut saya ya.

Karena, berdasarkan laporan audit mas Tommy, dibandingkan dengan beberapa teman blogger yang blognya menang lomba SEO yang dilakukan ketika itu. Kenyataannya, yang blognya ada error lumayan banyak, toh bisa juga menang loh.

Sementara blog ini, yang mungkin berdasarkan laporan audit tersebut, hanya punya error yang lebih sedikit. You know kemaren saya malah berkutat dengan apa?

Iyup! kesal banget karena artikel lomba tersebut, yang saya tulis sampai 2000-3000an kata kali ya. Tidak ter-index google, sampai berhari-hari dong!

Duh, sebalnya minta ampun!. Bukan semata karena takut nggak menang lomba nih ya, tapi karena saya kan mau nangis, nulis sampai ribuan kata begitu, tapi nggak keindex!. Kebayang nggak sih, gimana ngehek-nya hati saya.

Opo itu ngehek, Rey? Tauk ya, saya asal nyebut aja, wakakakakak.

Pokoknya gitu deh, meskipun Alhamdulillah-nya nih, setelah saya utak atik berdasarkan pengalaman saya sebelumnya juga, di mana ada artikel tidak ter-index google, hanya karena error kesalahan pengalihan di blogspot.

Tapi, tetap aja butuh waktu yang lumayan bikin jantung deg-degan, takut nggak ke-index semuanya, huhuhu.

Kenyataannya, emang beberapa atikel terbaru saya tuh, tiba-tiba aja susah diindex-nya. Butuh berhari-hari dulu ngendon setelah dipublish, baru deh bisa diindex.

Itupun, saya cari pakai cara ketik di kolom pencarian google pakai kata kunci 'site":(url blogpost)', dan ketemu kalau artikel tersebut memang sudah ke-index.

Tapi, you know? laporan di Google Search Console, tetap seperti belom ke-index dong. Kesal nggak tuh? 

Mungkin karena masalah tersebut, akhirnya mau nggak mau, saya mulai melirik laporan audit tersebut. Dan sejenak kemudian, saya tenggelam dalam kepenatan, memahami berbagai coding yang sejujurnya saya nggak ngerti.

Beruntung, dengan berbekalkan googling sana sini, dan menemukan beberapa tips mengatur teknis blog secara SEO friendly, dan juga berpatokan sepenuhnya di penjelasan Google Developer.

Misal, kayak saya mencoba benerin sitemaps blog ini yang katanya berantakan, saya berpatokan dari panduan mengenai sitemaps blog dari google. 

Ya begitulah, dengan berbekalkan baca artikel google dan lainnya, ditambah klak klik serta utak atik dan memahami coding di edit HTML blog.

Alhamdulillah sih beberapa masalah error sudah teratasi.

Tapi, masih ada buanyaaaakk lagi loh, apalagi masalah loading blog yang lemot, khususnya dalam tampilan mobile ya.

Ini masalah banget sih menurut saya, karena berdasarkan laporan google analytic blog, trafik terbanyak yang mengunjungi blog ini, dengan mengakses pada tampilan mobile.

Masalahnya adalah, otak saya masih perlu jeda kek-nya ya, buat memahami apa itu LCP dan kawan-kawannya, yang katanya penyebab loading blog jadi lemot.

Sementara, saya sudah kangen menulis di blog lagi dong, kangen juga bisa blog walking, dan membalas komentar teman-teman yang ada di sini.

Ini kan komitmen saya, ketika memperingati hari blogger kemaren, masa sekarang udah lupa sih! Sedih, tapi emang waktunya yang sangat terbatas sih. 

Intinya begitu deh, katanya quick update biar temans blogger yang mungkin main ke blog ini, tau saya lagi ngapain. Tapi kok jadinya panjang kali lebar gini ya? hahaha.

Udah ah.

Surabaya, 13 November 2023

4 komentar :

  1. Aku tepuk tangan dan angkat topi aja lah Rey 😄👍👍. Kayaknya kalo diaudit gitu, aku langsung minta si auditor utk sekalian perbaiki, aku bayar 🤣. Kalo aku yg utak Atik, bukannya bener, makin eror yg ada 😂

    Loading blog mu dr dulu ga pernah lama kok. Aku cepet2 aja tiap buka blog ini. Mau pake wifi atau kuota data, masih cepet. . Lama dibuka, Krn sinyal masalah kali, bukan blognya ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, sebenarnya masiiiihhh banyak yang harus diperbaiki Mba, tapi diriku nggak nulis-nulis dong jadinya, hiks

      Hapus
  2. Wah, mbak Rey memang juara kalo soal ngeblog, totalitas banget ngurus blognya padahal bukan cuma satu tapi ada tujuh.

    Blog ku juga aku cek banyak banget erornya, dan yah!

    Memang aku cuekin saja, udah malas.😂😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, sejujurnya diriku juga udah nyerah duluan kalau errornya parah :D

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)