Tetap Bugar Dengan Rutin Gym Saat Puasa

gym saat puasa

Di bulan ramadhan membutuhkan tubuh tetap bugar yang bisa dilakukan dengan melakukan gym dengan rutin. Jangan sampai karena alasan sedang berpuasa maka tidak menjaga kesehatan dengan olahraga. 

Karena justru sedang puasa dan mempersiapkan hari raya, maka tetap perlu untuk menjaga kesehatan yang salah satunya bisa dilakukan dengan rutin gym saat puasa.

Tetapi tentunya untuk bisa gym di saat bulan puasa perlu untuk diatur sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu ibadah puasa yang dilakukan. Cara untuk tetap bugar dengan tetap berolahraga di bulan puasa adalah dengan:


1. Pilih olahraga yang tepat

Langkah yang pertama untuk berolahraga saat puasa adalah dengan memilih jenis olahraga yang tepat. Akan lebih baik untuk mengurangi intensitas olahraga yang dilakukan saat sedang puasa sehingga tidak akan membuat tubuh cepat lemas.

Saat sedang berpuasa disarankan untuk memilih jenis olahraga yang mempunyai intensitas rendah dan menghindari olahraga intensitas tinggi.

Pilih olahraga yang tepat saat berpuasa yang kondisi tubuh mempunyai kadar gula darah yang rendah. Sehingga apabila salah memilih jenis olahraga yaitu yang mempunyai intensitas tinggi justru akan membuat kadar gula darah bisa turun secara drastis.

Oleh karena itulah lebih baik memilih jenis olahraga yang mempunyai intensitas ringan seperti jogging pelan dan juga angkat beban dalam waktu 30 menit saja.

Latihan olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa adalah latihan kardio yang bisa memberikan manfaat untuk bisa memberikan cadangan energi dan lebih maksimal untuk bisa melatih dan membentuk otot. Sehingga latihan beban dan kardio yang dilakukan sesuai dengan kemampuan.

Disarankan juga saat berolahraga saat puasa, sebaiknya kurangi intensitas hingga beban yang biasanya dilakukan di luar bulan puasa dan cukup untuk berolahraga dalam waktu 30 menit saja di setiap sesinya.


2. Atur waktu olahraga

Setelah berolahraga, hal yang paling sering dilakukan adalah minum air untuk bisa menuntaskan dahaga. Selesai berolahraga juga membuat tubuh yang merasa lemas, sehingga lebih baik untuk memilih waktu yang tepat untuk gym saat puasa. Di mana waktu yang disarankan adalah menjelang berbuka yaitu di jam 4 sore.

Waktu sebelum berbuka dari jam 2 hingga 4 sore menjadi waktu ideal karena akan bisa langsung untuk langsung bersiap berbuka puasa. Sehingga akan membuat tubuh terhindar dari mengalami dehidrasi.

Hindari untuk memilih waktu olahraga di pagi hari karena akan membuat tubuh lemas dan sudah ingin minum di pagi hari setelah berolahraga.


3. Memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan

Ketika Anda merasa sangat lemas ketika berpuasa bisa jadi salah satu alasannya adalahkarena mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Anda bisa kuat berolahraga saat berpuasa juga dengan menjaga nutrisi makanan yang dikonsumsi saat sahur dan buka.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti serat, karbohidrat, dan juga protein. 

Selain itu pastikan untuk minum air putih yang cukup saat buka dan sahur sehingga tidak menyebabkan dehidrasi saat berolahraga ketika sedang menjalani puasa di bulan ramadhan.


4. Tidur yang cukup

Salah satu tips penting untuk bisa berolahraga atau ngegym adalah jangan memaksakan diri. Terutama ketika Anda kurang tidur, justru hal tersebut bisa berbahaya ketika memaksakan untuk tetap berolahraga. Karena justru efek yang ditimbulkan tidak membuat tubuh tetap sehat tetap berbahaya.

Oleh karena itulah untuk tetap bisa berolahraga rutin di bulan puasa, maka pastikan tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup selama kurang lebih 8 jam sehari. Sesuaikan jam tidur di bulan ramadhan yang perlu untuk sahur, sehingga tetap menjaga kebugaran tubuh dan tetap aman untuk bisa berlatih di gym.

Bagi Anda yang ingin gym saat puasa untuk menjaga kebugaran tubuh, bisa melakukannya di tempat gym terdekat FIT HUB. Tempat gym FIT HUB memberikan banyak pilihan olahraga yang cocok dilakukan saat sedang puasa dengan waktu yang diatur sesuai dengan keinginan termasuk sebelum buka puasa atau setelah tarawih dengan jam buka operasional FIT HUB dari pukul 6 pagi hingga 10 malam.

1 komentar :

  1. Aku kurangin bgt workout beban selama puasa 🤣🤣. Lemees rey 😅. Biasanga kan 20 menit cardio, trus 30 menit latihan beban.

    Kali ini selama puasa, cardio aja 30 menit ataaau latihan beban 10 menit, cardio 15 menit. Yg penting ttp ada olahraga 😅😄

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)