Tips Membangun Akun Instagram Sebagai Pendukung Blogger Ala Rey

 akun instagram untuk blogger

Membangun akun instagram itu penting buat blogger, setidaknya berdasarkan pengalaman saya selama 6 tahun serius dalam profesi ini.

Kenyataannya, selama 6 tahunan ini, akun instagram yang saya bangun bukan hanya mendukung profesi saya sebagai blogger. Tapi juga membawa saya menjadi seorang (who called) influencer, meskipun masih dalam lingkup micro atau kecil-kecilan.

Karena itu pulak, pemasukan saya akhirnya bisa berkembang. I mean, saya bisa mendatangkan uang, bukan hanya melalui blog saja, tapi juga seringnya melalui sarana akun instagram.

Khususnya ketika pandemi lalu, bisa dibilang pemasukan dari instagram justru lebih banyak dari blog. Dan menjadi salah satu kelebihan saya mendapatkan kerjasama blog, karena include share di instagram.

Di zaman pandemi, saya bahkan bisa mendapatkan penghasilan sebesar hampir sejuta untuk 1 feed IG photo. Happy dong ya, orang cuman perlu ambil foto aja kan ye, ya meskipun, untuk menghasilkan 1 foto yang layak posting, saya harus mengoleksi kadang hampir 100 foto, wakakakaka.

Sejak reels muncul, permintaan kerjasama dari klien mulai berubah. Awalnya cuman minta foto, lama-lama merambah ke minta bikin video reels.

Sejujurnya, meski nggak suka bikin video, tapi saya sempat juga merasakan beberapa kali dapat job reels dengan fee yang lumayan banget.

Sampai akhirnya menyerah, karena makin lama, tuntutan klien, memaksa saya menyaingi selebgram kek si Rachel Vennya *plak, hahaha.

I mean, kebanyakan job IG tuh mintanya kita akting, dengan kualitas video yang jernih sekelas pengambilan iphone, script ditentukan, dan insight harus banyak banget.

Fee-nya? kadang sih barter, wakakakaka.

Sejak saat itu, saya jadi berubah haluan, menjadikan akun instagram sebagai bagian pendukung blogging aja. Meskipun tetap juga sesekali menerima job IG, jika memang memungkinkan buat saya dan klien.


Manfaat Akun Instagram Bagi Blogger

Buat saya pribadi, akun instagram sangatlah memberikan dampak yang sangat positif khususnya bagi profesi saya sebagai blogger.

Secara umu, berikut manfaat membangun akun instagram yang saya rasakan:

 

1. Sebagai sarana personal branding

Blogger di dunia ini kan udah banyak.

Eh jangan kata dunia ya, di Indonesia aja loh, buanyak.

Aih salah, bahkan di Surabaya aja dong ya, yang berprofesi sebagai blogger itu buanyaaaakkk banget nget nget.

Baik yang blogger aktif, maupun blogger yang menyandang status itu, karena punya blog aja *eh, wkwkwkw.

Bagus dong ya kalau blogger semakin banyak, jadi kan untuk memberikan edukasi blog kepada khalayak itu lebih mudah.

Namun, sekaligus menjadi tantangan buat blogger yang monetisasi blognya, karena jadi harus lebih bersaing di antara belantara blogger tersebut.

Nah, akun instagram buat saya amat sangat membantu banget, khususnya sebagai sarana diri untuk personal branding blogger, memberitahukan ke khalayak, kalau saya adalah blogger yang punya ciri khas dan value tersendiri.

Dengan demikian, makin banyak yang kenal, bahwa si Rey ini adalah blogger, dan ketika ada yang butuh kerjasama blog dengan value yang saya miliki, mereka tahu harus menghubungi blogger mana, di antara buanyak blogger yang ada.   

Dan yang happy-nya itu, orang-orang bukan hanya kenal saya sebagai blogger saja, tapi juga sebagai diri saya sendiri. Misal, mereka paham bahwa saya Rey, bukan Reyne Raea di mana hanya sebatas tahu nama panjang yang jarang saya gunakan itu, hehehe.


2. Sebagai pendukung blog dalam memperluas jangkauan blog

Selain itu, akun instagram juga bermanfaat untuk memperluas jangkauan pembaca blog saya. You know lah ya dalam hal SEO dan bersaing di page one google itu berad!.

Dan saya nggak mau menghabiskan waktu hanya untuk bersaing di tempat yang memang seberat itu. Nah, akun instagram sangat bisa membantu memperluas jangkauan pembaca, meskipun kebanyakan sih pembaca datang hanya untuk tulisan curhat, wakakakaka.

Tapi pas kan, saya suka nulis curhat, agak sulit mencari keyword di curhatan saya, ya pakai jalur akun instagram aja. 


3. Sebagai pendukung blog dalam menghasilkan uang

Nah ini dia yang menggiurkan. Uang! hahahaha.

Dengan banyaknya persaingan blogger, tentu saya butuh inovasi lebih dalam memenangkan persaingan tersebut. Akun instagram yang aktif dan berkembang menjadi salah satu jawabannya.

Sangat sering saya mendapatkan job kerja sama blog, hanya karena punya value lebih yaitu include share di akun instagram yang lumayan berkembang bisa dikatakan sebagai akun instagram influencer micro.

Hal itu tuh bagaikan insight positif buat klien, di mana mereka nggak hanya sedang membangun kepercayaan konsumen di mesin pencarian google, tapi juga di media sosial.


Sebenarnya masih banyak sih manfaat akun instagram yang bisa dirasakan blogger, tapi karena ini ala Rey, off course saya bahas aja di seputar manfaat yang lebih banyak saya rasakan selama ini.


Tips Membangun Akun Instagram Sebagai Pendukung Blogger Ala Rey

Banyak ya manfaat akun instagram buat blogger, kalau gitu, ayok kita bikin akun instagram juga, biar lebih menghasilkan uang.

Eitttsss, tapi enggak sesederhana 'hanya bikin akun' di instagram aja dong ya.

Ada beberapa hal dan menjadi tips dalam membangun akun instagram sebagai pendukung blogger, agar manfaatnya benar-benar dirasakan, di antaranya:


1. Tentukan arah dan tujuan 

Yup, kabar nganu-nya, sama kek blogger, yang punya akun instagram juga buanyaaakk banget nget. Kita nggak akan bisa hanya dengan punya akun IG, auto lebih 'bling-bling' dibanding lainnya, hahaha.

Untuk bisa lebih tepat sasaran, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menentukan arah dan tujuan kita membangun akun tersebut.

Hal ini penting karena berkaitan dengan konten-konten yang bisa kita posting dan tepat sasaran kepada follower kita. 

Misal, kita bikin aku IG hanya untuk share link blogpost, atau sekalian buat branding? atau sekalian membangun akun yang aktif dan bisa dikategorikan dalam sebutan influencer.

Saran saya sih, kalau benar-benar untuk branding dan bersaing dalam make money blogging, ya bangun akun instagram menyamai atau setidaknya menyerupai akun medsos seorang influencer.


2. Buat konten menarik 

Sejujurnya bukanlah rana saya menuliskan tips membuat konten yang menarik, karena selama punya akun instagram, sangat jarang saya bisa posting konten, langsung banjir view, hahaha.

Iyaaa, sebagian besar saya masih pakai cara manual dalam menge-boost insight postingan, misal dengan ikutan support saling like instagram yang diselenggarakan beberapa grup influencer mikro.

Namun, se-manual boosting pun, bukan berarti kita bisa asal aja bikin konten ya. 

Usahakan agar konten yang dibuat juga menarik perhatian orang banyak. Entah konsepnya yang beda, atau juga kualitas kontennya, dari gambar atau video yang tidak buram dan semacamnya.  


3. Aktif posting di instagram berdasarkan waktu ramainya akun

Beberapa orang yang mendalami profesi konten kreator di instagram mengatakan, bahwa hal utama dalam membangun sebuah akun menjadi lebih luas insight-nya adalah, dengan selalu posting minimal 1 konten setiap harinya.

Ini benar sih, saya pernah membuktikan, dengan post 1 konten setiap hari bikin algoritma instagram mencatat bahwa akun kita aktif.

Sehingga, beberapa postingan saya bisa meluas dengan sendirinya dalam hal insight, tanpa perlu boost manual.


4. Berinteraksilah

Tanpa perlu dijelaskan secara ilmiah, saya yakin bahwa semua platform digital, baik media sosial maupun website atau blog, selalu menyukai human ketimbang bot.

Nah, salah satu ciri akun human atau manusia adalah, berinteraksi.

Iya, ternyata bukan cuman di dunia nyata kita dilarang ansos atau anti sosial, karena kita nggak mungkin jalan sendiri ke kuburan kalau kita mati nanti, hahaha.

Tapi, di dunia maya pun perlu banget yang namanya interaksi atau bersosialisasi.

Interaksi ini bisa beragam, mulai dari aktif membalas komentar yang masuk ke postingan konten kita, juga aktif memberikan komentar dan like di postingan orang lain, khususnya di akun following kita.

Penjelasan ilmiahnya, temans bisa googling sendiri deh, kalau akoh nulis di sini, entar bisa membengkak jadi 2000an kata, wakakakaka.

Yang jelas, selama bertahun membangun dan menghasilkan uang dari akun instagram, saya mengakui bahwa interaksi ini sangat penting dalam memuat akun instagram kita jadi berkembang sesuai dengan kebutuhan kita.


5. Konsisten

Yang ini mah nggak perlu dijelasin lagi ya, kita semua tahu kan bahwa kunci semua hal di dunia ini ya KONSISTEN!.

Sayangnya, bahkan si Rey yang kadang pede melabeli diri sebagai blogger aktif yang konsisten, juga nggak atau belum sanggup untuk bisa konsisten posting ODOP (one day one postingan) di akun instagram.

Apalagi alasannya kalau bukan keterbatasan waktu, as you know i am mamak-mamak single fighter mom pejuangn LDM tanpa ART dan wajib mengurus anak dua dan semuanya sendiri.

Plus udah memilih konsisten di blog, kagak atau belum sanggup kalau konsisten juga di akun instagram, hahaha.

Selain itu, sama dengan jumlah blog saya yang nggak cuman satu doang, akun instagram sayapun tidak cuman satu doang, tapi ada beberapa, yang aktif bahkan ada 2, hahaha.

Tapi, setidaknya usahakan untuk selalu posting atau memberikan notifikasi ke follower kalau kita selalu aktif. Misal dengan update IGS, bisa dengan share postingan orang, atau yang lebih baik sih, share hal apapun yang sedang kita lakukan, even itu foto lagi ngetik kek gini, hahaha.


Kesimpulan dan Penutup

Membangun akun instagram yang aktif itu penting bagi blogger, karena sangat bermanfaat khususnya bagi blogger yang punya target make money atau menghasilkan uang dari blog.

Di era persaingan blogger yang semakin sengit dan kompetitif, seorang blogger yang punya akun instagram aktif, apalagi bisa dikatakan sebagai influencer meski dalam ukuran mikro. Merupakan sebuah kelebihan tersendiri yang bisa menarik kerja sama lebih banyak dengan klien.

Namun, yang perlu diketahui, bukan semata membuat akun instagram begitu saja dan langsung dirasakan manfaatnya. Melainkan ada beberapa hal yang bisa menjadi tips penting dalam membangun akun instagra, sebagai pendukung blogger yang bermanfaat.

Beberapa di antaranya adalah, tentukan arah dan tujuan bikin akun instagram, selalu aktif posting konten yang menarik di prime time atau waktu ramainya akun, hingga sering berinteraksi dan konsisten.

Demikianlah, kalau Temans, punya tips lain dalam membangun akun instagram sebagai pendukung blogger nggak? share yuk.  


Surabaya, 05 Maret 2024

#TuesdayBlogging

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

2 komentar :

  1. Eh aku kok ngerasa postingan di IG skr susaaaah bgt dapat likes nya yaa 🤣. Kayaknya bisa 100 likes aja ga semudah dulu Rey. Kdg mikir apa Krn meta LG semangat bgt Nge ban atau shadow ban segala akun yg posting Palestine dan likes postingan kayak gitu 😂. Saking su'uzon nya tuh. Masalahnya sejak Palestine mencuat ini JD susah utk achieve 100 likes aja 🤣

    Atau kayak kamu bilang, hrs tiap hari posting hahahah.

    .aku tuh dulu sempet ada target mau posting tiap HR Rey. Tapi kok cuma bertahan sebentar. Trus males lagi 😂. Dah laaah, memang ga bakat jadi influencer begitu 😅

    BalasHapus
  2. dulu aku nggak memanfaatkan IG untuk SEO blog, tapi pas udah tau resepnya, aku coba untuk trik SEO di IG ini. Secara nggak langsung, ngenalin diri sendiri ke orang lain kalau aku blogger ahahaha

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)