Pengalaman Mengatasi HP Vivo V19 yang Restart Sendiri Berulang

Vivo V19 restart sendiri

Jumat lalu, tiba-tiba HP Vivo V19 saya, restart sendiri berulang kali. Panik banget dong ya. Langsung buru-buru browsing bagaimana cara mengatasi hal seperti itu. 

Nyatanya, diutak atik berulang kali juga nggak ngaruh. Hape tersebut malahan hanya bisa nyala dengan normal kalau dihubungkan ke charger.

Tapi, ketika charger-nya dilepas, apalagi sambil buka kamera, auto restart sendiri berulang kali deh.

Nggak enaknya lagi, jenis HP tersebut menggunakan baterai tanam. Jadi kalau ada masalah restart berulang kali gini, bingung banget dah mau dihentikan pakai cara apa?

Dibiarin aja, yang ada hape jadi panas banget, karena kerjaannya restart mulu, huhuhu.


Cerita HP Vivo V19 Tiba-Tiba Restart Sendiri Berulang

Nggak ada hujan nggak ada angin sih sebenarnya. Ketika itu pagi hari, sekitar pukul 07.00, saya baru saja sampai di Mc Donalds Manyar, untuk nebeng mengetik sembari menanti si Adik pulang sekolah.

Setelah memesan paket es kopi dan apple pie yang sedang promo, saya segera membuka laptop, lalu menyalakan hotspot di HP.

Tak lama kemudian, koneksi internet di laptop telah bekerja, dan saya mulai membuka WA dan blog. Tapi baru saja beberapa menit, tiba-tiba koneksi internet di laptop mati.

Pas cek HP, eh dia lagi restart dong.

Ya udah, saya tunggu deh, sambil mengira-ngira, barusan saya pencet apa sampai nih HP restart ya?. Sayangnya, setelah nyala, dan masuk dengan kode pasword. Belum juga saya ngapa-ngapain, eh restart lagi. 

Mulai sedikit panik deh saya, tapi tetap ditungguin.

Pas udah nyala, kembali lagi kayak sebelumnya, restart lagi!

Udahlah, makin panik aja si Rey, secara gitu loh, HP ini tuh udah kek nadi kehidupan per-job-an buat si Rey. Saya ngambil foto dan video, edit foto dan video, akses beberapa media sosial, ya cuman mengandalkan si HP ini sebuah.

Mana besoknya ada jadwal posting reels instagram, mana Sabtu depan ada jadwal review klinik. Mana akoh belom punya duit buat beli HP yang baru, makin deh bertambah kadar panik dan overthinking-nya.

Dan ujungnya, akhirnya saya memberanikan diri untuk nanya username dan pasword wifi-nya McD. I told you, udah sering banget saya numpang ngetik di McD, tapi nggak pernah pakai wifi McD dong, hahaha.

Untungnya sih, si Mbaknya baik hati ngasih tahu, dan saya pun bisa online melalui laptop. Dan menyingkirkan semua rencana kerja hari itu, diganti dengan browsing cara mengatasi HP Vivo V19 yang restart sendiri berulang kali. 

Kemudian, sibuk mencoba beberapa tips dan cara yang dibagikan di beberapa artikel.

Makin sedih deh saya, ketika akhirnya membaca banyak testimoni, bahwa rata-rata masalah yang dialami para pengguna Vivo seri V19 itu ya HP restart sendiri berulang.

Saya mulai mengira-ngira, apa ya penyebabnya? dan kecurigaan saya jatuh ke kelakuan saya sibuk setting kamera video dengan resolusi yang paling tinggi, sampai 4K.

Memang sih, beberapa waktu belakangan ini, saya sering banget ambil video dengan resolusi tinggi. Meskipun jadi bertanya-tanya, kira-kira HPnya KO nggak sih kalau saya suruh bekerja dengan spek yang tinggi? 


Mencari Tahu Masalah HP Vivo V19 Tiba-Tiba Restart Sendiri Berulang

Nggak mau kan saya mengalami masalah HP berkepanjangan, nggak bisa tenang akoh tuh kalau nggak ada HP. Bukan hanya FOMO semata sih sebenarnya, tapi mikirin time is money with smartphone, hiks.

Vivo V19 auto restart
Source: Youtube

Jadinya, saya coba cari tahu permasalahan utamanya, mengapa HP Vivo saya bisa restart sendiri kayak gitu. Dan dari beberapa artikel, saya mencoba beberapa cara :


1. Hubungkan dengan charger

Saya coba hubungkan HP ke charger, eh langsung bisa hidup dong. Lega rasanya liat si HP yang bolak balik restart tanpa sanggup masuk ke halaman utama HP nyala. Mana HP makin panas kan restart mulu.

Ternyata, setelah di-cash, HP menyala dengan normal dan saya bebas mengakses semua fitur yang ada, termasuk mengakses kamera depan belakang, maupun video.

Sayangnya, ketika charger dilepas, eh HPnya restart lagi deh, huhuhu. 


2. Coba masuk melalui safe mode

Dari beberapa artikel yang ada, salah satu penyebab HP vivo restart sendiri berulang adalah, karena memori ataupun RAM yang penuh.

Hal ini diakibatkan oleh ada banyak aplikasi yang bekerja secara bersamaan di layar.

Untuk mencoba hal tersebut benar atau enggak, disarankan masuk ke halaman safe mode, di mana di sini HP bekerja dengan normal, tanpa adanya aplikasi yang bekerja secara otomatis.

Cara masuk ke safe mode adalah, ketika layar sudah menunjukan gambar wisata Bali, tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan, tahan sampai layar muncul dengan tulisan safe mode.

Setelah masuk, cobalah mengoperasikan beberapa fitur HP, jika masih terjadi restart sendiri, itu berarti masalahnya bukan berasal di memori atau RAM yang penuh.

HP saya pun sama, pas masuk safe mode, saya coba fitur kamera, auto restart lagi deh, hiks. 


3. Coba operasikan ponsel dengan kondisi mode pesawat

Nggak kenal menyerah, saya coba lagi dengan kondisi mode pesawat. Harusnya kan di mode ini, ponsel nggak harus kerja keras dengan kelakuan aplikasi otomatis kan ye.

Ternyata, sama aja sodara!

Ketika saya coba akses kamera, si HPnya ngambek, dan restart ulang berkali-kali dah. 


4. Dugaan kuat kerusakan pada baterai

Terakhir adalah, saya coba hubungkan ke charger, dan mengakses semua fitur yang ada dalam keadaan normal.

Eh ternyata, HPnya oke-oke saja tuh, nggak pakai acara restart segala.

Tapi, pas charger dilepas, langsung restart deh dia. Apalagi kalau pas bukan kamera? udah lah, babay...

Akhirnya dugaan kuat saya meyakini, kalau masalah utamanya ada di baterai-nya. 


Mengatasi Masalah HP Vivo V19 Tiba-Tiba Restart Sendiri Berulang Karena Baterai Rusak

Sebenarnya ada banyak tutorial di YouTube ataupun medsos, cara membuka dan memperbaiki baterai HP Vivo V19. 

Ini agak riskan sih ya, karena baterainya tuh susah dibuka. Kalau saya liat, bahkan buka casing belakang HP aja, susahnyaaaaa....

Pas sudah kebuka, harus buka beberapa mur pulak.

Abis itu, kudu buka pelapis baterai pulak. Udahlah, males nambah resiko, dan tiba-tiba aja terpikir, ya udah ke tukang servis aja deh. Sekalian ganti baterai.

Mulailah saya browsing, di mana service-nya. Banyak testimoni yang menyarankan ke service center Vivo aja. Kebetulan di Surabaya tuh ada di Plaza Marina dan WTC.

Tapi, saya tuh sering kesal ke WTC karena dulu sering dicegat para penjual dan pembeli HP dengan maksa. Mikirlah mending ke Marina aja, kebetulan banget di Marina ada McD yang buka 24 jam kan.

Saya sesuaikan dengan waktu antar si Adik ke sekolah, dia masuk pukul 9 pagi, saya drop ke sekolah, langsung cuss ke Plaza Marina.

Sampai di sana, belum juga setengah 10, sementara plazanya buka pukul 10 pagi.

Akhirnya, saya mampir sebentar di McD, dan sedihnya ternyata nggak ada Mc Cafe di situ, hiks. Gagal deh pesan Affogato lagi.

Tapi ternyata nggak melas amat, karena toh pesannya harus pakai aplikasi, dan akoh tak bisa buka aplikasi, karena HPnya langsung restart lagi.   

Akhirnya saya pesan dan bayar manual, pesan kopi susu aja, biar cepat kan, nunggu pukul 10 biar nggak antri di service center.

Setelah pukul 10 pas, saya segera beranjak dari McD dan masuk ke mall-nya yang masih dalam keadaan panas, karena ACnya belum bekerja dengan maksimal, hiks.

Dan di sinilah ke oon an si Rey dimulai!

Saya jalan sambil ngelamun, lalu pas liat ada store terang tulisannya Vivo, saya masuk dan tanya di mana service center Vivo? eh si Masnya bilang, di situ aja bisa dibenarkan.

Dan oon nya si Rey, nurut aja dong! hiks hiks hiks!

Saya jelaskan deh, kayaknya masalahnya baterainya, dan dibantah sama Mas-nya. Kebiasaan ya para marketing atau apalah di toko itu, selalu ngamuk kalau pelanggan lebih tahu ketimbang mereka.

Dia nggak tahu aja kalau si Rey ini blogger yang juga sering review HP, mengerti sedikit banyak lah tentang istilah-istilah teknologi HP. Kayak review Asus ROG Phone 7 ini.

Dan yang lebih penting, AKOHHHH UDAH BACA TUNTAS SEMUA TEORI, DAN TESTIMONI BANYAK ORANG SEBELUMNYA!

Saya juga tahu, ganti baterai di service center itu sekitar 220-250an lah, ditambah ongkos 25an lah.

Kalau di service center kan harusnya asli ya?

Dan you know, saya nurut aja pulak, HP saya dibawa si Mas-nya entah ke mana, nggak lama kemudian dia datang dan bilang kalau masalahnya adalah baterai

AIII TOOOLLLDDDDD YOUUUUU!!!!

Trus dia bilang harga baterai 285an dan ongkir 25an kalau nggak salah.

Singkat cerita, HPnya udah bener sih, tapi hati saya masih mengganjal, karena saya nggak tahu dan nggak liat, ini tadi baterainya original atau gimana?

Ah emboh tauk ah!

Cerita tentang ini, saya bahas lebih panjang di tulisan lain deh.

Intinya, saat menuliskan ini, kondisi HP saya sudah normal. Sudah saya cobain ini itu, akses ini itu, Alhamdulillah nggak restrart lagi.

Masalah baterainya original atau palsu, whatever dah!

Bismillah, niatkan untuk sedekah ke Mas-nya, semoga masnya jangan kelewatan kalau boongin konsumen, biar berkah.


Kesimpulan dan Penutup

Inti dari pengalaman saya mengatasi HP Vivo V19 yang restart sendiri berulang kali, dan bisa nyala kalau dihubungkan dengan charger. Tapi mati jika charger-nya dicabut.

Besar kemungkinan masalahnya adalah di baterainya. 

Meskipun kondisi baterai tidak menggembung ya, karena yang rusak bukan baterainya, tapi komponen yang namanya difuse ya kalau nggak salah.

Kalau udah begini, nggak usah kolima-lima dalam bahasa Buton alias sotoy, hahaha.

Mending langsung bawa ke service center Vivo aja deh. Di Surabaya ada di Plaza Marina lantai 2 dan WTC. Jangan ke store ya, karena kita nggak tahu komponen gantinya original atau enggak.

Begitu.

Surabaya, 27 November 2023

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva dan google

4 komentar :

  1. kasusnya sama kayak aku dann juga jumat lalu hahaha
    tiba-tiba hapeku juga restart sendiri, malah ga bisa sampe ke bagian "home" nya mba
    untungnya web wa di komputer kantor sama laptop di rumah ga pernah di closed, jadi chat urusan kantor masih bisa dibuka, meskipun hapenya suka hidup mati hidup mati

    karena menyangkut urusan kenegaraan #tsahh, akhirnya aku bawa ke servis hape dan lumayan juga merogoh koceknya, ini namanya pengeluaran tak terduga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iyaaa, enaknya sekarang tuh WA web tetap aktif meski hapenya mati :D
      Bener ya, mending langsung service, diriku diutak atik dulu dong, untuk saya nggak sotoy pakai acara dibongkar sendiri :D

      Hapus
  2. Naaah ituuu tuh, aku pun suka ga nyaman kalo benerin gadget di toko biasa gitu Rey..memang paling tenang di service centrenya aja deh. Bisa jadi agak mahal, tapi kan hati tenang yaa 😄. Drpd tau2 spare part diganti aspal, trus Bbrp bulan rusak lagi..

    Ini Rey banget, sebelum akhirnya dibenerin, coba cari tahu sendiri 😄👍.aku ga punya kesabaran ngecek gitu, tapi yg paling bener, udh takut rusak duluan kalo akunya yg coba2 hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kaaannn? kadang juga lebih mahal di luar Mba, atau mereka ngaku asli ternyata enggak, hiks

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)