Liputan Event, Meet Up Teman Blogger dan Introvert Abal-Abal

liputan-event-meet-up-teman-blogger

Bisa-bisanya ya si Rey ini malah nulis cerita nggak jelas begini, padahal draft kerjaannya belom selesai, hahaha. Eh sebenarnya udah selesai sih, atau nyaris selesai semalam.

Tapi tahu nggak, itu kan kerjaan di Kompasiana, dan saya nge-draft-nya langsung di platform tersebut. Saya lupa kalau ternyata fitur auto save draft-nya belom aktif. Dan pas udah mau selesai, saya nggak sengaja ngeklik tutup browser dong.


Ayo tebak apa yang terjadi ketika saya buka ulang platform Kompasiana-nya? Tulisan panjang yang sudah saya bikin sambil ngantuk itu, hilaaaaanggggg! huaaaaa hiks!

Meski kesal, saya coba deh tulis ulang, kali ini langsung di google docs aja, tapi sayang otak saya blank, akhirnya saya tinggal tidur deh, hahaha.  

Pagi ini baru diteruskan lagi, sambil masak nasi dan ikan, lalu sarapan bareng anak-anak. Trus kok pas pertengahan tulisan, saya blank lagi, ya udah nulis cerita begini aja dulu, hehehe.

Baca juga : Cara Sederhana Merealisasikan Ide Ngeblog Ala Rey


Jadi, kemarin itu saya datang liputan as Kompasianer di Press Conference Adira Festival Surabaya, di Bumi Marinir Karang Pilang.

Juaauuuuuhhhhhhh banget aslinya! Tapi i love money, and friends juga sih, karena bakal ketemu banyak teman blogger, hahaha. 

Saya datang sendiri, karena jujur tugas saya beda dengan kebanyakan teman-teman blogger Surabaya dan sekitarnya.

Kalau yang lain datang meliput karena daftar sendiri, sekaligus bakalan bisa jadi ikutan lomba artikel di Kompasiana. Nah saya nih awalnya malah nggak daftar sama sekali sebenarnya, karena awalnya saya pikir kejauhan banget dari Kertajaya ke Karang Pilang.

Tapi, 3 hari sebelum hari H, ada yang chat saya katanya dari Kompasiana yang nawarin kerjaan liputan Narativ dari Kompasiana. Pas liat penawarannya, ya lumayan juga sih ya, akhirnya terima aja deh, yang penting waktunya juga pas di akhir pekan, dan anak-anak udah pulang sekolah juga. Jadi saya nggak kepikiran dengan antar jemput anak-anak.

Jadi begitulah, di hari Jumat kemaren, saya start sejam sebelum jadwal yang diharuskan datang ke lokasi. Karena kalau liat di maps, jaraknya sekitar 16 KM, dengan perkiraan kalau naik motor di waktu macet tuh sekitar 45 menitan lah nyampenya.

Dan ternyata emang macet dong, padahal saya berangkat sejak pukul 02.30. Di daerah kota aja udahlah penuh dengan lampu merah yang panjang durasinya, eh ketambahan dengan macet banget di beberapa titik.

Awalnya udah khawatir banget telat, eh ternyata pas nyampe masih kecepatan dong, sekitar pukul 03.10 saya udah nyampe.

Tapi karena jarak parkiran dengan venue acara itu jauhnyaaaa (kebiasaan nih, kalau pas acaranya berada di lokasi tentara, selalunya pengunjung disuruh jalan kaki yang bikin ngos-ngosan.

liputan-event-meet-up-teman-blogger
Kata bapak Tentara di parkiran, acaranya di gedung itu, Mbak

liputan-event-meet-up-teman-blogger
Eh ternyata di depan gedungnya, masih jalan ke sono lagi

Sampai di lokasi, dengan terseok-seok sendiri, saya jalan dari parkiran ke venue, dan sampai di venue? belum ada siapapun yang saya kenal dong.

Lucky me, pas liat grup yang isinya cuman 5 orang sebelumnya, eh ketambahan 1 orang yang saya kenal.

Tapi pas saya chat, nomornya nggak aktif. Jadilah saya sendiri yang nyari PIC di lokasi, dan ternyataaa.... saya diminta liputan press conference bareng teman-teman media, which is satupun nggak ada yang saya kenal, hahaha.  

Untungnya sekitar 15 menit kemudian, akhirnya 1 orang Kompasianer sekaligus blogger Surabaya yang saya kenal datang. Jadinya ada teman buat liputan, meskipun ya ujungnya banyakan rumpi-rumpinya, maklum udah lama nggak ketemu, hahaha.

Baca juga : Suka Duka Sebagai Blogger Dalam Sebuah Event


Masalahnya adalah, ternyata pihak panitia tuh nggak nyiapin press release seperti acara-acara lainnya, pas saya tanya katanya nanti. Tapi sampai besoknya juga nggak ada, saya terpaksa menulis liputannya berdasarkan apa yang terekam di video saya, untungnya sih meski banyak rumpi-rumpinya, tapi juga saya sempat merekam acaranya, hahaha.

Setelah acara press conference selesai, sebenarnya kami para peliput diminta untuk tetap mendampingi para wakil Adira, dan pendukungnya, untuk berkeliling.

Tapi, karena teman blogger udah ngajak keliling ambil beberapa foto dan video buat konten, akhirnya saya ikutan juga.

liputan-event-meet-up-teman-blogger

Dan di situlah saya ketemu banyak teman blogger lainnya.

Masalahnya adalah, semua mempertanyakan keberadaan saya yang tak keliatan di grup event ini. Mau nggak mau saya akhirnya mengakui, kalau saya diundang khusus buat ngeliput.

Nggak enak juga sebenarnya, karena saya tuh masih terbilang bukan kompasianer aktif, bahkan sebenarnya masih banyak yang lebih senior dan aktif.

Tauk deh, entah pihak Kompasiana itu liatnya juga dari branding medsos. Yang jelas, saya jadi nggak enak, karena meski sama-sama blogger, tapi kok beda tugasnya, hehehe.

Terlebih, karena emang teman-teman blogger yang datang tuh lumayan banyak, dan mereka berpencar. Saya yang juga keliling sendiri ambil konten di beberapa titik jadinya ketemu mereka sambil menjelaskan alias menjawab pertanyaan mereka,

"Mbak Rey, kok namanya nggak ada di grup sih?"

Meski capek juga jawabnya, over all senang juga sih ketemu banyak teman blogger, setelah bertahun-tahun nggak pernah lagi ketemuan di event-event blogger.

Setelah liputan, teringatlah saya akan lokasi parkiran yang jauh, sementara hari sudah malam. Untungnya saya ketemu Dea Merina yang juga datang bawa motor.

Alhamdulillah jadi punya teman jalan ke parkiran, dan emang harus bersyukur banget sih, karena ternyata bukan hanya jauh banget, tapi juga gelap dan sepi, hahaha.

Di perjalanan menuju parkiran, berdua dengan Dea kami sempat ngobrol, eh salah sih, si Rey nya yang nyerocos aja mulu, mulutnya nggak bisa direm, hahaha.

liputan-event-meet-up-teman-blogger

Si Dea bilang, kalau katanya grup mereka dikasih pilihan bebas milih, mau datang hari Jumat atau Sabtu. Enaknya sih kalau Sabtu tuh ada konser musikaria yang bintangnya Budi DoReMi dan Armada. 

Tapi si Dea malah nggak suka kalau terlalu ramai dan berisik, karena dia sebenarnya super introvert. Bener kan, i think mostly blogger itu introvert kok. 

Baca juga : Introvert adalah Sikap yang Dipengaruhi Kebiasaan Ala Rey


Saya juga bilang kalau introvert, disambut dengan tawa ngakak si Dea yang sangat meragukan si Rey ini introvert.

Iya juga sih ya, mana ada introvert, yang ketika ketemu teman blogger, heboh sendiri, semua disapa, diajak salaman cipika cipiki. Trus mulutnya nggak bisa diam, nyerocoooossss melulu.

Bahkan di sepanjang perjalanan dari venue ke parkiran, meski saya ngos-ngosan banget, tapi nih mulut nggak berhenti-berhenti ngomooooongggg melulu, wakakakak.

Entah saya emang suka ngomong, atau emang biar kita nggak takut kali ya, itu jalanannya gelap dong! dan yang lewat juga jarang, hahaha.

Sampai akhirnya di parkiran, sempat kesulitan cari motor sendiri, untung ada Dea yang bantuin kasih penerangan pakai HP, lalu saya suruh Dea duluan aja ke motornya, tungguin saya aja di pintu keluar. Dan abis itu si Rey rempong sendiri nyari kunci lah, sarung tangan lah, karcis parkir lah.

Untung Dea sabar menantiku di pintu keluar, meski mungkin kesal dia saking si Rey ini lamaaanyaaaa wakakakak.

Dan begitulah, saya barengan dengan si Dea lewat jalan Mastrip lagi, meski akhirnya berpisah di daerah Gunung Sari, karena si Dea harus belok ke Ketintang, sementara saya lebih dekat kalau lurus dan lewat jalan Darmo saja.

Baca juga : Ibu Berhak Mengeluh Ketika Lelah


Sampai rumah? masya Allaaaaaaahhhh, cuaaaapeeekkkkknyaaaaaahhhhh!

Tuh kan, si Rey ini aslinya introvert, cuman saya kadang jadi ambivert. Mungkin ada gen turunan dari Alm. bapak saya yang sukanya menghibur orang lain, jadi kalau sama teman tuh, nggak enak aja rasanya kalau cuman diam-diam aja.

Tapi sebenarnya itu dipaksakan, dan terasa banget setelah di rumah, seolah energi saya tuh habis sampai ke level minus. Perjuangan banget dah mengembalikan energi, padahal masih harus nge-draft artikel liputan.

Namun, over all dijalanin aja, dan insya Allah happy kok.   


Surabaya, 09 September 2023

3 komentar :

  1. kapan hari ada yg nanya aku di WA, "loh...kok ada rey di situ?" 😂 bingung kan eikeh jawabnyaaa.

    baiqlaaa ntar klo ada yg nanya lagiii, aku kasih link blogpost iniii 😂

    BalasHapus
  2. aku bacanya mesem mesem mbak, senengnya bisa ketemuan sama temen temen blogger. Ada mbak Triana juga kan
    aku ngebayangin waktu mba rey sama mba dea jalan di parkiran sambil curcol-lan gitu hahaha. Seru karena cerita-ceritanya, tapi jalan kakinya mayan jeuhhh juga yak

    aku punya temen yang daerah rumahnya karang pillang, aku denger namanya aja udah kebayang jauhnya hahahhaa, kalau aku dari rumahku di kawasan tidar sono ke karang pilang, wuikkk adohh hahaha

    BalasHapus
  3. Reeeeey, udah lah fix kita sama sih 🤣. Introvert, tapi kalo ketemu temen ya banyak ngobrol, biar ga mati gaya 😂😂. Introvert, tapi sekalinya diajak jalan suka BANGETTTT, cuma ogah kalo ke tempat yg terlalu ramai dan viral 😅. Introvert, tapi pilih2 tempat yang didatangin. Kalo sesuai Ama hati , akunya juga jadi supel. Tapi kalo ga sesuai, misalnya ke pantai, dah lah mood langsung kacau dan rasanya mau balik pulang 🤣

    Rame juga yaa bloggers nya..beberapa hari ini aku banyak liat temen2 pada nulis di Kompasiana, ternyata memang lagi ada job yaa. Sedihnya aku tuh kalo Kompasiana cuma bisa baca, tapi ga bisa komen 😁. Pernah coba bikin akun, tapi kok ya gagal Mulu. Ga tau salahnya di mana. ya sudah, aku juga ga niat mau ngeblog di sana sih. Jadinya palingan cuma baca di kompasiana tanpa ikutan komen.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)