Pengalaman Membeli dan Custom Domain di Rumahweb Indonesia

Pengalaman Membeli dan Custom Domain di Rumahweb Indonesia

Sharing By Rey - Pengalaman membeli dan custom domain di rumahweb Indonesia ini saya rasa bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Ketemu lagi di harinya kita bahas teknologi.
Sekilas memang kata orang tecno itu gak nyambung sama emak-emak, terlebih untuk ada di blog yang mayoritas bahas parenting dan marriage.



Tapi kalau menurut saya nih, semuanya nyambung - nyambung aja deh, secara sebagai emak-emak zaman now wajib banget melek techno.

Selain agar lebih mudah mendampingi anak-anak dalam bergadget ria, juga agar bisa nyambung ngobrolin techno bareng suami, sekalian bisa intip-intip kelakuan suami di dunia maya hehehe.


Membeli Domain di RumahWeb Indonesia


Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saat membeli domain saya www.reyneraea.com , yang sudah lama berkunjung ke blog ini pastinya sedikit ngeh kalau sebelumnya alamat blog saya adalah www.reyneraea.blogspot.com.

Demi merombak blog agar tampil lebih profesional, Februari lalu saya akhirnya membeli domain.
Awalnya, saya memilih beli domain langsung di google, karena selain biar lebih otomatis settingannya, pun juga agar gak perlu ribet dengan hosting-hostingan.

Secara, saya googling-googling ketemu dengan sebuah situs yang menjual domain secara murmer, eh ternyata belum termasuk hosting.
Dan pas nanya-nanya apa itu hosting dan sebagainya, saya kok makin puyeng dengar penjelasannya.
Ya sudah, beli saja langsung di google, meskipun terlihat sedikit mahal, tapi lebih mudah.

Dan mulailah saya memesan domain melalui setting blogspot saya, semua terasa lancar, nama domain yang saya incar tersedia dengan baiknya (ya iyalah, rasanya jarang ada orang pakai nama reyneraea, eh bahkan gak ada deh kayaknya).

Saya Googling nama lengkap saya semua nyambung ke saya sendiri, meskipun ada juga yang nyambung ke James Reyne, kayaknya ybs seorang pemusik or something *lupa!

Balik ke topik!

Sampai akhirnya tiba di page pembayaran, galaulah saya.
Secara... si Google mintanya pakai Kartu Kredit, dan saya off course gak punya kartu kredit, hiks.

Tapi sejenak mewek berhenti saat membaca kalau boleh juga menggunakan Debit Card dengan logo MasterCard.
Langsung deh secepatnya ambil dompet dan meriksa beberapa kartu ATM, apakah ada yang berlogo Mastercard.

Ternyata ATM Mandiri dan BNI ada logo tersebut, langsung deh nyoba masukin nomor kartu ATM Mandiri, daaaannn gagal.
Gak kurang akal, saya pun nyoba masukin nomor kartu ATM BNI, daaann tetap gagal, fiuuhhhh..

Gak menyerah, sayapun googling sana sini dan ketemu alasannya, ternyata di Indonesia gak bisa belanja online pakai kartu debit, namun ada suatu cara yang memungkinkan kita yang gak punya kartu kredit untuk transaksi pembayaran online, yaitu dengan menggunakan BNI Debit Online.

Setelah googling caranya, langsung minta tolong si papi buat dianterin ke kancab BNI untuk mengaktifkan BNI Online serta BNI SMS Bankingnya.

Setelah jadi, secepatnya dicoba lagi pembayaran domain dari Google tersebut, daaannn sukses gagal lagi. Googling sana sini, gak ketemu jawabannya, hanya ada sebuah keterangan yang berbentuk pertanyaan "Apakah bank anda tersingkron dengan transaksi internasional?".

Dan saya jawab "meneketehe!" hiks.
Fix saya akhirnya menyerah beli domain di Google, lalu googling lagi penjual domain sehingga bertemulah saya dengan Rumahweb Indonesia.


Custom Domain reyneraea.com


Long story short, sayapun membeli domain tersebut, dan Alhamdulillah pelayanannya cepat banget.
Pembayarannya mudah, cukup melalui transfer juga bisa, dan setelah saya bayar lalu konfirm pembayarannya, hanya dalam hitungan beberapa menit, domain saya telah siap.

Horeeee.. akhirnya saya memiliki domain atas nama sendiri.

Lalu setelahnya saya bengong.
Ini domain kan udah jadi, trus gimana caranya disambungin ke blog saya?

Beruntung Rumahweb Indonesia punya tenaga support IT yang bisa kita hubungi setiap saat melalui chat langsung, dan sayapun diberi link artikel cara custom domain saya ke blog.
Secepatnya saya ikuti step by step yang ditulis, sampai akhirnya...

GAGAL lagi sodara.

Saya nunggu selama 24 jam, karena menurut keterangan, kadang harus nunggu selama 24 jam agar singkronnya berhasil.

Keesokan harinya saya mulai lagi mengikuti step by stepnya, dan ternyata tetap gagal.
Sedikit (eh agak banyak sih) depresi saya menghubungi IT Supportnya lagi via chat.

Eh si IT dong nawarin bantuan buat di customin mereka langsung, syaratnya saya harus kasih link blog lengkap dengan pasword.
UWOWWWWW....

Jelas saja saya keberatan, meskipun saya bisa mengganti ulang paswordnya, tapi bagi saya sesuatu yang dipasword itu ibarat ruang rahasia, yang gak bakal saya kasih tau ke orang lain terlebih pada stranger :D

Si IT mengerti keberatan saya, dan dengan sabar memandu saya yang mulai lebih teliti membaca step by step-nya.
Daaann akhirnya setelah lebih teliti, ketahuan juga penyebab mengapa gagal terus proses custom-nya, ternyata saya melewatkan satu tahapan yang sangat penting.

Secepatnya saya perbaiki, lalu save daaann voilaaaa...
Domain saya www.reyneraea.com resmi terpakai di blog saya.

Alhamdulillah.


Tips Membeli Domain Blog


Nah bagi teman-teman yang berniat membeli domain sendiri, boleh banget mempertimbangkan tips saya di bawah ini :

  • Jika ingin membeli domain, cara penjual yang terpercaya, bisa googling-googling dulu testimoni orang yang pernah makai jasanya.
  • Pastikan punya aplikasi chat dan selalu aktif setiap saat, agar kita mudah meminta informasi maupun bantuan saat custom domain.
  • Tanyakan terlebih dahulu, bagaimana cara custom domain yang kita beli, saya kemaren salah, beli dulu baru nanya, untung aja support ITnya bagus.
  • Jika membeli domain di Rumahweb Indonesia, dan tidak mau repot custom sendiri (sumpah, custom sendiri lumayan bikin kepala puyeng.
Tapi saya jabanin gegara sayanya kepo pengen bisa sendiri), sebaiknya pakai pasword blog sementara dulu dan sebaiknya sih pisahkan email blog dengan email penting kita, untuk mencegah hal-hal yang gak diinginkan, jika meminta IT supportnya yang akan meng custom kan domain tersebut.
  • Tanyakan lebih jelas, bagaimana ketentuan pembayaran serta aktifnya domain yang kita beli. Untuk Rumahweb Indonesia, menerima pembayaran baik online payment dengan kartu kredit maupun virtual account. 
Juga melayani transfer bank. Saya pakai transfer bank pun dilayani dengan cepat, asal setelah transfer segera konfirmasi bukti transfernya (ada link yang bakal dikirim ke email)
Yang kepo dan butuh beli domain cus aja ke websitenya https://www.rumahweb.com/ , bisa tanya-tanya dulu via chat yang ada di website tersebut.

Oh ya, teman-teman awam mungkin bertanya-tanya, apa sih keuntungannya mengganti domain sendiri?

Kalau saya pribadi sih tujuannya agar lebih terpercaya saja, secara saya ingin perlahan-lahan menekuni blog ini agar bisa lebih baik dan syukur-syukur kalau bisa berpenghasilan (eh sudah ding kemaren nerima fee berkat blog ini hahaha)

Lalu adakah efek sampingnya?
Palingan DA/PA ya anjlok hahaha.
Tapi googling-gogling emang rata-rata gitu semua, karena PA/DA sebuah blog juga dipengaruhi oleh usia domain nya.

Apalah saya, usia domain saya baruuu saja sebulanan, jadinya anjlookkkkk banget.

Sedih aja, kalau ternyata ada pihak yang gak ngerti, pas ngeliat PA/DA blog saya anjlok dipikir jelek banget, padahal laporan google analytics nya lumayan lah ada pergerakan hehehe.

Ada yang mau beli domain? atau udah pernah beli domain lalu custom sendiri?
Share pengalaman di komen yuk :)


Sidoarjo 27 Maret 2018

@reyneraea

4 komentar :

  1. Aku pakai rumahweb juga terus utak atik sendiri hihihi..
    Dan bener banget, kalau sudah TLD jadi lebih pede

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss mbaaa...
      Saya sebenarnya udah lama pesen ke rumahweb, tapi baru kali ini langsung diseriusin 😊

      Hapus
  2. Membeli domain di tempat yang punya aplikasi chat tentu penting ya, Mbak, apalagi bagi saya yang masih belum banyak paham, tentu perlu nanya ini bagaimana dan itu bagaimana, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget pak, biar mudah bertanya saat ada masalah, terutama saat custom domainnya :)

      Hapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisan saya, silahkan meninggalkan komentar dengan nama dan url yang lengkap, mohon maaf, percuma ninggalin link di dalam kolom komentar, karena otomatis terhapus :)

Link profil komen saya matikan ya Temans.
Agar pembaca lain tetap bisa berkunjung ke blog masing-masing, gunakan alamat blog di kolom nama profil, terima kasih :)