5 NFT Marketplace Paling Bagus di Dunia, Kenali Jenisnya

NFT marketplace

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi blockchain, para penikmat NFT (Non-Fungible Token) jadi semakin meluas sejak menjadi tren baru dalam dunia digital. 

Btw, ada yang belum kenal, apa itu NFT?

NFT adalah token digital yang unik dan tidak bisa ditukar dengan token lainnya. Hal inilah yang membuatnya punya nilai yang tinggi. 

Salah satu bentuk penggunaan NFT yang populer saat ini adalah sebagai koleksi seni digital. Di mana  koleksi tersebut bisa dijual maupun dibeli di berbagai NFT marketplace yang ada di seluruh dunia. 


Apa itu NFT Marketplace?

NFT Marketplace adalah sebuah platform online yang berfungsi sebagai pasar untuk menjual dan membeli non-fungible token (NFT). 

Secara awam, NFT Marketplace adalah sebuah pasar digital yang cara kerjanya layaknya e-bay dan semacamnya, dan bisa digunakan para NFT traders untuk bertransaksi produk NFT.

Dengan platform ini, para kolektor digital bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli, hingga membuat token NFT sendiri, agar bisa merepresentasikan status kepemilikannya atas aset atau item unik tertentu, baik dengan produk dengan wujud (ada fisiknya), maupun produk yang tidak berwujud (digital). 


Rekomendasi 5 NFT Marketplace Paling Bagus di Dunia

Layaknya aplikasi marketplace produk lainnya yang ada banyak macamnya, demikian juga dengan NFT Marketplace.

Ada berbagai jenis NFT marketplace yang tersedia di dunia, di mana kesemuanya menawarkan fitur dan keunikan yang berbeda. Karenanya, penting bagi para NFT traders, untuk mengetahui aplikasi pasar NFT mana yang bagus untuk mereka pakai.

Dari beberapa artikel terpercaya disebutkan, berikut adalah 5 NFT marketplace paling bagus dan terbaik di dunia yang perlu diketahui:



1. OpenSea

OpenSea merupakan salah satu NFT marketplace terbesar dan terpopuler di dunia, hingga saat ini. Adalah wajar, karena situs ini juga merupakan yang pertama diluncurkan di jaringan blockchain Ethereum. 

Di marketplace NFT ini, ditawarkan berbagai jenis NFT, mulai dari seni digital, kartu koleksi, hingga domain maupun token game. 

Salah satu kelebihan unik dari OpenSea adalah memberikan keleluasaan kepada pengguna, sehingga bisa membuat sekaligus menjual NFT secara mudah, tanpa biaya lisensi atau persetujuan dari pihak platform. 

Selain ini, ada pula fitur tawar-menawar dan sistem lelang untuk memudahkan transaksi antar penggunanya.


2. SuperRare

NFT marketplace paling bagus berikutnya adalah SuperRare. Di mana situs ini lebih berfokus pada seni digital. 

Di sini, pengguna hanya diperbolehkan bertransaksi untuk NFT yang berkualitas tinggi dan terbatas. Sehingga hal ini menjadi salah satu nilai tambah serta eksklusivitas koleksi yang ditawarkan.

Para pembeli dan penjualpun mendapatkan keuntungan, karena bisa membeli serta menjual NFT dengan harga yang lebih tinggi dari platform lainnya. Lalu, bisa mendapatkan keuntungan lain, dengan penjualan kembali yang dilakukan oleh pembeli.

Bukan hanya itu, di SupeRare, para seniman bisa memamerkan karya eksklusif mereka, tanpa harus takut akan pemalsuan karyanya.

Dengan menggunakan fitur realitas virtual, serta fitur interaktif lainnya, agar menyesuaikan profil dan menampilkan NFT mereka kepada pembeli.


3. Rarible

Berikutnya ada Rarible yang merupakan NFT marketplace dengan konsep membuat NFT dan menjualnya sendiri. Hal ini tentunya menjadi hal unik dan menarik perhatian para penggunanya.

Di sini, para pengguna bisa membuat dan menjual NFT sendiri, dengan mudah, tanpa dikenakan biaya lisensi maupun persetujuan dari pihat platform.

Selain itu, di NFT marketplace ini juga menawarkan fitur tawar-menawar dan sistem lelang, serta program penghargaan bagi para pembuat NFT yang aktif.

Hal ini tentunya, menjadikan Rarible sebagai pasar NFT peer-to-peer terdesentralisasi yang memberikan pengalaman jual beli NFT yang lebih menarik bagi penggunanya.


4. Nifty Gateway

Selanjutnya ada Nifty Gateway yang merupakan salah satu NFT marketplace, yang fokus pada seni digital, khususnya seni dari para selebritas dan tokoh terkenal. 

Yang menjadi kelebihan lainnya adalah di pasar Nifty Gateway, para pengguna bisa menggunakan fasilitas kartu kredit dalam bertransaksi. Hal ini tentunya memudahkan para pengguna, di mana mereka bisa bertransaksi NFT semudah membeli barang lainnya. 


5. Foundation

Foundation merupakan sebuah NFT marketplace yang lebih menekankan pada kualitas dan eksklusivitas , karena di sini hanya menerima NFT yang telah  melewati proses kurasi yang ketat, sehingga hanya NFT dengan kualitas terbaik yang ditawarkan kepada pengguna.

Pengguna atau artis yang ingin bertransaksi di sini, diharuskan bikin profil, lalu menerapkannya ke Komunitas Upvote mereka. Verifikasi aplikasi pun, berdasarkan suara komunitas, dengan maksud memberikan otoritas penuh ke pencipta karya.

Selain itu, di Foundation juga ada fitur lelang yang unik, di mana harga NFT yang ditawarkan akan terus naik, sampai ada pembeli yang tertarik. Karenanya, nilai dan eksklusivitas NFT semakin naik pesat.


Di antara 5 NFT marketplace yang paling bagus di atas, masing-masing memang punya kelebihan dan keunikan sendiri, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi penggunanya.

Apapun itu, kehadiran NFT marketplace ini memang sangat membantu membuka pintu peluang baru bagi para seniman khususnya untuk mendapatkan penghargaan bagi karya-karyanya.

Dan dengan memperkenalkan jenis NFT marketplace yang terbaik dan paling bagus, dapat membantu pengguna untuk bisa memilih dan memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing.


Kesimpulan dan Penutup

NFT marketplace ada banyak dan beragam di dunia, dan di antara 5 jenis terbaik adalah OpenSea, SupeRare, Rareble, Nifty Gateway dan Foundation, yang masing-masing punya kelebihan serta keunikan tersendiri.

NFT adalah salah satu aset investasi yang masuk dalam mata uang crypto, dan merupakan sebuah token digital unik yang tidak bisa ditukar dengan token lainnya.

Tertarik untuk berinvestasi crypto secara mudah? jangan ragu untuk download PINTU sekarang. Yaitu salah satu aplikasi staking crypto  dari PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU. Dan juga merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. 

Aplikasi ini fokus pada penampilan aplikasi yang intuitif, user friendly, dengan konten edukasi in-app. Jadi, cocok banget buat yang mau cuan dalam investasi, khususnya bagi investor crypto baru dan kasual.


Surabaya, 20 November 2023

6 komentar :

  1. Pernah denger NFT tapi belum pernah cobain dan aku sendiri ga paham cara kerja crypto, masih ada keraguan kayak ini bener ga ya, mungkin takut ketipu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus benar-benar dipahami cara kerjanya ya, biar nggak zonk :D

      Hapus
  2. Sama kayak mba Ainun, sering denger nft, apalagi pas booming Krn si Gozali waktu itu kan. 😄. Tapi jujur tak paham cara guna dan lainnya 😂. Kayaknya ini utk Orang2 menjual barang seni mereka dlm bentuk digital yaa?

    Aku banyak diversifikasi investasi ku, tapi crypto salah satu investasi yg aku ga berani terjun Krn ga paham 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbaaa, jujur bagi akoh yang kaum mendang mending gini, ternganga melihat orang beli foto selfie kok sampai segitunya.
      Tapiiii, kalau baca kegunaannya, ini bisa jadi sumber pemasukan bagi para seniman loh. Di mana mereka bisa dengan mudah memasarkan karya otentik mereka

      Hapus
  3. baru baca di media X ada yg tulis NFT (dalam hati kok aku gaptek bgt) eh buka FB KEB nemu ini, makasihhhh Mak Rey ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, saya juga ngehnya ketika si gozali yang lagi viral dulu, emang beruntung banget dia jual foto selfie sampai ratusan juta gitu

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)