Baju Lebaran Lungsuran untuk Anak, Yay or Nay?

baju lebaran lungsuran

Beberapa hari lalu, saya sempat membaca keluhan seseorang di media sosial, saya nggak tahu sih, apakah itu beneran atau cuman konten semata.

Intinya ada seorang ibu yang curhat, karena nggak bisa beli baju lebaran untuk anak-anaknya. Dia sedih, karena anaknya cuman bisa pakai baju lungsuran anak saudaranya.

Meski baju itu masih lumayan bagus, tapi dia kasian, karena anaknya harus memakai baju bekas anak saudaranya.

Sayang, saya lupa screnshoot tulisan itu, etapi emang saya bisa dibilang jarang banget sih sampai menyimpan gambar postingan orang, berasa kebanyakan waktu aja saya bisa sedemikian rempongnya mengurus hal orang lain, hehehe.

Namun, saya tertarik membahas hal ini, karena kebetulan banget saya udah lama nggak pernah lagi beli baju lebaran buat anak-anak secara niat gitu ketika hendak lebaran. Kayaknya sih, terakhir beli baju lebaran itu, pas belum ada si Adik.

Setelah si Adik lahir, bisa dibilang nyaris nggak pernah lagi beli baju lebaran, apalagi buat si Kakak. Nggak ada duitnya ya Rey?

Well, bukan nggak ada, tapi dipakai buat kebutuhan lain dulu, hahaha.

Namun alasan besarnya adalah, karena baju si kakak buanyaaaakkk banget, hasil lungsuran dari kakak sepupunya.

Kebetulan, ada anaknya kakak ipar saya, yang saat ini udah SMA. Baju-bajunya tuh banyak banget.

Maklum, dulu anak-anak kakak ipar saya ini, lahir setelah penantian bertahun-tahun, jadinya ketika anak-anaknya lahir, dan kebetulan suami kakak ipar saya juga orang yang mampu, diborongnya baju untuk anaknya sampai tak sadar udah bejibun.

Saking banyaknya, baju-baju itu masih bagus loh, mana merknya lumayan terkenal dan kainnya nyaman.

Karenanya, ketika dilungsurkan ke si Kakak, tentu saja mamaknya happy, lah bajunya bagus tauk, bahkan banyak yang kayak baru dibeli.

Jadi, saya bahagia banget menerima semua lungsuran tersebut, meskipun kadang kalau kebanyakan, saya manyun juga, masalahnya bikin full lemari aja, mana gede pulak, belum pas dipakai si Adik, hahaha.

Selama ini, si Kakak nyaman-nyaman aja memakai baju lungsuran tersebut, bahkan ketika lebaran, si Kakak pakai baju itu, dan ketemu budhenya yang ngasih itu. Melihat budhenya happy liat baju pemberian lungsuran anaknya dipakai, saya juga ikut happy dong. 

Si Kakak juga nggak hafal sih, itu baju dibeliin maminya, atau lungsuran, wakakakak.

Ampun deh anak-anak si MamiRey itu, pada bergantung sama maminya kalau masalah pakaian apa yang harus dikenakan.

Tapi, gara-gara tulisan yang saya baca di medsos tersebut, si MamiRey ini jadi overthinking dong, dan akhirnya menanyakan ke si Kakak, apa perasaannya memakai baju lungsuran kakak sepupunya?.

Eh jawaban si Kakak bikin adem,

"Kalau kakak sih nggak masalah, orang semua bajunya bagus dan enak dipakai"

Sementara si Adik yang nggak ikut ditanya, malah ikutan jawab,

"Adek nggak mau pakai celananya kakak, adek maunya beli yang baru!"

Astagaaaahhh, hahahaha.

Padahal si Mami sibuk mikirin perasaan si Kakak, sampai lupa perasaan si Adik yang memakai semua celana lungsuran kakaknya sendiri, hahaha.

Akhirnya mami berjanji bakalan beliin si Adik celana baru, meskipun sebenarnya sayang banget sih ya. Karena celana si Kakak yang pas dipakai adiknya itu buanyaaak juga, mana masih bagus-bagus pulak.

Tapi emang sih, perasaan anak itu jauh lebih penting. Saya nggak mau anak-anak tumbuh jadi anak yang dikuasai oleh luka batin masa kecil dan dijadikan alasan untuk jadi manusia yang kurang maksimal.


Baju Lebaran Lungsuran untuk Anak, Yay or Nay?

Kalau ditanya, gimana pendapat saya tentang baju lebaran anak adalah baju lungsuran dari orang lain, meskipun itu masih keluarga?

Jawaban saya adalah yay or yes aja dong!

Selama pakaian itu masih layak pakai, dan anak juga nggak keberatan akan hal itu, tentu saja saya bahagia meski anak memakai pakaian bekas lungsuran.

Namun, bisa jadi nay or no, jika pakaiannya emang nggak layak pakai, atau anak keberatan menggunakan pakaian tersebut, tentunya sambil melihat kondisi ya.

Kalau memang memungkinkan bisa beli baju lebaran, dan anak nggak keberatan pakai baju lungsuran, boleh kali sesekali kita belikan anak-anak baju lebaran.

Agar mereka nggak tumbuh jadi generasi yang cengeng, hanya karena masa kecil yang kelam *eh, hehehe.

Iya, saya tuh sering takjub dengan konten-konten di medsos, di mana ada yang bilang mau beli baju lebaran sebanyak mungkin karena waktu kecil jarang dibelikan baju lebaran oleh ortunya.

Saya berdoa sih, semoga hal itu hanya sementara, pada akhirnya dia bisa berdamai dengan kehidupan masa lalunya yang sudah menjadi garis hidupnya.

Saya sangat bersyukur, karena di masa kecil termasuk anak yang tidak beruntung dalam hal pakaian atau baju lebaran.

Boro-boro ya baju lebaran, baju biasa aja saya kudu menunggu lungsuran dari kakak sepupu, itupun dikasih yang kebanyakan udah sobek.

Jangankan baju lebaran ya, bahkan mau shalat idul fitri saja, kami harus pinjam sarung Buton milik bibi (kakak bapak), saking mama nggak bisa beli sarung buat shalat (kami cuman punya mukena tanpa bawahan, itupun udah kecil banget).

Tapi, saya bersyukur banget, semua hal kekurangan yang pernah saya alami di masa kecil, yang sukses bikin saya jadi anak yang minder dan akhirnya menjadi introvert. Tidak menjadikan saya sebagai manusia yang dendam akan keadaaan.

Justru semua itu menjadi sebuah kebiasaan buat saya, di mana saya jadi kaum mendang mending banget dalam hal pakaian.

Itulah mengapa, saya jarang beli baju lebaran, dan kebanyakan baju saya ya baju santai. Karena saya lebih memikirkan berapa kali saya bisa memakai baju itu, ketimbang seberapa keren dan elegan baju itu dipakai ketika lebaran, tapi nggak cocok dipakai setiap waktu.

Bahkan, saya sangat terbuka akan baju lungsuran, sayangnya tidak ada yang pernah memberikan saya baju lungsuran.

Baju kakak ipar saya sih buanyak, tapi nggak ada yang muat di saya, jadinya mereka saling memberikan lungsuran di antara mereka saja. Palingan anak-anak aja yang ketiban lungsuran baju kakak sepupunya.

Di sisi lain, mungkin juga karena anak saya laki kali ya, dan mereka tak pernah neko-neko tentang pakaian, selalu nanya maminya harus pakai baju apa? (nggak baik juga ya? tapi biarlah, hahaha).

Dan lumayan banget kan, selain saya bisa hemat, tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli pakaian. Pun juga saya bisa ikut mengambil bagian dalam melestarikan sustainable dan mengurangi sampah pakaian.

Oh ya, perlu diketahui, tulisan ini dibuat bukan untuk menghakimi ibu-ibu yang sedih karena anaknya pakai baju lebaran lungsuran ya. 

NO! bukan saya banget dah mau sibuk menghakimi ibu lainnya.

Karena saya yakin si ibu pasti punya alasan yang pasti, mengapa harus sedih dengan baju lungsuran jadi baju lebaran anaknya. Bisa jadi, dia mungkin belum pernah membelikan baju lebaran untuk anaknya.

Atau, bisa jadi karena anaknya protes, kok pakai baju lebaran lungsuran mulu, dan anak malu karena itu, ye kan? 

Intinya, semua orang pasti punya alasan untuk apapun yang mereka keluhkan.


Dan sayapun, sebelum melewati masa menerima pakai baju apa saja, menerima anak pakai baju lungsuran, saya punya melewati masa-masa setiap waktu beliin baju buat anak, ketika si Kakak masih kecil dulu, bajunya, sepatunya, semuanya baru dan bagus dong.

Jadi, yay aja mah kalau baju lebaran anak pakai lungsuran dari siapapun.  

Kalau Temans?


Surabaya, 20 Maret 2024

#BPNRamadan2024

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)